Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

GRATIS, MENIKMATI KECANGGIHAN PARTITION WIZARD HOME EDITION



Jika spesifikasi komputer anda tergolong rendah, namun ingin bisa mengatur partisi harddisk dengan gratis, maka pilihan terhadap Partition Wizard Home Edition merupakan pilihan alternatif terbaik. Software ini memungkinkan Anda mengelola partisi hard drive sehingga Anda dapat menjaga komputer dalam bentuk yang terbaik, karena kompatibel di sistem operasi menggunakan 32 bit dan 64 bit dan mendukung Format hard disk menggunkan FAT maupun NTFS.

Sebagaimana program partition manager lainnya, Partitioan Wizard Home Edition, dapat melakukan semua tugas-tugas partisi meliputi seperti Mengubah ukuran partisi, Menyalin partisi, membuat partisi, Hapus partisi, Format partisi, Mengkonversi partisi, partisi Explore, Hide partisi, Ubah huruf drive, Set partisi aktif, Pemisahan Recovery, Convert Dynamic disk ke Basic Disk.

Dengan fungsinya yang demikian bagus, Partition Wizard Home Edition juga mampu menghilangkan bad sector hard drive termasuk Flashdisk dengan memotong bagian yang mengalami bad sector.

Yang tak kalah pentingnya adalah Partition Wizard Home Edition di sediakan secara gratis oleh pembuatnya MT Solution Ltd.

Di samping itu, Partition Wizard Home Edition sangat mudah di gunakan, hanya dengan menghabiskan beberapa menit memeriksa perangkat ini, Anda dapat dengan mudah memahami cara untuk menggunakan semua fitur-fiturnya.

DOWNLOAD PARTITION WIZARD HOME EDITION

Selengkapnya...

KERAJINAN TENUN IKAT TRADISIONAL, TERANCAM PUNAH



Seni tenun menenun sejak dulu dilakukan oleh nenek moyang kita. Seni kerajinan tenun ikat yang berwarna warni dan kaya akan motif hias, dikerjakan para perajin hampir di seluruh daerah di Indonesia yang setiap tenunannya berciri khas sesuai dengan budaya setempat.

Biasanya, kain tenun dibuat untuk kelengkapan upacara adat seperti dalam ritual merayakan kelahiran anak, perkawinan dan kematian. Selain itu juga dipakai sebagai kain busana adat. Kini, selain untuk fungsi tersebut, kain tenun juga dapat digunakan sebagai penunjang interior.

Di Kabupaten Lamongan terdapat sentra industri tenun ikat, tepatnya di desa Parengan kecamatan Maduran yang sudah merambah hingga pasar timur tengah. Di desa ini, terdapat sedikitnya 30 orang pengrajin tenun ikat yang rata-rata telah menekuini usahanya secara turun temurun.

Salah satunya adalah Miftahul Khoiri yang telah mewarisi usaha orang tuanta sejak tahun 1978. Di bantu 150 orang, Miftah mampu memproduksi 2600 lembar kain tenun ikat perbulannya dengan omset rata-rata mencapai 250 juta.

Pembuatan kain tenun ikat ini tidak mengandalkan keahlian khsusus. Bermula bahan dasar benang yang telah diberi bermacam-macam warna, sesuai dengan mode pasaran. Kemudian benang yang telah diberi warna di pintal menggunakan alat yang di sebut morosepil. Proses pemintalan inipun hanya memerlukan waktu 10 menit untuk sebuah kain berukuran panjang 2,5 meter.

Benang yang telah di pintal kemudian di sekir menggunakan mihani untuk memperoleh benang dengan hasil yang lebih halus.

Tak membutuhkan banyak proses, pembauatan kain tenun ikat ini kemudian di tenun menggunakan peralatan tenun tradisional. Dengan peralatan ini, model dan corak kain mulai di tentukan untuk memperoleh kombinasi warna yang berkualitas.

Menurut Miftahul Khoiri, pembuatan kain dengan peralatan tradisonal menciptakan hasil yang maksimal. Bahkan, ia rela menggunakan benang khusus yang di impor dari Cina dan India yang di namakan benang Mesraiz. Keistimewaan dari tenun ikat ini adalah memerlukan ikatan pada benang, di bagian proses dasar, sehingga di namakan tenun ikat. “Penggunaan alat tradisional memang tetap di pertahankan agar cirri khasnya tidak hilang”. Ujarnya.

Kain tenun ikat berukuran 2,5 meter, di jual dengan harga bervariasi. Mulai dari harga 100 ribu rupiah hingga 600 ribu rupiah. Setiap harinya, Miftahul Khoiri mampu memproduksi 90 kain tenun ikat, dengan omset perbulan sekitar 150 juta.

Produksi kain tenun ikat, saat ini mampu merambah pasar dunia hingga negara timur tengah seperti irak, iran, arab saudi, kairo hingga negara tetangga yaitu malaysia.

Nyaris Punah
Di tengah sukses menembus pasar internasional, saat ini, kerajinan tenun ikat sedang menghadapi persoalan regenerasi. Para karyawan yang ada, rata-rata telah berusia lanjut. Sementara kaum muda desa, kurang berminat dengan kerajinan ini. Mereka lebih memilih kerja sebagai buruh pabrik atau tenaga kerja indonesia di luar negeri.

Dulu, hampir semua penduduk desa ini berprofesi sebagai pengrajin tenun ikat. Seiring perjalanan waktu, berangsur-angsur usaha mereka pudar dan kini hanya tinggal 30 orang pengrajin saja. Penurunan usaha yang paling drastis terjadi pada tahun 1990 saat perang teluk pertama berlangsung, karena pengiriman barang tersendat. Hingga banyak pengrajin gulung tikar.

Dengan demikian, jika pemerintah tidak segera turun tangan mengatasinya, kelangsungan seni batik tradisional Lamongan ini, tengah berada dalam ancaman kepunahan. (86)

Selengkapnya...

WISATA AIR WADUK GONDANG



Selain sebagai sarana penampungan air bagi ribuan hektar sawah di Lamongan, Waduk Gondang di Lamongan jawa timur, juga menjadi tempat favourit untuk wisata air bagi keluarga dan para siswa yang tengah menikmati lburan panjang. Di samping bisa menikmati luasnya pemandangan air, Waduk Gondang juga menyediakan kebun binatang mini yang asri.

Waduk Gondang, terletak sekitar 20 Kilo Meter ke arah barat kota Lamongan. Untuk mencapainya, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Letaknya, di desa Gondang Lor kecamatan Sugio.

Waduk seluas 6,60 hektar dengan kedalaman 29 meter itu, di resmikan penggunaannya oleh mendiang Presiden Soeharto tahun 1987. Selama 23 tahun lamanya, waduk Gondang telah menjadi tumpuan bagi ribuan petani di Lamongan.

Sejak 9 tahun terakhir, pemerintah kabupaten Lamongan mengembangkan Waduk yang mampu menampung 25 Juta Meter Kubik air ini menjadi obyek wisata air yang menawarkan kesejukan. Obyek wisata ini, sangat cocok untuk wisata keluarga atau bagi para siswa yang tengah menikmati liburan panjang.

Salah satu fasilitasnya adalah perahu milik nelayan setempat yang siap mengantarkan para pengunjung menikmati luasnya Waduk Gondang dengan biaya 20 ribu rupiah. Apalagi, di tengah Waduk, para pengunjung bisa menyaksikan kesibukan nelayan lokal saat mencari ikan serta sejumlah bangunan keramba ikan milik petani setempat.

Debit air Waduk Gondang saat ini hanya berkisar 2 juta meter kubik akibat kurangnya curah hujan. Meski demikian, tak mengurangi pesona keindahan Waduk, bahkan terlihat makin ramai terutama pada sabtu dan minggu. Akhir-akhir ini tidak hanya pengunjung perorangan saja. Namun banyak pula rombongan keluarga yang datang untuk berwisata.

Disamping itu, Waduk Gondang juga menyediakan fasilitas kebun binatang mini yang binatangnya rata-rata merupakan sumbangan masyarakat setempat, seperti ular phiton, kera, burung, elang dan lain-lain yang banyak di sukai anak-anak.

Menurut salah seorang pengunjung, satu kelebihan Waduk Gondang adalah rindangnya pepohononan serta kesejukan yang terpancar dari air Waduk Gondang. “Sejuk dan asri”. Ujar Sri Wulandari asal Tuban.

Selama musim liburan sekolah tahun ini, arus pengujung wisata mulai naik sekitar 1 minggu terakhir. Biasanya, dalam sehari, jumlah pengunjung hanya 100 orang, saat ini bisa mencapai 150 orang.

Melihat antusiasnya masyarakat, pihak pengelola berencana menambah sejumlah fasilitas seperti penambahan koleksi hewan, area parkir serta menara yang memungkinkan para pengunjung melihat luasnya area pertanian di sekitar Waduk. (86)

Selengkapnya...

GOOGLE LUNCURKAN FITUR SOCIAL SEARCH



Google tengah bersiap meluncurkan layanan teknologi jejaring social. Sebagai pembuka, Layanan mesin pencari rekasasa tersebut tengah memperkenalkan fitur terbarunya yang dikenal dengan nama Google Social Search. Fitur ini memungkinkan para user mencari identitas seseorang di beragam situs jejaring sosial.

Nantinya, pengguna Google dapat menghubungkan profil mereka di situs jejaring sosial, ke dalam profil Google mereka. Namun layanan ini sendiri masih dalam bentuk beta.

"Masih banyak informasi sosial yang bisa ditambahkan ke dalam pencarian, dan kami baru saja memulai untuk mengembangkannya," tegas Technical Lead for Social Search Maureen Heymans dan Technical Lead for Social Image Search Terran Melconian, seperti yang di kutip Cnet, Jumat.(29/1/2010).

Selain itu, Google Social Search memudahkan pengguna untuk mencari sesuatu berdasarkan kata kunci pencarian, dari platform jejaring sosial yang pengguna miliki.

Sumber : http://techno.okezone.com

Selengkapnya...

SLIMBROWSER, HEMAT DAN AMAN DALAM BERSELANCAR



SlimBrowser ini merupakan browser berukuran kecil yang menggunakan tampilan mirip Internet Explorer (IE). Bedanya, Slim Browser memiliki lebih banyak fitur dan tingkat sekuritas tinggi. Selain itu, SB bersifat fleksibel, sehingga bisa di set sesuai selera kita.

Karena kapasitasnya yang kecil yang hanya 2.128 KB, SB bisa bekerja dengan lebih cepat.

Fitur-fiturnya sebagai berikut :

Beberapa fitur yang dimiliki Slim browser adalah :
mempunyai fitur AutoLogin untuk Web, Email, Situs E-commerce dan Forum.

1. Fitur upload file yang memungkinkan kita mengupload file ke server FTP (File Transfer Protocol) tanpa harus menggunakan software FTP Uploader.

2. Translate isi situs dengan bantuan Google Translation dan Babelflish Translation kedalam berbagai bahasa. Fitur ini di percangih dengan beritegrasi pada Dictionary (kamus) dari Merriam Webmaster dan Real Academia.

3. Lock/autolock yang menghindari pengguna lain untuk mengakses komputer saat dalam keadaan idle.

4. Blocker/unblocker, untuk meblokir situs-situs berbahaya.

5. Local Weather, fitur untuk mengetahui kondisi cuaca secara online tanpa harus masuk ke situs penyedia layanan Update cuaca.

6. Auto Login, berguna untuk login secara otomatis ke situs Online Forum, Online Shop dan lain-lain.

7. Web Mail yang langsung terintegrasi dengan mail client Program.

8. Clean All Trace, fitur untuk menghapus semua jejak history, cookies dan cache hanya dengan sekali klik. tidak seperti browser lain yang membutuhkan beberapa langkah untuk melakukan fungsi semacam ini.

Slim Browser bersifat Freeware yang bisa di download di situs pembuatnya di sini.

Selengkapnya...

THERAPY IKAN GARRA RUFA, RILEKS DAN MENYEHATKAN



Belum memiliki rencana berlibur akhir pekan? Barangkali, informasi berikut sangat berguna, yakni obyek wisata Owabong berupa therapy ikan untuk relaksasi sekaligus kesehatan kulit. Owabong adalah singkatan dari Obyek Wisata Air Bojongsari yang berada di terletak di Jalan Raya Owabong 1, Bojongsari Purbalingga Jawa Tengah.

Untuk mencapai lokasi bisa menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi. Jika dari arah alun-alun kota Purbalingga, dengan melewati jalan depan Masjid Agung Darussalam ke arah utara, sampai di pertigaan Sayangan, belok ke arah kanan. Desa Bojongsari terletak sekitar 7 KM dari patung Knalpot Sayangan.

Kita bisa masuk ke lokasi kolam renang hanya dengan harga tiket 20 Ribu Rupiah. Di kolam renang yang disebut leleson itu, jika kita memasukan bagian atau sekujur tubuh kita sekaligus, ribuan ikan kecil akan langsung mengerubuti bagian tubuh kita. layaknya terapi Spa, ikan bernama Garra Rufa asal Turki tersebut langsung meniti tiap mili bagian tubuh seolah tidak ada yang terlewatkan. Dengan mulutnya yang mungil, ikan-ikan tersebut akan menyedot kotoran dan sel kulit mati yang terkelupas. Proses inilah yang membuat therapi ikan bisa membantu proses regenerasi kulit.

Selain kulit, sentuhan layaknya pijatan kecil di permukaan tubuh bisa melancarkan peredaran darah jika tepat di titik akupuntur yang ada di telapak kaki.

Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit kulit, bisa mempercepat proses penyembuhan dengan bantuan ikan ini.

Karena suasananya yang sangat menyenangkan, sensasi relaksasi air tersebut sekaligus merupakan pijatan penghilang stress.

Selain pijatan si Garra Rufa, kita juga bisa menikmati suasana santai di balai atau teras dengan kursi malas. Kolam bermain untuk anak dengan air hangat juga tersedia di sini, sehingga kita bisa menikmati keindahan panorama kolam dengan rileks tanpa gangguan sang anak.

Selain therapy ikan dan suasana santai, udara di komplek obyek wisata air bojongsari atau owabong ini juga segar khas udara pegunungan. sumber air yang digunakan juga langsung dari mata air tanpa campuran bahan kimia, sehingga anda tak perlu khawatir lama-lama berendam di kolam ini.

Owabong memiliki beragam fasilitas permainan air, antara lain, see saw (jungkat-jungkit air, callage water slide (undak-undakan Spayolan), baban boat, sepeda air, water boom, pesta air, kolam arus dan ember tumpah. Menarik bukan?

Selengkapnya...

WIWIT MANTEN, TRADISI PETANI JELANG PANEN RAYA



Para petani di Demak Jawa Tengah mempunyai cara unik sebelum memanen padi. Mereka menggelar tradisi yang disebut Wiwit Manten, sebagai pertanda dimulainya panen raya padi.

Para petani di Desa Karangmlati Kecamatan Demak Kota, menggelar ritual Wiwit Manten untuk menyambut panen raya padi (28/01/2010.) Tradisi Wiwit Manten sebenarnya sudah berlangsung puluhan tahun lalu, namun sempat terhenti akibat kurang di lestarikan warga.

Wiwit Manten sendiri berasal dari kata wiwit dan manten yang dalam bahasa Indonesia berarti memulai dan pengantin.

Ritual dimulai dengan menyiapkan berbagai sesaji, berupa makanan tradisional ke areal persawahan. Dipimpin oleh seorang tokoh adat setempat, para petani kemudian berdoa dengan khusuk.

Dalam tradisi ini, tanaman padi yang sudah layak dipanen kemudian dipotong dan diikat bersama bunga. Padi inilah yang dinamakan sebagai manten atau pengantin, untuk selanjutnya disimpan dalam lumbung, sebagai bahan makanan, dan sebagian lainnya sebagai benih pada musim tanam berikutnya.

Tradisi Wiwit Manten selain untuk melestarikan budaya Jawa, juga merupakan wujud ungkapkan syukur kepada sang pencipta, yang telah memberikan hasil tanam yang melimpah. “Tradisi ini adalah ungkapan rasa syukur warga”. Ujar Agus Kartono, Kades Karangmlati

Selain memotong padi dalam ritual Wiwit Manten, para petani juga mencuci alat-alat pertanian.

Setelah ritual wiwitan selesai, aneka makanan yang terdiri dari berbagi makanan tradisional kemudian dibagikan kepada warga yang datang untuk dimakan secara bersama-sama. (86)

Selengkapnya...

3 CARA MEMBLOKIR FACEBOOK



Dunia maya adalah alam ketiga setelah alam nyata dan alam ghaib. Di dunia maya kita bisa bebas berinterkasi dengan siapa saja tanpa batas teritorial. Jika demikian, untuk anak-anak, interaksi bebas di dunia maya bisa berbahaya jika tanpa kontrol orang tua atau para guru.

Salah satu situs yang di anggap berbahaya oleh sekelompok orang adalah faceboook, karena memfasilitasi pertemanan secara bebas. Bahkan, facebook sempat di haramkan oleh sejumlah Ulama. Apalagi, sejumlah kasus kriminal justru di mulai dari sekedar ngobrol santai di facebook.

Berikut ini, 3 teknik yang bisa di lakukan untuk memblokir facebook atau situs yang di anggap berbahaya :

1. Menambahkan sebuah Add-ons Mozilla bernama BlockSite 0.7.1 karya Erik Van Kempen asal Eropa.

Sebagaimana teknik blokir situs pada umumnya, BlockSite juga memungkinkan kita memasukkan alamat url situs yang akan di blokir serta membukanya kapan saja kita suka. Bahkan, untuk pengamanan, blockSite memproteksi dirinya dengan password hingga tidak semua orang bisa main blokir. Pasang Add-ons BlockSite di sini.

Sayang, memblokir situs dengan cara di atas hanya berlaku pada browser Mozilla Firefox saja, sehingga situs-situs tersebut masih bisa di akses melalui browser lain. Untuk memblokir pada semua browser, 2 cara berikut ini bisa di gunakan :

2. Menggunakan jasa web pemblokir situs melalui beberapa layanan berikut :
a. http://www.unblockwebsitenow.com/
b. http://udontlie.com/
c. http://surfhappy.info/

3. Jika langkah-langkah di atas masih bisa di bobol, gunakan teknik pemblokiran dengan cara memodifikasi file driversetc dalam system operasi Windows. Bahasan detailnya bisa anda baca di sini.

Selengkapnya...

SOLUSI BAU KERINGAT TAK SEDAP



Berkeringat merupakan mekanisme yang normal dari tubuh kita agar temperature tubuh tetap normal. Temperatur tubuh dikendalikan oleh pusat pengatur panas yang terdapat dalam otak. Jika keringat tidak keluar, maka temperatur tubuh akan panas. Sebaliknya, mengeluarkan keringat terlalu banyak, berarti ada gangguan di bagian tubuh yang lain karena kerja system saraf terlalu aktif hingga keringat yang keluar melebihi jumlah yang dibutuhkan.

Bau keringat muncul ketika terjadi kontak antara beberapa jenis bakteri di permukaan kulit dengan keringat. Bakteri itu menguraikan lemak dan protein dalam keringat hingga menghasilkan senyawa asam. Senyawa asam inilah yang menimbulkan bau khas tak sedap.

Jika penyebab bau keringat berasal dari bakteri, maka bisa di atasi dengan :
a. Berolah raga secara teratur
b. Mandi secara teratur
c. Berganti pakaian secara rutin dengan memakai pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat
d. Menjaga kebersihan diri, terutama pada bagian tubuh yang “rawan” seperti ketiak, puting susu, lipat paha dan sebagainya.

Mengatasi Dengan Ramuan Alternatif
Gunakan kunyit sekitar ukuran 2 ibu jari dan 2/3 gelas gula aren. Kunyit diparut halus lalu masukkan ke gelas yang berisi air gula aren, lalu diaduk. Biarkan cukup lama hingga kunyit mengendap di dasar. Minum airnya setiap malam menjelang tidur. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu di masak. Tambahkan air jeruk nipis terutama jeruk nipis yang sudah menguning. Simpan air ramuan ini dalam botol atau wadah lainnya agar mudah di gunakan. Oleskan air ramuan di di ketiak atau di bagian lain yang mengeluarkan bau tak sedap.

Selengkapnya...

BERBAGI LINK

Menu tab TUKAR LINK ini adalah sebagai media perkenalan antar Blogger agar hubungan yang harmonis bisa terjalin lebih erat lagi. Sebelumnya di ucapkan terima kasih kepada sobat-sobat yang bersedia bertukar link dengan Berita 86.

Bagi sobat yang akan bertukar link, silahkan konfirmasi pemasangan link via komentar. Selanjutnya akan di link balik :
- Text Link http://www.berita86.com dengan kode :
<a href="http://www.berita86.com/" target="_blank">Berita 86</a>
- Atau bisa tukar banner dengan kode :


Berita Internet Ekonik3Liputan 86
Shevy-Blog Ardi33 New News
Dunia Desa Lamongan NewsBlogazet
Sekawan Media Coretan JaimanAulad 15
Bali IndonesiaObat HerbalIlhamsk
YusgoblogSheVyAriswan87
HihiaKerja CerdasJoyHomeWork
Berita Terupdateasemanisblog Mobile Trick
LizphobeebonabalifurnitureEduforia
Berita GadgetMixerAry Hermawan
Engineering WorksAmin KomarPacitan Cyber
Supernova PlaningCesseeJadi Berita
Pelangi DelapanYang DipujaSanjayanet
Laguna LaundryBomb CheaterJual CD Tutorial
Alyasir SuksesImamrVianjb
meilyngiftshop Vicky Info Jojoba77
AfrissmknpurFirdaus Tech Apepherya
mybusiness4u AriezzoneCoretan Agung
Healthy JournalZone For WorldSolear Kecamatan19
Health 07 TipsGojeckUsaha Mesin
Maul UndergroundYerichristGateyan
Obat Alami Tradisional HerbalCara mengobati PenyakitTutor4-u
Jaringan Masa DepanBlog Iklan KitaJeli Gamat Luxor
RizaragedeawansambanganHamil Menyusui
Link AndaLink AndaLink Anda
Link AndaLink AndaLink Anda
Link AndaLink AndaLink Anda
Bali SkinMyanaaBONTANG KUTAITukar Link
download,free,gratis,gratisanKau-inspirasikuEntus BlogGun's BlogTernak kambing etawa
Kolom blog tutorialalwawahid_zps43b0f71f
Selengkapnya...

KALIGRAFI EKSKLUSIF DARI LIMBAH CANGKANG TELUR



Pernahkah terbayang dibenak anda, limbah cangkang telur dapat menjelma menjadi barang indah bernilai seni tinggi? Ditangan Eko Setiadi, warga desa Karanganyar RT 02/05 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, cangkang telur Ayam dan Bebek dapat di sulap menjadi berbagai macam lukisan kaligrafi yang indah.

Ide awal menekuni seni lukis dari bahan cangkang telur ini, Eko mulai sejak tahun 2006 lalu. Eko yang saat itu terkena PHK dari tempatnya bekerja, pulang ke kampung halaman. Saat berhenti di sebuah warung Martabak untuk membeli oleh-oleh, Eko melihat begitu banyak cangkang telur Ayam dan Bebek yang terbuang. Saat itu, Eko langsung memiliki keinginan untuk memanfaatkannya, ,

Menjalani rutinitas sebagai seorang pengangguran, usai terkena PHK, yang tidak banyak aktifitas, membuatnya merasa bosan. Pada suatu saat terinspirasi dari penjual martabak yang tidak memanfaatkan cangkang telur, dan hobinya melukis, Ekopun berinisiatif untuk mencoba memulai berkreasi dengan cangkang telur.

Bahan yang digunakan berupa cangkang telur Ayam dan Bebek, yang ia dapatkan secara gratis dari penjual Martabak dipasar Karanganyar. Dari hasil limbah cangkang telurnya, Eko kini telah menghasilkan berbagai macam lukisan kaligrafi yang indah dan memiliki nilai seni tinggi.

Serpihan cangkang telur dirangkai sedemikan rupa dan direkatkan pada media triplek. Serpihan cangkang telur dengan orisinalitas warnanya menjadikan lukisan kaligrafi milik Eko bisa tampil indah dan menarik. Apalagi, pengerjaan lukisan kaligrafi dari bahan cangkang telur itu, ia kerjakan seorang diri.

Menurut Eko, meski berbagai macam karya kaligrafi dari cangkang telur sudah ia ciptakan, namun belum satupun karyanya terjual. Hal ini ia lakukan karena sedang mengerjakan kaligrafi surat al-Fatehah dan Sahadat dengan ukuran raksasa, yaitu dengan lebar 122 Cm dan panjang 224 Cm dan membutuhkan kurang lebih 700 butir cangkang telur serta proses pengerjaan selama tiga bulan. “Penjualannya masih menunggu proyek terbesarnya nanti”. Ujar Eko.

Meski tidak sedikit orang yang menawar dan tertarik dengan hasil lukisan kaligrafi dari cangkang telur miliknya, namun Eko masih enggan melepas hasil karyanya ini dengan alasan dirinya nanti akan memamerkan hasil-hasil karyanya pada akhir bulan Maret 2010, bertepatan dengan selesainya lukisan kaligrafi raksasa dari cangkang telur yang ia proyeksikan akan tercacat di Musium Rekor Indonesia (MURI), sebagai lukisan kaligrafi dari cangkang telur terbesar. (86)

Selengkapnya...

SENSASI KELEZATAN BOTOK KROKOT, ENAK DAN BERVITAMIN



Tanaman Krokot atau dalam bahasa latinnya Portulaca Leavis Wall, ternyata tidak hanya menjadi tanaman penghias taman, karena siswa-siswi sebuah SMA Negeri di Gresik Jawa Timur, justeru memanfaatkannya menjadi menu makanan alternatif, yakni botok dan rempeyek Krokot, yang cukup mengundang selera. Selain mengajarkan siswa lebih mencintai lingkungan, menu berbahan tanaman hias ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan disentri, radang akut usus buntu, gangguan saluran sistem saluran kencing, dan juga mampu menyembuhkan borok, karena mengandung vitamin A, B dan C.

Tanaman hias Krokot atau Portulaca Leavis Wall, mudah di dapat karena dapat tumbuh subur di sekitar pekarangan rumah.

Proses penanamannya juga tidak terlalu sulit, sehingga mendorong siswa siswi SMA Negeri I Manyar, Gresik untuk memanfaatkanya menjadi sesuatu yang berdaya guna bagi masyarakat.

Setelah melakukan penelitian, tentang kandungan di dalam tanaman tersebut, akhirnya mereka mengolahnya menjadi menu makanan alternatif kaya vitamin yang kelezatannya tidak diragukan, yakni Botok dan rempeyek Krokot.

Menu alternatif ini, memiliki banyak khasiat diantaranya untuk menyembuhkan disentri, radang akut usus buntu, gangguan saluran sistem saluran kencing dan juga mampu menyembuhkan borok, karena Krokot mengandung vitamin A, B dan C, yang sangat dibutuhkan tubuh.

Olin Lintang Pribadi, salah seorang siswa mengatakan, tertarik memanfaatkan tanaman Krokot, karena jenis tanaman hias ini mudah didapat dan dengan mudah tumbuh subur di sekitar lingkungan rumah.

Karena itu, dirinya dan juga teman-teman di sekolahnya terdorong untuk memanfaatkan dan mengolahnya menjadi menu makanan alternatif yang mengandung banyak vitamin, yakni botok dan rempeyek Krokot yang telah akrab dengan lidah bangsa Indonesia. “bahan-bahannya ini sudah akrab dengan lingkungan kita”. Ujar Olin.

Selain lezat, menu alternatif berbahan Krokot ini, aromanya khas dan rasanya tidak langu. Karena itu, dirinya dan juga pihak sekolah mendukung upaya siswa mengembangkan Krokot menjadi menu alternatif yang menyehatkan.

Sedangkan, proses pembuatan botok dan rempeyek Krokot, juga tidak terlalu sulit. Setelah dicuci bersih daun Krokot dipilih yang masih muda dicampur dengan parutan buah kelapa mudah yang telah dicampur bumbu, diantaranya cabe, buah belimbing wuluh, ketumbar, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, garam dan gula.

Agar terasa lebih nikmat, maka ditambahkan teri halus atau ikan laut yang kecil-kecil, tempe dan tidak ketinggalan tahu. Setelah diaduk merata, maka dilakukan proses pembungkusan dengan daun pisang dan diakhiri dengan proses pengukusan hingga botok siap dihidangkan.

Selengkapnya...

KEBUN BINATANG GUA MAHARANI, POTENSI WISATA EDUKASI DAN ENTERTAINMENT



Goa Maharani di Lamongan Jawa Timur yang terkenal dengan keeksotisan bebatuan alamnya, saat ini semakin cantik. Di areal sekeliling goa tersebut kini telah berdiri megah, kebun binatang Maharani yang mengoleksi berbagai jenis binatang langka dari amerika dan afrika selatan, yang di beri nama Maharani Zoo dan gua, di singkat Mazzola. Selain koleksi binatang, pengunjung juga bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit di goa Maharani melalui fasilitas geological dan goa.

Melewati jalur pantai utara sepanjang 150 kilo meter dari Gresik hingga Tuban adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Jalan bersejarah yang dibangun Gubernur Batavia Daendels pada abad ke-18 ini juga memiliki daya tarik lain. Di kawasan wisata tanjung kodok kecamatan paciran misalnya, terdapat sebuah gua yang teramat indah, bernama gua Maharani. Lokasinya mudah dijangkau, karena berada di tepi jalan raya yang dilalui kendaraan umum setiap saat.

Dalam 2 tahun terakhir, Gua Maharani baru telah di buka dengan penambahan sejumlah fasilitas seperti kebun binatang, musium geologikal hingga musium hewan. Tiket masuk untuk hari-hari biasa 15 ribu rupiah. Sedang week end, 20 ribu rupiah.

Untuk kebun binatang misalnya, pihak pengelola telah menyiapkan 81 kandang di area seluas 2,7 hektar untuk 300 lebih berbagai jenis hewan. Namun, saat ini baru ada beberapa jenis hewan saja seperti burung, orang utan, harimau afrika serta tupai albino. Sementara, untuk hewan lainnya seperi onta, buaya, jerapah dan lain sebagainya, akan segera tiba di lokasi ini.

Nama Maharani sendiri adalah nama sebuah gua indah yang terletak di lokasi paling ujung tempat ini. Konon, keindahan gua Maharani setara dengan gua-gua yang tersebar di kawasan wisata internasional seperti Altamira di Spanyol, Mammoth dan Carlsbad di Amerika Serikat.

Memasuki istana gua yang ditemukan pada 6 agustus 1992 oleh empat orang buruh penambang batu ini, ratusan stalaktit dan stalakmit yang indah, tampak menghiasi dinding dan atap gua. Berdasarkan hasil penelitian, batu stalaktit dan stalakmit ini masih hidup dan tumbuh sampai kini, meskipun hanya tumbuh mekar sekitar satu centimeter setiap 10 tahun.

Setiap ornamen stalakmit yang bertebaran di seluruh ruangan gua diberi nama-nama bunga atau sekar, di antaranya sekar melati, kenanga, kenikir gading, wijayakusuma, dan mayang. Malah bagian langit-langit gua pun diberi nama yang tak kalah magis, seperti karang langit, langit gempal, dan langit-langit yang dianggap spektakuler disebut dengan nama Sayuto Kartiko Suci atau sejuta bintang suci.
Setiap pelancong yang mengunjungi gua istana Maharani, tak ubahnya memasuki alam lain. Kesan yang di dapat, adalah kekaguman yang tinggi kepada sang pencipta yang telah mengukir bebatuan dalam gua Maharani secara alami. Apalagi, saat ini ada penambahan fasilitas baru yang mengagumkan, akan menambah daya tarik tersendiri. “Memang keindahannya beda dengan yang lain”. Ujar Sania, salah seorang pengunjung.

Keluar dari pintu gua, pengunjung kini bisa menikmati wahana geological berisi koleksi bebatuan eksotis zaman purba dari berbagai penjuru dunia. Di lokasi ini, terdapat koleksi artusan bebatuan berbagai bentuk termasuk batu mutiara yag di lengkapi kaca pembesar hingga bisa melihat bentuk keindahannya secara detail.

Salah satu wahana lain yang siap menyambut pengunjung adalah diorama musium binatang. Di wahana ini, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi binatang yang telah punah dalam kondisi diawetkan dalam sebuah ruangan yang sejuk. Konsep wahana ini adalah konsep edukasi bagi anak-anak untuk mengenalkan berbagai jenis hewan purbakala, seperti Dinosaurus dan lain sebagainya.

Menurut Bupati Lamongan, Masfuk, penambahan fasilitas ini, adalah untuk wisata etertainment dan edukasi. Di harapkan, dengan fasilitas ini bisa menambah arus kunjungan wisata ke Lamongan hingga lebih dari 1,7 juta orang di tahun 2007.

Di samping bisa menikmati keindahan gua, para pengunjung juga bisa erbelanja aneka macam oleh-oleh khas Lamongan, seperti batik sendang duwur, souvenir dari kulit kerang, hingga produk makanan laut hasil produksi masyarakat setempat.

Sekitar 50 meter dari lokasi gua Maharani, terdapat pantai indah dan bersejarah, yaitu pantai wisata tanjung kodok yang saat ini telah di kembangkan menjadi wisata fantasi. Untuk mempermudah pelancong mengunjungi 2 wisata sekaligus, pemerintah kabupaten Lamongan telah membangun jembatan penyeberangan yang di lengkapi tangga eskalator.

Dengan kondisinya yang demikian, Istana Gua maharani layak menjadi lokasi wisata Entertainment dan Edukasi terutama sangan cocok untuk mengisi liburan sekolah bersama buah hati tercinta. (86)

Selengkapnya...

SEPEDA ONTHEL KUNO DALAM MINIATUR



Miniatur sepeda Onthel buatan Maryanto, pengerajin asal desa Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta, sangat mirip dengan bentuk asinya. Hanya saja, karena ukurannya yang kecil, sepeda-sepeda tersebut, selanjutnya di sebut miniature sepeda.

Dibantu 10 orang karyawannya di bengkel kerjanya di rumah, Maryanto setiap hari membuat miniatur sepeda Onthel mulai dari proses awal hingga akhir.

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan unik itu berasal dari barang rongsokan yang mengandung timah dan alumunium, seperti bekas onderdil sepeda motor yang tidak dipakai. Bahan baku yang didapat dari pasar barang bekas tersebut kemudian dilebur dengan api hingga mencair.

Sementara itu, cetakan bagian - bagian miniatur sepeda Onthel seperti setang, rangka sepeda, dibuat dari tanah. Cairan timah dan alumunium yang masih panas kemudian dituangkan dalam cetakan yang terbuat dari tanah tersebut. Beberapa menit kemudian cetakan tanah dibongkar dan terbentuk rangka miniatur sepeda Onthel, meski masih dalam bentuk kasar, sehingga harus dihaluskan dan dipotong.

Bagian-bagian miniatur sepeda Onthel, kemudian dirangkai dengan cara di las, dirakit satu persatu kemudian dilengkapi dengan ban rantai sepeda. Semua kompenen yang ada pada miniatur sepeda Onthel itu semuanya berfungsi layaknya sepeda Onthel sungguhan, seperti roda yang bisa berputar bila pedal diputar. Saat dijalankan pun miniatur ini bisa berjalan.

Ukuran miniatur sepeda Onthel ini beraneka ragam. Paling besar adalah dengan panjang 30 Centimeter dan tinggi 15 Centimeter.

Menurut Maryanto, ide pembuatan miniatur ini adalah untuk melestarikan kendaraan tradisional di Yogyakarta yang jaman dulu pernah berjaya. Selain itu juga untuk menjaga kelestarian kota Yogyakarta sebagai kota sepeda. Sebab sepeda Onthel kuno saat ini sudah tidak diproduksi lagi. “Titik berat pembuatan kerajinan ini adalah melestarikan sepeda model onthel kuno”. Ujarnya.

Selain sepeda Onthel, Maryanto juga membuat miniatur becak dengan desain model becak khas Yogyakarta.

Kerajinan buatannya kini sudah banyak dikenal disejumlah kota seperti Bandung, Jakarta, Surabaya hingga Bali. Bahkan tak jarang pesanan datang juga dari negara Belanda, tempat asal sepeda Onthel dibuat.

Miniatur sepeda Onthel dan becak Maryanto dipasarkan dengan harga antara 50 ribu hingga 70 Ribu Rupiah tergantung ukurannya. Dalam sebulan Maryanto dapat membuat sekitar 200 miniatur sepeda Onthel dan becak.

Setidaknya hasil kerajinan ini juga dapat mengingatkan kepada generasi yang akan datang bahwa dua kendaraan ini dulunya pernah berjaya dan memenuhi jalan jalan di kota Yogyakarta. (86)

Selengkapnya...

PAGU RASKIN TURUN 20 RIBU RTS



Pagu Raskin atau beras miskin untuk Kabupaten Lamongan tahun ini turun drastis dibanding pagu tahun 2009. Yakni turun dari sejumlah 104.954 rumah tangga miskin sasaran penerima manfaat (RTSPM) di tahun 2009 menjadi sebanyak 84.694 RTSPM di tahun 2010. Atau turun sebesar 20.260 RTSPM.

Selain adanya perubahan pagu, mulai tahun ini alokasi setiap bulannya juga turun. Yakni dari sebelumnya 15 kilogram perRTSPM selama 12 bulan, menjadi 13 kilogram perRTSPM setiap bulannya. Keterangan tersebut disampaikan Kabag Perekonomian Nurrosos melalui Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa kemarin.

Dikatakan olehnya, meski ada penurunan pagu dan alokasi perbulannya, namun untuk harga jual tidak mengalami perubahan. “Ada sejumlah penurunan alokasi dan pagu raskin tahun ini. Penetapan turunnya pagu raskin di Lamongan ini sesuai dengan hasil pendataan RTS Program Perlindungan Sosial 2008 oleh Badan Pusat Statistik. Meski demikian, untuk harga jualnya masih tidak mengalami perubahan. Yakni di titik distribusi sebesar Rp 1.600 perkilogram. Dan alokasinya juga masih untuk 12 bulan, “ terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, raskin di Lamongan akan disalurkan melalui dua Gudang Beras Bulog (GBB) di Kecamatan Lamongan dan Babat. Sementara penjualan raskin ini dilakukan dengan sistem cash and cary. “Sistem ini terbukti efektif untuk mencegah resiko gagal bayar, “ ungkap dia.
Sementara dengan turunnya besaran pagu dan alokasi raskin maka total raskin juga turun menjadi 13.212.264 kilogram. Sedangkan tahun lalu mencapai 18.891.720 kilogram. Alokasi terbanyak akan diterima Kecamatan Babat yakni sebesar 1.450.800 kilogram. Sedangkan alokasi terkecil diterima Kecamatan Sukorame sebesar 131.508 kilogram.

“Bersama Bulog, Pemkab tahun ini juga melakukan sejumlah upaya untuk mempercepat distribusi raskin. Untuk jadwal distribusi bulan Januari sudah mulai ada kecamatan yang menebus jatahnya. Diharapkan dengan mulai disalurkannya jatah raskin ini bisa membantu menstabilkan harga beras, “ pungkas dia. (arf)

Selengkapnya...

CPU-Z, UTILITAS PENDETEKSI HARDWARE KOMPUTER



Pengalaman saat menginstall ulang komputer, dengan hard disk yang sudah di format. Driver CD Installer tidak ada, bahkan tidak ada petunjuk mengenai nama-nama hardware yang terpasang di komputer.

Setelah meminta bantuan Google, di temukan sebuah file kecil berukuran 699kb (freeware) bernama CPU-Z. Di banding utilitas pencari identitas hardware komputer lainnya seperti Everest dan lain-lain, CPU-Z tergolong lebih praktis karena kita langsung bisa menjalankannya tanpa harus menginstallnya di komputer. Untuk menghapusnya, hanya dengan men-deletenya dari komputer. Praktis bukan?.

Ada 2 versi file master CPU-Z, untuk yang menyertakan laporan karakter Binaries, memerlukan instalasi. Jika kita tidak membutuhkan model laporan semacam itu, sebaiknya memilih master file yang satunya, agar praktis

Jenis hardware yang akan di laporkan CPU-Z adalah :

CPU
• Name and number.
• Core stepping and process.
• Package.
• Core voltage.
• Internal and external clocks, clock multiplier.
• Supported instructions sets.
• All cache levels (location, size, speed, technology).

Mainboard
• Vendor, model and revision.
• BIOS model and date.
• Chipset (northbridge and southbridge) and sensor.
• Graphic interface.

Memory
• Frequency and timings.
• Module(s) specification using SPD (Serial Presence Detect) : vendor, serial number, timings table.

System
• Windows and DirectX version.

DOWNLOAD CPU-Z


Selengkapnya...

LUKISAN UNIK BERBAHAN SEMIR SEPATU



Semir sepatu, ternyata tidak hanya berguna untuk mempercantik warna kulit sepatu saja. Seorang seniman di Gresik, Jawa Timur, justru memanfaatkannya sebagai bahan dasar dalam melukis. Seiring perjalanan waktu, lukisan media semir sepatu, mampu memikat hati para kolektor seni lukis, termasuk menghiasi galeri seni Istana Negara di Jakarta.

Adalah Muhammad Zainal Arifin atau yang biasa dipanggil Inoeng (54 tahun) seorang seniman lukis beralamat di Jalan Kutai Nomor 47 Kelurahan Randu Agung Kecamatan Kebomas, Gresik, berhasil menuangkan seni lukis ke dalam sebuah kanvas, menggunakan pewarna semir sepatu. Buah karya tangan terampil bapak dua anak itu, akhirnya mampu memikat hati para pecinta seni lukis di dalam maupun luar negeri.

Inoeng, yang dikenal dekat dengan anak-anak tersebut, memulai karya seni lukis semir sepatu sejak 30 tahun silam, atau tepatnya pada tahun 1978. Ide melukis menggunakan semir sepatu, berawal saat dirinya melihat sejumlah anak menawarkan jasa semir sepatu di Masjid Istiqlal Jakarta dengan upah hanya 100 rupiah.

Prihatin dengan penghasilan anak-anak tukang semir sepatu yang sangat kcil tersebut, pelukis yang juga seorang guru seni di 40 sekolah Taman Kanak-Kanak di Gresik ini, akhirnya berekspresi dengan menuangkan semir sepatu untuk sarana melukis, dengan tujuan mengangkat harga semir sepatu hingga punya nilai jual tinggi.

Alhasil, lukisan semir sepatu karya Inoeng, mulai dikenal para pecinta lukis. Bahkan, dalam beberapa pameran tingkat nasional di berbagai kota di tanah air, lukisan Inoeng banyak di minati, hingga berhasil masuk dalam galeri lukisan terbaik di Istana Negara Jakarta.

Untuk menghasilkan sebuah karya lukis, Inoeng sedikitnya membutuhkan sebanyak 30 kaleng semir sepatu warna hitam dan cokelat. Dengan seni mencampur semir yang di milikinya, Inoeng mampu membuat warna variatif.

Kendala utama melukis menggunakan semir adalah proses pewarnaan yang sulit karena membutuhka ketekunan agar warna bisa kuat dan terang. “Tak mudah membuat pewarnaan dari campuran semir sepatu, di situlah tingkat kemahiran seseorang di uji”. Ujarnya.

Ratusan karya lukis beraliran realisme dan ekspresionisme telah berhasil di buat Inoeng. Diantaranya lukisan bertema sosial, religi, kaligrafi, sejarah, dan lain sebagainya.

Harga jualnya pun bervariasi mulai dari 3 juta hingga 8 Juta rupiah, bahkan sejumlah lukisan bisa berharga 80 Juta Rupiah tergantung nilai filosofi yang ada dalam lukisannya.

Bagi Inoeng, seni lukis adalah dunia yang tidak mengenal dimensi ruang dan waktu, sehingga menuntut seseorang untuk terus berkreasi, termasuk menggunakan semir sepatu, sebagai media lukis. (86)

Selengkapnya...

VIDEO WANITA TIONGHOA DISIKSA DAN DITELANJANGI, BEREDAR



Video rekaman porno dan penyiksaan beredar di Kepulauan Riau (23/01/2010). Korban penyiksaan adalah seorang wanita keturunan Tionghoa yang di lakukan oleh sejumlah wanita keturunan Tionghoa lainnya. Hal itu terbukti dari dialog yang mereka gunakan masih menggunakan bahasa Tionghoa.

Dalam video berdurasi sekitar tiga menit tersebut, Amoy yang malang tersebut, disiksa dan di pukuli lalu ditelanjangi hingga bugil.

Melihat kualitas gambar, video tersebut direkam menggunakan kamera telepon genggam. Terlihat tiga orang wanita etnis Tionghoa menyiksa, seorang wanita dari etnis yang sama. Si wanita malang dipukuli dengan kayu serta ditendang, oleh ketiga wanita tersebut. Sementara seorang laki-laki bertugas merekam adegan tersebut. Aksi tidak bermoral tersebut, berlanjut dengan penelanjangan si wanita malang oleh ketiga wanita itu.

Si Amoy yang malang itu berulang kali berontak, namun dibawah amcaman dan pukulan ketiga wanita tersebut, akhirnya si Amoy pun pasrah hingga berhasil ditelanjangi sampai bugil.

Video ini awalnya berdar luas di Tanjungbalai Karimun. Di perkirakan lokasi kejadian adalah di pinggiran hutan daerah tersebut.

Aksi tidak bermoral ini, menuai kecaman dari sejumlah tokoh masyarakat Tionghoa di kepulauan Karimun. Mereka menilai aksi ini sangat tidak bermoral, dan menghimbau masyarakat untuk melaporkan jika ada yang mengenali pelaku atau pun korban. “Kami himbau masyarakat untuk melapor jika mengenali identitas pelaku”. Ujar Sujoko, Tokoh masyarakat Tionghoa.

Sejauh ini, video rekaman telah beredar luas di masyarakat dan belum di ketahui apakah sudah beredar di dunia maya.

Selengkapnya...

AKSI PENGHADANGAN BERLANJUT, 19 BONEK TERLUKA



Bentrok warga Lamongan Jawa Timur dengan Bonek julukan suporter Persebaya Surabaya kembali terjadi. Kali ini (22/01/2010) bentrok terjadi di jalan Pantura Lamongan-Babat, tepatnya di desa Sambi kecamatan Pucuk Lamongan.

Peristiwa ini terjadi saat puluhan Bonek yang menaiki truk di hadang ratusan warga, dengan membawa batu dan kayu. Warga langsung menghajar puluhan Bonek yang akan melakukan perjalanan mendukung Persebaya Surabaya melawan persib bandung, sabtu sore, di stadion jalak harupat bandung.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun, sedikitnya 19 Bonek terluka dengan 9 di antaranya mengalami luka serius.

Puluhan Bonek yang menjadi korban langsung di larikan petugas kepolisian ke rumah sakit umum dokter soegiri Lamongan. Rata-rata, mereka mengalami luka di bagian kepala akibat lemparan batu.

“saya tidak tahu apa penyebabnya mereka menyerang rombongan kami”. Ujar Heri, salah seorang Bonek.

Pihak kepolisian, selanjutnya memulangkan mereka ke Surabaya dengan pengawalan ketat.

Sejauh ini, sejumlah titik yang disinyalir rawan penyerangan terhadap Bonek, masih dijaga ketat polisi, diantaranya stasiun kereta api dan sejumlah traffic light di jalur Poros Pantura Lamongan yang menghubungkan Surabaya Semarang.

Sementara itu, Ahmad Fatoni (21 Th) Bonek asal desa Cerme Lor kecamatan Cermi, Gresik Jawa Timur tewas setelah terjatuh dari atap Kereta Api Pasundan jurusan Bandung. Jenasah Fatoni tiba di rumah duka di Gresik pukul 20.00 WIB malam ini dengan di sambut isak tangis keluarga. (86)

Selengkapnya...

DI SWEEPING LA MANIA, DUA BONEK TERLUKA



Dengan bersenjata batu dan kayu, puluhan warga yang di bantu Supporter Persela Lamongan, LA Mania, melakukan penghadangan terhadap Bonek yang berangkat menuju Bandung Jumat dinihari tadi (22/01/2010) untuk memberi dukungan pada kesebelasan kesayangan mereka, Persebaya yang akan menantang tuan rumah Persib Bandung Sabtu Lusa dalam lanjutan kompetisi Liga Super di stadion Jalak Harupat Bandung.

Aksi penghadangan ini di lakukan di jalur poros pantura tepatnya di jalan Jaksa Agung Suprapto serta di jalur kereta api jurusan Surabaya - Semarang. Truk maupun kendaraan lain yang diduga membawa Bonek dihentikan. Mereka memeriksa satu persatu penumpang di atas kendaraan tersebut untuk mencari Bonek.

Aksi sweeping di lakukan karena kesal dengan ulah Bonek yang melempari rumah warga dengan batu di sepanjang jalur perjalanan mereka. Akibatnya, sempat terjadi aksi lempar batu antara warga dengan Bonek yang naik kereta api.
Saling lempar batu ini terjadi hingga dua kali dengan kereta yang berbeda.

Selain itu, aksi anarkis ini di picu dendam lama antar kedua suporter bola, Persebaya dan persela sejak tahun 2003 lalu yang mengakibatkan satu Bonek tewas.

Sedikitnya delapan Bonek diamankan polisi setelah menjadi bulan-bulanan warga. Dua diantaranya mengalami luka serius akibat pukulan kayu dan lemparan batu. “Banyak sekali yang memukuli saya mas” Ujar Abdullah sambil merintih kesakitan.

Aksi warga ini berakhir setelah dibubarkan polisi. Namun, warga berencana akan kembali menghadang kepulangan Bonek dari bandung dengan aksi yang lebih keras lagi.

Selengkapnya...

MENENGOK KEHIDUPAN PENAMBANG MINYAK TRADISIONAL



Ratusan warga di bagian barat kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, secara turun temurun menjalani kehidupan sebagai penambang minyak tradisional. Dari generasi ke generasi, mereka menggantungkan hidup dari sumur-sumur minyak peninggalan pemerintah Hindia Belanda.

Semenjak ditinggalkan oleh penjajah belanda, ratusan sumur tua di kecamatan Kedewan Bojonegoro telah menjadi lahan penghidupan bagi warga sekitarnya. Seluruh proses yang dilakukan dengan sangat tradisonal, mereka pelajari secara otodidak.

Mereka bekerja secara berkelompok dan membagi hasil jerih payah mereka dengan rata. Seperti yang dilakukan oleh salah satu kelompok misalnya, mulai dari mengangkat minyak dari sumur tua yang mempunyai kedalaman hingga 400 meter, semua dilakukan secara manual. Proses pengambilan minyak mentah atau yang disebut lanthung tersebut berlangsung sejak matahari terbit hingga menjelang matahari terbenam.

Minyak mentah yang berhasil diangkat kemudian dialirkan ke tempat penampungan untuk menjalani proses pemisahan dari campuran air yang ikut terangkat. Lagi-lagi secara manual.

Setelah terpisah dari air, kemudian minyak mentah tersebut dialirkan ke penampungan selanjutnya untuk kemudian disuling menjadi bahan bakar yang siap dijual. Proses yang terbilang sangat berbahaya ini pun dilakkan secara sederhana tanpa menggunakan peralatan pengaman apapun.

Dalam sehari, rata- rata hasil sulingan minyak mentah yang telah berubah menjadi solar tersebut bisa mencapai satu drum atau setara dengan 200 liter.

Untuk saat ini, mereka lebih memilih untuk bekerja secara kelompok-kelompok tanpa terorganisir, karena menurut mereka hasil yang didapatkan jauh lebih baik bila harus bergabung dengan koperasi bentukan pemerintah setempat.

Satu drum solar yang dikerjakan dan dijual secara tradisonal tersebut, dibagi untuk rata-rata tiga orang per sumurnya, dengan hasil bersih sebesar Empat Puluh Lima Ribu Rupiah per orangnya.

Bagi warga yang tidak tergabung dalam kelompok, biasanya mereka berprofesi sebagai pengepul minyak mentah atau sebagai pengojek minyak hasil sulingan dengan tarif Seratus Ribu Rupiah untuk enam jerigen berkapasitas masing-masing tiga puluh lima liter.

Sementara sebagian lagi memilih untuk memikul minyak-minyak mentah tersebut sejauh beberapa kilometer untuk diproses menjadi solar. Hal itu dilakukan guna menghemat biaya angkut atau ojek, menyusul tarif ojek mencapai ratusan ribu rupiah tergantung lokasi sumur dengan pembelinya.

Kegiatan semacam itu, menurut para penambang minyak dan penyulingnya, merupakan satu-satunya lahan pekerjaan yang bisa menghasilkan pendapatan yang memadai,meski tak jarang mereka harus berurusan dengan aparat saat menjual solar hasil sulingannya, ,

untuk 70 liter solar, yang sebagian besar dijual guna keperluan truk-truk yang melintas di jalur provinsi. Mereka mematok harga 140 Ribu Rupiah, jauh lebih murah dari harga resmi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sumur-sumur tua tersebut merupakan peninggalan jaman belanda,yang secara berkelompok mereka buka kembali dengan cara amat tradisonal.

Tak semua beruntung, terkadang mereka yang tergabung dalam kelompok-kelompok harus melakukan proses awal hingga belasan tahun lamanya. Untuk sekali proses pengangkatan tanah misalnya, diperlukan satu jam setengah gerakan berputar secara manual di tengah terik matahari.

Pembersihan semacam ini berlangsung hingga bertahun-tahun hingga akhirnya sumur tersebut dapat mengeluarkan minyak mentah kembali yang dapat diproses menjadi bahan bakar siap jual. Sementara mereka yang mempunyai sedikit modal, memanfaatkan truk bekas sebagai alat pengganti manusia untuk membuka sumur-sumur tua tersebut.

Sebelum sumur mengeluarkan minyak mentah,seluruh tenaga dan biaya yang dikeluarkan ditanggung bersama-sama, tidak satupun dari mereka mendapatkan bayaran atas jerih payahnya.

Para penambang ini berharap agar pemerintah setempat dapat mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada mereka. Karena hingga saat ini satu-satunya kebijakan yang dibuat adalah pembentukan koperasi, yang menurut mereka justru mengurangi pendapatan, tanpa mendapatkan manfaat lebih.

Mereka kini pun masih harus bersaing dengan beberapa perusahaan yang dilegalkan oleh pemerintah. Tak jarang minyak dari sumur tua yang mereka kelola secara tradisional berkurang jumlah minyaknya setelah perusahaan tersebut melakukan pengeboran dan penyedotan di sekitar sumur mereka. (86)

Selengkapnya...

PETANI KEMBALI GUNAKAN PUPUK SP36



Mulai tahun 2010 ini, pupuk jenis SP akan kembali menggunakan jenis SP 36 dengan kandungan Phospat 36 persen. Sebelumnya, pupuk jenis ini pernah diganti dengan SP 18 (Superphos) dengan kandungan Pospatnya 18 persen. Meski kembali menggunakan jenis SP36, Dinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan pastikan tidak ada perubahan harga.

“SP18 atau Superphos mulai tahun ini akan kembali digantikan dengan SP36. Yang jelas kami harus melakukan sosialisasi lagi pada masyarakat petani Lamongan,” ujar Kadinas Pertanian dan Kehutanan Djonot Subagijo melalui Kabag Humas dan Infokom Aris WIbawa.

Sementara itu, alokasi pupuk bersubsidi tahun 2010 untuk Kabupaten Lamongan sudah turun. Alokasi ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Jatim nomor 85/2009 tentang Kebutuhan dan HET pupuk bersubsidi tahun 2010. Untuk jenis urea, tahun ini Lamongan akan menerima 71.502 ton, jenis Sp36 sebanyak 19.468 ton, jenis ZA sejumlah 9.237 ton dan NPK/Phonska sebanyak 21.991 ton serta jenis pupuk organik 11.439 ton.

Kelima jenis pupuk tersebut akan dibagi untuk lima sub sektor pertanian. Yakni sektor tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan budidaya. Sektor tanaman pangan dan holtikultura akan mendapat alokasi 38.355 ton. Sementara perikanan budidaya alokasi pupuk ureanya sebesar 31.538 ton. Demikian pula jenis SP36 akan paling banyak untuk sektor tanaman pangan dan holtikultura serta perikanan budidaya. Masing-masing akan mendapat alokasi sebesar 8.429 ton dan 9.440 ton.
Penetapan alokasi pupuk 2010 ini didasarkan pada alokasi terakhir di tahun lalu. Sperti diketahui, Kabupaten Lamongan tahun lalu menerima dua kali realokasi (penambahan) pupuk bersubsidi. Sementara jika dibandingkan dengan usulan kebutuhan, alokasi yang diterima ini maish dibawah jumlah yang diusulkan.

Untuk pupuk jenis urea, usulan kebutuhannya mencapai 98.116 ton, Sp36 usulannya 46.250 ton, jenis ZA 9.620 ton, NPK/Phonska 22.006 ton dan jensi pupuk organik usulan kebutuhannya sebesar 73.413 ton. Berdasar surat yang sama, tidak ada perubahan HET pupuk bersubsidi. Yakni untuk urea HETnya Rp 1.200 perkilogram, jenis ZA Rp 1.050 perkilogram, SP36 sebesar Rp 1.550 perkilogram, Phonska Rp 1.750 perkilogram dan organik sebesar Rp 500 perkilogram.

Selengkapnya...

BATIK PERABOT RUMAH TANGGA, TINGKATKAN DAYA SAING



Dengan memanfaatkan momentum batik yang tengah trend saat ini, Sudiman warga desa Bangunjiwo Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil membuat terobosan baru dalam penjualan perabotan rumah tangga yang nyaris gulung tikar dengan membuat batik pada gagangnya. Usaha kreatif itu di lakukannya untuk meningkatkan omzet penjualan pisau dapur dan perabot rumah tangga tradisional lainnya seperti sendok, garpu, sutil dan tempayan.

Sudiman membatik gagang pisau serta perabot rumah tangga lainnya yang terbuat dari kayu. Sebelum dibatik, omzet penjualannya tidak pernah meningkat. Hasilnya, omzet penjualannya meningkat tajam. Bahkan, pesanan terus berdatangan sehingga ia harus mencari tenaga kerja tambahan. Selain dibantu anak-anak dan istrinya, Sudiman juga dibantu 4 orang tetangganya agar bisa memenuhi pesanan.

Bahan baku gagang perabot rumah tangga adalah kayu jati dan mahoni yang terbukti awet. Caranya, setelah dipotong-potong sesuai ukuran, maka kayu tersebut dibentuk menjadi gagang berbagai ukuran. Untuk lebih menarik penampilan gagang kayu juga diukir dengan berbagai hiasan dan di batik sesuai selera.

Sebagaimana halnya membatik kain, membatik gagang perabotan rumah tangga juga menggunakan lilin atau malam. Usai dibatik, gagang kemudian direbus dan diberi warna. langkah terakhir adalah memasukkan perabotan rumah tangga pada gagangnya.

Perabotan rumah tangga yang sudah dibatik gagangnya, terlihat lebih menarik jika dibandingkan yang polos.

Menurut Sudiman, untuk menaikkan harga yang signifikan dan dapat menembus pasar di supermarket dan pasar swalayan, batik gagang pisau dan perabot rumah tangga lainnya sangat cepat dan banyak di sukai pelanggan.”Dengan gaya batik, perabotan rumah tangga lebih berharga dan menarik perhatian orang”, ujarnya.

Saat ini perabotan rumah tangga batik hasil produksinya baru dijual di sejumlah supermarket dan pasar swalayan serta pasar-pasar tradisional di Yogyakarta.

Bagi Sudiman, memproduksi gagang batik bukan hanya mencari materi belaka, tetapi lebih dari itu, untuk mempertahankan batik sebagai budaya bangsa agar tidak di klaim bangsa lain. (86)

Selengkapnya...

AREMA UNGGUL 1-0 ATAS PERSIK



(Lamongan-86) Arema Indonesia berhasil meraih poin penuh di kandang Persik Kediri dalam lanjutan pertandingan Indonesia Super League di Stadion Surajaya Lamongan (20/01/2010) dengan skor 0-1. Gol semata wayang di cipta oleh Nor Alamsyah.

Akibat pemboikotan pertandingan oleh Persik Mania, tuan rumah Persik Kediri, tidak mendapat dukungan supporternya. Sebaliknya, Arema Indonesia mendapat dukungan ribuan Aremania yang memenuhi Stadion Surajaya Lamongan. Meski demikian, tim Macan Putih lebih banyak mendominasi pertandingan babak pertama kendati tak satu pun peluang-peluang ini berbuah gol.

Di menit ke 4 misalnya, Mekan Nasirov sempat membuka peluang bagi melalui umpan silangnya yang gagal di manfaakan oleh Dodit Fitrio akibat tendangannya yang terlalu tinggi.

Sebaliknya, serangan balik Arema Indonesia nyaris berbuah gol di menit ke 15, jika tendangan jarak jauh Nor Alamsyah tidak berhasil di antisipasi kiper Persik, Herman.

Kondisi lapangan yang licin, akibat hujan deras, tak menyebabkan tempo permainan kedua tim, menurun.
Di menit ke 39 misalnya, Persik kembali mendapat peluang emas, saat bola di tangan kiper Arema, Kurnia Mega, lepas. Namun, akibat penjagaan yang ketat di barisan belakang Arema, Saktiawan Sinaga, gagal memanfaatkan peluang ini. Hingga memasuki waktu turun minum, skor masih 0-0.

Di babak kedua, kedua kesebelasan semakin meningkatkan tempo permainan. Di menit ke 66, striker Persik, Patricio Morales gagal memanfaatkan peluang emas saat bola di tangan kiper Arema, kembali lepas. Kondisi genting ini berhasil di selamatkan barisan belakang Arema.

Di menit ke 71, serangan balasan Arema justru berbuah gol melalui tendangan Nor Alamsyah di depan mulut gawang yang memanfaatkan umpan silang Ahmad Bustomi. Skor pun menjadi 0-1.

Serangan balik Persik di menit 79, sempat membuat kocar kacir barisan belakang Arema. Namun, peluang emas ini gagal di manfaatkan oleh saktiawan sinaga. Hingga wasit Fiator Ambarita meniup peluit panjang tanda berkahirnya pertandingan, skor 0-1 tetap bertahan untuk Arema Indonesia.

Hasil ini merupakan kemenangan ke-11 Arema di musim ini dan sekaligus memantapkan posisinya sebagai pimpinan klasemen di putaran pertama ISL. Dari 15 laga, tim asuhan Robert Albert mengantongi 33 poin. Sedangkan Persik melorot ke peringkat 7 dengan nilai 21.(86)

Selengkapnya...

REMPEYEK DAUN SIRIH, CAMILAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA



Kaum wanita biasanya memanfaatkan daun Sirih untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Di Banyuwangi Jawa Timur, seorang ibu berhasil menciptakan camilan rempeyek daun Sirih hingga mudah mengkonsumsinya tanpa harus merebus dan memeras sarinya (19/01/2010.)

Sudah tiga bulan lamanya, Pinisri membuat rempeyek daun Sirih. Warga desa Sragi Kecamatan Songgon itu setiap harinya memang gemar membuat jajanan ringan termasuk jajanan khas daerah setempat. Melalui usaha kecilnya di rumah, Pinisri memproduksi berbagai jenis jajanan ringan atau camilan seperti rempeyek daun Bayam, Kemangi hingga rempeyek daun Sirih.

Meski baru tiga bulan dan belum sempat dipasarkan secara luas, camilan berupa rempeyek daun Sirih buatan ibu dua anak itu laris manis diburu para penggemar camilan terutama kaum wanita yang ingin menjaga keharomisan rumah tangganya. Pasalnya, daun Sirih sudah terbukti secara klinis mampu menghaluskan kulit dan menjaga kebugaran tubuh di tambah sejuta khasiat lainnya. Sejak jaman dalu sudah diketahui sirih mampu menghambat pertumbuhan kuman, terutama Candida albicans yang sering menyebabkan keputihan. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan.

Tidak hanya warga Banyuwangi saja yang berburu camilan unik tersebut. Warga luar Banyuwangi seperti Surabaya hingga Jakarta juga sudah mencicipi kerenyahan serta gurihnya rempeyek daun Sirih Pinisri.

Cara pembuatan rempeyek daun Sirih tidak membutuhkan waktu lama. Daun Sirih yang sudah dipetik dari pohonnya dicuci hingga bersih. Kemudian berbagai rempah rempah seperti ketumbar, bawang putih, daun jeruk purut serta sedikit cabe dan garam dihaluskan. Bumbu tersebut, kemudian dicampur dengan adonan tepung beras dan diaduk hingga merata. Lembaran daun Sirih satu persatu direndam kemudian di goreng. Dan hasilnya adalah rempeyek yang renyah dan lezat.

Meski awal pembuatan rempeyek daun Sirih ini hanya iseng. Namun karena khasiatnya yang hebat, rempeyek daun Sirih semakin diburu warga, hingga menjadi ikon tersendiri di kota Banyuwangi. Apalagi harga rempeyek daun Sirih buatan Pinisri hanya Rp 2.500 perbungkusnya. “Rasanya enak dan banyak khasiatnya”. Ujar Pinisri.

Jika anda kebetulan melintas di Banyuwangi, tak ada salahnya membeli rempeyek daun Sirih sebagai oleh-oleh yang menyehatkan untuk keluarga tercinta.

Selengkapnya...

PERSIAPAN BIG MATCH, PERSIK KONTRA AREMA



(Lamongan-86) Usai menelahan pil pahit dari tuan rumah Persebaya Surabaya beberapa hari lalu, Arema Indonesia akan kembali bertanding melawan tuan rumah Persik Kediri, di Stadion Surajaya Lamongan, Rabu Sore (20/01/2010.) Pertandingan Persik kontra Arema itu terpaksa di gelar di Lamongan, karena tidak mendapat ijin pihak berwenang di Kediri, karena alasan keamanan.

Meski tak diperkuat kiper langganan Timnas Indonesia, Makrus Haris Maulana, kesebelasan Arema Indonesia akan bermain habis habisan untuk dapat meraih point absolut.

Pelatih Arema Indonesia, Robert Albert mengatakan, anak asuhnya dalam kondisi siap tempur meski beberapa waktu lalu dalam partai tandang kalah atas Persebaya Surabaya. Tiga point menurut pelatih asal Belanda ini merupakan harga mati bagi timnya, agar posisinya di papan atas klasemen, aman. “Poin penuh menjadi harga mati”. Ujar Albert.

Sementara itu kubu tuan rumah Persik Kediri, sedang di rundung masalah. Tim berjuluk Macan Putih itu belum pasti dapat menurunkan striker muda, Yongki Ari Wibowo akibat di bekap cidera tulang iga saat melawan Persema Malang beberapa hari lalu. Di samping itu, wing bek, Wawan Widiantoro masih mengalami memar didada usai benturan dengan salah satu pemain persema.

Namun pelatih Persik Kediri Gusnul Yakin, menampik masalah Yongki dan Wawan tidak dapat tampil akan berpengaruh besar terhadap kekokohan tim.

Saat di temui di stadion surajaya Lamongan, Gusnul mengaku kondisi Arema lebih bagus dari kondisi Persik. Hal ini dikarenakan Persik hanya memiliki dua hari masa recovery sebelum bertanding.

Selain itu, Persik Kediri akan mewaspadai sejumlah pemain asing Arema yang dianggap menjadi roh tim. Salah satunya adalah gelandang enerjik Chamelo Roman. “Roam cukup berbahaya terutama jika sudah masuk daerah pertahanan kita”. Ujarnya.

Persik Kediri akan menerapkan pola 4-4-2 dengan mengandalkan lini depan yang di galang Saktiawan Sinaga dan Patricio Morales, dengan didukung gelandang asal Brazil, Amiraldo Sousa.

Sementara itu, Persik Kediri dapat bernafas lega karena kapten tim Harianto dapat merumput kembali usai pulih dari cidera panjang.

Selengkapnya...

GASING, PERMAINAN TRADISIONAL YANG NYARIS PUNAH



Gasing merupakan alat permainan terbuat dari berbagai jenis kayu, mulai bambu hingga batok kelapa. Mainan tersebut mampu berputar secara berkeseimbangan pada satu titik setelah digerakkan dengan seutas tali. Dahulu, Gasing kerap dimainkan anak-anak dan orang dewasa. Bahkan, Gasing pernah dijadikan media meramal nasib.

Seiring membanjirnya produk mainan modern, permainan Gasing yang oleh warga Lamongan di kenal dengan nama kekehan tersebut, secara perlahan mulai di tinggal peminat (19/01/2010.)

Abdul Rohim, warga desa Tunggul Kecamatan Paciran, Lamongan Jawa Timur adalah satu-satunya pengrajin Gasing di Lamongan. Rohim sendiri setia menjadi pengrajin Gasing sejak 15 tahun silam. Awalnya, pria berusia 42 tahun tersebut membuat Gasing dengan alat seadanya.

Setelah banyak alat pemotong kayu modern, Rohim pun mulai membuat Gasing dengan alat yang lebih canggih. Hasilnya, 40 buah Gasing bisa ia ciptakan dalam waktu satu hari.

Ayah 2 anak tersebut biasanya menggunakan kayu akasia dan kayu asam untuk membuat Gasing. Namun saat ini, kedua jenis kayu tersebut sulit untuk dicari.

Proses pembuatannya sederhana, setelah dibentuk dengan sebilah pemahat, Gasing kemudian diwarna dengan spidol. Setelah itu Gasing di beri paku pada ujungnya agar dapat berputar dengan cepat dalam waktu lama.

Harga satu buah Gasing 4000 rupiah hingga 10.000 rupiah, tergantung besar kecilnya. Rohim mengaku satu bulan bisa meraup keuntungan hingga tiga juga rupiah.

Omzet tersebut akan meningkat jika memasuki masa liburan sekolah. Tiap hari rumahnya selalu dibanjiri anak-anak yang membeli Gasing untuk beradu ketangkasan, ,

Gasing buatan Rohim merupakan Gasing khas Lamongan, yakni berbentuk bulat mirip jantung sehingga dinamakan Gasing jantung. Namun, Rohim sendiri masih berminat mengembangkan berbagai model Gasing.

Selain modal yang terbatas, kendala pengembangan usaha ini adalah semakin langkanya pohon akasia yang menjadi bahan utama Gasing. “Pohon akisia mulai jarang, padahal, gasing dari kayu akasia sangat bagus”. Ujar Rohim.

Selain masa liburan, omzet Rohim juga terdongkrak sejak pemerintah memberikan perhatian khusus untuk pelestarian gasing.

Bagi Rohim, membuat Gasing bukan hanya sekedar memperoleh keuntungan materi belaka. Tapi lebih dari itu, untuk melestarikan warisan nenek moyang agar tidak di klaim sebagai warisan budaya bangsa lain.

Selengkapnya...

MENGATASI HIDUNG BERDARAH / MIMISAN



Jika menderita demam atau jika pada hidung terdapat penyakit seperti Difteria, hidung anak-anak biasanya mengeluarkan darah Orang dewasa juga bisa mimisan karena penyakit-penyakit tertentu misalnya : tekanan darah tinggi, berbagai penyakit darah, penyakit kuning yang berat.

Penderita mimisan sebaiknya jangan tidur terlentang, tetapi duduk bersandar pada susunan bantal.

Anjuran Tambahan
Untuk pertolongan pertama, pijatlah lubang hidung yang berdarah itu keras-keras selama 5-10 menit, setelah itu dilepaskan biasanya pendarahan berhenti. Jika masih berdarah, letakkanlah kompres es atau kompres air dingin di atas kepala atau di atas pangkal hidungnya, sedangkan lubang hidungnya berdarah disumbat dengan segumpal kapas atau sehelai daun sirih yang digulung. Sumbatan itu diganti jika sudah kotor.
Mimisan yang hebat dan mengeluarkan darah secara terus-menerus tanpa berhenti, sebaiknya di bawa ke rumah sakit untuk dipasang tampon di dalam hidungnya.

Selengkapnya...

CUACA MEMBAIK, KAPAL BERBOBOT MATI DIATAS 5 RIBU TON BISA BERLAYAR



(Gresik-86) Kondisi cuaca mulai membaik, Administratur Pelabuhan (Adpel) Gresik hari ini (19/01/2010) mulai memberangkatkan kapal penumpang dengan tujuan pulau Bawean. Namun, demi keselamatan, hanya kapal dengan bobot mati lebih dari 5 ribu ton saja yang di ijinkan berlayar. Sementara kapal yang berbobot dibawah 3 ribu masih belum diperbolehkan berlayar.

Pernyatan ini disampaikan oleh Kasi Penjagaan dan Pengamanan (gamat) Adpel Gresik Agus Suliarto. Menurutnya, kapal penumpang dengan tujuan Bawean yakni Dharma Kartika yang berkapasitas 195 penumpang di ijinkan berangkat. “Namun, kita sarankan, apabila cuaca tiba-tiba memburuk dan tidak memungkinkan berlayar, supaya kembali atau berhenti ditempat yang lebih aman " Ujarnya.

Menurut data Badan Meteorologi, Kimatologi dan Geofisfika (BMKG) Surabaya, ketinggian ombak di laut Jawa antara 0,5 hingga 2 meter. Kondisi cuaca seperti ini termasuk dalam kondisi aman " jelasnya.

Sejak tanggal 13 Januari, Administratur Pelabuhan Gresik menghentikan sementara semua pelayaran dari pelabuhan Gresik, kecuali kapal-kapal berbadan besar.


Selengkapnya...

KAKAP TAHU KRIUK, MENU SPESIAL DARI PANTURA



Beragam cara di lakukan orang untuk bisa menikmati gurihnya daging ikan Kakap segar. Di Gresik Jawa Timur, kumpulan anak muda berhasil menciptakan menu baru dengan bahan ikan Kakap bernama, Kakap Tahu Kriuk, yang memadukan gurihnya daging ikan Kakap dengan rasa khas Tahu. Kini, Kakap Tahu Kriuk telah menjadi ikon tersendiri di kota Gresik.

Selama ini, kota Gresik di kenal dengan makanan khasnya berupa Otak-Otak Bandeng, di mana, daging ikan Bandeng di keluarkan, kemudian di campur bumbu tertentu untuk kemudian di masukkan lagi kedalam kulit bandeng. Hasilnya, lauk pauk Otak-Otak Bandeng yang lezat.

Hampir sama dengan Otak-Otak Bandeng, akhir-akhir ini, sekumpulan anak muda di jalan Riau, Perumahan Gresik Kota Baru, yang selama ini membuka usaha catering makanan, berhasil menciptakan menu Kakap Tahu Kriuk. Yakni, perpaduan gurihnya daging Kakap dengan rasa Tahu yang khas. Bahkan, Kakap Tahu Kriuk, saat ini berkembang menjadi makanan favorit baru, karena nilai gizinya yang tinggi.

Cara membuatnya mudah. Mula-mula, ikan Kakap di cuci bersih, kemudian isi dalamnya berupa daging dan tulang, di keluarkan. Tulangnya di buang, sedangkan dagingnya di campur dengan Tahu dan sejumlah bumbu, seperti merica, bawang putih dan lain sebagainya.

Setelah halus, campuran daging Tahu kemudian di masukkan kembali ke dalam kulit ikan. Kakap Tahu, selanjutnya di kukus selama 15 menit.

Proses selanjutnya dalah mengolesi Kakap Tahu dengan tepung roti, agar terasa renyah saat di makan. Kakap Tahu kemudian di goreng.

Setelah Kakap Tahu matang, di lanjutkan dengan membuat sambal asam pedas, agar cita rasa Kakap Tahu, lebih terasa nikat. Sambal ini terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabe rawet dan cabe merah di campur kecap dan saos. Dengan masaknya sambel, hidangan Kakap Tahu Kriuk, siap di nikmati.

Titik Zubaidah, adalah pencetus menu Kakap Tahu Kriuk. Ide awal memunculkan menu ini adalah karena banyaknya orang yang suka makan ikan laut tapi tidak suka bau amisnya. Dengan menu ikan Kakap Tahu Kriuk ini, bau amis Kakap, hilang dan berganti bau kelezatan. “Bau amis ikan Kakap hilang dan berganti kelezatan”. Ujar Zubaidah.

Meski baru berjalan hampir 1 tahun, kini, Kakap Tahu Kriuk telah menjadi ikon tersendiri di kota Gresik. Dalam sehari, Titik Zubaidah bersama 3 orang rekannya, mampu menghabiskan 100 ekor ikan Kakap yang rata-rata memenuhi pesanan kalangan pengusaha dan buruh pabrik. Untuk 1 porsi ikan Kakap besar di jual 15 ribu rupiah. Sedangkan ukuran kecil, dijual 7.500 rupiah.

Di samping kelezatannya, Kakap Tahu Kriuk juga mengandung gizi tinggi, karena terdiri dari bahan ikan laut serta Tahu yang mengandung kalori tinggi yang baik untuk kesehatan. (86)

Selengkapnya...

HEBOH VIDEO TARIAN STRIPTIS SISWI SMU BOLAANG MONGONDOW



Rekaman video tarian striptis yang dilakukan salah seorang siswi SMU 1 kecamatan Passi, kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, akhirnya beredar luas di masyarakat dan sempat menghebohkan terutama terhadap kalangan siswa SMU (16/01/2010.)

Dalam rekaman video yang berdurasi 15 menit itu, siswi tersebut melakukan tarian striptis dan direkam melalui kamera telpon genggam.

Pelaku yang akhirnya di ketahui berinisial PL tersebut, adalah salah seorang siswi sekolah menengah umum terkemuka di Kecamatan Passi Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dalam rekaman, siswi tersebut terlihat melakukan tarian striptis yang hanya mengkenakan pakaian dalam saja, sambil bernyanyi. Lokasi rekaman adalah rumah, namun belum di ketahui siapa pemilik rumah.

Dengan beredarnya rekaman video siswi yang masih duduk di bangku kelas 1 sekolah SMU ini, pihak sekolah langsung mengambil tindakan tegas dengan mengeluarkan pelaku dari sekolah tersebut .

Menurut pihak sekolah, dengan kejadian ini, bisa menjadi gambaran bagi para siswa lainnya untuk tidak melakukan hal yang sama, karena selain merugikan diri sendiri, juga akan merusak nama baik sekolah.

Sejauh ini, video striptis telah beredar dari HP ke HP dan belum di ketahui apakah sudah sudah beredar di dunia maya.

Tarian striptis adalah tarian yang di lakukan oleh wanita di depan lelaki sebelum melakukan hubungan intim. Biasanya, Tarian striptis lebih jorok dari pada tarian erotis(86)

Selengkapnya...

GRATIS, CONVERT FORMAT FILE SECARA ONLINE



Zamzar merupakan situs dengan layanan free online conversion tool yang cukup ekslusif karena menyediakan banyak fasilitas konversi yang lengkap baik file gambar, dokumen, serta video.

Bahkan, Zamzar juga mendukung conversi 1 file ke lebih dari 1 format file secara gratis pula. Layanan multi guna inilah yang menjadikan Zamzar memiliki tempat khusus di hati pengguna internet.

Nama "Zamzar" di ambil dari nama pemuda dalam sebuah novel karangan Franz Kafka Bohemia asal Jerman yang menulis buku "The Metamorphosis". Dalam novelnya, Kafka menggambarkan kisah luar biasa seorang pemuda bernama Grego Samsa yang tidur hingga berubah menjadi serangga raksasa. Gregor Samsa - digunakan sebagai nama perusahaan karena keinginannya yang kuat untuk melakukan perubahan dan transformasi.

Format konversi file yang di dukungnya adalah :
Gambar :
• gif – Compuserve graphics interchange
• ico – Windows Icon
• jpg – JPEG compliant image
• pcx – PC Paintbrush Bitmap Graphic
• ps – Postscript document
• png – Portable Network Graphic
• tga – Truevision Targa Graphic
• thumbnail – Thumbnail image
• tiff – Tagged image file format
• wbmp – Wireless Bitmap File Format
• dwg – AutoCAD Drawing Database
• dxf – AutoCAD Drawing Interchange Format

Dokumen :
• csv – Comma Separated Values
• doc – Microsoft Word Document
• html – Hypertext Markup Language
• mdb – Microsoft Access Database
• ods – OpenDocument spreadsheet
• pdf – Portable Document Format
• rtf – Rich text format
• xls – Microsoft Excel Spreadsheet
• xml – Extensible Markup Language
• html – Hypertext Markup Language
• mp3 – Compressed audio file
• odt – OpenDocument Text Document
• pcx – Paintbrush Bitmap Image
• pdf – Portable Document Format
• png – Portable Network Graphic
• ps – Postscript document
• txt – Text document

Video :
• 3gp – 3GPP Multimedia File
• aac – Advanced Audio Coding File
• ac3 – AC3 Audio File
• avi – Windows video file
• flac – Free Lossless Audio Codec
• flv – Flash Video
• ipod – MPEG-4 Video File
• mov – Apple QuickTime Movie
• mp3 – Compressed audio file
• mp4 – MPEG-4 Video File
• mpg – Moving Picture Experts Group File
• ogg – Ogg Vorbis Compressed Audio File
• wav – Windows audio file
• wmv – Windows Media File

Kompresi :
• 3gp – 3GPP Multimedia File
• aac – Advanced Audio Coding File
• ac3 – AC3 Audio File
• avi – Windows video file
• flac – Free Lossless Audio Codec
• flv – Flash Video
• ipod – MPEG-4 Video File
• mov – Apple QuickTime Movie
• mp3 – Compressed audio file
• mp4 – MPEG-4 Video File
• mpg – Moving Picture Experts Group File
• ogg – Ogg Vorbis Compressed Audio File
• wav – Windows audio file
• wmv – Windows Media File
• 7z – 7-Zip Compressed File

Cara melakukan conversi file, :
1. Kunjungi http://www.zamzar.com
2. Pilih file yang akan diconvert atau URL (maksimal 100MB)
3. Pilih format file yang diinginkan
4. Masukkan nama e-mail yang akan menerima hasil convert
5. Klik tombol "convert" untuk memulainya
6. File hasil konversi akan dikirim lewat e-mail.
Zamzar juga memiliki fasilitas download file video dari youtube atau file di situs video lainnya dengan cara yang mudah. Cukup copy paste link video, lalu pilih type file format video.

Untuk layanan berbayar, terdapat banyak keuggulan tambahan seperti:
- File yang diconvert bisa diatas 100MB (200MB - 1GB, tergantung jenis langganan)
- Bisa meng-convert diatas 7 file secara bersamaan
- Bisa mendapatkan e-mail gratis dengan 5GB hingga 100GB
- Bebas iklan
- Dan beberapa keuntungan lainnya.

Perlu di ingat pula, disamping sebagai situs yang menyediakan layanan konversi file secara gratis, Zamzar juga menyediakan layanan free online storage files denghan kapasitas tampung mencapai 100 GB.

Selain Zamzar, terdapat beberapa situs penyedia layanan free online conversion seperti berikut ini :
1. http://www.youconvertit.com/
2. http://www.mediaconverter.org/
3. http://online.movavi.com/
4. http://media-convert.com/
5. dan lain-lain

Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...