KURMA ALTERNATIF DARI BUAH SALAK, LARIS MANIS



Hampir semua orang mengenal buah kurma yang berasa manis. Namun selain kurma yang biasa kenal dari Timur Tengah, ternyata kurma juga bisa di produksi dari jenis buah lain yakni dengan buah salak. Namanya Kurma Salak.

Berawal dari melimpahnya buah salak saat panen tiba, Saniyah salah seorang anggota Kelompok Tani Desa Kramat kecamatan kota Bangkalan Madura Jawa Timur, mencoba berkreasi dengan memprodusi salak dengan cita rasa kurma.

Tinggal di daerah penghasil salak, saniyah tidak merasa kesulitan mendapatkan bahan dasar buah salak. Apalagi, Saniyah juga memiliki banyak pohon salak di areal pekarangan rumahnya.

Untuk memproduksi kurma salak, membutuhkan waktu yang relatif lama. Setelah salak dikupas dari kulitnya, kemudian dipilah antara salak dengan daging tebal dan yang tipis. Salak yang memiliki daging tebal-lah yang kemudian dijadikan kurma salak.

Selanjutnya salak dicuci hingga bersih. Agar benar-benar higienis, salak-salak ini harus di dicuci hingga tiga kali. Setelah dicuci, buah salak tersebut lalu direbus selama kurang lebih dua jam, dalam kuali yang berisi air dan gula putih.

Buah salak yang sudah direbus tersebut, tetap direndam bersama air gula tersebut, selama beberapa jam. Kemudian, buah salak yang telah berubah warna menjadi coklat kemerah-merahan tersebut, di simpan dalam tempat oven kira-kira selama tiga jam. Kurma salak yang masih basah, serta setengah jadi ini pun, sudah bisa dilihat sangat mirip dengan bentuk dan warna buah kurma pada umum nya. Yang sedikit membedakan dengan kurma asli adalah rasanya yang sedikit kecut.

Harga kurma salak ini, relatif murah. Untuk satu bungkus kurma salak, harga nya Lima Ribu Rupiah. Sementara untuk satu kilogram kurma salak, dijual seharga Tiga Puluh Ribu Rupiah.

Saat bulan Ramadhan seperti sekarang, permintaan kurma salak ini pun meningkat. “Permintaanya sangat tinggi, karena memiliki rasa unik yang alami”, ujar Saniyah.

Selain pemasarannya yang telah merambah Empat Kabupaten di Pulau Madura, sebagian besar konsumen juga datang dari Surabaya dan sekitarnya. Jadi, kurma salak sangat cocok untuk oleh-oleh mudik lebaran(86)


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...