ANEKA SOUVENIR CANTIK DARI LIMBAH BOTOL AIR MINERAL



Limbah botol air mineral bagi kebanyakan orang di anggap sebagai sampah yang kurang bermanfaat. Bagi ibu-ibu di Gresik Jawa Timur, limbah botol air mineral bisa di sulap menjadi aneka souvenir cantik berkualitas. Di samping untuk menjaga kebersihan lingkungan, pemanfaatan limbah botol air mineral tersebut mampu memberikan penghasilan tambahan bagi mereka.

Sejak 2 tahun terakhir, ibu-ibu rumah tangga kelompok PKK Kelurahan Gending Kecamatan Kota Gresik, selalu menyimpan dengan rapi limbah botol air mineral di rumahnya. Botol-botol ini bukan untuk di bakar atau di pasok ke para pengepul barang bekas, melainkan sebagai bahan baku aneka souvenir cantik berkualitas, seperti tudung saji, bunga dan gelas hias.

Mengubah design botol air mineral menjadi handicraft, sangatlah sederhana. Mula-mula, botol dipotong sesuai kebutuhan, kemudian potongan ini di rangkai menjadi satu hingga mirip sebuah lingkaran. Tak lupa, di bagian pinggir di pasang lem sebagai perekat hiasan dari kertas dan pita.

Sebagai proses akhir, pada bagian atas rangkaian di pasang tutup dari plastik serta hiasan lain dari pita. Tudung saji atau tutup sajian makanan, siap di pasarkan.

Di saat yang bersamaan, sebagian ibu-ibu ada yang membuat hiasan bunga dari botol air mineral ukuran sedang dan besar. Bunga-bunga hias berasal dari plastik bekas bungkus makanan yang di potong kecil dan di rangkai hingga membentuk hiasan mirip bunga. Hiasan bunga kemudian di rangkai dengan botol air mineral sebagai potnya. Hasilnya adalah pot bunga cantik penghias ruang tamu.

Menurut ibu-ibu pengrajin, ide awal pemanfaatan limbah botol air mineral ini berawal dari banyaknya sampah botol yang berserakan di sekitar rumah mereka. Akhirnya, muncullah ide pembuatan kerajian souvenir ini. Bahkan, para ibu ini mengaku bisa mendapatkan penghasilan tambahan. “Lumayan, bisa menambah income”, ujar Murtini, salah seorang pengrajin.

Dalam sehari, ibu-ibu ini mampu menghasilkan sepuluh hingga 20 aneka souvenir cantik dengan harga jual bervariasi antara 5 hingga 15 Ribu Rupiah tergantung kualitas souvenirnya. Souvenir ini biasanya langsung terjual di tempat. Bahkan, tak jarang ibu-ibu ini harus bekerja lembur jika ada pesanan dalam jumlah besar.

Bagi ibu-ibu PKK ini, pemanfaatan limbah botol air mineral bukanlah sekedar mencari keuntungan material saja melainkan sebagai bagian menjaga kelestarian lingkungan. (86)



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...