Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

RAMUAN TRADISIONAL ATASI PENYAKIT CACINGAN PADA ANAK-ANAK



Jenis cacing yang menyerang anak-anak bermacam-macam, diantaranya: cacing biasa, cacing kermi, cacing tambang, cacing parasit, cacing filaria dan lain-lain. Biasanya, penyebab penyakit cacingan adalah karena sering mengkonsumsi makanan kotor, atau makanan yang mengandung cacing seperti daging.

Efek terhadap anak yang menderita cacingan biasanya kurang nafsu makannya, kurus kering, perut buncit dan keras, berat badan menurun serta kualitas hidup juga menurun. Pasalnya, cacing hidup dan makan pada tubuh yang ditumpanginya serta menerima makanan dan menyerap nutrisi tubuh. Penyerapan ini menyebabkan kelemahan dan penyakit pada penderitanya.

Solusi Tradisional
Adapun resep tradionalnya adalah: bengle diiris-iris 3 biji, temu hitam diparut 2 jari, tangkai daun sirih 2 lembar dan ketumbar 5 butir. Semua bahan ditumbuk halus, dituangi air panas, lalu diperas dan disaring, airnya dapat diminum.

Resep lainnya: daun meniran 10 gram, daun lombok 1 lembar, daun kelor 3 lembar. Semua bahan dihaluskan dan dituangi air panas, lalu diperas untuk diminum, sedangkan ampasnya untuk tapal di perut.

Cara lain untuk menyembuhkan penyakit cacing jenis kremi yang biasa membuat dubur menjadi gatal adalah dengan menempelkan parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak kelapa ke dubur anak pada waktu sebelum tidur.
Selengkapnya...

280 ATELIT IKUTI KEJURNAS BALAP SEPEDA CUSTOM CYCLING CLUB



Sebanyak 280 atelit dari 68 klub nasional ambil bagian dalam balap sepeda custom cycling club di Gresik Jawa Timur (31/07/2010.) Kejuaraan tahunan tersebut menjadi ajang seleksi atelit unggulan dalam menghadapi kejuaraan Nasional dan Internasional.

Pengkab Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Gresik menjadi tuan rumah Kejurnas balap sepeda yang diadakan Custom Cycling Club seri II yang berlangsung mulai tanggal 31 Juli hingga 1 Agustus 2010.

Sebanyak 280 atelit dari 68 klub ambil bagian dalam event tahunan ini dengan mempertandingkan tiga nomor, yakni kriterium, road race dan individual time trial (ITT).

Kejuaraan tahunan ini sekaligus menjadi ajang seleksi atelit unggulan dalam menghadapi kejuaraan nasional dan internasional mendatang. “Harapan kita adalah bisa mendapatkan atelit terbaik untuk maju ke event bergengsi nasional lainnya”, ujar Sugiono (ketua panitia).

Di hari pertama, hanya mempertandingan dua nomor saja, yakni Kriterium dan Individual Time Trial dengan kategori men elite. Sedangkan di hari kedua, fokus pada nomor road race sirkuit saja.

Untuk nomor road race sirkuit yang akan di gelar 1 Agustus besok, trek yang di gunakan sama de¬ngan saat Pra-PON 2008 lalu. Yakni, start di Jalan Kartini menuju desa Sumber lalu jalan Mayjen Sungkono hingga finish kembali di jalan Kartini. Dalam sekali putaran trek yang juga merupakan rute nasional tersebut menempuh jarak 14,5 kilometer.
Selengkapnya...

ANEKA MENU NON KOLESTEROL BERBAHAN JAMUR UNTUK MAKAN SIANG ANDA



Sate dan tongseng ternyata tidak hanya bisa kita nikmati dari daging kambing saja. Di warung Republik Jamur di Jalan Pahlawan, Kota Kebumen, Jawa Tengah, disajikan sate dan tongseng yang dibuat dari bahan jamur. Dengan menu makanan non kolesterol yang ditawarkan, warung republik jamur pun, ramai oleh pecinta makanan vegetarian, terutama saat jam makan siang.

Bagi para penikmat kuliner, menu resep makanan jamur warung republik jamur mungkin pantas masuk dalam daftar agenda kuliner favorit. Pasalnya, warung ini menyajikan berbagai resep makanan berbahan jamur. Seperti sate jamur, tongseng jamur, sop jamur, steak jamur, cah brokoli jamur, jamur souce tiram, pepes jamur hingga nasi goreng jamur.

Republik jamur yang dikelola oleh Nurrohman Jauhari memadukan menu jamur dengan menu tradisional. Tak heran, warung miliknya diserbu para penikmat kuliner, terutama pecinta makanan vegetarian disaat jam makan siang.

Salah satu menu andalan iwarung republik jamur adalah sate jamur. Sate dengan bahan utama jamur di sajikan untuk menggantikan daging kambing atau sapi. Menu ini dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap. Satu porsi sate terdiri dari lima tusuk sate, bumbu, irisan tomat serta mentimun. Untuk bumbu yang digunakan seperti layaknya sate kambing pada umumnya, yakni bawang merah, bawang putih, merica, dan cabai, yang kemudian dihaluskan dan ditambahkan kecap.

Pembuatannya cukup sedehana, pertama-tama jamur yang sudah bersih dipotong kecil-kecil, kemudian digulung dan ditusuk. Proses selanjutnya adalah di panggang di bara api serta dihidangkan dengan sambal kecap, potongan mentimun dan tomat, sate jamur semakin nikmat.

Para penikmatnya mengaku rasa sate jamur kenyal, gurih, dan rasanya lebih lezat dibandingkan dengan daging ayam, kambing ataupun sapi. Proteinnya tinggi serta rendah kolesteror dan sangat cocok bagi orang yang mengindari makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Tak kalah lezatnya dengan sate jamur adalah nasi goreng jamur. Mula-mula jamur ditumis dengan bumbu bawang merah dan putih yang dicingcang serta cabe yang di giling halus. Selanjutnya, ditambah kecap. Nasi putih lalu dimasukkan, dan jadilah nasi goreng jamur.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dengan kantong kalangan menengah ke bawah, yakni mulai dari Lima Ribu hingga Delapan Ribu Rupiah. Karena itu, warung sederhana ini banyak di kunjungi pembeli.

Nurrohman, hanya menggunakan jamur jenis tiram, jamur kuping dan jamur merang. Selain murah, bahan jamur tersebut mudah di dapat melalui pasokan warga sekitar. Nurrohman menambahkan, hidangan menu jamur diwarungnya aman untuk dikonsumsi, karena sudah dilakukan uji coba sebelum dipasarkan. “Untuk yang menghindari makanan berkolesterol, menu di warung saya ini, tergolong makanan non kolesterol, sehingga aman”, ujarnya.

Dalam sehari, Nurrohman mampu menghabiskan 10 hingga12 kilogram jamur. Dari berbagai literatur, jamur mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang baik bagi kesehatan. Jamur juga telah terbukti menaikkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemah dalam tubuh, menghambat pertumbuhan tumor dan antimikroba. Jadi, di samping enak, juga sehat. Waaaw!!!
Selengkapnya...

245 PEMANJAT IKUTI SIRNAS DI GRESIK



Sebanyak 245 atlet panjat tebing ambil bagian pada gelaran Sirkuit Nasional (Sirnas) Panjat Tebing yang dihelat mulai 29 Juli hingga 2 Agustus di Wall Climbing Gresik, Jawa Timur. Sirnas tersebut sekaligus sebagai ajang persiapan para atelit menghadapi Sirkuit Nasional dan Internasional Agustus dan September mendatang.

Sirkuit Nasional ke 10 tersebut di gelar oleh federasi panjat tebing indonesia di Wall Climbing Gresik ini di ikuti 105 peserta anak-anak dan 140 peserta umum berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dengan mempertandingkan 3 nomor yaitu Lead Umum Putera-Puteri, Spider Kit Putra-Puteri dan Boulder Putera-Putri setinggi 15 meter.

Tuan rumah tim panjat tebing Gresik selama ini di kenal eksis di berbagai even nasional. Tak pelak Pengkab Federasi Panjat Tebing Seluruh Indonesia Gresik menargetkan perolehan sebagai juara umum dalam even ini. Sebanyak 25 atelit putera puteri di terjunkan untuk memenuhi ambisinya.

Di samping sebagai ajang mencari bibit atlet dari berbagai daerah, sirnas panjat tebing ini sekaligus sebagai ajang pemantapan para atelit dalam menyongsong Kejurnas Panjat Tebing Junior-Senior September mendatang di Jakarta, serta Sirkuit Internasional di China dan Malaysia Agustus mendatang.

“Jadi ajang kali ini bertujuan mencari bibit unggul dalam menghadapi berbagai event besar lainnya di masa depan”, ujar Ervita, Pengurus Pengkab FPTI Gresik.

3 atelit asal Gresik akan ambil bagian dalam sirkuit internasional di China dan Malaysia. Mereka adalah Abuzar Yulianto, Akba Huda Wardana dan Fitria Hartani.
Selengkapnya...

HIASAN BUNGA BERBAHAN KEPOMPONG SUTERA



Sejak diperkenalkan 4 tahun lalu, kerajinan tangan berbahan kepompong sutera di Bali terus berkembang dan berinovasi sesuai selera pasar. Tak hanya bergelut pada pernik aksesories bagi kaum wanita saja, kreasi kulit kepompong sutera juga mulai bermetamorposa dalam wujud pernik dekorasi ruangan, seperti bunga dan vas bunga.

Di salah satu pusat kerajinan kepompong di jalan pulau misol, kota denpasar, bahan kulit kepompong dirangkai, menjadi kerajinan tangan bernilai seni tinggi. Kreasi ini adalah buah tangan dari Putu Suwandewi warga asal Singaraja Bali.

Meski sepintas membuatnya terlihat sederhana, namun keterampilan merangkai dan mendesain bahan kepompong sutera baik yang berjenis putih (mulberry silk), coklat (atakas) maupun kuning keemasan (cricula), menjadi kunci sukses terciptanya kerajinan yang satu ini.

Proses diawali dengan pemilihan tekstur kulit kepompong yang selanjutnya dibentuk kecil, mirip kelopak bunga mawar. Tahap selanjutnya bahan kepompong dirangkai sedemikian sesuai dengan motif bunga kuncup atau mekar sesuai pesanan.

Sebagai tahap akhir, kepompong yang telah berbentuk bunga, diberi tangkai menggunakan kawat, dengan balutan kertas marmer, untuk memperindah. Barulah kepompong dirangkai satu persatu, dalam vas bunga yang telah disiapkan.

Bagi pecintanya, selain unik dengan tampilan warna warni, kreasi kepompong juga banyak disukai, karena mampu memperindah tampilan ruangan dalam rumah.

Selain menekankan pada kualitas, Suwandewi selalu menetapkan harga yang wajar dan tidak banyak menarik untung. Terpenting baginya adalah ongkos operasional tertutupi, hobinya bisa terus berlangsung dan membantu menciptakan pekerjaan kepada 16 orang karyawannya. “Yang paling penting bisa berkreatifas dan membantu sesame”, ujarnya.

Jika ingin memperindah dekorasi rumah Anda dengan kreasi vas bunga berbahan kepompong, biasanya dijual berkisar Seratus hingga Empat Ratus Ribu Rupiah tergantung bentuk dan ukurannya. Perkembangan bisnisnya terbilang bagus karena dalam sebulan sudah bisa meraup omzet paling sedikit 30 Juta Rupiah.
Selengkapnya...

LAGU DANGDUT “KEONG RACUN” GEGERKAN DUNIA MAYA



Setelah digegerkan dengan adegan video mesum artis, dunia maya kini kembali digegerkan dengan video rekaman dua orang remaja putri asal Bandung Jawa Barat, namun adegan dalam video tersebut, bukan adegan asusila, melainkan rekaman lipsync salah satu lagu dangdut berjudul keong racun, yang menyita perhatian publik.

Rekaman video dua orang mahasiswi asal bandung yang menamakan diri mereka sita and jojo dan video berdurasi 5 menit tersebut, menampilkan dua adegan remaja putri yang menyanyikan lagu keong racun yang dilakukan secara lipsync, dengan tingkah polah mereka yang terbilang lucu.

Salah seorang dari dua remaja putri tersebut, Jopita atau Jojo, Mahasiswi Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Pasundan kota Bandung mengaku jika video tersebut direkam dengan menggunakan web cam sekitar dua bulan yang lalu, di rumahnya bersama sahabatnya Sinta yang sengaja di upload ke You tube dan hanya sebatas hiburan belaka.

Ia pun tidak menyangka jika lagu keong racun yang ia nyanyikan bersama Shinta akan menjadi booming seperti sekarang ini dan sudah diunduh ratusan pengguna internet. “saya benar-benar kaget bisa seheboh ini”, ujarnya.

Video keong racun hanyalah satu dari beberapa video lainnya yang sudah diupload di you tube, namun entah kenapa, dari beberapa video lainnya, video keong racun lebih banyak diunduh, mungkin karena polah tingkah mereka yang lucu, namun semenjak beredarnya video tersebut, nama sinta and jojo saat ini kian dikenal dimasyarakat luas, bahkan kabarnya, keduanya kini mendapat banyak tawaran show di beberapa kota. Bahkan popularitasnya kini melebihi penyanyi aslinya.




Selengkapnya...

BELUM TEMUKAN AKSESORIS TABUNG ELPIJI NON SNI



Setelah menemukan 12 ribu tabung elpiji (LPG/Liquified Petroleum Gas) 3 kilogram dalam kondisi rusak saat sidak di dua Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Lamongan beberapa waktu lalu, kemarin giliran toko penjual aksesoris elpiji yang disidak. Namun dalam sidak tersebut masih belum ditemukan produk aksesoris elpiji yang tidak berstandar nasional Indonesia (SNI).

Menurut Kabag Perekonomian Mochammad Faiz Juanidi, sidak tersebut dilakukan bersama tim gabungan dari Bagian Perekonomian, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan, PD Pasar, Kantor Perijinan dan Satpol PP. “Ada lima lokasi berbeda yang kemarin menjadi sasaran sidak tim gabungan terkait penjualan produk aksesoris elpiji. Dari sejumlah toko tersebut, tidak ditemukan penjualan produk aksesoris elipiji yang tidak berSNI, “ ungkap dia.

Meski menemukan semua produk aksesoris elpiji yang dijual sudah berlogo SNI, lanjut dia, tim gabungan tetap menekankan pada pemilik toko agar tidak tergiur menjual produk tanpa SNI. Meski produk tersebut biasanya lebih murah dibanding yang berSNI. “Konsumen juga diharapkan selektif ketika membeli produk aksesoris elpiji, jangan sampai tergiur harga yang lebih murah namun mengorbankan keselamatan, “
“Kami tekankan pada pemilik toko bahwa ada sanksi berat jika ditemukan toko yang ketahuan menjual produk aksesoris elpiji tidak berSNI.

Pelanggarnya, sesuai dengan UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen bisa dikenai sanksi administratif hingga pidana. Secara administratif, pelanggarnya bisa dikenai penarikan barang dari peredaran hingga pencabutan izin usaha. Sanksi pidana juga sudah menanti pelanggarnya dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2 miliar, “ tegas dia.

Tim gabungan dalam sidaknya juga melakukan pengecekan terhadap tabung elpiji di agen dan pangkalan. Di salah satu pangkalan, ditemukan gudang penyimpanan elpiji yang tidak lanyak. Karena tidak berlantai semen dengan ventilasi yang buruk. “Kami sarankan kepada pemilik pangkalan untuk memperbaikai gudang penyimpanannya, terutama untuk memperbanyak ventilasi. Karena jika tidak, akan rawan menimbulkan akumulai gas jika terjadi kebocoran tabung.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian RI nomor 85/M-IND/PER/11/2008 tentang Pemberlakuakn SNI, ada lima produk industry terkait elpiji yang wajib mencantumkan label SNI. Yakni tabung baja LPG dengan kode SNI 145:2007 dan kompor gas bahan bakar LPG satu tungku dengan sistem pemantik mekanik kode SNI 7368:2007. Kemudian katup tabaung baja dengan kode SNI 1591:2008, regulator tekanan rendah kode SNI 7369:2008 dan selang karet untuk kompor dengan kode SNI 06-7213-2006.
Selengkapnya...

BOTHOK LEBAH MADU COCOK BAGI PENDERITA DIABETES



Siapa bilang tawon atau lebah hanya berfungsi sebagai penghasil madu saja. Dengan sedikit kreatifitas, rumah makan Mbah Mustari di Jalan Raya Pungkruk Desa Sidoharjo, Sragen Jawa Tengah, mampu mengolah tawon atau lebah madu menjadi menu andalan santapan makan siang. Selain gurih dan lezat, kandungan gizi daging tawon dan campuran madunya mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Anda tidak perlu khawatir akan mengalami keracunan atau alergi setelah menyantap Botok Lebah Madu, karena untuk membuat bothok tawon ini diambilkan dari lebah yang hanya menghasilkan madu saja.

Untuk membuatnyapun sangatlah muda, pertama-tama menyiapkan parutan kelapa muda, cabai, bawang merah dan bawang putih kemudian gula jawa serta sedikit garam. Bumbu-bumbu tersebut kemudian dijadikan satu untuk selanjutnya di tumbuk hingga halus seperti membuat sambal.

Setelah bumbu siap, kemudian tawon madu langsung di rebus kurang lebih 10 menit. Setelah matang, diangkat kemudian ditiriskan dan dicampurkan dengan bumbunya. Setelah dicampur selanjutnya dibungkus dengan daun pisang lalu di kukus hingga matang. Bothok Lebah Madu pun siap dihidangkan.

Rasanya sedikit asam dan pedas yang berasal dari perpaduan bumbu dan parutan kelapa. Sangat enak bila disantap dengan nasi putih yang hangat dan sayur asam. Saat mencicipi botok tersebut, ada sedikit aroma lebah menyengat hidung terutama ketika pelepah daun pisang pembungkus botok dibuka kali pertama.

Untuk satu bungkus bothok tawon madu dijual seharga 3500 Rupiah, harga yang sangat murah bila di banding dengan kandungan khasiatnya. jika konsumsi secara teratur botok tawon madu ini mampu menyembuhkan penyempitan sel tubuh dan perbaikan penyumbatan pada sendi.

Menurut pengelola warung, Imam Safei, berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan sebuah Universitas terkemuka di Solo, kandungan lebah mampu menurunkan kadar gula darah. “Karena itu, bothok tawon laris manis di beli pelanggan, terutama karena khasiatnya”, ujar Imam Safei.

Nah! anda mempunyai kadar gula darah yang tinggi, tidak salah jika anda datang ke warung makan Mbah Mustari dan mencicipi menu bothok tawon madu. Di jamin maknyuss!!

Disari dari : http://www.sragenkab.go.id
Selengkapnya...

ES DAWET SIWALAN BERBAHAN ALAMI DARI POHON AREN



Kabupaten Gresik Jawa Timur, di kenal sebagai salah satu sentra penghasil buah siwalan. Bahkan, buah siwalan juga di olah menjadi bahan utama minuman es dawet yang kemudian di kenal dengan nama, es dawet siwalan. Selain murah, bahan bakunya yang alami, nyaman di konsumsi siapa saja, termasuk oleh penderita diabetes sekalipun.

Kecamatan Panceng yang terletak di pantai utara kabupaten Gresik Jawa Timur, di kenal sebagai sentra penghasil buah siwalan. Salah satu desa yang banyak di tumbuhi pohon siwalan, adalah desa delegan yang sebagian besar warganya, banyak menggantungkan hidup dari penjualan minuman legen serta buah siwalan.

Karena letaknya di bibir pantai, buah siwalan desa ini terkenal dengan rasa khasnya yang manis hingga banyak menghiasi pasar-pasar tradisional di Gresik dan di luar kota Gresik. Tak hanya itu, buah siwalan juga di yakini mampu mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit maag.

Untuk menjaga kesegarannya, buah siwalan biasanya langsung di kupas di bawah pohonnya. Harga perbungkus isi sepuluh buah, biasanya di jual seharga 3000 rupiah.
Di samping di pasarkan secara langsung, buah siwalan juga di olah sebagai bahan utama minuman dawet yang di kenal dengan nama “Es Dawet Siwalan”.

Salah satu penjual dawet siwalan, adalah ida yang membuka warung di kawasan wisata pantai pasir putih desa delegan. Dalam sehari, ida mampu menghabiskan 70 hingga 100 buah siwalan.

Membuat dawet siwalan tidaklah sulit. Biasanya, buah siwalan di potong kecil kemudian di campur es batu, gula aren, legen dan santen kelapa. Gula aren terbuat dari air pohon siwalan atau legen yang di panaskan hingga kental. Hasilnya, sajian es dawet siwalan, siap menyegarkan kembali tenggorokan pelangggannya.

“Gula aren di buat dari air legen di masak hingga mendidih dan akhirnya berubah jadi kenal dengan rasa manis”, ujar Ida.


Yang khas dari dawet siwalan Gresik ini adalah campurannya berupa gula aren yang kesemuanya merupakan bagian dari pohon siwalan, sehingga, lebih alami.

Karena bahan dasarnya yang alami itulah, anda yang menderita penyakit diabet tak perlu khawatir, gula darah akan naik. Apalagi harganya sangat murah, cuma empat ribu rupiah untuk satu gelasnya. “Penderita diabetes tak perlu khawatir gula darahnya akan naik”, kata Mujarrodi, salah seorang penikmat dawet siwalan.

Kini, buah siwalan beserta dawetnya, telah menjadi ikon utama desa ini. Bagi anda yang kebetulan melintas di jalur pantura Gresik, tak ada salahnya merasakan nikmatnya citra rasa dawet siwalan khas kecamatan Panceng.
Selengkapnya...

TEH PUTIH, MINUMAN SEHAT PENGENDALI EMOSI



Bagi kebanyakan orang, istilah teh putih mungkin masih asing ditelinga. Padahal banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari teh yang biasa diminum para bangsawan Inggris ini.

Karena mempunyai kandungan kaltekin dan eltian yang cukup tinggi, teh putih dipercaya dapat membantu pengendalian emosi peminumnya. Selain itu, zat kaltekin dan eltian juga dapat membuat seseorang lebih aktif, sigap dan percaya diri.

Teh putih ini, banyak di produksi di kawasan Gunung Tilu, Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat. Daun teh putih hanya dapat diperoleh dari satu pucuk daun teh, paling atas untuk tiap tangkai. Tetapi tak semua pucuk daun teh bisa dijadikan sebagai teh putih, ada beberapa ciri seperti daun mudanya memiliki garis putih di atasnya.

Proses pengeringan daunya pun tidak menggunakan alat pemanas, dan hanya diangin-anginkan saja. Sehingga kandungan antioksidan, kafein, dan eltiannya paling tinggi dibanding jenis teh lainnya. Karena itu, harga the putih sangat mahal, kira-kira 1 juta rupiah perkilogramnya.

Cara mengkonsumsi, teh putih yang telah diseduh dengan air panas akan berwarna bening samar-samar kehijauan. Supaya aroma dan rasanya lebih terasa, biarkan pucuk-pucuk daun teh yang telah terkena air panas, bergerumbul di permukaan cangkir.
Selengkapnya...

ES NYIUR JAHE GULA AREN, SEGAR DAN MENYEHATKAN



Kala dahaga, es kelapa muda biasanya menjadi salah satu minuman menyegarkan yang banyak diburu orang. Jika anda adalah salah satunya dan ingin merasakan sensasi baru dalam menikmati minuman alami tersebut, di Jalan Ahmad Yani Kilometer 12 Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ada sebuah kedai, namanya warung “Es Nyiur Jahe Gula Aren” yang siap memberikan citarasa yang unik dan segar bahkan menyehatkan sekaligus.

Warung Mama Icha letaknya strategis karena berada di pinggir jalan by pass yang merupakan perlintasan arah menuju luar kota Banjarmasin. Tapi bukan saja karena letaknya yang strategis hingga tampak ramai pengunjung, namun karena sajian dalam warung ini adalah Es Nyiur Jahe Gula Aren, yang khas dan menyehatkan. Mereka yang singgah di warung ini berasal dari berbagai daerah, termasuk warga negara India dan Korea yang bekerja di Banjarmasin.

Warung yang setiap harinya buka pukul 9 pagi hingga jam 5 sore ini rata-rata menghabiskan 300 butir kelapa muda. Namun jika pada hari-hari libur bisa dua kali lipat dari biasanya..

Kelapa muda sengaja didatangkan dari wilayah Kapuas Kalimantan Tengah yang selama ini di kenal sebagai kawasan penghasil kelapa muda kualitas unggul.

Selain menyajikan minuman favorit es kelapa muda jahe gula aren, pengunjung juga bisa mencoba menu lain yang tak kalah nikmatnya, seperti es nyiur kelapa muda aren, es nyiur karamel.

Cara disajikanpun disesuaikan dengan pesanan pengunjung.
Namun umumnya pelanggan lebih memilih minum langsung di batok kelapa muda, karena rasanya dijamin lebih nikmat dan seger.

Dibanding warung es kelapa muda lainnya, di warung Mama Icha ini, pengunjung mendapatkan tambahan manfaat kesehatan seperti menyembuhkan asam urat, kolesterol, masuk angin dan keracunan. Pasalnya, bahan baku es ini terdiri dari bahan alami yang biasa di gunakan sebagai ramuan obat-obatan.

Menurut Mama Icha, warung es nyiur jahenya ini mulai dikenal masyarakat sekitar tahun 2004 lalu. Rata-rata mereka yang datang karena penasaran ingin mencicipi segarnya es kelapa muda jahe gula aren buatannya.

Untuk menikmati satu kelapa jahe gula aren yang penuh khasiat ini, anda cukup merogoh kocek 8 Ribu hingga 9 Ribu Rupiah.
Selengkapnya...

CARA MEN-SHARE PROGRAM TERTENTU DALAM WINDOWS 7



Anda dapat mengizinkan user untuk menjalankan hanya program tertentu dalam sistem operasi Windows 7. Sebuah komputer publik di kantor, misalnya, dapat diatur dengan cara sedemikian rupa jika perusahaan misalnya tidak ingin karyawan untuk menjalankan semua jenis program. Anda memungkinkan pengguna untuk menjalankan program tertentu dengan memanfaatkan Local Group Policy Editor. Namun, Anda tidak dapat melakukan hal ini dalam Windows 7 Home Edition karena tidak memiliki Local Group Policy Editor.

Caranya adalah :
1. Klik pada tombol Start -> Search.
2. Ketik "gpedit.msc" dan tekan tombol Enter pada keyboard.
3. Local Group Policy Editor akan terbuka. Gulir ke "User Configuration", "Administrative Templates" lalu masuk ke "System" di window sebelah kiri.
4. Di sisi kanan jendela, di bawah "Setting", navigasi dan double-klik “Run only specified Windows applications”.
5. Pilih Enabled lalu klik “Show” under Options.
6. Akan muncul window panel. Anda tinggal mengetik nama aplikasi yang bisa di jalankan pengguna..
7. Setelah selesai, klik tombol OK.
Tutup Group Local Policy Editor.

Setelah ini, jika seseorang mencoba untuk menjalankan sebuah aplikasi yang tidak ditentukan oleh Anda, ia akan mendapatkan pesan kesalahan seperti berikut:

This feature to allow users to run only specified programs in Windows 7 is the best at preventing the users from accessing applications you don’t want them to use on a particular computer.
Selengkapnya...

KUE CUHCUR SUKABUMI DI KENAL HINGGA MANCANEGARA



Bagi warga Jawa Barat, nama kue cuhcur atau kue cucur sudah tidak sing lagi. Biasanya kue cuhcur menjadi salah satu sajian khas saat perayaan hari-hari besar atau hajatan.

Tapi di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Jalan Pojok Indah, Kota Cibadak, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, kue cuhcur dijual layaknya panggangan biasa. Bahkan pembelinya berasal dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara.

Menurut pemilik warung, Agus Sambue, kue cuhcur ini pertama kali dijual di Sukabumi pada tahun 1991. Agus yang asli Manado, semula tak mengira jika kue cuhcur hasil buatannya akan menjadi bisnis yang menguntungkan.

Bersamanya istrinya Titin yang asli warga Sukabumi, akhirnya ia nekad menjual kue cuhcur itu dengan sebutan cuhcur Manado, dengan alasan Agus adalah warga Manado. walaupun berada ditempat cukup sempit ternyata dagangan kue cuhcur hasil Agus ini diburu berbagai pelanggan.

Proses pembuatan kue cuhcur Sukabumi terdiri dari bahan-bahan yang mudah didapat diantaranya gula merah, tepung terigu, tepung beras, kayu manis, garam dan pengharum menggunakan vanili.

Bahan tersebut biasanya diadon sejak pagi hari sekitar pukul 2.00 malam. Adonan itu sendiri dibuat layaknya seperti membuat bolu atau martabak. Namun adonan cuhcur tidak dipanggang dalam oven tapi di goreng dengan suhu cukup panas.

Menggoreng cuhcur sendiri tidak terlalu lama, biasanya hanya beberapa detik saja. Karena jika terlalu lama, bentuk dan warnanya akan cepat menjadi coklat atau hitam.

Biasanya untuk satu biji kue cuhcur, Agus menjual Rp 600. Murah bukan ? Para pembeli cuhcur biasanya membeli kue hasil adonan ala Agus tersebut bisa mencapai puluhan buah. Bahkan untuk mendapatkan kue cuhcur milik Agus yang cukup terkenal ini, Anda harus sabar mengantri.
Selengkapnya...

PERKUSI GALON AIR MINERAL GILANG RAMADHAN



Bermain musik tidak harus menggunakan alat musik modern yang mahal. Dengan sentuhan minimalis dan kreatif, semua orang dapat menikamati dan bermain alat musik. Itulah yang ditunjukkan, penabuh drum jazz, Gilang Ramadhan, saat memberikan motifasi di depan siswa SMA Negeri Sumatera Selatan (20/07/2010.)

Tak seperti biasanya, Gilang Ramadhan, panbuh drum kawakan musik jazz Indonesia, duduk di belakang drum yang akan di tabuhnya. Kali ini ia menabuh dua gallon air mineral kosong dibantu salah seorang siswa SMA Negeri Sumatera Selatan.

Didampingi istrinya Shanaz Huq, Gilang memainkan gallon air itu dengan teratur dan memberikan warna suara musik yang enak dinikmati. Hal itu mengundang tepuk tangan, setelah sekitar satu menit Gilang dan siswa SMA itu menabuh gallon air tersebut.

Gilang yang saat ini lebih inten menjadi pengamat pendidikan bersama istrinya dan juga sebagai duta pendidikan, memberikan motifasi di sebuah acara inagurasi siswa SMA Negeri Sumatera Selatan, yang merupakan SMA bertaraf internasional. Semua muridnya adalah siswa yang berasal dari keluarga miskin seluruh Indonesia.

Pesan yang disampaikan Gilang adalah bermain musik tidak harus anak orang kaya atau pun dengan alat musik yang mahal. Namun dengan berfikir kreatif dan sederhana, musik pun dapat dinikmati semua golongan dan dengan alat apapun, termasuk dengan hal-hal lain yang dapat ditumbuhkan anak-anak Indonesia dengan kreatifitasnya.

Inagurasi siswa SMA Negeri Sumatera Selatan ini adalah untuk siswa angkatan kedua, sekolah yang di biayai lembaga donor dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Sekolah ini merupakan sekolah gratis percontohan berstandar internasional yang saat ini gedungnya masih dalam proses pembangunan.
Selengkapnya...

BUDIDAYA KOBIS DENGAN PUPUK ORGANIK BUATAN SANTRI



Budidaya tanaman sayur kobis atau kol ternyata tidak harus di budidaya di kawasan dataran tinggi saja. Di Purwokerto Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sekelompok santri berhasil membudidayakan kobis didataran rendah hingga bisa menghasilkan panen dengan kualitas bagus. Budidaya tersebut bisa berhasil berkat pupuk organik yang berasal dari kotoran ternak.

Kotoran hewan ternak seperti kerbau, sapi dan kambing, mempunyai kegunaan yang sangat besar bagi para santri pondok pesantren as salafiyah. Di pesantren yang berada di lingkungan kampus Universitas Jendral Soedirman Purwokerto tersebut, kotoran ternak bisa menghasilkan uang jutaan rupiah setiap minggunya, dengan menyulapnya menjadi pupuk organik yang dijual seharga 70 ribu rupiah perliternya.

Pembuatan pupuk organik ini sebenarnya sangat sederhana. Kotoran isi perut hewan ternak terlebih dahulu diperah dengan alat sederhana untuk menghasilkan kandungan air. Kandungan air inilah yang kemudian dicampurkan dengan sejenis bubuk dari batu putih yang ditaburkan kedalam bak penampungan kotoran cair. Setelah diendapkan beberapa minggu, barulah cairan ini dimasukkan kedalam botol kemasan isi satu liter.

Satu liter pupuk organik ini bisa digunakan untuk menyemprot satu hektar tanaman padi, kobis atau jagung. Sedangkan untuk tanaman keras, pupuk ini cukup dituangkan ke akarnya. Dalam sehari, para santri ini bisa membuat sedikitnya 200 liter pupuk organik.

Berkat temuan pupuk organik tersebut, kini budidaya tanaman kobis dan jenis tanaman dataran tinggi lainnya bisa dikembangkan di dataran rendah seperti di purwokerto, kabupaten banyumas. Meski budidaya tanaman dataran tinggi ini baru dilakukan hampir satu tahun, namun hasil panen tergolong sangat bagus dengan kualitas tanaman yang bagus pula.

Tak hanya itu, pupuk organik buatan santri ini terbukti bisa juga digunakan untuk budidaya tanaman bawang merah, bawang putih serta wortel.

Kyai Syarif Nurkholis, Pimpinan Pondok Pesantren As Salafiyah mengatakan, pesantren yang di pimpinnya sejak tahun 1980 ini tidak hanya memberi bekal ilmu agama saja bagi santrinya, namun juga bekal ilmu pertanian hingga bekal inovasi pupuk organik.
Selengkapnya...

CUACA BURUK, CALON PENUMPANG KAPAL GRESIK - BAWEAN BEREBUT TIKET



Cuaca buruk mengakibatkan kapal tujuan pulau Bawean, di larang berlayar selama 1 minggu. Akibatnya, ratusan calon penumpang berebut tiket kapal besar yang di pinjam Administrator Pelabuhan Gresik Jawa Timur (20/07/2010,) untuk melayani trayek Gresik – Bawean selama cuaca belum membaik.

Ratusan calon penumpang tujuan pulau Bawean terpaksa antri menunggu giliran mendapatkan tiket. Bahkan sebagian di antara mereka sudah menunggu lebih 2 jam lamanya.”Saya di sinisudah 2 jam, kemarin gagal mendapatkan tiket”, ujar Alwi, salah seorang calon penumpang.

Bahkan, sejumlah personel kepolisian di siagakan untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, termasuk mewajibkan calon penumpang untuk membawa kartu identitas.

Selama ini, hanya ada 2 kapal yang melayani pelayaran rute Gresik – Bawean, yakni KM Dharma Kartika dan KM Express Bahari.

Karena cuaca buruk, sudah sepekan lamanya, pihak administrator pelabuhan Gresik melarang pelayaran 1 dari 2 kapal tujuan Gresik – pulau Bawean tersebut, yakni KM Express Bahari, hingga menyebabkan ratusan calon penumpang tidak terangkut.

Agar tidak terjadi penumpukan calon penumpang, pihak Administrator Pelabuhan (Adpel), mengupayakan sebuah kapal veri berukuran besar dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk membantu pelayaran menuju Gresik - pulau Bawean selama kondisi cuaca belum membaik. Menurut rencana, kapal veri tersebut baru akan tiba di pelabuhan Gresik, besok malam. ‘Alhamdulillah, besok malam KM Dharma veri 2 sudah bisa melayani rute Gresik – Bawean untuk sementara waktu”, kata Abdul Aziz, Kepala Adpel Gresik.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Dan Geofisika (BMG) Tanjung Perak Surabaya, ketinggian gelombang di laut jawa saat ini mencapai rata-rata 1 setengah hingga dua setengah meter. Kondisi ini akan semakin memburuk dalam 2 hari kedepan.
Selengkapnya...

SOTO LONDO BERBAHAN HERBAL COCOK UNTUK KESEHATAN



Minum obat-obatan herbal ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan meminum jamu saja. Di solo, Jawa Tengah tepatnya di warung Soto Londo Di Jalan Dlopo Kecamatan Baki Kawasan Solobaru (persis depan RS dr oen), kita bisa menikmati obat-obatan herbal justru dilakukan dengan makan soto.

Selain lezat, makanan yang disebut soto londo tersebut, memang unik, karena bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Kuah sotonya dibuat dari racikan rempah-rempah dan bahan obat tradisional lainnya seperti jahe, kunyit, lengkuas dan sebagainya.

Jadi selain kenyang, para pembeli juga bisa mendapatkan manfaat pengobatan dengan memakan soto tersebut. Sesuai bahan-bahan obat herbal yang dicampurkan, soto tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti masuk angin, kecapaian, hingga kanker dan hipertensi.

Meski dicampur dengan bahan racikan jamu, rasa soto londo ternyata sangat lezat dan tidak pahit. Tak ayal, soto ini juga disukai kalangan anak-anak dan orang tua.

Sementara, Endang Sustyani R (pemilik warung) mengaku jumlah pengunjung ke warungnya bisa mencapai lebih dari 50 orang setiap harinya. Apalagi, harga yang ditawarkan pun tergolong sangat murah, yaitu, hanya 6 ribu rupiah per porsi. “Ide menjual soto londo, agar para pelanggan bisa merasakan dua manfaat sekaligus”, ujar ibu Endang.

Selain soto londo, di warung ini, para pelanggan juga bisa menikmati berbagai minuman unik dan menyehatkan, seperti, teh herbal, kunir asem dan beras kencur.

Khusus teh herbal, pelanggan bisa memesan sesuai dengan jenis penyakitnya. Misalnya, teh herbal dengan campuran daun rosella bisa menyembuhkan liver dan panas dalam. Sedang teh herbal dengan daun polo bisa menyembuhkan masuk angin dan susah tidur.

Tak hanya itu, jika ingin menikmati dalam keadaan dingin, pembeli bisa memesan es teh dengan campuran madu dan berbagai jus buah.

Jika anda pecinta makanan dan minuman herbal, layak untuk mencobanya. Sementara bagi yang tidak suka jamu, makanan ini bisa dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan.
Selengkapnya...

EROPA PENGHASIL EMAIL SAMPAH NOMOR 1 DUNIA



Eropa kembali menggungguli Asia. Kali ini bukan karena sebuah prestasi, tapi karena benua biru itu menjadi produsen penghasil email sampah (junk email atau spam) terbanyak di dunia. Eropa kini nomor satu.

Sophos, firma keamanan internet dan komputer asal Inggris, menyebutkan lebih dari sepertiga jumlah spam dunia pada kuartal kedua 2010 berasal dari Eropa, sedikit lebih banyak dari spam yang dihasilkan negara-negara di Asia.

Seperti di beritakan AFP, Jumat (16/7/2010), dari semua negara-negara Eropa, Inggris mengalami peningkatan "kontribusi" paling besar dalam menghasilkan jumlah email spam.

"Inggris mengalami peningkatan sinifikan dalam proporsi spam, yakni berkontribusi sekitar 4,6% dari total jumlah spam di seluruh dunia. Angka ini menempatkan Inggris di urutan keempat sebagai penghasil spam raksasa, meningkat tajam dari tahun lalu yang masih berada di posisi sembilan," demikian bunyi laporan tersebut.

Studi ini juga menyebutkan, peningkatan dalam menghasilkan spam yang terjadi di Prancis, Italia, Polandia dan Inggris ini turut memicu Eropa sebagai raksasa penghasil spam. Sebelumnya, predikat spammer terbesar pernah disandang Asia dengan negara penyumbang terbanyak Vietnam dan China.

di kutip dari : http://www.detik.net
Selengkapnya...

BERNOSTALGIA DENGAN MENIKMATI TUTUT SURUDUT



Tutut adalah jenis keong sawah yang bagi para petani termasuk salah satu hama perusak tanaman. Di balik itu, ternyata Tutut adalah makanan dengan kandungan gizi tinggi. Apabila diolah dan direbus dengan baik, akan menjadi menu makanan pelepas rindu akan masa kecil dulu.

Di Sukabumi Jawa Barat tepatnya di lokasi Wisata Kuliner Toserba Selamat Jl. Martadinata, kota Sukabumi, terdapat menu makanan bernama Tutut Surudut, yaitu makanan dengan bahan utamanya berupa rebusan Tutut. Sedangkan serudut adalah cara memakannya yang di serudut atau di sedot, sehingga warungnya di kenal dengan nama “Warung Tutut Serudut”. Saat nyerudut, sekaligus akan menghisap bumbu-bumbu yang menyerap dalam cangkang tutut sehingga cita rasanya tidak ada yang tertinggal.

Namun menu tersebut ternyata merupakan menu primadona hingga setiap harinya dipadati penikmat terutama para orangtua.

Menurut para penikmatnya, tutut adalah makanan nostalgia, karena tutut hanya dimakan ketika masih kecil dulu dan saat ini agak sulit mencari makanan yang berbahan tutut. Makanan yang di nikmatinya sekarang adalah masakan dengan racikan bumbu lengkap hingga menjadikan tutut sebagai menu yang nikmat dan gurih.


Para penikmat tutut yang kebanyakan orangtua ini biasanya mengajak anak-anaknya untuk turut menikmati tutut. Apalagi, anak-anak masih terasa asing dengan cara makannnya yang terlihat ribet sehingga perlu bantuan tusuk gigi agar daging tututnya gampang disantap.

Menurut Lina, (pedagang makanan tutut,) setiap hari rata-rata mampu menghabiskan sekitar 100 kg tutut rebus. Hanya dengan Rp.6.000 perporsi, Tutut siap mengantarkan anda mengenang kembali masa kanak-kanak saat sering mencari tutut di sawah.
Selengkapnya...

KOPI LUWAK ASAL BANYUWANGI LARIS MANIS DI PASAR EROPA



Kopi luwak berasal dari kotoran binatang luwak yang kemudian diproses menjadi kopi yang enak. Di Banyuwangi Jawa Timur, tepatnya di perkebunan Malangsari, milik PTPN 12 Kalibaru, memproduksi kopi luwak dengan cara membudidayakan puluhan ekor luwak. Di perkebunan tersebut, sedikitnya 70 ekor luwak diperlihara. Puluhan ekor binatang mirip musang tersebut, sengaja diperlihara untuk memproduksi kopi luwak yang terkenal di manca negara.

Binatang luwak dikenal sebagai pemakan buah-buahan termasuk buah kopi. Tak tanggung-tanggung, luwak dikenal sebagai pemilih biji kopi unggulan. Karena binatang luwak ini hanya memakan biji kopi yang berkwalitas unggul, sehingga kopi yang di hasilkannya juga berkwalitas unggul.

Dari kehebatan binatang luwak yang sangat selektif dalam memilih biji kopi yang berkwalitas unggul tersebut, luwak dipelihara untuk menghasilkan kopi luwak yang terkenal, dengan cita rasa yang menakjubkan.

Binatang luwak ditempatkan dalam kandang sebagai tempat berlindung. Setiap hari binatang yang lebih banyak beraktifitas di malam hari tersebut, diberi makan biji kopi pilihan. Nantinya biji kopi yang dimakan luwak akan dikeluar dalam lima jam kemudian berupa kotoran dengan bentuk biji kopi masih utuh. Biji kopi kotoran luwak inilah yang menghasilkan kopi cap luwak yang terkenal tersebut.

Selanjutnya, biji kopi dari kotoran luwak dicuci dan dibersihkan, lalu di lanjutkan dengan proses pengeringan. Biji kopi luwak kemudian di lembutkan dengan alat penumbuk kopi. Alat kopi luwak ini akan menyaring ampas kopi luwak dengan air mendidih, sehingga ampas kopinya dapat tersaring dengan baik.

Kopi luwak ini sangat terkenal di manca negara terutama negara-negara Eropa. Kopi luwak produksi perkebunan Malangsari di ekspor ke negara Eropa dalam bentuk bji kopi kering.

Sedangkan untuk pangsa pasar dalam negeri telah dipasarkan dalam bentuk kopi bubuk dengan harga cukup fantastis yakni 150 Ribu Rupiah per 100 gramnya. Mahalnya kopi luwak memang setara dengan aromanya yang luar biasa dan keterbatasannya di alam. Rasa kopinya begitu halus dan masih tersisa cukup lama di mulut setelah meminumnya.
Selengkapnya...

CHATTING YAHOO MESSENGER LEBIH ASYIK DENGAN SHARING FOTO



Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling melihat image pada jendela PM masing-masing. Dengan cara ini, perkenalan di YM bisa lebih asyik dan akrab. Berikut ini cara langkah untuk share image.

1. Login ke Yahoo Messenger, lalu klik menu Messenger -> Preferences -> Display Image hingga muncul jendela “Yahoo Messenger Preferences”.
2. Klik Change Default hingga muncul jendela My Display Image. Pastikan opsi Enabled display images telah di centang.

3. Pilih Share my picture kemudian pilih tombol Select.

4. Kalau hanya ingin menampilkan image standar, kita dapat memilih dari ke 12 images di jendela sebelah kiri. Jika ingin menampilkan image yang lain, klik tombol Browse, lalu Cari folder tempat image tersimpan.

5. Jika sudah ketemu, klik open kemudian klik OK dan OK lagi.
Selengkapnya...

SOUVENIR BONEKA KULIT KEONG DAN KERANG



Dengan keterampilan dan keahliannya, Fatah Mahendra (28 Tahun,) Warga Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, kulit keong dan kerang laut di sulap menjadi berbagai karya boneka cantik yang memiliki cita rasa tinggi.

Tak hanya itu, boneka dari kulit keong dan kerang, hasil karya pemuda pengangguran tersebut, kini sudah menjadi sebuah lapangan pekerjaan baru yang dapat menghasilkan pundi-pundi Rupiah.

Ia mengaku, ide pembuatan boneka berbahan kulit keong dan kerang laut ini, tercetus saat pergi ke laut dan menjumpai kulit keong dan kerang banyak yang berserakan di pantai.

Menurutnya, dari pada berserakan menjadi sampah laut, kulit keong dan kerang itu lebih berharga dibentuk menjadi sebuah kerajinan tangan yang menarik.

Untuk membuat boneka kulit kerang, sebesanrnya mudah. Awalnya, kulit keong dan kerang dicuci dengan pembersih, kemudian dijemur diterik matahari.

Setelah kering, kulit-kulit keong dan kerang dibentuk menjadi sebuah boneka sesuai ukuran yang diinginkan, dengan menggunakan lem perekat khusus.

Usai pembentukan tubuh dan wajah, kulit kerang dirangkai menjadi sebuah boneka utuh. Selanjutnya, boneka yang lucu-lucu ini pun dipacking dan siap dipasarkan.

Masalah harga, boneka kulit kerang ini dijual sangat murah, yakni hanya 2500 hingga 5000 rupiah, tergantung ukuran kecil atau besar. ”Memang harganya sangat murah agar terjangkau kalangan bawah”, ujar Mahendra.

Meski baru setahun menekuni pekerjaan barunya ini, namun, omzetnya pun cukup lumayan. Dalam satu bulan, mampu meraup antara 2 hingga 3 juta.

Meski baru hanya di pasarkan di pasar lokal Jawa Timur saja, namun ia berharap suatu saat usahanya mampu berkembang dan menembus pasar nasional.
Selengkapnya...

SERUNYA PEMILIHAN LANGSUNG KETUA KELAS ALA SISWA SD



Pelaksanaan Pemilukada di berbagai daerah, tidak hanya menyita perhatian warga yang telah berusia dewasa saja. Anak-anak usia sekolah dasar pun juga tertarik untuk belajar demokrasi. Seperti yang dilakukan puluhan siswa sekolah dasar di Gresik, Jawa Timur yang gelar pesta demokrasi di pada pemilihan ketua kelas (15/07/2010.)

Layaknya seorang politisi handal, satu persatu siswa SD Muhammadiyah Kecamatan Manyar Gresik, melakukan kampanye sambil menjual program-program, di hadapan teman-temannya di sekolah dalam kegiatan Pemilukalas atau pemilihan umum ketua kelas.

Meskipun masih duduk di bangku sekolah dasar, tetapi para siswa tertarik mengangkat berbagai persoalan dalam proses belajar di sekolah pada materi kampanyenya, seperti menawarkan kegiatan saat jam istirahat, belajar kelompok di rumah dan lain sebagainya.

Janji-janji kampanye bak seorang politisi ini, langsung mendapatkan reaksi dan disambut tepuk sorai para siswa, sambil meneriakkan yel-yel dukungan terhadapnya, ,

layaknya pemilihan umum yang sesungguhnya, usai berkampanye, para siswa langsung menggelar pencontrengan calon yang didukungnya di bilik suara yang telah disediakan.

Tak hanya itu, siswa yang berperan menjadi petugas kpps, terlebih dulu mengajarkan kepada temannya, tata cara pemungutan suara yang benar. Bahkan, di antara mereka ada juga yang bertindak sebagai panitia pengawas pemilukalas. Usai memberikan hak suara, masing-masing siswa wajib mencelupkan jarinya dengan tinta.

Sejumlah siswa mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, karena para siswa dapat berdemokrasi. “Senang sekali bisa belajar praktek berdemokrasi”, ujar Nais Safitri, siswa kelas 5.

Pihak sekolah sengaja mendesain pemilihan langsung ketua kelas di sekolah ini, karena menjadi bagian dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan atau PPKN.

Melalui kegiatan ini, para siswa diharapkan bisa menggelar pemilihan pimpinan secara langsung dengan jujur dan demokratis.
Selengkapnya...

HARGA BERAS MEROKET, PANEN PADI JUSTRU MERUGI



Kenaikan harga beras ternyata tidak di nikmati para petani padi di Gresik Jawa Timur. Di samping harga penjualan gabah tidak naik, jumlah produksi padi menurun akibat serangan hama.

Saat ini (15/07/2010,) sebagian besar petani padi di areal pertanian kecamatan duduksampeyan gresik, tengah memanen padinya. Namun serangan hama ulat dan wereng, membuat produksi padi mereka menurun antara 40 hingga 50 persen di banding musim tanam sebelumnya.

Menurut para petani di Desa Sumengko Kecamatan Duduksampeyan misalnya, cuaca tidak menentu memicu serangan hama ulat hingga menyebabkan padi membusuk. Meski kualitas padi yang tidak terserang hama masih baik, namun jumlah produksi beras menurun.

Para petani sebenarnya telah berupaya mengatasi serangan hama ini dengan menyemprotkan berbagai macam obat anti hama, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Sementara itu, menurunnya produksi gabah petani di rasakan para pemilik penggilingan padi. Biasanya, dalam sehari para petani mampu memasok rata-rata 15 ton gabah. Saat ini, menurun drastis mencapai antara 7 hingga 8 ton perharinya. Padahal harga gabah kering di penggilingan tidak mengalami kenaikan, yakni Rp 5.500 perkilo gramnya.

“Penurunan pasokan mencapai 40 hingga 50% dari musim panen sebelumnya”, ujar H Mustofa, salah seorang pemilik usaha penggilingan padi di desa Sumengko.

Akibat kondisi ini, para petani tidak bisa merasakan berkah kenaikan harga beras, meski harga beras tengah meroket.
Selengkapnya...

RASA PEDAS MANIS CUMI BAKAR, BANGKITKAN SELERA MAKAN



Menikmati daging cumi bakar yang diolah dengan bumbu bali ternyata memiliki rasa tersendiri. Dagingnya yang kenyal dicampur bumbu yang meresap membuat hidangan ini sangat enak, dinikmati selagi masih hangat.

Setiap harinya, warung milik Bapak Made Asnawa Di Jalur Megwi - Bedugul, Bali, selalu ramai didatangi pengunjung untuk menikmati santap siang dengan cumi bakar yang menjadi menu favorit.

Dagingnya yang kenyal bila diramu dengan bumbu bali dengan rasa pedas dan manis yang dominan memiliki citarasa yang unik dan khas.

Untuk menjaga kesegaran daging, proses pengolahannya langsung dibuat didapur warung. Terlebih dahulu daging cumi dibelah, selanjutnya dipanggang diatas bara api sambil di bolak balik hingga setengah kering lalu dipotong-potong.

Daging yang sudah terpotong langsung dituangkan dan digoreng bersamaan bumbu bali yang sudah halus lalu dibubuhi garam dan kecap manis secukupnya.

Dengan api yang tidak terlalu besar, sekitar 4-5 menit adonan masakan ini sudah matang dan siap dihidangkan untuk selajutnya menggoyang lidah kita.
Selengkapnya...

TIDAK PENUHI KOMITMEN, DANA PKH BAKAL DIPOTONG



Penggunaan dana Program Keluarga Harapan diawasi sangat ketat oleh pemerintah. Ada sejumlah komitmen yang harus dipatuhi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) penerima dana ini. Karena itu, jika ada peserta PKH yang tidak memenuhi komitmen tersebut, dana bantuan akan dipotong sesuai dengan derajat pelanggarannya.

Seperti diungkapkan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Lamongan Soni Harsono, peserta PKH bahkan bisa tidak menerima bantuan dalam satu periode pembayaran jika tidak memenuhi komitmen dalam tiga bulan berturut-turut. Sementara jika komitemen itu tidak dipenuhi dalam jangka waktu satu bulan, dana dipotong Rp 50 ribu. Kemudian pelanggaran dua bulan diotong Rp 100 ribu dan pelanggaran selama tiga bulan, bantuan akan berkurang sebesar Rp 150 ribu.

“Selama ini memang terjadi kurang sosialisasi terhadap RTSM penerima PKH terkait pemotongan ini. Sehingga ketika ada pemotongan menimbulkan keluhan dari penerima. Terkait hal itulah, maka Rapat Koordinasi PKH kali ini dilakukan. Diharapkan anggota Tim Koordinasi agar membantu memberikan informasi dengan sebaik-baiknya kepada penerima PKH untuk menghindari kesalahpahaman. Pemenuhan komitmen oleh penerima PKH ini sangat penting untuk memutus rantai kemiskinan melalui program kesehatan dan pendidikan, “ ujarnya, Selasa (13/7) di aula pertemuan Dinsosnakertrans setempat.

Dia kemudian mencontohkan komitmen yang tidak dipenuhi sehingga bisa mengakibatkan pemotongan dana bantuan PKH. Seperti jika ditemukan RTSM penerima PKH yang memiliki anak usia sekolah tapi ternyata tidak disekolahkan. Atau ketika ada ibu hamil dalam keluarga tersebut yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan di puskesmas, dananya juga bisa dipotong. “Nanti juga akan ada buku koordinasi pendamping PKH di Kecamatan. Lewat buku ini, pendamping bisa dipantau kinerjanya agar aktif melaksanakan tugasnya, “ imbuhnya di kegiatan yang juga dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik M Chudori dan Korwil Pendamping PKH Wilayah Lamongan Taufik tersebut.

Setelah penyaluran dana PKH tuntas disalurkan pada April lalu, pencairan tahap kedua diperkirakan akan dilakukan pada Agustus. Jumlah RTSM untuk tahap kedua ini mencapai 28.720 keluarga dengan rincian komponen jumlah ibu hamil mencapai 612 orang, jumlah balita 13.851 orang, jumlah anak SD 20.653 dan jumlah anak SMP 10.305 orang. Sementara total alokasi pembayaran di 20 kecamatan peserta PKH sebesar RP 8.094.300.000.

“Jumlah dan rincian komponen RTSM penerima PKH dimungkinkan selalu berubah karena terus dilakukan verifikasi. Sementara besaran dana masing-masing penerima bantuan. Besaran dana PKH ini minimal Rp 600 ribu pertahun dan maksimal Rp 2,2 juta sesuai dengan komposisi anggota keluarganya, “ kata Soni.
Selengkapnya...

WEDANG ALANG-ALANG, MINUMAN HERBAL PENJAGA STAMINA TUBUH



Rumput alang-alang ternyata bisa dijadikan wedang atau minuman kesehatan herbal. Alang-alang adalah salah satu tumbuhan liar banyak dijumpai di tepi sawah atau tepi jalan raya.

Di kota Solo Jawa Tengah, wedang alang-alang sudah dikenal sejak beberapa tahun lalu. Wedang alang-alang sebagai penghangat badan dan penambah stamina tersebut terdiri dari beberapa racikan. Diantaranya jahe, gula batu, alang-alang dan sere. Salah satu kedai yang menyediakan minuman ini adalah kedai milik Surono di jalan Dr Sutomo Kota Solo.

Sebelum diracik, awalnya jahe harus dibakar terlebih dahulu, setelah matang jahe digepuk dan ditumbuk, kemudian dituangkan di dalam gelas. Racikan ini kemudian ditambahkan alan-alang dan sere secukupnya.

Untuk menambah kenikmatan, ditambahkan pula gula batu sesuai selera. Terakhir, racikan ini dicampur dengan air mendidih. Minuman wedang alang-alang pun siap dihidangkan.

Wedang alang-alang yang terdiri dari racikan serba herbal ini, sangat cocok untuk kesehatan terutama menjaga stamina tubuh dari ancaman cuaca yang tidak bersahabat belakangan ini.

Bagi anda yang gemar minuman herbal, tidak usah repot-repot meracik sendiri. Cukup dengan uang Rp 2000, anda sudah dapat merasakan khasiat wedang alang-alang.
Selengkapnya...

KHASIAT BUAH PALA DALAM MENGATASI SULIT TIDUR



Selain sebagai rempah-rempah, pala juga berfungsi sebagai tanaman penghasil minyak atsiri yang mampu mengatasi berbagai macam keluhan seperti Gangguan pencernaan, reumatik termasuk pula sulit tidur (insomnia).

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Insomnia sering disebabkan oleh suatu penyakit atau akibat lain dari persoalan psikologis.

Obat sederhana untuk mengatasinya adalah dengan meminum air pala. Tumbuk buah pala sampai menjadi bubuk, cukup 1 sendok teh untuk sekali minum. Seduhlah dengan segelas air panas dan bubuhi dengan gula batu atau gula pasir. Diminum saat masih hangat sesudah makan malam.

Cara kedua, Pijatlah seluruh bagian tubuh hingga lemas, lalu makan sayuran kangkung sebanyak mungkin. Lebih bagus lagi jika di akhiri dengan minum jus buah pala.
Selengkapnya...

MANFAATKAN LIMBAH TAHU MENJADI ENERGI BIOGAS ALTERNATIF



Langkanya minyak tanah serta banyaknya kasus ledakan tabung gas elpiji tidak membebani warga Desa Sekar Putih, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur untuk memasak. Mereka berhasil memanfaatkan limbah tahu yang dianggap mencemari lingkungan, menjadi energi alternatif pengganti gas yang bermanfaat.

Salah seorang pengusaha yang berhasil mengolah limbah tahu menjadi bio gas ini adalah Sarip. Awalnya, Sarip terinspirasi mengolah limbah tahu menjadi bio gas setelah mendapat penyuluhan dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk tahun 2008 lalu. Selama ini limbah pabrik tahu dianggap mengganggu lingkungan dengan bau tak sedap yang di timbulkannya.

Setelah dicoba, limbah tahu ternyata dapat memberi manfaat dengan cara dialirkan ke dalam sebuah bungker dan di fermentasi selama beberapa hari. Setelah berubah menjadi gas dan dialirkan melalui pipa-pipa yang telah di sediakan sebelumnya, maka gas dari sampah tahu itupun dapat dipergunakan untuk keperluan memasak.

Dengan cara ini, Sarip mengaku sangat senang, karena dirinya tidak terpengaruh oleh kelangkaan minyak tanah dan banyaknya kasus ledakan tabung gas elpiji, sehingga tetap dapat memasak menggunakan gas gratis setiap hari.

Tak hanya untuk dinikmati sendiri, gas yang dihasilkan dari limbah tahu juga dialirkan oleh Sarip ke sejumlah rumah tetangganya yang membutuhkan. Jika dahulunya mereka merasa terganggu dengan limbah tahu dari pabrik, kini sebaliknya, mereka merasa senang karena dapat menikmati manfaat gas secara gratis
Selengkapnya...

ISI LIBURAN DENGAN BERLATIH PENYELAMATAN DASAR



Banyak cara di lakukan siswa dalam mengisi liburan sekolah dengan berbagai macam kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan latihan penyelematan dasar yang di ikuti belasan siswa di Gresik Jawa Timur (11/07/2010.) Selain murah, kegiatan tersebut mengajarkan anak berperilaku sosial yang baik.

Suasana keceriaan tampak pada wajah anak-anak yang tengah mengikuti latihan dasar penyelamatan terhadap korban yang mengalami kecelakaan di wilayah perbukitan dan air.

Kegiatan yang langsung di bimbing oleh anggota tim federasi panjat tebing kabupaten Gresik jawa timur ini mengambil lokasi di wilayah Telogo Dowo Desa Suci Kecamatan Kebomas, Gresik.

Anak-anak di latih peka untuk selalu tanggap dalam melakukan penyematan pertama terhadap siapa pun orang yang mengalami kecelakaan terutama di wilayah pegunungan dan air.

Dengan menggunakan alat sederhana, teknik penyelamatan dan evakuasi pun di lakukan dengan mengutamakan kekompakan tim.

Di samping itu, latihan penyelamatan juga di lakukan bagi korban tenggelam saat korban tengah bermain di telaga atau sungai.

Anak-anak peserta latihan mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Di samping tidak memerlukan biaya, latihan semacam ini bisa menambah pengetahuan. “Senang sekali, meski kadang tegang juga”, kata Dinda, salah seorang peserta.

Kegiatan ini sengaja di gelar untuk memberikan kegiatan alternatif bagi siswa yang tengah menjalani masa libur sekolah agar mengenal teknik penyelamatan dasar yang benar dan membina rasa solidaritas antar sesama.
Selengkapnya...

SENSASI KENIKMATAN IKAN ASAP TUING-TUING KHAS MANDAR



Untuk menemukan penjual kuliner ikan asap Tuing-Tuing yang banyak di buru warga tersebut, tidaklah sulit. Jika anda kebetulan melewati jalur trans bagian barat Majene, Sulawesi Barat dan melihat deretan warung makan penuh kepulan asap seperti di Kelurahan Mosso Kecamatan Sendana, maka itulah warung makan ikan asap terbang atau yang lebih di kenal oleh warga suku Mandar dengan nama “Ikan Asap Tuing-Tuing”.

Ikan terbang atau ikan Tuing-Tuing kerap muncul dan gencar bertelur saat musim angin timur. Di luar musim angin timur, tidak ada satu pun ikan Tuing-Tuing yang bisa ditemukan. Ikan Tuing-Tuing banyak berkembang biak di selat makassar, mulai dari perairan selayar sampai perairan Kalimantan Timur. Belakangan ini tampak kecenderungan banyak nelayan berburu ikan Tuing-Tuing hingga ke perairan Papua (Fak-Fak).

Sebelumnya, usaha penjualan ikan asap ini hanya di kelola ibu-ibu nelayan secara tardisional. Mereka menawarkan ikan asap di sepanjang jalan pesisir pantai Majene. Usaha mereka pun semakin maju dengan banyaknya warung yang berjejer di sepanjang pantai, setelah Pemerintah setermpat membantu warga yang akan membuka usaha.

Sesuai namanya ikan asap Tuing-Tuing, proses memasaknya di lakukan dengan cara pengasapan tanpa mengunakan api. Ikan terbang segar yang baru saja di tangkap nelayan, terlebih dahulu dicuci bersih, kemudian ditata di atas pelepah daun kelapa di atas tungku berbahan bakar kayu kering yang biasa dipungut dari pinggir pantai.

Pengasapan ikan tidak butuh waktu terlalu lama. Jika warna kulit ikan sudah mulai berubah dan kulit ikan terbang ini mulai mengeras, maka ikan pun siap di sajikan.

Ikan asap yang segar ini akan semakin nikmat di lidah, jika di makan dengan Jeppa, makanan khas suku mandar dari ubi kayu dan ketupat serta sambal yang pedas. Ikan asap pun sebaiknya dihidangkan saat hangat.

Karena namanya yang terkenal, tak jarang, banyak pelancong yang melewati wilayah ini pasti mampir penasaran untuk menikmati ikan asap Tuing-Tuing. Selain karena bisa di makan di warung ini, ikan asap pun bisa di bawa pulang menjadi oleh-oleh bagi keluarga.

Soal harga, anda tak perlu kwahatir, di somba, ikan terbang asap adalah yang paling murah. Setiap porsi berisi sepuluh ekor ikan, dihargai Rp 5.000. Sementara ikan terbang yang sudah di keringkan harganya berkisaran Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per 100 ekor. Menarik kan?
Selengkapnya...

MASAKAN SERBA PEDAS DALAM SAJIAN KULINER JEPUN



Anda penggemar masakan pedas? Yang satu ini perlu di coba.
Warung Jepun yang terletak di kawasan Harjamukti tepatnya di pinggiran Kota Cirebon menawarkan aneka macam sambal yang membuat masakan ini diburu para penggemar masakan pedas, karena sensasi beraneka campuran cabe berpadu dengan aneka ikan-ikanan. Jepun berarti cabe rawit, dimana menu-menu yang ditawarkan mengandung unsur sambal. Karena itu, tidak heran jika warung ini tak pernah sepi dari pengunjung terutama menjelang siang dan petang hari.

Menu favorit yang banyak di pesan pelanggan antara lain, sambal edan super pedas, sambal terasi matang hingga sambal belut, yakni sambal yang di campur dengan belut.

Proses pengolahan beraneka sambal pun sangat sederhana. Sebelum membuat sambal, berbagai bahan yang akan digunakan disiapkan terlebih dahulu, mulai dari cabe, garam, trasi hingga bumbu penyedap.

Setelah bahan-bahan siap, sebelum dilembutkan, bahan cabe rawit digoreng terlebih dahulu untuk selanjutkan dilembutkan dengan menggunakan cobek. Untuk sambal terasi misalnya, cabe rawit atau Jepun dicampur dengan terasi yang sebelumnya telah dimatangkan.

Sambil menunggu sambal selesai dilembutkan, berbagai jenis ikan yang di pesan konsumen juga digoreng, mulai ayam, udang, hingga ikan laut.

Agar tidak terasa amis, tingkat kematangan ikan maupun daging ayam juga harus sempurna termasuk daging bagian dalam.

Bagi penikmat yang tidak suka menu yang mempunyai kandungan lemak, berbagai menu seperti tempe dan tahu juga tersedia disini.

Nah, bagi anda penyuka pedas, menu ini sangat cocok, menjadi pilihan untuk anda. Dijamin pedas hingga membuat penikmatnya berkeringat.
Selengkapnya...

SULAP SABUT KELAPA JADI TEMPAT TIDUR YANG NYAMAN



Hampir semua orang merasa tak asing lagi dengan serabut (sabut) kelapa atau yang lebih dikenal dengan tepes. Biasanya tepes hanya di manfaatkan sebagai pembungkus buah atau sebagai pengganti kayu bakar saja. Padahal sabut kelapa ternyata mampu di ubah menjadi menjadi keset, sapu, matras, bahkan bisa menjadi sebuah kasur lengkap dengan bantal dan gulingnya yang akan menemani kita disaat tidur.

Adalah Pasutri Darda - Iswati, warga desa Rantewringin Kecamatan Bulus Pesantren, Kabupaten Kebumen Tengah mengembangkan berbagai macam produk berbahan sabut kelapa seperti kasur, bantal dan guling berbahan baku sabut kelapa. Melalui sebuah unit usaha bernama AKAS (Aneka Kerajinan Anyaman Sabut Kelapa) yang pernah mendapatkan penghargaan, Anugerah Industri Hijau 2010, dari Kementerian Perindustrian RI ini, mulai di banjiri pesanan.

Cara pembuatannya cukup sederhana, sabut kelapa yang telah dipilah langsung dirangkai menjadi sebuah gulungan tali. Gulungan tali lantas dioven selama dua jam, lalu gulungan tali kembali diurai menjadi serat sabut kelapa, yang kemudian dicetak. Proses selanjutnya adalah pengepressan. Setelah membentuk bantal, guling dan kasur, kembali melalui proses pengeringan dengan oven selama empat jam. Untuk membuat bantal dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 10 cm, diperlukan 1,2 kg sabut kelapa.

Menurut Darda, produk terbarunya mulai banyak diminati para pengusaha dari luar kota. Bahkan pesanan ada yang dari china dan amerika juga tertarik untuk membeli produk yang memanfaatkan industri hijau yang ramah lingkungan ini.

Untuk harga bantal dan guling dari sabut kelapa ini bervariasi, mulai dari Tiga Puluh Ribu hingga Enam Puluh Ribu Rupiah. Sementara, untuk kasur sabut kelapa dihargai Tiga Ratus Ribu Rupiah.

Dengan memanfaatkan 20 orang tenaga kerja, Pasutri ini, mampu memanfaatan limbah sabut kelapa (tepes) menjadi berbagai produk kerajinan lainnya, seperti keset, coconet, cocopot, dan cocofiber yang telah dipasarkan tidak hanya di Indonesia, namun sudah menembus pasaran luar negeri.
Selengkapnya...

KERAJINAN ALAT MUSIK KERONCONG BERTAHAN DI TENGAH SERBUAN ALAT MUSIK MODERN



Biola, cello dan contrabass merupakan bagian dari alat perlengkapan musik keroncong. Tidak mudah untuk mendapatkan alat-alat musik tersebut. Selain harganya cukup mahal, kualitasnya terkadang tidak sebagus yang diharapkan.

Biola termasuk salah satu alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Selain biola, alat musik dawai yang juga masuk keluarga biola adalah viola, cello dan contrabass. Perbedaannya terletak pada ukurannya. Namun kualitas bunyi dan cara resonansinya sama. Deretan instrument musik tersebut adalah, kelompok alat musik inti yang mengisi orkestra simfoni kuno atau sering disebut keroncong.

Menurut beberapa referensi, akar musik keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal dengan nama fado dan diperkenalkan oleh budak dan pelaut pada sekitar abad ke 16 di nusantara.

Musik keroncong pernah mengalami masa kejayaan pada tahun 70 hingga 80an. Namun kemudian meredup, karena desakan musik populer seperti pop dan rock.

Tergerak ingin melestarikan musik keroncong, seorang pengemar keroncong dari Kelurahan Kaliwungu Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, bernama Sunarbroto, sejak tahun 2000 membuat perlengkapan alat musik yang dibawa bangsa Portugis itu.

Bengkel kerjanya berada disamping kediamannya, Sunar, panggilan akrabnya bekerja dibantu oleh dua orang anggota keluarganya. Pekerjaannya membuat biola atau alat musik gesek lainnya, dilakoninya hanya jika ada pesanan.

Menurut sunar, untuk memproduksi sebuah biola berkualitas, ukulele, gitar dan bas, menggunakan kayu-kayu pilihan. Karena para penggemar musik keroncong lainnya, membutuhkan kualitas yang baik. Biasanya menggunakan kayu spruce, sejenis kayu cemara yang dipahat sehingga memiliki bentuk yang simetris dan diberi dua lubang suara. Sedangkan bagian belakang dan samping dibuat dari kayu mapel.

Leher biola, terbuat dari kayu mapel yang setipe dengan bagian belakang dan samping badan biola. Begitu juga dengan jembatan biola, terbuat dari bahan yang sama. Pada leher biola terdapat papan jari yang dibuat dari kayu eboni atau kayu lain yang dicat hitam.

Selain biola dan cello, Sunarbroto juga terampil membuat alat musik petik seperti gitar, ukulele, dan bas. Karena perlengkapan orkestra keroncong, juga membutuhkan alat-alat musik petik itu.

Sunar menambahkan, alat-alat musik keroncong, saat ini, cukup sulit didapatkan, toko-toko penjual alat musik, sangat jarang ada yang menjual seperangkat alat musik keroncong, terlebih alat musik bas.

Sunarbroto berharap, keahliannya ini bisa menjadi salah satu jalan untuk melestarikan musik keroncong. Sebagai pembuat biola, cita-cita Sunarbroto tidak muluk-muluk, yakni hanya ingin menjadi seorang pembuat biola yang berkualitas, sehingga para penggemar musik, khususnya musik keroncong, dapat memperoleh alat musik yang sesuai dengan keinginan dan dapat bersaing dengan biola buatan luar negeri.
Selengkapnya...

KEPITING SOKA, CANGKANGNYA LUNAK DAN GURIH



Jika Anda penggemar masakan kepiting, namun masih saja direpotkan dengan cangkang kepiting yang keras, kini Anda tak perlu repot-repot lagi memisahkan daging dari cangkangnya. Pasalnya rumah makan Tengger di Jalan Raya Rejoso, Pasuruan Jawa Timur menyajikan masakan kepiting dengan cangkang yang lunak hingga bisa di santap sekaligus dengan cangkangnya. Menu itu bernama Kepiting Soka.

Kepiting soka adalah menu masakan yang berbahan dasar dari kepiting muda yang memiliki kulit atau cangkang yang empuk. Sebenarnya, Kepiting soka adalah kepiting yang sedang mengalami proses ganti kulit. Cangkang dan batok atau tempurungnya lembut sehingga dapat dimakan.

Untuk membuat masakan kepiting soka ini, tidaklah rumit. Pertama potong kecil-kecil kepiting muda yang akan dimasak menjadi masakan kepiting soka. kemudian, diaduk dengan adonan yang terdiri dari campuran tepung terigu dan kuning telur. setelah tercampur, kepiting pun siap digoreng.

Untuk menciptakan cita rasa yang istimewa, penggorengan dilakukan dua kali. Sebelum digoreng untuk kali kedua, dibuat dulu campuran bumbu yang terdiri dari mentega, telur asin, kecap, keju merica serta garam.

Setelah selesai, tuangkan kembali kepiting bersama bumbu yang telah dibuat, diatas wajan hingga bumbunya meresap. Tidak perlu lama, hanya sekitar dua menit, masakan kepiting soka rasa telor asin pun siap disantap.

Menurut pemilik rumah makan ini, selain dimasak rasa telor asin, kepiting soka juga dapat dimasak dengan berbagai cita rasa, seperti rasa cabe garam, rasa lada hitam, dan rasa asam manis. "Variasi rasa itu yang banyak di suka pelanggan", ujar Wiwik Rahman, pemilik rumah makan.

Rasanya yang istimewa, enak dan gurih, membuat para penggemar kepiting soka ini, terus ketagihan ingin selalu menikmatinya, , pasalnya, kepiting soka ini, ternyata dapat disantap dengan cangkangnya, yang lunak.

Untuk harga 1 porsi kepiting soka sebenarnya tidaklah mahal, sekitar 75.ribu rupiah saja. Namun, dijamin selera makan akan bertambah jika sudah mencicipi menu masakan yang satu ini.
Selengkapnya...

PENGHITUNGAN ULANG SURAT SUARA PEMILUKADA DI WARNAI KETEGANGAN



Penghitungan ulang seluruh surat suara Pemilihan Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Lamongan Jawa Timur, hari ini di warnai ketegangan, karena absennya sejumlah saksi dan hilangnya kunci kotak suara (05/06/2010.) Akibatnya, puluhan kotak suara dibuka secara paksa dan jadwal penghitungan ulang berlangsung molor.

Penghitungan ulang surat suara hasil pemilihan kepala daerah Kabupaten Lamongan di lakukan selama empat hari, mulai tanggal 5 hingga 9 Juli mendatang. Perhitungan dilakukan di satu tempat yakni di Gedung Olah Raga (GOR) Lamongan.

Pelaksanaan hitung ulang ini, berdasarkan surat keputusan Mahkamah Konstitusi yang memenangkan gugatan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 04, Suhandoyo Dan Kartika Hidayati (SeHati,) yang meminta surat suara di hitung ulang.

Ketegangan sempat terjadi karena Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukorame menolak mengumpulkan para saksi TPS dan menolak melaksanakan penghitungan ulang. Namun, ketegangan ini akhirnya bisa mereda.

Tak hanya itu, puluhan kotak suara dari kecamatan Sukorame dan kecamatan Sarirejo dibuka secara paksa akibat hilangnya kunci kotak suara. Petugas membuka paksa kotak suara hingga mengalami kerusakan, hingga pelaksanaan penghitungan ulang molor dari jadwal semula.

Sebelumnya, calon bupati dan wakil bupati dengan nomor urut 4 mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atas keputusan komisi pemilihan umum Lamongan yang menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dengan nomor urut Tiga, Fadeli Hasan dan Amar Syaifudin (FaHam) sebagai pemenang dengan memperoleh 40,99 persen suara. Disusul pasangan dengan nomor urut 4 dengan perolehan 38 persen suara.
Selengkapnya...

KERANG BAKAR, DAGINGNYA KENYAL KAYA KANDUNGAN GIZI



Kerang laut ternyata bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi, daging yang terdapat didalam cangkang kerang memiliki kelenturan dan lembut sehingga sangat cocok bila dipanggang. Rasanya pun sangat lezat.

Diracik dengan bumbu rempah-rempah yang khas, membuat makanan ini memiliki citarasa yang tinggi dan dipercaya bermanfaat untuk menambah kebugaran tubuh, seperti salah satu menu masakan yang bisa anda nikmati di salah satu Cafe di Jalan Udayana Nomor 5 kota Jimbaran Kabupaten Badung, Bali.

Daging kerang hampir mirip dengan daging siput atau bekicot. Rasa dagingnya sangat kenyal dan bumbunya sangat meresap. Bila diolah dan diracik dengan bumbu yang pas, maka makanan ini akan menjadi makanan yang memiliki citarasa yang tinggi, terutama jika disantap saat masih hangat.

Proses pembuatannya ternyata cukup simpel. Pertama-tama kerang ini direbus setengah matang, lalu dibelah baru selanjutnya kerang ini dibakar. Ditambah dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, kunir, cabe, bawang merah, putih, saos dan lainya yang sudah dihaluskan.

Kerang dibakar di atas bara api bersamaan dengan pencampuran bumbunya. Setelah kering, daging langsung dituangkan bersama bumbunya, selama 10 menit. Daging kerang ini sudah matang dan daging ini sudah siap dihidangkan. Saat di sajikan, bumbu terlihat masih menempel di cangkang kerang dengan kondisi beberapa bagian bumbu, agak gosong. Namun inilah kelebihan dari masakan ini.

Daging kerang mengandung gizi yang tinggi, sehingga dipercaya mampu menambah stamina, serta bisa memperlancar pencernaan karena kelembutannya. Saat di santap. Rasanya hampir sama dengan daging kepiting. Waaw!

Nah! bagi anda yang penasaran dengan menu kuliner kerang bakar, anda cukup merogoh kocek sebesar 20 Ribu Rupiah saja, sudah bisa menikmati kelezatannya.
Selengkapnya...

TEH KAPULOGO, MINUMAN PENYEGAR COCOK UNTUK IBU HAMIL



Warung Josh milik Mamik Triono di Jalan Panglima Sudirman Kota Tulungagung, Jawa Timur, menyuguhkan menu penghangat badan bernama teh kapulogo, yaitu perpaduan antara daun teh dan biji kapulogo yang biasanya digunakan sebagai bumbu memasak. Biji kapulaga yang telah dikeringkan mengandung 2-4% minyak astiri yang wangi dan hangat.

Menu teh kapulogo ini sangat digemari konsumen karena bisa menghangatkan tubuh. Bahkan sejumlah konsumen mengaku teh unik ini bisa meningkatkan stamina karena dorongan rasa panas dari biji kapulogo. Untuk ibu hamil, the ini mampu mengurangi rasa mual saat hamil muda.

Untuk membuat teh kapulogo ini cukup mudah, bahan dari teh dan biji kapulogo disiapkan untuk dicampur. Namun sebelum dicampur teh kapulaga harus di tumbuki agar membelah sehingga rasa pedasnya bisa terasa, kemudian serbuk teh dan kapulogo diseduh menggunakan air panas. Uniknya sebagai pengaduk digunakan batang tumbuhan serai agar rasa mendapat tambahan wangi serai.

Menurut Mamik Triono, teh kapulogo dipilih karena secara pedasnya biji mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga baik digunakan di pagi hari maupun sore hari.

Untuk menikmati teh kapulogo, tidak terlalu mahal. Satu porsi berisi teh secangkir untuk empat orang hanya 15 Ribu Rupiah saja. Jadi jika datang ke tulungagung tidak ada salahnya untuk menikmati kehangatan teh kapulaga.
Selengkapnya...

KUE APEM LOPES, JAJANAN SEGAR DAN MENYEHATKAN



Berkunjung ke kota Situbondo tak lengkap kiranya tanpa menikmati makanan khas warga Madura bernama kue Apem Lopes bumbu gula merah jahe plus kayu manis. Selain rasanya nikmat, Kue apem lopes di percaya dapat menghilangkan capek setelah seharian bekerja lantaran kandungan gula merah jahe plus kayu manis, berfungsi untuk menghangatkan badan.

Nurhami (45 tahun,) pedagang kue apem dan lopes khas Madura asal desa Olean, Kecamatan kota Situbondo, telah menggeluti usaha ini sejak 15 tahun silam. Nurhami menjual kue apem dan lopesnya tak sama dengan pedagang lain yang langsung menyajikan apem lopes dengan parutan kelapa dan gula merah.

Namun kue apem dan lopes yang dijual Nurhami, di sajikan dengan memberi bumbu gula merah jahe cair plus kayu manis. Apalagi saat disajikan selagi kue masih hangat, rasanya sangat nuikmat. Inilah yang menjadi keistimewaan kue lopes dan apem Nurhami.

Tak hanya itu, Nurhami juga mematok harga cukup murah untuk satu porsi menu kue apem dan lopes hanya Dua Ribu Rupiah. Pas untuk kalangan ekomomi kelas bawah.

Untuk membuat kue lopes, cukup mudah. Seperti beras ketan, gula merah, kelapa yang diparut, di bungkus daun pisang. Biasanya, ditambah dengan sedikit kapur sirih dan garam untuk pelengkap rasa. Beras ketan bersama kapur sirih direndam terlebih dahulu beberapa saat lalu dicuci bersih. Bentuk daun pisang menjadi segitiga, kemudian masukkan pulut, diikat lalu direbus sampai masak. Setelah masak, beras ketan didinginkan dulu kemudian dikupas.

Usaha Nurhami terus langgeng, lantaran banyak dikunjungi pembeli karena khasiat kue apem dan lopes yang dijual ibu dua putra ini untuk kesehatan tubuh.

Menurut pengakuan para pembeli, selain rasanya enak juga dapat menghilangkan rasa lelah karena kandungan gula merah jahe plus kayu manis yang berfungsi membangkitkan kembali stamina.

Kue apem lopes produksi Nurhami berbahan baku beras ketan yang di kukus. Sementara untuk kue apem, selain bahan tepung beras dan fermipan, Nurhami juga memberi tape untuk kue apemnya.
Selengkapnya...

WISATA ALAM DANAU KEMBAR BUYAN DAN TAMBLINGAN



Di kawasan Bali utara, terdapat banyak kawasan wisata yang masih sangat alami. Misalnya saja,keindahan dua danau kembar yakni danau Buyan dan Tamblingan,yang keindahannya tiada dapat diperbandingkan dengan tempat lain.

Udara segar dan sejuk di kawasan puncak desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada Buleleng, Bali, sangat terasa begitu kita melintasinya. Maklum desa ini beradadi dataran tinggi. Dari desa Wanagiri inilah, kita juga bisa menikmati keindahan wisata alam dua danau kembar, yakni danau Buyan dan danau Tamblingan, yang di kelilingi oleh pegunungan.

Dua danau kembar tersebut berlokasi di kecamatan Sukasada, 21 km sebelah selatan kota singaraja. Terletak di pinggir jalan Depasar - Singaraja. Letaknya cukup tinggi yaitu kurang lebih 1000 meter dari permukaan laut. Sebenarnya kedua danau terletak diantara perbatasan beberapa desa yakni desa Wanagiri, desa Pancasari, desa Munduk serta desa Gobleg yang masing-masing memiliki perbatasan wilayah di kedua danau tersebut.

Dari puncak kawasan puncak desa Wanagiri, kita juga bisa menikmati hutan belantara yang lebat di sekitar danau. Kawasan hutan tersebut adalah salah satu wilayah konservasi alam di pulau Bali. Di tengah hutan terdapat banyak pura yang sudah berdiri sejak ratusan tahun silam.

Adanya kera-kera yang tidak jauh dari kedua danau ini, yaitu di jalan raya sebelah danau Buyan jurusan denpasar-singaraja, yang semakin hari semakin banyak jumlahnya, menambah daya tarik kawasan ini sebagai obyek wisata.

Di pinggir jalan, sejumlah warga desa Wanagiri menyediakan tempat bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam danau. Para pengunjung bisa dengan leluasa merekam semua keindahan danau Buyan dan Tamblingan. Tentunya warga desa berharap, bisa memetik keuntungan ekonomi dari para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Misalnya dengan membuka gerai kerajinan lokal dan warung makan.

Kunjungan wisatawan ke kawasan ini terbilang masih rendah, dibandingkan daerah kawasan wisata lainnya. Padahal, keindahan alam yang di tawarkan wisata danau kembar ini, cukup bagus.

Para wisatawan yang hendak menuju kawasan danau Buyan, juga di manja dengan hamparan lahan kebun strawberry milik warga desa pancasari. Bila ingin membeli buah strawberry pun bisa langsung memetik dengan tangan sendiri, sambil melihat kegigihan wanita desa pancasari dalam mengolah lahan strawberrinya untuk kehidupan ekonomi mereka.

Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat parkir untuk mobil tepi danau, penyewaan perahu untuk keperluan memancing ataupun sekesar berekreasi serta fasilitas akomodasi.
Selengkapnya...

BUAH KLENGKENG AROMA DURIAN, LEBIH NIKMAT DI SANTAP DI KEBUN



Anda tentu pernah mencicipi buah klengkeng, namun pernahkah anda merasakan klengkeng aroma durian? Klengkeng rasa durian inilah yang kini dikembangkan di sebuah kebun di Cirebon Jawa Barat. Selain rasa durian, ada juga klengkeng pingpong, klengkeng diamond dan rasa lainnya. Semuanya akan lebih segar, jika menikmatinya langsung di kebun klengkeng.

Kebun milik Roesdiyanto di Desa Kedungdeleg Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon, tengah mengembangkan beberapa jenis klengkeng. Namun, Klengkeng yang dikembangkan, bukanlah jenis klengkeng lokal seperti pada umumnya. Namun bibitnya diambil dari Thailand dengan varietas klengkeng untuk daerah rendah.

Di sini, varietas klengkeng yang dikembangkan adalah klengkeng aroma durian, pingpong, diamond atau crystal, serta diamond river. Empat jenis klengkeng, memiliki rasa yang sangat manis, berdaging tebal serta buahnya besar. Klengkeng pingpong lah yang paling besar buahnya hingga mencapai diameter 4,5 centi meter.

Karena jenis klengkeng untuk dataran rendah, maka tidaklah sulit untuk menanam klengkeng ini. Selain itu, tanaman ini tergolong sepi dari penyakit, berbeda dengan tanaman buah lainnya seperti mangga.

Sayangnya tanaman ini berbuah, masih tergantung pada musim. Bulan Mei hingga Agustus adalah musim klengkeng berbuah. Pemilik kebun sendiri, berangan-angan agar tanaman klengkeng bisa berbuah tanpa mengenal musim.

Di pasaran, klengkeng pingpong bisa dijual seharga 25 ribu perkilo. Sedangkan klengkeng diamond seharga 20 ribu. Nah kalau klengkeng aroma duren harganya lebih mahal dari klengkeng pingpong.

Hama untuk tanaman klengkeng jenis ini adalah kelelawar buah dan tikus. Kedua hewan ini menyerang saat tamanan mulai berbuah. Untuk serangan kelelawar buah, pemilik kebun biasanya memasang jarring di sekitar kebun. Tujuannya agar kelelawar bisa terjaring. Sedangkan untuk hama tikus, di setiap bagian bawah batang pohon, dipasang seng agar tikus tidak bisa naik ke pohon.

Selain menghasilkan buah, Roesdiyanto juga membudidaya bibit hasil cangkok pohon klengkeng yang sudah berbuah. Untuk satu bibit, paling murah dijual seharga 75 ribu. Dan yang paling mahal, bsa mencapai 200 ribu, tergantung varietas bibit klengkeng.

Agar terasa lebih nikmat, buah klengkeng ini sebaiknya di nikmati langsung di kebun, karena kesegarannya akan membuat aroma harum klengkeng lebih terasa pula.
Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...