Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

RAMUAN TRADISIONAL UNTUK SAKIT GIGI



Hampir semua orang pernah merasakan sakit gigi. Meski bukan tergolong penyakit berbahaya, namun, rasa sakit yang di timbulkan bisa membuat penderita tidak bisa istirahat dengan tenang maupun berkonsentrasi hingga bisa menimbulkan penyakit lain.

Secara umum, sakit gigi di sebabkan oleh gigi berlubang yang kemasukan makanan. Jika lubangnya agak dalam, gusi bisa membengkak dan badan penderita bisa demam.

Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk sakit gigi :
1.Kunyit dan minyak kayu putih secukupnya. Kunyit di cuci hingga bersih lalu di kupas dengan ukuran kecil. Potongan kunyit di rendam di minyak kayu putih selama kurang lebih 5 menit. Lalu potongan kunyit di tempelkan pada gigi berlubang hingga rasa nyeri di gigi hilang.

2. Siapkan 10 gram kunyit, daun dan akar seraimasing-masing 50 dan 24 gram, garam dapur secukupnya. Setelah di cuci bersih, kunyit di potong dengan ukuran kecil lalu di rebus dengan setengah liter air. Biarkan air hingga mendidih. Minumlah airnya setelah di biarkan menjadi hangat. Lalukan secara rutin hingga rasa nyeri hilang.

3. satu sendok teh minyak kelapa. Rendam sedikit kapas di dalam minyak kelapa tersebut. Lalu panaskan di atas api selama kurang lebih 2 sd 3 menit. Setelah menghangat, tempelkan kapas pada gigi yang berlubang. (86)

Selengkapnya...

BONTANG FC WASPADAI MARTIN ZADA



(Lamongan-86) Laga lanjutan Indonesia Super Liga mempertemukan tuan rumah Persela Lamongan melawan Bontang FC di Stadion Surajaya Lamongan, Minggu Malam (01/11/2009.) Tim Bontang FC harus ekstra hati hati untuk dapat mencuri point di kandang Persela dengan mewaspadai gelandang serang, Martin Zada.

Bertandang ke kandang Persela Lamongan, kesebelasan Bontang FC harus gigit jari karena pemain asing asal Jepang, Kenji Adachihara, belum bisa diturunkan karena belum melengkapi surat keimigrasiannya. Meski begitu, tim berjuluk Bukit Tursina, optimis bisa mencuri poin di kandang Persela.

Pelatih Bontang FC, Fachri Husaini mengaku tengah menyiapkan strategi khusus untuk menahan serangan para pemain Persela. Apalagi, tim tuan rumah memiliki materi pemain asing yang bagus khususnya mematikan gerakan pemain asal brasil, Martin Zada. “Materi pemain aing Persela sangat bagus terutama Martin Zada.” Ujar Fachri Husaini.

Fachri husaini meminta anak asuhnya untuk bermain tanpa beban menghadapi Persela Lamongan, meski dalam tiga pertandingan terakhir mengalami hasil yang buruk.

Sementara itu, poin penuh dalam pertandingan ke empat Persela Lamongan di Superliga dengan menjamu Bontang FC, merupakan harga mati. Apalagi, Persela selama ini di kenal tangguh saat bermain di kandang.

Meski demikian, Persela akan mewaspadai kebangkitan tim Bontang FC, menyusul hasil buruk dalam 5 pertandingan terakhir Bontang FC. Apalagi, pemain tengah Persela i gede sukadana tidak bisa turun akibat cidera.

Pelatih Persela Widodo C Putra mengaku telah mengantongi kekuatan lawan, baik kelebihan maupun kelemahannya. “Kita tengah mempelajari video pertandingan terakhir Bontang FC. Mudah-mudahan anak-anak bisa melihat kelebihan dan kelemahannya”. Ujar widodo.

Untuk itu, widodo memerintahkan anak asuhnya untuk tampil agresif terutama mencetak gol di menit-menit awal. (86)

Selengkapnya...

WASPADA PENCURIAN HISTORY BROWSING


Dengan meningkat jumlah ancaman keamanan dari Internet, kita perlu meningkatkan kewaspadaan saat berjelajah di internet. Data tentang kebiasaan browsing kita? apa yang kita sukai dan apa yang tidak? situs mana yang sering kita kunjungi? Semuanya itu akan sangat berharga baik bagi para penipu atau hacker yang sedang mentargetkan kita.

Salah satu sarang informasi tentang kebiasaan browsing kita adalah browser yang sehari-hari kita gunakan. Selama bertahun-tahun, browser telah digunakan oleh script dan malware untuk mencuri informasi penting mengenai kita.

Ada sebuah contoh script melalui web yang bisa mendapatkan private data dari browser dalam hitungan detik. Web itu bernama startPanic.

starPanic.com adalah situs di rancang untuk meningkatkan kesadaran mengenai sistem keamanan browsing. Pada home pagenya terdapat tombol "Lets Start". Klik pada tombol itu dan dalam beberapa detik, kita akan menemukan daftar situs yang baru kita dikunjungi.

Solusi
Addon Firefox NoScript adalah salah satu fasilitas yang dapat membantu menyingkirkan kelemahan browser tersebut milik firefox. Untuk meng-installnya klik di sini.

Fasilitas Firefox NoScript secara otomatis akan mengarahkan kita pada web-web yang sudah kita percayai, termasuk memprotek diri dari serangan hacker menggunakan XSS.

Selengkapnya...

LOMBA LUKIS OLEH 255.412 MURID, SABET MURI



Melukis dan Mewarnai Lingkungan hijau yang dilakukan serentak oleh 255.412 Siswa se Kabupaten Gresik sabet Rekor MURI, Jum’at (30/10).Kali ini rekor MURI ke 3, yang diraih Pemkab Gresik. Rekor MURI bernomor 3955/RMURI/X/2009 diterimakan oleh Sri Widayati perwakilan dari MURI kepada Bupati Gresik Dr.KH. Robbach Ma’sum, Drs, MM di Bumi Perkemahan PT Semen Gresik. Rekor ini diberikan atas pemecahan rekor Penyelenggaraan lomba lukis lingkungan hijau yang diikuti oleh 255.412 murid sekolah.

Kegiatan melukis yang juga dirangkai dengan perkemahan Hijau dan pameran Lingkungan Hidup sekolah ini dihadiri oleh Muspida dan seluruh pejabat Pemkab Gresik. Dalam pidatonya seusai menerima piagam Rekor MURI, Bupati mengatakan, Kegiatan Perkemahan dan Lomba Lukis Lingkungan se Kabupaten Gresik ini dapat memberikan motifasi kepada anak untuk lebih mencintai lingkungan. Anak akan semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan yang pada akhirnya akan menciptakan banyak sekolah Adiwiyata.

Dalam keterangannya Kadis Pendidikan Drs, Chuzaini Mustaz melalui kabag Humas Pemkab Gresik, M. Hari Syawaludin mengatakan, kegiatan melukis massal ini dipusatkan di Bumi perkemahan PT Semen Gresik, namun pelaksanaannya dilakukan serentak diseluruh sekolah se wilayah Kabaupaten Gresik. Tak terkecuali di Pulau Bawean. Ada 1.831 lembaga sekolah dan Madrasah, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA.

Untuk memastikan kegiatan ini dilaksanakan serentak, 2 orang perwakilan MURI, Sri Widayati dan Ariyani melaksanakan pemantauan keliling kebeberapa sekolah. Beberapa orang saksi termasuk juga wartawan diajak untuk menjadi saksi keabsahan Rekor MURI ke 3 yang di Pecahkan oleh Pemkab Gresik ini. (sdm)

Selengkapnya...

HARI PERTAMA PENDAFTARAN CPNS DISERBU 401 PELAMAR



Di hari pertama pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur umum Pemkab Lamongan (30/10) tercatat sudah ada sejumlah 401 surat lamaran yang masuk. Data tersebut sebagaimana yang tercatat pada pukul 1 WIB di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat.

Menurut Kepala BKD Bambang Kustinono melalui Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa, jumlah pelamar di hari pertama itu dipastikan masih akan bertambah. Karena dalam sehari akan ada dua kali pengiriman dari Kantor Pos Lamongan, yakni pada siang dan sore hari. “Seperti tahun lalu, berkas lamaran CPNS dikirimkan melalui Kantor Pos yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan, “ kata dia.

Diterangkannya, surat lamaran yang masuk itu selanjutnya akan diteliti kelengkapan berkasnya. Dari sejumlah 401 surat lamaran yang masuk itu, 150 surat diantaranya ditujukan untuk formasi tenaga teknis. Sementara 149 untuk tenaga guru dan 102 untuk formasi tenaga kesehatan.

Tahun ini Pemkab Lamongan kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur umum sejumlah 436 formasi. Dengan Ijazah setidaknya kualifikasi D2 dan tidak membuka kualifikasi ijazah SMA sederajat. Pendaftaran akan dibuka hingga 9 September nanti.

Untuk tenaga guru dibuka 142 formasi. Diantaranya untuk Guru TK sebanyak 2 formasi, Guru SD 102 formasi, Guru SMP 13 formasi dan Guru SMA 6 formasi serta Guru SMK sebanyak 19 formasi. Kemudian dari lowongan 153 tenaga kesehatan, 6 formasi diantaranya untuk Dokter Umum, 6 formasi Dokter Gigi, 4 formasi Apoteker, bidan 8 formasi dan terbanyak sebanyak 75 fomasi perawat. Selanjutnya Tenaga Teknis dibuka 141 formasi yang diantaranya 17 formasi Ekonomi Akuntansi, 13 formasi Ekonomi Manajemen dan lainnya Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Teknis Industri dan Teknik Sipil serta Arsitek.

Selengkapnya...

PANTURA BAKAL PUNYA INSTALASI PENGOLAHAN AIR BERSIH



Wilayah pantai utara (pantura) Lamongan bakal memiliki instalasi pengolahan air bersih dan jaringan transmisi distribusi air minum. Saat ini proyek itu telah mendapat persetujuan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk menerima bantuan teknis berupa studi kelayakan usaha atau feasibility study.

Hal itu disampaikan Sekkab Lamongan Fadeli saat membuka Sosialisasi Penyediaan Infrastruktur Melalui Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) Sesuai Perpres Nomor 67 tahun 2005 di Ruang Sabha Dyaksa setempat, Kamis (29/10). Dikatakannya, proyek itu akan mendapat bantuan teknis berupa studi kelayakan yang dananya berasal dari Asian Development Bank atau ADB. Proyek itu sendiri nantinya akan dikerjakan dengan skema KPS.

Menurut dia, dipilihnya pantura untuk pengembangan proyek tersebut karena wilayah itu akan segera menjadi kawasan ekonomi khusus. Selain itu, di kawasan yang sama kini tengah mengalami perkembangan industri yang sangat pesat. Sementara sektor perhubungan laut juga akan semakin berkembang di pantura seiring semakin dekatnya penyelesaian pembangunan ASDP (angkutan sungai danau dan penyeberangan).

Fadeli di kesempatan tersebut juga berharap Bappenas juga akan menyetujui KPS pembangunan infrastruktur irigasi pertanian. Karena menurutnya, Lamongan yang menjadi produsen padi terbesar di Jatim, sekitar 33 ribu lahan pertaniannya masih berupa sawah tadah hujan. Atau sejumlah 37,59 persen dari keseluruhah luas areal pertanian di Lamongan. “Jika proyek ini juga disetujui, produksi padi Lamongan akan semakin tinggi, “ ujar dia dalam kegiatan yang dihadiri Tim KPS pusat tersebut.

Sementara Yudo Dwi Nondo Priadi dari Direktorat Pengembangan Kerjasama Pemerintah dan Swasta pada Bappenas ungkapkan program pemerintah kini akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur. Terutama melalui skema kerjasama dengan swasta. “Ini sesuai dengan program Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan meningkatkan pembangunan infrastruktur melalui kerjasama dengan swasta, “ kata dia.

Terkait pembangunan infrastruktur dengan skema KPS, dia ungkapkan ada sejumlah daerah yang berhasil. Meski ada juga yang belum berhasil. Seperti Batam yang sudah sukses dengan program infrastruktur airnya. Sementara di Jakarta, program ini sudah ada kemajuan meski bermasalah dengan bahan baku yang semakin kotor sehingga meningkatkan ongkos produksi. “Investor jika ingin masuk sector ini biasanya akan wait and see dulu. Melihat sejauh mana perkembangan industrinya, “ ujarnya.

Studi kelayakan sendiri akan memberikan gambaran menyeluruh mengenai layak atau tidaknya suatu usaha dilakukan, dan bagaimana usaha itu dibangun dari sisi manajemen organisasi, manajemen keuangan dan akuntansi, manajemen sumber daya manusia dan manajemen pemasaran atau marketing. Investor, Sebagai pihak yang memiliki modal (sebagai pemilik perusahaan atau pemegang saham) akan mengetahui prospek usaha melalui studi kelayakan ini.

Selengkapnya...

2 PEMUDA UKIR PRESTASI DI HARI SUMPAH PEMUDA



Di Hari Sumpah Pemuda ke-81 tahun ini, dua pemuda Kabupaten Lamongan berhasil ukir prestasi tingkat Jatim. Purwanto menjadi juara II Pemuda Pelopor Jatim Bidang Kewirausahaan, pendidikan dan teknologi tepat guna dan Ninin Desina juga juara II Bidang seni Budaya dan Pariwisata.

Kedua pemuda berprestasi itu, kemarin (28/10) menerima penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Bupati Lamongan Tsalits Fahami seusai pimpin Upacara Bendera Sumpah Pemuda di alun-alun setempat. Selain keduanya, sejumlah prestasi juga ditorehkan pemuda Lamongan. Diantaranya Drum Band Nawa Kartika Nada MTs Putra Putri Lamongan yang sukses jadi juara I dalam Kirab Drum Band Sumpah Pemuda Ke-81 Di Gedung Grahadi Surabaya, 25 Oktober lalu. Di event yang sama, Drum Band Tauba Mahardika Tunggul/Paciran meraih juara II untuk kategori kostum terbaik.

Sebelumnya, Tsalits Fahami dalam sambutannya sampaikan dengan telah disahkannya undang-undang nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan pada 14 Oktober 2009, telah membawa arah baru pembangunan kepemudaan. “Kini arah arah baru pembangunan kepemudaan bangsa lebih jelas, terarah dan kemajuannyapun bisa lebih terukur. Undang-undang ini adalah jaminan untuk kiprah pemuda, “ katanya saat membacakan sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng.

Dilanjutkannya, selain memberi definisi yang jelas tentang pemuda, dalam undang-undang itu juga mewajibkan pemerintah pusat maupun daerah untuk peduli dengan pembangunan kepemudaan. Demikian pula sumber pendanaan juga telah djamin lewat undang-undang tersebut. “ Undang-undang ini juga memberi kesempatan bagi pemuda untuk memberi kontribusi dan warna pembangunan Indonesia, “ ujarnya.

Dia juga berharap agar pemuda terus kembangkan semua potensi dan kualitas serta daya saing dengan karakter Sumpah Pemuda. Dituturkannya, seteiap generasi muda sekarang harus mampu berperan dalam era globalisasi ini. “ Meski ini tidak mudah, tapi pemuda pasti mampu wujudkan negeri yang dihormati bangsa lain dan diberkati Allah SWT, “ kata dia. (Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

WADUK KERING, RIBUAN HEKTAR SAWAH TERLANTAR



(Gresik-86) Para petani di desa Sumari Kecamatan Duduk Sampeyan, Gresik, hanya bisa pasrah saat sawah mereka mengalami kekeringan akibat kemarau, karena ratusan hektar areal persawahaan di desa ini adalah sawah tadah hujan.

Karena kehilangan pekerjaan, sebagian petani terpaksa beralih pekerjaan. namun, sebagian besar petani, justeru pasrah, sambil menunggu datangnya musim penghujan.

Meski berjarak sekitar 3 kilo meter dari sebuah waduk peninggalan belanda bernama Waduk Gedang Kulud di Kecamatan Cerme, namun, kondisi waduk yang mengering, justru memperparah kekeringan yang ada di desa ini.

Bahkan, dalam 2 bulan terakhir, waduk dengan luas 52 hektar dan mampu menampung kapasitas air mencapai 1,525 juta meter kubik ini, terlihat mengering dan lebih menyerupai lapangan. Padahal, waduk ini menjadi andalan irigasi persawahan 5 desa yang ada di sekitarnya.

Kondisi yang hampir sama juga di alami Waduk Ngasin seluas 10 hektar, di desa Ngasin Kecamatan Balungpanggang yang telah kering, sejak satu bulan terakhir.

Akibatnya, areal pertanian seluas tujuh ribu hektar, yang selama ini mengandalkan pasokan air irigasi dari waduk tersebut, terlantar.

Para petani terpaksa menganggur selama dua bulan menganggur, karena sawahnya terlantar. Padahal, hanya sawah ini, yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarganya. “ Ya bagaimana lagi, kondisinya sudah seperti ini dari dulu”. Ujar Riadi salah seorang petani di Ngasin.

Menurut Ketua Pengurus Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Cabang Gresik, Asikin Hariyanto, meski kondisi kekeringan telah berlangsung selama bertahun-tahun, tetapi hingga kini belum ada upaya teknis dari pemerintah daerah untuk memperbaiki kondisi yang ada.

Pemerintah Daerah menurutnya, bisa meringankan beban petani dengan melakukan penyudetan sungai bengawan, atau melakukan pengerukan waduk, yang sebagian besar kondisinya telah dangkal. “Pemda sebenarnya bisa merivitalisasi waduk dan saluran irigasi untuk meringankan beban para petani”. Ujarnya.

Sejauh ini, lima waduk besar di Gresik, kondisinya telah kering-kerontang. Ke 5 waduk tersebut adalah Waduk Banjaranyar, Waduk Ngasin, Waduk Sumengko, Waduk Kali Ombo serta Waduk Gedang Kulud. Ke 5 waduk tersebut sangat dibutuhkan warga karena lahan di sekitarnya sangat bergantung pada waduk, baik untuk pertambakan ataupun persawahan.

Sementara itu, musim kemarau juga mengakibatkan krisis air bersih di sejumlah kawasan di kabupaten Gresik. bahkan, warga desa Sumari Kecamatan Duduk Sampeyan, terpaksa menggunakan air kotor untuk keperluan hidup sehari-hari dengan cara mengendapkannya hingga bening. (86)

Selengkapnya...

BEASISWA STUDI (S2) BIDANG ULUMUL QUR’AN DAN TAFSIR TAHUN 2009


Guna memberi kesempatan bagi kalangan pesantren untuk mengikuti pendidikan akademis jenjang strata dua (S-2) dalam bidang Ulumul Qur’an dan Tafsir, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendidikan Islam Departemen Agama RI membuka kesempatan Bea Siswa Strata 2.

Persyaratan Peserta
Program ini terbuka bagi kalangan pesantren yang memiliki concern terhadap kajian al-Qur'an yang meliputi Ulumul Qur'an dan Tafsir.

Syarat-syarat peserta meliputi:

1. Persyaratan Akademik:
a. Pendidikan minimal S-1 (dari semua jurusan, atau Ma’had Ali)
b. Mampu berbahasa Arab (membaca kitab kuning dan memahami teks-teks keagamaan berbahasa Arab) dengan baik.
c. Diutamakan mampu berbahasa Inggris.
d. Kyai/Nyai/Ustadz/ Ustadzah/ Santri Pondok Pesantren.
e. Usia maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran.
f. Hafal al-Qur'an minimal 5 juz.
g. Memiliki proposal tesis tentang kajian al-Qur'an.
h. Lulus seleksi tes (tulis dan wawancara).
i. Membuat Surat Pernyataan setelah dinyatakan lulus seleksi.

2. Persyaratan Administratif:
a. Mengisi formulir pendaftaran;
b. Salinan Ijazah S-1 dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (rangkap 2);
c. Alasan mengikuti program (statement of purpose) 2 - 5 halaman spasi ganda;
d. Pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar;
e. Surat Rekomendasi dari pengasuh Pondok Pesantren (tempat mengabdi);
f. Surat Ijin belajar dari atasan langsung (bagi yang sudah bekerja).

Prosedur Pendaftaran
1. Mekanisme Pendaftaran

a. Peminat mengajukan surat pengajuan (letter of interest), ditandatangani dan/atau diketahui/disetujui oleh pimpinan Pondok Pesantren ditujukan kepada Direktur Jenderal Pendidikan Islam Depag RI (c.q Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren) ;
b. Menyerahkan/ mengirim surat tersebut kepada Kepala Kanwil Depag setempat (c.q. Kepala Bidang Pekapontren/ TOS) dilengkapi dengan persyaratan administratif lainnya.

2. Waktu dan Tempat Pendaftaran
a. Waktu pendaftaran : tanggal 21 Oktober-10 Nopember 2009
b. Tempat : Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) setempat.

Seleksi
1. Tahapan Seleksi
a. Seleksi Berkas
Seleksi berkas dilakukan terhadap kelengkapan administrasi calon peserta oleh Kepala Bidang Pekapontren/ TOS di Kanwil Depag masing-masing
b. Tes Kompetensi, meliputi:
1) Tes Kemampuan Membaca Kitab Kuning (qirâ’at al-kutub)
2) Tes Tulis, meliputi : Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik (TPA)
c. Wawancara
Wawancara dilakukan untuk mengetahui komitmen dan motivasi calon peserta dalam mengikuti program ini.

2. Pelaksanaan Seleksi
a. Pelaksanaan seleksi : 19 Nopember 2009
b. Biaya transport keberangkatan dan kepulangan menuju lokasi tes ditanggung masing-masing peserta.
c. Seleksi peserta akan dilaksanakan di beberapa zona sebagai berikut:
1) Zona I: di Medan (meliputi wilayah asal NAD, Sumut, Riau, Kepri, dan Sumbar)
2) Zona II: di Palembang (meliputi wilayah asal Sumsel, Jambi, Bengkulu, Babel, dan Lampung)
3) Zona III : di Bandung (meliputi wilayah asal peserta dari: Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta)
4) Zona IV : di Semarang (meliputi wilayah asal peserta dari: Jawa Tengah dan Yogyakarta)
5) Zona V: di Surabaya (meliputi wilayah asal peserta dari: Jatim, NTB, NTT, dan Bali)
6) Zona VI : di Makassar (meliputi wilayah asal peserta dari: seluruh Sulawesi, Maluku, dan Papua)
7) Zona VII: di Banjarmasin (meliputi wilayah asal peserta dari Kalsel, Kalbar, Kalteng, dan Kaltim)

F. Pengumuman dan Pelaksanaan Program
1. Pengumuman hasil tes/seleksi : 15 Desember 2009
2. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi nasional wajib melapor ke Program Pascasarjana Universitas Sains al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo paling lambat tanggal 17 Desember 2009 melalui telpon, fax atau e-mail.
3. Registrasi di Program Pascasarjana Universitas Sains al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo 19-20 Desember 2009
4. Perkuliahan perdana dimulai 3 Januari 2010

G. Biaya Pendidikan
Program ini dibiayai dari DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI Tahun Anggaran 2009.

H. Fasilitas Pendidikan
Peserta yang lulus seleksi akan memperoleh fasilitas pendidikan berupa:
1. Beasiswa Penuh (Living Cost) selama menjalani studi S2 (2 tahun / 4 semester)
2. Asrama/Pesantren
3. Ruang Kuliah ber-AC
4. Pusat Bahasa Arab dan Inggris
5. Bimbingan akademik dan bimbingan khusus (penguatan kutub al-turāṡ)
6. Matrikulasi/ remedial
7. Biaya penulisan thesis
8. Asuransi

I. Perpustakaan
1. Gedung representatif dan ruang ber-AC
2. Layanan penelusuran informasi dengan format OPAC (On-line Public Access Cataloguing) yang menggunakan jaringan LAN (Local Area Network) dan CD ROM.
3. Hotspot area.
4. Koleksi Tesis dan Disertasi dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri
5. Koleksi Jurnal Internasional dalam format Electronic Journal pelbagai bidang keilmuan keislaman dan sosial humaniora.

J. Beban Studi Ulumul Qur'an dan Tafsir
Beban studi pada prodi Studi Al-Qur'an (Ulumul Qur'an dan Tafsir) ini sebanyak 44 sks (termasuk tesis). Penilaian tesis dilakukan dalam sidang ujian tesis secara tertutup.

Selengkapnya...

LAGI, VIDEO MESUM SISWA SMP BANYUWANGI BEREDAR



(Banyuwangi-86) Belum usai pengusutan kasus peredaran video porno siswa SMP di Kediri dan Tasikmalaya, kini beredar video mesum yang di duga di perankan oleh siswa sebuah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Banyuwangi Jawa Timur. Aparat kepolisian siang ini (28/10/2009) langsung melakukan razia ponsel di sekolah yang di duga tempat pemeran video tersebut bersekolah.

Satu persatu HP pelajar di periksa dengan teliti oleh petugas Kepolisian Sektor Giri dengan harapan video mesum yang di lakukan oleh siswa SMP yang saat ini tengah beredar luas ke tengah masyarakat dan pelajar dapat di peroleh di ponsel para siswa.
Namun razia yang dilakukan kurang lebih dua jam ini, petugas tidak mendapatkan video mesum yang di maksud,karena di duga razia tersebut telah bocor dan para siswa telah menghapus video mesum tersebut sebelumnya.

Para siswa membenarkan, jika video yang tengah beredar tesebut merupakan teman sekolahnya, berinisial AM. Video trsebut telah beredar dua minggu yang lalu dan bagi para siswa, hal ini bukan rahasia lagi.

Di duga, video yang berdurasi 11 menit tersebut di ambil dengan sengaja oleh sang pacar di salah satu kamar kosnya dengan menggunakan kamare Handphone dua minggu lalu untuk koleksi pribadi. Video tersebut kemudian menyebar luas setelah ponsel yang di gunakan untuk merekam video rusak dan di betulkan ke salah satu counter di Banyuwangi.

Sementara itu, pihak sekolah membantah jika video mesum yang berjudul anak kos tersebut merupakan anak didiknya. Pasalnya, dalam razia yang di gelar petugas kepolisian tidak menemukan video yang tengah beredar luas di masyarakat itu.
Namun, pihak sekolah membenarkan jika salah satu muridnya pernah tersandung masalah foto syur dengan pacarnya dan kini tengah dalam pembinaan. (86) DOWNLOAD TAUTAN KASUS INI

Selengkapnya...

DUDA 4 ANAK HAMILI BOCAH INGUSAN



(Lamongan-86) Duda empat anak asal Lamongan Jawa Timur, di tangkap jajaran kepolisian polsek Babat karena di duga menghamili bocah 12 tahun yang masih tetangganya sendiri. dalam pengakuannya kepada polisi, tersangka telah menggagahi korban sebanyak lima kali hingga hamil enam bulan.

Marwan, duda 4 anak asal desa Tritunggal Kecamatan Babat Lamongan, di tangkap jajaran kepolisian setempat, karena di duga telah menghamili bocah 12 tahun berinisial FN, yang masih duduk di bangku kelas satu sekolah menengah pertama di Lamongan.

Kepada polisi, tersangka mengakui telah menggagahi korban sebanyak lima kali sejak bulan april lalu, hingga korban hamil enam bulan. Ironisnya, korban digagahi di rumah tersangka sebanyak tiga kali dan di rumah korban dua kali dalam kurun waktu hanya sebulan. “Saya menggagahinya 5 kali pak, tapi saya dalam keadaan lupa”. Akunya sambil memelas.

Pihak keluarga korban sebelumnya curiga dengan perubahan fisik yang terjadi pada tubuh FN. setelah di periksa ke dokter, FN di nyatakan positif hamil. Pihak keluarga kemudian melaporkannya kepada polisi.

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, tersangka melakukan aksi bejatnya dengan memaksa. Namun setelah melakukan perbuatan layaknya suami istri, korban memberi imbalan berupa uang. “Setelah kita periksa, tersangka ini mengakui memperdaya korban dengan memaksa”. Ujar Kapolsek Babat, AKP Sunaryo Putro.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka harus mendekam dalam penjara Polsek Babat dan akan di jerat dengan undang undang no 3 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman kurungan 15 tahun penjara. (86)

Selengkapnya...

HARI SUMPAH PEMUDA, SISWA SD IKRAR ANTI NARKOBA



(Gresik-86) Suasana meriah tampak di halaman Sekolah Dasar Muhammadiyah di komplek perumahan gresik kota baru kecamatan manyar. Pasalnya, hampir 500 siswa dan siswi sekolah ini tengah memperingati hari Sumpah Pemuda berikrar menjauhkan diri dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

Puluhan poster dan spanduk berisi ajakan menjauhkan diri dari Narkoba, di gelar para siswa sambil bernyanyi, berorasi, membaca puisi serta meneriakkan yel-yel anti Narkoba.

Sebagai kegiatan inti, para siswa kemudian berikrar bersama-sama untuk menjauhkan diri dari Narkoba selama-lamanya.

Dalam peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, siswa siswi SD Muhammadiyah manyar, sengaja menfokuskan diri pada perang terhadap Narkoba, karena Narkoba menjadi penjajah baru negeri ini dengan banyaknya generasi muda yang terjerumus hingga menjadi pecandu Narkoba. “Makna ikrar anti Narkoba hari ini adalah menghayati perjuangan pemuda terdahulu yang melawan penjajah dengan berjuang melawan Narkoba di masa sekarang”. Ujar Maulidia Rahma, salah seorang siswi.

Menurut Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Manyar, M Fadholi Aziz, pihak sekolah sengaja mengadakan kegiatan ini untuk mengajarkan siswa akan bahaya Narkoba.”Penghayatan mendalam makna Sumpah Pemuda dengan ikrar anti narkoba di harapkan menjiwai semangat hari Sumpah Pemuda”. Ujar Aziz berharap.

Di samping berikrar anti Narkoba, sejumlah siswa kemudian mengajak warga sekitar untuk juga berikrar menjauhkan diri dari Narkoba, sambil memasang pin dan sejumlah sticker di perumahan dan warung milik warga sekitar.

Bagi para siswa, menjauhkan diri dari Narkoba bukanlah sekedar berikrar belaka, melainkan lebih dari itu adalah wujud penghayatan lebih dalam terhadap makna hari Sumpah Pemuda. (86)

Selengkapnya...

POLISI RINGKUS PULUHAN PENJAHAT JALANAN MELALUI OPERASI SIKAT BAYA



(Gresik-86) Puluhan penjahat jalanan, yang kerap meresahkan warga, berhasil diringkus kepolisian Gresik Jawa Timur, melalui Operasi Sikat Baya, selama dua pekan terakhir. para tersangka, diringkus dalam berbagai kasus yang dilakukannya, diantaranya pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, serta pencurian kendaraan bermotor.

Sebanyak 82 tersangka pelaku kejahatan, terjaring Operasi Sikat Baya 2009. Mereka terlibat dalam berbagai kasus, diantaranya Curas (Pencurian Dengan Kekerasan,) Curat (Pencurian Dengan Pemberatan,) dan Curanmor (Pencurian Kendaraan Bermotor) yang terjadi di berbagai wilayah, di kabupaten Gresik.

Para tersangka tersebut, terjaring melalui operasi bersandi sikat baya yang digelar jajaran Polres Gresik, selama kurun waktu dua pekan.

Selain menangkap para tersangka, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti senilai ratusan juta rupiah, diantaranya sebuah mobil Daihatsu Pick Up, 5 buah sepeda motor, senjata tajam, hand phone, uang tunai dan sejumlah barang berharga lainnya.

Menurut kapolres Gresik, AKBP Muhammad Iqbal, perang terhadap pelaku tindak kejahatan, terus dilakukan, untuk menciptakan rasa aman kepada warga.

Sedangkan, target sasarannya, yakni kawasan pemukiman warga, dan jalur perbatasan, yang dinilai rawan terjadinya tindak kejahatan. “Jadi kita langsung mengamankan di titik-titik rawan dan mengungkap berbagai kasus yang sebelumnya sulit di ungkap”. AKBP M Iqbal.

Operasi sikat baya, digelar jajaran polres Gresik, sejak tanggal 5 sampai 24 oktober dan berhasil mengungkap sebanyak 72 kasus tindak pidana. (86)

Selengkapnya...

Terbaru : PENGUMUMAN LOWONGAN CPNS PEMKAB GRESIK 2009


Hari ini, Pemkab Gresik mengumumkan Pembukaan Lowongan CPNS Pemkab Gresik 2009 yang di pasang di sejumlah tempat baik di Kantor BKD, Kantor BUpati dan Kantor POS di wilayah Kabupaten Gresik. Formasi lowongan tahun ini mencapai 255 kesempatan kerja dari berbagai bidang dengan formasi terbanyak untuk Guru Kelas, Penjaskes dan Guru Agama yang mencapai 40 kesempatan.


Masa pendaftaran mulai hari ini 26 Oktober 2009 hingga 9 Nopember 2009. Pelaksanaan ujian test di laksanakan pada tanggal21 nopember 2009. Untuk membaca Pengumuman Pembukaan Lowongan CPNS Pemkab Gresik 2009, bisa klik di sini.

Selengkapnya...

KARTIKA SOEKARNO PUTRI LAUNCHING TAMAN POSYANDU


Kehadiran Wanita Cantik blasteran Indonesia Jepang kali ini membawa misi sosial kemasyarakatan. Putri Proklamator kemerdekaan RI yang saat ini membawahi Kartika Soekarno Foundation (KSF) hadir ke balai desa Leran Kecamatan Manyar, Gresik (26/10/2009) bersama perwakilan Unicef Indonesia Malaysia Stephen JW. Pada kesempatan ini Kartrika menandatangani MoU dengan Pemkab Gresik tentang kerjasama dalam menagani Taman Posyandu di Gresik.

Dalam pidatonya, Kartika menyampaikan, Kewajiban kita untuk melindungi anak-anak kita. Saya melihat kerjasama ini sudah membuat hasil yang baik. Semoga Kebaikan ini dapat dijadikan contoh oleh Posyandu yang lain. “menyitir apa yang pernah disampaikan ayah saya, kita harus menggantungkan cita-cita setinggi bintang” ujarnya dihadapan para Undangan dan para kader Posyandu seolah memberikan semangat.

Perwakilan Unicef Indonesia Malaysia. Stephen JW dalam sambutannya mengatakan, berhasilnya posyandu adalah unsur kemajuan Ekonomi jangka panjang. Dengan Kemajuan Posyandu di Gresik saya menganggap Bupati adalah seorang ahli ekonomi dan ahli kesehatan. Bagi Unicef Gresik ibarat mercu suar yang dapat dijadikan contoh.

Sementara dalam keterangan yang disampaikan oleh Sekda Gresik, Dr. Husnul Khuluq, Drs, MM,” Sejak tahun 2008 Pemkab Gresik telah merevitalisasi Posyandu. Latar belakang revitalisasi Posyandu ini menurutnya karena ditemukannya beberapa anak yang mengalami malnutrisi. Sehingga pada tahun itu ada 80 Posyandu yang direvitalisasi dengan biaya APBD Kabupaten Gresik.

Selanjutnya pada tahun 2009 kembali Gresik merevitasisasi Posyandu sebanyak 58 Posyandu. Dari Jumlah itu, 40 Posyandu dibiayai oleh APBD Gresik, sedangkan 18 Posyandu lainnya dibiayai oleh Kartika Soekarno Foundation. Saat ini, kami telah menggabungkan penanganan Posyandu ini dengan program pendidikan anak usia dini (PAUD). Kami melihat kedua program ini sangat saling bergantung dalam menata kemajuan generasi yang akan datang. (sdm, Humas Pemkab Gresik)

Selengkapnya...

PENGUMUMAN LOWONGAN CPNS LAMONGAN, DI BANJIRI PEMINAT



Tahun ini Pemkab Lamongan kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2009 dari jalur umum sejumlah 436 formasi. Dengan Ijazah setidaknya kualifikasi D2 dan tidak membuka kualifikasi ijazah SMA sederajat. Sejumlah formasi tersebut didominasi tenaga kesehatan sebanyak 153 formasi yang diantaranya untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngimbang.

Pengumuman pembukaan sejenis bisa dilihat melalui papan pengumuman yang dipasang di BKD, Kantor Pos seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta Kantor Kecamatan se-Lamongan.

Menurut Sekertaris Daerah Kabupaten Lamongan, Fadeli, lowongan untuk tenaga guru dibuka 142 formasi. Diantaranya untuk Guru TK sebanyak 2 formasi, Guru SD 102 formasi, Guru SMP 13 formasi dan Guru SMA 6 formasi serta Guru SMK sebanyak 19 formasi. Kemudian dari lowongan 153 tenaga kesehatan, 6 formasi diantaranya untuk Dokter Umum, 6 formasi Dokter Gigi, 4 formasi Apoteker, bidan 8 formasi dan terbanyak sebanyak 75 fomasi perawat. Selanjutnya Tenaga Teknis dibuka 141 formasi yang diantaranya 17 formasi Ekonomi Akuntansi, 13 formasi Ekonomi Manajemen dan lainnya Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Teknis Industri dan Teknik Sipil serta Arsitek.

Antusiasme warga tampak melalui kerumunan warga di semua papan pengumuman baik yang berada di Kantor Pos atau Kantor Kecamatan di seluruh wilayah Lamongan. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Secara online, Pengumuman Pembukaan Lowongan CPNS Lamongan 2009, bisa di baca di sini.

Selengkapnya...

VCD PORNO MIYABI LARIS MANIS



(Surabaya-86) Ribuan VCD porno dan VCD bajakan disita aparat Satreskrim Polwiltabes Surabaya dari tangan seorang pedagang di kawasan Tunjung Center, Surabaya (24/10/2009.) Dari ribuan VCD porno tersebut, film dewasa dengan artis asal Jepang Maria Osawa Alias Miyabi paling laris, menyusul pembatalan kedatangannya di Indonesia untuk main film komedi.

VCD porno dengan sampul bergambar artis asal Jepang Maria Osawa alias Miyabi ini paling banyak ditemukan saat petugas Reskrim menggerebek seorang pedagang VCD di kawasan Tunjung Center, Surabaya.

Dori, pedagang VCD porno yang saat ini menjadi tersangka, film porno dengan artis Miyabi adalah yang paling popular dan banyak dicari pembeli.

Bahkan dalan sehari pemuda asal Madura iTU mengaku bisa menjual 10 hingga 20 keping VCD porno Miyabi. Apalagi, saat kedatangan Miyabi di Indonesia untuk main film komedi menjadi kontroversi. Meski akhirnya batal melakoni film, permintaan VCD film biru yang diperankan Miyabi justru semakin banyak beredar di pasar.

“Film Miyabi banyak ragamnya mas dan semuanya laris manis”. Ujar Dori.

Tersangka Dori menjual VCD panas tersebut dengan harga 10 ribu hingga 15 ribu per kepingnya.

Polisi yang mendapat informasi adanya perdagangan VCD porno di kawasan Tunjungan Center tersebut langsung bergerak dengan berpura-pura menjadi pembeli. Polisi kemudian meringkus tersangka begitu mendapatkan barang bukti di lapaknya.

Kepada Polisi, tersanga mengaku sudah berjualan VCD porno ini sejak setahun laluserta mendapatkan barang-barang tersebut dari seorang sales bernama Alex yang hingga kini menjadi buronan petugas Reskrim Polwiltabes Surabaya. (86)

Selengkapnya...

ANGIN PUTING BELIUNG ROBOHKAN PULUHAN RUMAH DI LAMONGAN



(Lamongan-86) Puluhan rumah di 6 desa di kecamatan Kedungpring Lamongan, Sabtu Sore (24,10,2009) porak poranda di terjang hujan deras disertai angin puting beliung. Meski tak mengakibatkan korban jiwa, namun, kerugian material mencapai ratusan juta rupiah.

Puluhan rumah warga di desa Kalen, Warungring, Kadangrejo, Jatirejo, Takeran dan Desa Jatidrojog Kecamatan Kedungpring Lamongan, Sabtu Sore porak poranda akibat hujan lebat yang di sertai angin puting beliung.

Rata-rata, rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap. Bahkan sejumlah rumah rata dengan tanah karena ambruk.

Menurut warga, hujan lebat di sertai angin putting beliung terjadi sekitar hanya sekitar 1 menit. namun, angin yang berputar-putar di sertai petir mampu memporak porandakan perumahan mereka. warga yang ketakutan segera berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri hingga tak ada korban jiwa.

“Anginnya hanya berlangsung kurang lebih 1 menit saja, tapi akibatnya cukup fatal”. Ujar Mahmud, salah seorang warga setempat.

Meski tak mengakibatkan korban jiwa,angin puting beliung yang melanda baru pertama kalinya ini di taksir menyebabkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Warga pun hanya bisa memungut sisa sisa perabotan rumah yang masih bisa di selamatkan.

Sejauh ini, warga yang rumahnya rata dengan tanah, mengungsi kerumah sanak saudara untuk mengindari kejadian serupa, sambil pula menunggu bantuan pemerintah setempat. (86)

Selengkapnya...

LAMONGAN BUKA LOWONGAN 436 CPNS UMUM 2009



Tahun 2009 ini Pemkab Lamongan kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur umum sejumlah 436 formasi. Dengan Ijazah setidaknya kualifikasi D2 dan tidak membuka kualifikasi ijazah SMA sederajat. Sejumlah formasi tersebut didominasi tenaga teknis sebanyak 153 formasi yang diantaranya untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngimbang.

Kepastian perekrutan CPNS dari jalur umum itu disampaikan Sekkab Lamongan Fadeli yang juga Ketua Panitia Pengadaan CPNS 2009 dalam jumpa pers di ruang kerjanya, Jum’at (23/10). Dia didampingi Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa bersama Kepala Bidang Informasi Dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Turdji.

Disampaikan oleh Fadeli, pengumuman pembukaan secara rinci akan bisa dilihat melalui papan pengumuman yang dipasang di BKD, Kantor Pos seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta Kantor Kecamatan se-Lamongan. “Pengumuman tersebut akan mencakup lowongan jabatan, kode jabatan dan kualifikasi pendidikan serta tata cara pendaftaran beserta ketentuan lainnya secara rinci, “ tutur dia.

Seperti halnya tahun lalu, pengajuan lamaran dilakukan melalui Kantor Pos di wilayah Kabupaten Lamongan dan penerimaan CPNS tahun ini juga tidak membatasi peserta hanya dari Lamongan saja. “Ketentuan ini juga berlaku di seluruh Jawa Timur. Seperti syarat foto copy KTP tidak membatasi KTP wilayah Lamongan saja. Untuk pemilik KTP luar wilayah Lamongan juga diperbolehkan. Selama pengajuannya melalui Kantor Pos yang ada di wilayah Lamongan, “ terang dia.

Dilanjutkannya untuk pelamar dengan usia 18 hingga 35 tahun lampiran berkas yang harus ada dalam lamarannya adalah surat permohonan kepada Bupati Lamongan, foto copy ijazah dan transkrip yang dilegalisir dan foto hitam putih dan foto copy KTP. Sementara khusus bagi pelamar dengan usia 35 hingga 40 tahun, imbuh Fadeli, harus melampirkan surat pengalaman kerja yang menunjang kepentingan nasional sebagaimana diatur dalam peraturan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) nomor 30 tahun 2007.

Secara rinci Fadeli ungkapkan untuk tenaga guru dibuka 142 formasi. Diantaranya untuk Guru TK sebanyak 2 formasi, Guru SD 102 formasi, Guru SMP 13 formasi dan Guru SMA 6 formasi serta Guru SMK sebanyak 19 formasi. Kemudian dari lowongan 153 tenaga kesehatan, 6 formasi diantaranya untuk Dokter Umum, 6 formasi Dokter Gigi, 4 formasi Apoteker, bidan 8 formasi dan terbanyak sebanyak 75 fomasi perawat. Selanjutnya Tenaga Teknis dibuka 141 formasi yang diantaranya 17 formasi Ekonomi Akuntansi, 13 formasi Ekonomi Manajemen dan lainnya Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Teknis Industri dan Teknik Sipil serta Arsitek.

Seperti halnya yang berlaku di seluruh Jatim, tes akan dilakukan pada 21 November, pengumuman hasilnya pada 28 November dan mulai bekerja bagi yang diterima pada 1 Januari 2010. Jumlah formasi dari jalur umum yang dibuka tahun ini berarti naik dari formasi jalur umum tahun lalu yang sebanyak 356 formasi. Dengan rincian 252 Tenaga Kependidikan, 62 Tenaga Kesehatan dan 42 Tenaga Teknis.

Fadeli diakhir jumpa persnya meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya jika ada yang berani menjamin bisa masuk PNS dengan membayar sejumlah uang. “Seleksi CPNS ini dipastikan dilakukan secara fair dan transparan. Masyarakat jangan tergoda dengan berbagai tawaran yang tidak jelas, yang mengatasnamakan sejumlah nama pejabat. Karena itu pasti tidak benar, “ tegas dia.

Selengkapnya...

DI PANTURA, BELI MITAN PAKAI KTP


Pemkab Lamongan kini memberi sejumlah rambu-rambu untuk transaksi pembelian minyak tanah (mitan) di kawasan pantura, yakni Kecamatan Paciran dan Brondong. Diantaranya kewajiban untuk menunjukkan KTP penduduk lokal saat membeli mitan. Itu adalah salah satu hasil keputusan rapat ekonomi Pemkab Lamongan untuk mengatasi kelangkaan mitan di pantura.

Dalam rapat yang berlangsung di Ruang Sabha Dyaksa 20 Oktober lalu itu, diikuti Bagian Perekonomian, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag), agen mitan di pantura, Himpulan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Lamongan dan General Manager Retail Region IV PT Pertamina Surabaya.

“Selain kewajiban penggunaan KTP, rapat juga memutuskan untuk membatasi pembelian mitan di setiap pangkalan hanya 30 liter saja tiap orang. Serta agen diminta untuk mengawasi pangkalan agar menjual mitan seusuai dengan harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp 3.250 perliter. Langkah-langkah ini perlu dilakukan mensikapi kelangkaan mitan yang terjadi di pantura. Padahal di pantura mitan juga sangat dibutuhkan nelayan, “ kata Kabag Perekonomian Nurroso melalui Kabag Humas dan Infokom Lamongan Aris Wibawa kemarin (21/10).

Khusus untuk wilayah pantura, lanjut dia, akan menjadi wilayah paling akhir yang menjalani konversi mitan, yakni pada akhir Desember 2009 mendatang. Sementara untuk kecamatan lain akan berlangsung sesuai jadwal. “Sampai sekarang tinggal lima kecamatan yang belum dinyatakn closing (terkonversi). Yakni kecamatan Solokuro, Brondong, Paciran, Karanggengeng dan Laren, “ tambah dia.

Di pantura, alokasi mitan mencapai sekitar 40 ribu liter perbulan. Dengan 25 agen dan 114 pangkalan yang memberikan layanan. Sementara target penerima konversi di Lmaongan sejumlah 275.967 kepala keluarga (KK). (Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

KONSULAT USA KAGUMI KETERBUKAAN INVESTASI LAMONGAN



Keterbukaan pada investor yang akan menanamkan modalnya dan sejarah bahwa Lamongan pernah ada warganya yang terkait terorisme adalah dua hal yang sangat kontradiktif. Terutama pada isu kemanan. Namun ternyata dua kontradiksi tersebut bisa diseimbangkan oleh Bupati Lamongan Masfuk sehingga investor berdatangan ke Lamongan.

Itu adalah salah satu hal yang menjadi ketertarikan Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya Caryn McClelland saat lakukan kunjungan kehormatan dan silaturrahmi dengan Bupati Lamongan Masfuk di ruang kerja Bupati kemarin (20/10). Dalam lawatnnya tersebut Caryn ditemani seorang public affairs assistant konsulat, Esti Durahsanti.

“Bagaimana Pak Masfuk bisa menyeimbangkan kedua hal yang kontradiktif ini. Padahal investor sangat membutuhkan keamanan, “ tanyanya kepada Masfuk dengan Bahasa Indonesia. Pertanyaan Caryn ini berawal dari fakta bahwa ternyata ada investor besar semacam Lamongan Integrated Shorebase (LIS) yang mau mendirikan usaha di Paciran.

Masfuk sendiri sampaikan bahwa pesatnya perkembangan dan kunjungan ke Wisata Bahari Lamongan atau WBL menjadi kunci jawabnya. Menurut dia, pesatnya turisme adalah bukti nyata bahawa suatu daerah itu aman dan nyaman untuk dikunjungi. Karena wisata itu identik dengan rasa aman. “Tentu saja saya bersama jajaran harus melakukan pendekatan pada investor. Namun dengan adanya WBL menjadikan pendekatan itu lebih mudah, “ ujar dia.

Terkait ketertarikan investor pada Lamongan, Masfuk sampaikan hal itu bukan semata karena adanya regulasi yang jelas, infrastruktur yang memadai maupun ketersediaan tenaga ahli. Namun peran kepala daerah (Bupati) juga memegang peran kunci. Seorang bupati yang tidak kaku dan selalu welcome (terbuka) dengan investor, lanjut Masfuk, juga menjadi faktor penting ketika investor lebih memilih Lamongan dibanding kabupaten lain. “Kepala daerah juga memegang peran penting atas suksesnya otonomi daerah. Tanpa inovasi dan kreatifitas, desentralisasi yang sudah bagus ini tidak akan bisa sejahterakan rakyat, “ katanya.

Isu terorisme juga sempat menjadi bahan perbincangan keduanya. Caryn sempat menanyakan apakah memang karena kemiskinan, sehingga terorisme masih ada di sejumlah daerah di jawa. Sementara menurut Masfuk, selain kemiskinan, terorisme erat kaitannya dengan keyakinan dan solidaritas seorang muslim. “Sekarang Pemkab Lamongan telah menjalankan program beasiswa bagi mereka yang pandai tapi miskin. Ini adalah bagian dari usaha untuk merubah mindset masyarakat menuju kesejahteraan melalui pendidikan, “ terang dia.

Lawatan Caryn di Lamongan itu ditutup pemberian cinderamata berupa buku biografi Presiden Amerika Barrack Obama kepda Masfuk. Caryn juga sampaikan suatau saat akan undang Masfuk untuk menghadiri acara di kediaman Caryn yang ternyata keduanya bertetangga di Surabaya. Caryn juga berharap dalam lawatan berikutnya dapat kunjungi LIS dan WBL. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

VIDEO SISWI SMP MESUM BEREDAR LUAS



(Surabaya-86) Dunia pendidikan kembali tercoreng. Kali ini, sebuah video mesum antara siswi SMP Negeri 26 Surabaya dengan pacarnya beredar luas di masyarakat, baik di internet maupun dari HP ke HP. Saat ini, pacar pelaku yang merekam adegan mesum, telah ditangkap polisi.

Adegan mesum yang dilakukan DS, siswi kelas 3 SMP Negeri 26 Surabaya dengan pacarnya RC kembali mencoreng dunia pendidikan di Surabaya. Rekaman adegan intim layaknya suami istri tersebut direkam oleh RC sendiri menggunakan kamera handphone saat berada di dalam kamar rumahnya dua bulan lalu. Namun, kasus percintaan terlarang ini baru menyeruak ke publik dalam satu minggu terakhir.

Gambar-gambar panas dua ABG tersebut saat ini telah beredar luas melalui jaringan internet. Selain itu, adegan mesum itu juga sudah banyak beredar dari HP ke HP. Ironisnya lagi, dalam adegan tersebut DS yang masih berusia 16 tahun, masih mengenakan seragam sekolah.

RC, pelaku adegan mesum tersebut saat ini telah diamankan petugas Satreskrim Polresta Surabaya Utara. Pemuda berusia 19 tahun itu mengaku merekam adegan tersebut sebelum bulan puasa lalu. Ia merekam percintaan dengan DS hanya untuk koleksi pribadi saja.

Warga Tandes Surabaya itu juga mengaku baru dua kali melakukan hubungan intim dengan DS yang sudah dipacarinya selama 7 bulan.

Sementara itu, pasca terkuaknya video mesum siswi SMP Negeri 26 Surabaya ini, pihak sekolah terkesan terutup dan enggan dimintai keterangan. Para guru setempat juga tidak mau diwawancarai. DS sendiri saat ini telah keluar dari sekolah yang berada di kawasan Tandes Surabaya tersebut.

Pihak kepolisian sejauh ini masih menyelidiki kasus peredaran video porno tersebut.

Selain mengamankan pelaku video mesum, polisi juga menangkap tiga wartawan Tabloid Mingguan karena di duga memeras orang tua pelaku dengan meminta uang 60 juta rupiah. modusnya ketiga wartawan itu adalah dengan mendatangi rumah pelaku sambil menunjukkan VCD berisi copy video mesum tersebut. Mereka mengancam akan menyebarkan gambar tersebut jika tuntutannya tidak dipenuhi. Sayangnya, ketiga pelaku pemerasan ini tidak ditahan namun hanya dikenai wajib lapor. (86)

Selengkapnya...

DOWNLOAD KOLEKSI INTERNET EXPLORER



Setiap orang memiliki kesukaan berbeda terhadap sesuatu. Tak terkecuali terhadap 5 browser paling popular saat ini. Sejumlah orang dengan alas an masing-masing, lebih suka menggunakan Mozilla Firefox atau Opera, Safari, Google Chrome atau Internet Explorer.

Nah, bagi yang menyukai Internet Explorer, berikut ini sebuah koleksi Internet Explorer berisi 13 IE berbagai versi mulai versi 1.0 hingga versi 8.0. Tak hanya itu, semua versi IE yang ada dalam koleksi tersebut bisa di jalankan bersamaan dalam satu waktu.

File koleksi IE sebesar 557 MB. Untuk mendownloadnya, klik di sini.

Selengkapnya...

MEMPERBAIKI ERROR PADA INTERNET EXPLORER



Sering browsing dengan mengunjungi berbagai situs di dunia maya, bisa beresiko tertular virus. Sejumlah virus, ada yang merusak sistem komputer ada pula yang merusak software di komputer kita termasuk salah satunya adalah Browser Internet Explorer.

Sebuah Freeware software bernama Fix IE milik Raghu Boddu bisa membantu anda menemukan solusi perbaikan Browser produk Microsoft tersebut dan bisa di download di :
http://www.thewindowsclub.com

Sebelum menjalankan software tersebut, tutup terlebih dahulu IE yang sedang aktif.

Selengkapnya...

MUTASI DIAGONAL PNS DIPERBOLEHKAN 



Mutasi atau alih status dari jabatan fungsional ke jabatan struktural, atau sebaliknya diperbolehkan. Seperti seorang PNS guru atau kepala sekolah yang dapat dialihkan statusnya menjadi pejabat struktural. Itu terungkap dalam Tanya jawab saat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Baru/Kalimantan Selatan lakukan kunjungan kerja (kungker) di Kabupaten Lamongan, Senin (19/10).

Rombongan kungker yang dipimpin Kepala BKD Said Husin Kadri itu diterima Kepala BKD Lamongan Bambang Kustiono di Ruang Sabha Nirbawa Kantor Pemkab setempat. Menurut Bambang, di Lamongan, alih jabatan PNS harus memenuhi sejumlah syarat dan pertimbangan. Seperti memenuhi syarat kepangkatan, bertujuan untuk peningkatan profesionalitas, serta untuk dalam rangka peningkatan pelayanan dengan memperhatikan kompetensi dan prestasi PNS bersangkutan.

Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan PNS, Pemkab Lamongan juga telah memberikan tunjangan tambahan penghasilan berupa tunjangan kesejahteraan. Tunjangan itu, lanjutnya diberikan dalam bentuk uang setiap bulannya. “Sesuai dengan SK Bupati Lamongan nomor 188/24.1/Kep/413.013/2009, baik pejabat maupun staf menerima tunjangan kesejahteraan ini, “ terang dia.

Menurut Bambang, tugas terberat dari BKD Lamongan adalah pada saat dibukanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Karena pendaftarnya sering membludak. Tahun lalu saja tercatat sekitar 15 ribu orang yang mendaftar. “Padahal itu tanpa membuka formasi dari pemegang ijazah SMA. Namun, ahamdulillah semua terselesaikan dengan lancar, “ ujarnya. Di Lamongan sendiri ada sekitar 12 ribu pegawai dengan Dinas Pendidikan memiliki jumlah pegawai terbesar. Yakni sekitar 8 ribu pegawai, baik fungsional maupun struktural.

Sejumlah pertanyaan terkait kepegawaian juga disampaikan Said Husin kungker itu. Diantaranya terkait langkah-langkah untuk peningkatan disiplin PNS di Lamongan, Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) dan pembinaan karier PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Lamongan. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

LAPORAN PELAKSANAAN SUDAH OK, TINGGAL REALISASINYA



Pada prinsipnya, pelaksanaan pembangunan tahun ini di Lamongan sudah berjalan baik. Pengerjaan fisik rata-rata sudah 70 persen terselesaikan. Itu dikatakan Sekkab Lamongan Fadeli saat buka Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2009 di Ruang Sabha Dyaksa Kantor Pemkab setempat, Senin (19/10).

Menurut Fadeli, dia melihat perkembangan ppelaksanaan pembangunan tahun ini sudah cukup baik. Sehingga nampaknya kegiatan evaluasi tidak terlalu perlu untuk dilakukan. Tinggal pelaksanaan di lapangannya saja yang harus mendapat perhatian.

“Saya melihat pelaksanaan di atas kertas sudah cukup bagus, baik dari sisi fisik maupun keuangan. Sekarang tinggal pertanggungjawaban pengawas di lapangan saja. Jika laporan yang diatas kertas itu bisa dipertangungjawabkan, maka saya bisa sampaikan pelaksanaan pembangunan tahun ini lebih baik dari tahun lalu, “ ujar dia.

Namun dia juga meminta agar sejumlah kegiatan untuk dipercepat pelaksanannya. Seperti kegiatan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Fadeli minta agar penyerapan keuangan DAK tersebut dipercepat agar tahapan realisasinya tidak ketinggalan.

“Yang penting adalah pekerjaan di lapangan, “ kata dia. Terkait pekerjaan di lapangan tersebut, sambung Fadeli, tentunya fungsi pengawas teknis lapangan menjadi penting. “Pengawas teknis di lapangan harus mampu jaga pengerjaan proyek fisik agar sesuai dengan RAB-nya (rencana anggaran biaya). Jangan sampai ada masalah di lapangan. Demikian pula dengan Komisi Pembangunan Pengawas Proyek (KP3) juga harus benar-benar lakukan pengawasan,  “ tutur dia.

Sementara terkait persiapan pembahasan APBD tahun anggaran 2010, dia juga minta kepada terutama satuan 3 yakni Bappeda dan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset untuk mempercepat kesiapannya. “Minggu-minggu ini sudah harus ada kepastiannya, “ ujarnya.

Sebelumnya, dalam kegiatan yang juga dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan Djoko Purwanto tersebut, Kabag Pembangunan Erfan dalam laporannya sampaikan pembangunan fisik rata-rata 70 persen sudah selesai. Sedang jika ada sejumlah keterlambatan pengerjaan, itu disebabkan adanya pihak penyedia barang dan jasa yang kurang profesional. Selain mengundang semua kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), evaluasi itu juga mengundang pejabat pembuat komitmen (PPK) dan pengawas teknis lapangan. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

DEMO WARGA 3 DESA TUNTUT PEMERATAAN PNPM, RICUH



(LAMONGAN-86) Demo warga 3 desa di Kecamatan Sukodadi Lamongan berlangsung ricuh. Warga yang menuntut pihak kecamatan adil dalam pemerataan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM,) sempat bentrok dengan polisi (19/10/1009.) Warga juga mendatangi mapolsek setempat karena salah satu teman mereka diamankan polisi.

Ratusan warga dari 3 desa yakni desa Sumber Agung, desa Sumberaji dan desa Balungtawun mendatangi kantor Kecamatan Sukodadi. Mereka mempertanyakan kebijakan Camat setempat, Eddy Martana yang tidak memasukkan desa mereka sebagai penerima bantuan PNPM Mandiri. Padahal desa mereka telah mengajukan proposal sebagai desa miskin yang layak untuk mendapatkan dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri tersebut.

Awalnya demo berlangsung damai, namun karena pengunjuk rasa membakar ban bekas dan melemparkannya ke arah polisi kericuhanpun tak terhindarkan.

Polisi yang berjaga berusaha membubarkan massa, namun massa justru brutal menyerang polisi. Meski tidak terjadi baku hantam antara polsi dan warga, namun salah seorang pengunjuk rasa yang terlibat kericuhan tersebut diamankan petugas.

Kericuhan tersebut mereda setelah perwakilan dari warga di perbolehkan masuk ke kantor kecamatan untuk menuntaskan masalah dengan Eddy Martana, Camat Sukodadi.

Menurut suprayitno salah satu warga, aksi warga ini adalah buntut dari tuntutan hak warga desa mengenai dana PNPM Mandiri untuk pembangunan desa sejak beberapa bulan lalu. “Kita telah mengajukan proposal beberapa bulan lalu, namun hingga kini belum ada jawaban”. Ujar Suprayitno, salah seorang warga.

Aksi warga kembali ricuh, saat warga mendatangi mapolsek sukodadi untuk membebaskan salah satu rekan mereka yang di amankan oleh petugas, karena dituding sebagai rpovokator saat berdemo. Namun kericuhan tersebut kembali mereda saat petugas membebaskan warga tersebut.

Warga mengancam akan melakukan aksi serupa jika tuntutan pemerataan program PNPM Mandiri untuk tiga desa tersebut, tidak segera di realisasikan. (86)

Selengkapnya...

ANTRIAN KARTU KUNING UNTUK LOWONGAN CPNS, MEMBLUDAK



Santernya informasi pembukaan lowongan CPNS 2009 di sejumlah instansi pemerintah menyebabkan permintaan kartu kuning di kantor Disnakertrans Kabupaten Gresik (19/10/2009,) membludak. Para pencari kerja dari berbagai wilayah di Gresik, terus membanjiri kantor Disnakertrans.

Kepala Kantor Disnakertrans Gresik, Saputro membenarkan adanya informasi lowongan CPNS 2009 untuk Pemda Gresik. Namun Saputro mengaku tidak tahu detail formasi yang di butuhkan pada lowongan CPNS tahun ini. “Kita masih menunggu informasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik”. Ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Saputro menjelaskan, formasi CPNS tahun ini di fokuskan pada lulusan minimal S1 sederajat. Berbeda dengan tahun lalu yang membuka lowongan bagi lulusan SLTA sederajat. Untuk itu, antrian pencari kerja di Kantor Disnakertrans Gresik menurun di banding tahun lalu yang mencapai 14 ribu permohonan selam a1 tahun, karena tahun lalu ada lowongan untuk lulusan SLTA sederajat.

Berdasarkan data kantor Disnakertrans Kabupaten Gresik, jumlah permintaan kartu kuning dari Januari hingga Oktober 2009 mencapai 5.834 formulir. Sedang untuk bulan Oktober 2009 mencapai 1.231 formulir.

Menurut Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnakertrans Gresik Ristiarno Raharjo, setiap hari, rata-rata permohonan kartu kuning menjelang pengumuman CPNS 2009 mencapai 150 hingga 200 formulir. Untuk itu, pihak Disnakertrans telah mempersiapkan kartu kuning sebanyak 300 kartu kuning setiap harinya tampa di pungut biaya sepeser pun.

Di samping permohonan kartu kuning, antrian permohonan SKCK juga terlihat di Mapolres Gresik Jalan Basuki Rahmat, Gresik

Sementara itu, pengumuman Penerimaan CPNS 2009, telah di keluarkan oleh Departemen Agama dan Dinas Kesehatan yang bisa di baca di hampir setiap Kantor POS di kota Gresik. Untuk informasi pembukaan penerimaan CPNS Dinas Kesehatan, bisa di akses melalui www.ropeg-depkes.or.id.

Selengkapnya...

MEMPERCEPAT SPEED PC DENGAN 10 SOFTWARE GRATIS



Pernahkan anda mengeluh dengan kinerja PC anda yang lambat? Salah satu penyebabnya adalah banyaknya program yang masih terekam di registry dan memory. Saat and meng-uninstall sebuah program, tidak semua komponen program tersebut di hapus secara otomatis. Namun, Registry Windows dan Memory PC masih menyimpannya.

Program-program yang tersisa itulah yang menyebabkan PC kita menjadi lambat karena Systray Memory dan Key Registry masih mengenalinya. Untuk mengatasinya, berikut ini adalah 10 free software penghapus program-program yang masih menempel di Registry dan Memory. :

EasyCleaner
Ccleaner
Wise Registry Cleaner
Wise Disk Cleaner
FreeRAM XP Pro
RamBooster
TuneXP
Advanced Vista Optimizer
Startup Optimizer
Memtest86

Source : http://www.freewaremission.com

Selengkapnya...

BUKAN UNTUK SEKEDAR KUMPULKAN DATA



Bupati Lamongan Masfuk dalam sambutannya saat tasyakuran Kantor Penanaman Modal menyampaikan ketidaksetujuannya jika kantor itu hanya untuk kumpulkan data statistik saja. Padahal fokus dan ide dasar pendirian kantor tersebut adalah untuk menambah jumlah penanam modal di Lamongan.

“Saya tidak setuju jika Kantor Penanaman Modal ini hanya mendata angka dan statistic saja. Seperti data berapa nila modal investor yang sudah masuk Lamongan. Kalau hanya cari data semacam itu sudah abnyak lembaga lain seperti BPS atau Bappeda, “ ujarnya di Kantor Penanaman Modal, Jum’at (16/10).

Kantor Penanaman Modal, tegas Masfuk, harus fokus pada ide dasar dibentuknya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut. Yakni meningkatkan jumlah penanam modal (investor) di Lamongan. “Harus bisa datangkan investor baru, jangan cuma mendata modalnya investor yang sudah ada, “ ujarnya.

Dia juga berharap akar kantor itu dikelola secara professional. Setiap aktifitas pekerjaan harus dilakukan secara efektif dan efisien. “Karena calon investor yang datang ke kantor ini berharap akan mendapat pelayanan yang professional, “ tambah dia. Berdasar data Bappeda, nilai investasi di Lamongan telah mengalami lonjakan pesat. Dari hanya Rp 246 miliar di tahun 2000, naik menjadi Rp 10 triliun di tahun 2007.

Tasyakuran itu kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Masfuk yang diserahkan pada epala Kantor Penanaman Modal Lestariono. Wabup Tsalits Fahami bersama Sekkab Fadeli dan Inspektur Supardi juga hadir dalam tasyakuran tersebut. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

RATUSAN SISWA SD 'SERBU' KANTOR BUPATI



Dari gerbang masuk kantor, suara sirine mobil patroli meraung-raung. Sedan milik Polres yang lazim mengawal iring-iringan pejabat ternyata membawa iring-iringan 35 mikrolet yang mengangkut siswa SDN 2 Sidokumpul Gresik, Jum’at pagi (16/10). Mereka melaksanakan ‘city tour’ berkunjung ke Kantor Bupati Gresik.

Dengan diantar oleh para guru dan Kepala Sekolah, para siswa kelas 1 sampai 6 sebanyak 664 siswa berkeliling di Kantor Bupati. Dengan membawa kertas yang berisi quetioner mereka bertanya pada setiap orang yang ditemui. “pak nama pak Bupati Gresik siapa ? ujar Pradita kelas 4a. “Bupati Gresik, namanya Dr. KH. Robbach Ma’sum, Drs, MM”, ujar Heru Budi S kasubag PIP. Setelah diberitahu demikian, serta merta Pradita menulis pada kertas Questioner yang telah dibawanya dari sekolah.

Lain halnya dengan Mohammad Fahmi Yusuf, siswa kelas 6b ini menanyakan alamat keberadaan kantor Bupati Gresik,” pak, nama jalan kantor Bupati Gresik ini jalan apa ? tanyanya kepada Kepala BKD, Kuwadijo. “kantor Bupati ini letaknya di Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo 245 Bunder-Gresik. Fahmipun segera menulis jawaban yang dilontarkan Kuwadijo.

Kepala Sekolah SDN 2 Sidokumpul Gresik, Hasniah yang juga sebagai ketua rombongan mengatakan, Kegiatan city tour ini merupakan kegiatan pembelajaran diluar sekolah yang kami laksanakan setiap bulan. Pada city tour yang pertama bulan lalu, para siswa kami kenalkan pada Pelabuhan Gresik.

Kunjungan ke Kantor Bupati ini adalah city tour ke 2. Disini murid kami bekali dengan 5 pertanyaan, yaitu nama bupati Gresik, wakil bupati Gresik, letak kantor Bupati, serta mencatat tugas-tugas bupati, dan yang terakhir kesan-kesan ketika kunjungannya ke Kantor Bupati. (sdm, Humas Pemkab Gresik)

Selengkapnya...

DROPING AIR KE SEJUMLAH DESA



Seiring dengan berlangsungnya musim kemarau, Masyarakat sudah mulai merasakan kesulitan air dengan mengeringnya sejumlah sumur. Dengan keadaan yang demikian, Pemkab Gresik melakukan droping air bersih ke sejumlah desa di beberapa kecamatan yang mengalami kesulitan air bersih.

Droping air yang berlangsung sejak 7 September lalu itu setiap hari telah menjangkau beberapa desa di 9 kecamatan masing-masing Kechttp://help.blogger.com/bin/answer.py?answer=42197
moreamatan Cerme, Balongpanggang, Duduksampeyan, Sidayu, Manyar, Benjeng, Dukun, Bungah dan Kedamean.

Menurut Kasubag Sosial dan ketenagakerjaan, Kholid pada Jum’at (16/10), melalui kasubag Pemberitaan Heru Budi S dikantornya,” setiap hari 4 armada (tangki) berukuran 5000 l beroperasi mengirim air ke desa-desa, masing-masing 2 rit tiap tangki. Jadi ada 8 tangki air bersih yang kami kirim ke seluruh wilayah desa yang membutuhkan air. Pengiriman berdasarkan laporan dan permintaan dari Camat” ujarnya.

Pengiriman air ini berlangsung setiap hari kecuali hari Minggu. Droping air ini akan dilakukan secara bergilir sesuai permintaan desa melalui camat, dan akan dilaksanakan sampai musim hujan nanti. “Pada hari ini, Armada kami melayani pengiriman di salahsatu dusun di desa Tambakrejo kecamatan Duduksampeyan” ujar Kholid. (sdm, Humas Pemkab Gresik)

Selengkapnya...

RP 51 JUTA, BONUS MEDALI PORPROV



Total sejumlah Rp 51 juta adalah bonus uang yang diterima atlit Lamongan peraih medali pada event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) II Jatim di Malang Raya. Nominal tersebut termasuk bonus khusus Rp 5 juta untuk tiap keeping emas yang diberikan Bupati Masfuk. Sementara KONI berikan Rp 3 juta untuk emas, Rp 2 juta untuk perak dan Rp 1 juta untuk peraih perunggu.

Berlangsung di Pendopo Lokatantra Lamongan, Kamis (15/10), upacara penyerahan medali tersebut dihadiri semua 39 atlet peraih medali, pelatih, Wabup Tsalits Fahami dan Ketua Umum KONI Supardi. Sejumlah 39 atlit tersebut termasuk peraih medali dalam nomor beregu seperti panahan yang meraih perak dan drum band yang berhasil raih perunggu.

Komandan Kontingen Porprov II Lamongan Suharto dalam laporannya sampaikan kontingen yang dikirimnya telah berhasi penuhi target medali, yakni lima medali emas. Secara keseluruhan, kontingen Lamongan sukses raih lima medali emas, empat perak dan tiga perunggu dan berada di posisi 13 dari 38 kabupaten/kota. “Ini adalah lonpatan prestasi luar biasa setelah pada Porprov I hanya mampu raih 1 perak dan 1 perunggu dan berada di posisi 32, “ ujar dia.

Diuraikannya, untuk cabor gulat berhasil raih dua emas, dua perak dan dua perunggu. Untuk emas diraih atas nama Nurhayati dikelas 58 kilogram putri dan Alit Yuniar di kelas 45 kilogram putri. Kemudian cabor panahan sukses persembahkan satu emas dan satu perak. Medali emas panahan dipersembahkan oleh Rahmat Panji di nomor FITA ronde 40 meter secara heroik. Karena dia meraih medali emasnya dalam kondisi sakit demam berdarah.

Selanjutnya cabor ketiga pengumpul medali untuk Lamongan adalah panjat tebing yang persembahkan dua emas dan satu medali perak. Kesemua medali tersebut dipersembahkan oleh satu nama, yakni Nanda Dea Cahyaningtyas. Dua emasnya didapat dari kelas Lead dan Speed. Sementara perak didapat dari kelas Boulder. Sementara cabor drum band raih perunggu di nomor Lomba Ketahanan dan Ketepatan Baris-berbaris (LKKB).

“Ternyata Lamongan mampu raih prestasi hebat. Prestasi ini sungguh luar biasa, “ kata Bupati Masfuk dalam sambutannya. “Padahal prestasi yang diraih ini diraih dengan fasilitas terbatas, saat Lamongan belum memiliki sebuah gelanggang olahraga (sport center). Kalau nanti sudah punya past ibis aberprestasi lebih baik lagi. Kedepan saya berharap KONI untuk lengkapi fasilitas yang kurang demi prestasi yang lebih baik lagi, “ tambahnya.

Dia juga minta mulai dari usai Porprov II ini untuk segera tetapkan target medali pada Porprov selanjutnya. Sehingga pembinaan dapat segera dilakukan. “Hari ini kita membuktikan bahwa dengan seleksi atlit yang baik (professional), tanpa KKN, prestasi bisa diraih. Denga konsep professional ini pulalah sehingga kini hampir semua sektor di Lamongan bisa bangkit, “ ucapnya. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

OPERASI YUSTISI JARING 28 PELANGGAR DAN TRAFFIKING



Untuk menindak lanjuti keluhan masyarakat dengan menjamurnya warung-warung yang menyediakan pelayan wanita muda usia, pasukan penegak Perda (Satpol PP) kali ini (15/10/2009) menggelar operasi di warung-warung dan tempat yang dikenal sebagai area remang-remang. Operasi dilakukan oleh 2 kelompok yang dibagi di dua wilayah berbeda, yaitu wilayah Utara dan Selatan.

Di wilayah utara, Anggota Satpol PP menyisir wilayah mulai dari Perempatan Bunder, Banjarsari (Cerme), sepanjang Duduksampeyan, dan wilayah Kedamean. Kelompok penyisir wilayah Selatan ini berhasil merazia 14 orang pelanggar yang 1(satu) diantaranya seorang laki-laki sedangkan 13 yang lain berjenis kelamin perempuan. Para Pelanggar ini ditangkap dibeberapa wilayah yang selama ini dikenal warung plus dan tempat remang-remang.

Sedangkan kelompok penyisir di wilayah Utara, pasukan Satpol PP menyisir area mulai dari, Manyar, Bungah, Dukun, Ujungpangkah, Sidayu dan Panceng. Diwilayah ini, Pasukan Satpol PP berhasil menjaring sebanyak 14 orang pelanggar.Menurut Kepala Satpol PP Karno, S.Sos ”Beberapa Perempuan yang kami amankan adalah para penjaga warung serta beberapa perempuan yang berada ditempat-tempat yang selama ini diindikasikan sebagai tempat remang-remang. Mereka diamankan karena tidak memiliki KTP Gresik ataupun kartu identitas penduduk musiman (kipem).

Mereka telah melanggar Perda 3 tahun 2005 yaitu tentang penyelenggaraan pendaftaran penduduk, pelayanan pencatatan sipil. Yang sangsinya yaitu denda setinggi-tingginya Rp. 100 ribu. Dari beberapa orang yang ditangkap tersebut, ada 4 orang perempuan yang ternyata usianya dibawah umur (dibawah 17 tahun). Mereka bekerja sebagai penjaga warung. “Semua pelanggar ini akan kami beri pembinaan, agar mereka sadar pentingnya KTP. Bagi yang bekerja di Gresik dan tidak mau pindah penduduk ke Kabupaten Gresik, mereka kami arahkan untuk segera mengurus Kipem, namun yang ingin pindah ke Gresik maka kami sarankan untuk segera pindah ke Gresik. (sdm, Humas Pemkab Gresik)

Selengkapnya...

PERSELA MENANG TIPIS 1-0 ATAS PERSITARA



(Lamongan-86) Tuan rumah Persela Lamongan menang tipis 1-0 atas tamunya Persitara Jakarta Utara dalam lanjutan kompetisi liga super di Stadion Surajaya Lamongan Malam ini (14/10/2009). Gol semata wayang Persela di raih melalui tendangan penalti.

Di saksikan ribuan supporter yang memadati Stadion Surajaya, Laskar Joko Tingkir memulai serangan dengan melalui gelandang serang Samsul Arief. Hasilnya, di menit ke 4, tendangan samsul arief nyaris membuahkan gol jika tidak di tepis kiper Persitara, Wawan Dermawan.

10 menit kemudian, sundulan kepala Samsul Arief berhasil memperdaya kiper Persitara. Namun, gol ini di anulir wasit Iis Isya, karena offside.

Gol 1-0 baru di raih anak asuh Widodo C Putro di menit ke 26 saat wasit menghadiahkan tendangan penalti akibat pelanggaran hand ball yang di lakukan pemain belakang Persitara, Ladislas. Tendangan penalti berhasil di eksekusi dengan baik oleh Martin Zada. Skor 1 -0 bertahan hingga babak pertama usai.

Tertinggal 1-0, Persitara meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Di menit ke 60, striker tantan, nyaris mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Ernesto. Namun, bola berhasil di tangkap kiper Persela, Fauzal Mubarok.

Di menit ke 71, tendangan bebas yang di eksekusi ernesto, nyaris menyamakan kedudukan. Namun, bola kembali berhasil di tangkap kiper Fauzal Mubarok.

Hingga pluit panjang di tiup wasit sebagai tanda berakhirnya pertandingan, berbagai peluang yang di miliki kedua kesebelasan, tidak mampu merubah skor 1-0 untuk Persela. (86)

Selengkapnya...

LAWAN PERSELA, 2 PEMAIN IRAN AKAN PERKUAT PERSITARA



Laskar Si Pitung Persitara Jakarta Utara, dapat bernafas lega karena dua pemain baru asal Iran sudah bisa di turunkan saat melawan tuan rumah Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Rabu Malam (14/10/2009). Sementara, Matchday ke-2, Persela Lamongan, harus rela bermain tanpa dua pemain pilarnya karena cidera.

Laskar Si Pitung, Persitara Jakarta Utara, akan bermain full team dalam lanjutan kompetisi Liga Super melawan tuan rumah Persela Lamongan. Bahkan, dua pemain barunya yang berasal dari iran, yakni Parsein Pard dan Vali Khorshadipis siap memperkuat barisan pertahanan Persitara.

Dalam uji lapangan Stadion Surajaya Lamongan, pelatih Persitara, Dick Buttelar banyak mengajarkan teknik merebut bola serta mengirimkannya ke lini depan.

Pelatih asal belanda ini beranggapan, tim Persela sangat bagus dan memiliki materi pemain yang berbahaya, seperti Kurniawan Dwi Yulianto dan Martin Zada. Meski demikian, timnya optimis bisa mencuri poin di kandang Persela. “Kita dating bukan untuk kalah”. Ujar Dick Buttelar

Sementara itu, dalam menjamu Persitara Jakarta Utara, Persela Lamongan harus rela bertanding tanpa dua pemain pilarnya.

Kedua pemain tersebut adalah gelandang enerjik Sukadana yang mengalami cidera kaki, dan kiper Khoirul Huda yang mengalami cidera tangan. Pelatih Persela akan mengisi posisi Sukadana dengan Gangga Mudana sedangkan kiper akan di isi Fauzal Mubarok.

Meski tanpa dua pilar inti, Persela yakin bisa memenangkan pertandingan karena kondisi psikis pemain sedang stabil pasca kemenangannya melawan Pelita Jaya Purwakarta dua hari lalu, serta predikat juara Liga Jatim awal bulan ini.

Untuk itu, target meraih point penuh di kandang merupakan harga mati bagi Laskar Joko Tingkir. “Di kandang, kita harus menang”, Widodo Cahyono Putra, Pelatih Persela. (86)

Selengkapnya...

KACUNG MARIJAN PERTANYAKAN KUALITAS PEMILU



Kacung Marijan, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Airlangga mempertanyakan benarkah beberapa kali pemilu di Indonesia pasca Orde Baru telah berlangsung secara demokratis. Itu disampaikannya saat menjadi nara sumber dalam Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2009 yang digelar KPU Lamongan di aula sebuah hotel setempat, Selasa (13/10).

Kacung Marijan menyebutkan diantara argumentasi yang sering dikemukakan bahwa pemilu telah berlangsung secara demokratis adalah karena pemilu-pemilu itu diikuti oleh banyak partai dan pemilu telah berlangsung relatif jurdil (jujur adil). “Pertanyaannya adalah, betulkan pemilu 2009 telah berlangsung secara demokratis, “ ujar guru besar yang asli Lamongan itu.

Secara umum, Kacung menyebut ada dua indikator apakah sebuah pemilu telah berlangsung secara demokratis. Yakni adanya kepastian huum dalam setiap tahapan pemilu dan ketika semua tahapan itu telah berdasar prinsip-prinsip yang ada dalam pemilu seperti langsung, umum, bebas, adil, rahasia dan akuntabel.

Dilanjutkannya, jika merujuk UU nomor 10 tahun 2009, pemilu 2009 telah memunculkan sejumlah permasalahan. “Mantan Wakil Ketua Ramlan Surbakti mengidentifikasi banyak permasalahan berkaitan dengan kekosongan hukum, ketidak konsistenan hukum dan adanya ketentuan multi tafsir baik dalam UU maupun peraturan-peraturan pemilu, “ katanya dalam kegiatan yang dibuka Asisten Tata Praja Agus Sugiarto itu.

Kekosongan hukum itu dicontohkannya bisa dilihat dari adanya banyak celah hukum yang belum jelas. Seperti undang-undang yang mengatur daerah pemilihan (dapil) untuk kabupaten/kota maksimal 12 kursi dalam satu dapil. Sementara tidak ada solusi yang mengatur misalnya ketika ada satu satu kabupaten yang memiliki jatah kursi 25 tetapi hanya punya 2 dapil. Atau tidak diaturnya kewenangan Bawaslu/Panwaslu yang berkaitan dengan pengawasan terhadap penerimaan dana kampanye oleh undang-undang.

Sedangkan ketidakkonsistenan hukum menurut dia juga terlihat jelas misalnya Pasal 23 ayat 2 yang memungkinkan satu propinsi memperoleh kursi lebih banyak dari pemilu 2004. Tapi di pasal 24 ayat 2 berpendapat bahwa jumlah kursi untuk setiap dapil pada pemilu 2009 sama dengan pemilu 2004. Demikian pula ditemukannya ketentuan yang multi tafsir seperti pemutahiran data pemilu yang hanya menyebut pelaksananya tanpa ada ketentuan mengenai jumlah pelaksananya.

“Terlepas dari permasalahan-permasalahan yang ada, secara prosedural, pemilu 2009 masih relatif berlangsung secara demokratis. Terlebih kalu dibandingkan dengan pemilu-pemilu pada masa Orde Baru. Meski demikian, masih banyak hal yang harus diperbaiki agar pemilu berikutnya bisa lebih baik, “ tuturnya.

Seperti permasalahan yang sempat mengemuka terkait data pemilih. Sejak jauh hari, kata dia, masalah data pemilih menjadi salah satu permasalahan yang serius, karena masih amburadul. Itu karena datanya bersumber dari data kependudukan yang masih kacau. Namun masalah itu menjadi mengemuka karena validasi data pemilih juga masih belum berjalan baik. “Pemilih yang harusnya aktif masih pasif, masalah dana dan profesionalitas serta banyaknya kepentingan politik yang terlibat juga membuat masalah data pemilih ini semakin mengemuka, “ ungkap dia. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

OPERASI SIKAT BAYA, POLISI RINGKUS 24 TERSANGKA



Meski angka kejatahan di Gresik Jawa Timur menurut dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, namun jajaran Kepolisian Gresik justru berhasil mengungkap lebih banyak kasus.

Hari ini (11/10/2009,) Satreskrim Polres Gresik menggelar Barang Bukti serta mengamankan 24 tersangka dalam 16 kasus berbagai pelanggaran pidana selama berlangsungnya Operasi Sikat Baya 2009 antara Tanggal 5 hingga 11 Oktober.

Di antara Barang Bukti (BB) yang disita adalah Mobil Pick Up Daihatzu Zebra Nopol W 9417 B, beberapa unit sepeda motor, handphone dan sejumlah uang dengan total kerugian material mencapai Rp 113 Juta.

Kasat reskrim Polres Gresik AKP Ernesto Saiser menerangkan, ke 24 orang tersangka yang di amankan terutama adalah yang terlibat dalam kasus C3 (Curat, Curas, Curanmor) yang ada di wilayah Gresik.

Ernesto menambahkan, sebenarnya Operasi Sikat Baya 2009 yang di canangkan Polwiltabes Surabaya berlangsung hingga tanggal 20 Oktober. Namun, Polres Gresik berhasil mengungkap 16 kasus hanya dalam se pekan saja. “Kita akan menuntaskan pengungkapan berbagai kasus C3 hingga situasi keamanan di Gresik benar-benar terjamin”. Ujar Ernesto kepada Berita 86.

Selengkapnya...

WBL AKAN BERINVESTASI DI KOTA TARAKAN



Sukses Wisata Bahari Lamongan (WBL) selama ini telah menarik perhatian sejumlah daerah untuk lakukan kunjungan kerja (kungker) ke Lamongan. Namun yang paling serius nampaknya adalah Kota Tarakan/Kalimantan Timur. Mereka berniat mengajak pengelola WBL untuk berinvestasi dan membangun kawasan wisata serupa di Kota Tarakan.

Keseriusan itu bisa dilihat dari kungker Kota Tarakan yang dipimpin lngsung Walikota Tarakan sendiri, Udin Hianggio. Bersamanya sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) turut serta. Yakni Asisten Pembangunan Sofian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Syahrintan, Kepala Bappeda Wipartomo Subagio, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Frans Ardinan, Kepala Dinas Budaya, Pariwisata dan Olahraga Asnawi serta Direktur Perusahaan Daerah Budi Prayitno. Selain itu, empat orang anggota DPRD Kota Tarakan juga ikut dalam kungker yang diterima Bupati Lamongan Masfuk dan Wabup Tsalits Fahami di Guest House (12/10) itu.

Sebelumnya, saat Udin Hianggio saat masih menjadi seorang legislator, dia sudah pernah mengunjungi kawasan WBL dan merasa tertarik. Ketertarikannnya itu kini akan diwujudkannya dengan membangun kawasan serupa di Kota Tarakan dengan menggandeng pengelola WBL. “Wilayah Tarakan memilki potensi wisata lokal yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Karena itu kami ingin belajar dari Lamongan, “ kata mantan Ketua DPRD Kota Tarakan selama dua periode tersebut.

Kota Tarakan sendiri adalah sebuah daerah singgah bagi sejumlah daerah di Kalimantan. Seperti Kabupaten Bulungan, Malinau, Tana Tidung dan Nunukan. Masyarakat di kabupaten tersebut jika ingin keluar Kalimantan harus lewat Tarakan dulu karena di tarakan ada Bandara Juwata yang merupakan bandara klas 1 plus. Sementara Pelabuhan Malundung Tarakan adalah pintu gerbang perekonomian Kaltim wilayah utara. “Potensi inilah yang coba dikembangkan dengan membangun sebuah kawasan wisata bahari di Pantai Amal Tarakan, “ kata dia.

Sementara Masfuk menyampaikan agar Pemkot Tarakan menyamakan persepsi terlebih dulu dengan legislative Kota Tarakan. Menurutnya, sangat penting agar eksekutif memiliki persepsi yang sama dengan legislative untuk mewujudkan sebuah program pembangunan. Tanpa itu, meski bagus, program pembangunan akan sulit diwujudkan.

Masfuk juga sampaikan, salah satu kunci sukses WBL adalah karena pengelolaanya dilakukan oleh manajemen yang professional. “Tanpa dikelola sebuah manajemen yang professional, WBL tidak akan bisa sesukses sekarang, “ ujar dia. Di kesempatan itu Masfuk juga menitipkan masyarkat Lamongan yang banyak merantau dan membuka usaha di Kalimantan. Seusai dari Guest House, rombongan kungker Kota Tarakan melanjutkan kunjungannya di WBL. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

PANEN RAYA SEMANGKA RP 7,1 MILIAR



Petani Semangka Kecamatan Karanggeneng kemarin (12/10) lakukan panen raya semangka. Dari estimasi Camat setempat, Tony Tamtama Jati, tahun ini nilai panen raya semangka di wilayahnya mencapai Rp 7,1 miliar.

Dikatakannya, luas tanam semangka di Karanggeneng mencapai 530 hektar di lima desa. Yakni Desa Latukan, Banteng Putih, Sonoadi, Guci dan Kawistolegi. Dengan hasil panen diperkirakan mencapai 24 ton setiap hektarnya dan harga jual Rp 1050 perkilogram, maka panen semangka di Karanggeneng tahun ini diperkirakan mencapai Rp 7,1 miliar. “Sementara keuntungan yang dihasilkan petani sekitar Rp 13.475.000. karena biaya produksinya yang hanya Rp 11.725.000 perhektar, menghasilkan panen semangka Rp 25.200.000 setiap hektarnya “ terang dia dalam panen raya yang dibuka Sekkab Lamongan Fadeli tersebut.

Sementara Fadeli dalam sambutannya berharap potensi budi daya semangka di Kecamatan Karanggeneng untuk terus dikembangkan. “Nampaknya bertanam semangka lebih menguntungkan dari polowijo. Dengan potensi yang besar dari budi daya semangka tersebut, selayaknya komoditi semangka untuk lebih dikembangkan di masa mendatang. Terutama jika petani mau menggunakan bibit semangka jenis unggul sehingga hasilnya akan lebih melimpah. Dan kesejahteraan petani juga akan meningkat, “ ujar Fadeli di tengah areal persawahan.

Masa panen semangka di Karanggeneng sendiri berlangsung antara minggu ketiga bulan September hingga minggu keempat bulan Oktober. Semangka bisa berkembang di Karanggeneng karena cocok dengan iklimnya. Luas areal persawahan irigasi di Karanggeneng mencapai 1.707 hektar. Sementara setengah teknis ada 93 hektar, irigasi sederhana 531 hektar dan tadah hujan 302 hektar. Sedangkan tanah jenis tegalan mencapai 452 hektar dan tanah pekarangan mencapai 382 hektar. (arf, Humas Pemkab Lamongan)

Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...