Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

BONEK TURUN KE JALAN TOLAK PERSEBAYA DIJUAL



Ratusan Bonek mania turun ke jalan (30/09/2010) bukan untuk menonton pertandingan sepak bola, namun mereka berunjuk rasa ke kantor DPRD kota Surabaya dan dilanjutkan ke rumah Dinas Walikota Tri Rismaharini. Para Bonek meminta kepada DPRD Surabaya untuk membentuk komite penyelamatan Persebaya. Komite ini nantinya berfungsi membuat langkah strategis penyelamatan Persebaya, agar nasibnya tidak kian terpuruk di pentas sepak bola tanah air.

Menurut para Bonek, nasib Persebaya saat ini sangat memprihatinkan sehingga membut prestasi Persebaya menurun. Selain itu, mereka mempertanyakan permasalahan mengenai status saham kepemilikan Persebaya. Bonek meminta penjelasan dari DPRD Surabaya mengenai kepemilikan Persebaya.

Mereka tidak ingin Persebaya dijual kepada perseorangan. “Kita menolak dengan tegas jika Persebaya di miliki oleh perseorangan, karena akan memberi keuntungan pribadi saja”, ujar Hasyim, Korlap Aksi.

Para Bonek juga mengancam akan turun aksi lagi dengan jumlah yang lebih besar jika suara mereka tidak dengar pemkot maupun DPRD Surabaya.

Sekadar diketahui, ketua umum Persebaya telah mematangkan akuisisi Persebaya oleh PT Medco Energi International tbk yang dimiliki Arifin Panigoro. Rencananya, PT medco mendapat saham 70 persen, Saleh Ismail Mukadar 10 persen dan 20 persen sisanya dimiliki klub.(86)
Selengkapnya...

KORBAN KDRT MASIH ENGGAN MELAPOR



Kendala sosial budaya nampaknya masih mempengaruhi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) untuk melaporkan kasus yang dialaminya. Selain itu, pemahaman yang kurang juga menjadi faktor lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Lamongan Mahdumah Fadeli saat membuka pelatihan SDM pelayanan dan pendamping pusat pelayanan terpadu (PPT) KDRT tahun 2010, Kamis (30/9) di Pendopo Lokatantra Lamongan.

Kejadian KDRT yang ada di Lamongan biasanya masih di rahasiakan oleh korbannya, mungkin mereka malu untuk mengungkapkan. Selain itu sebenarnya KDRT tidak harus berupa kontak secara fisik. Kekerasan secara batin juga termasuk KDRT, seperti melecehkan, memaki, atau bersikap tidak hormat lainnya. “Jadi bapak-ibu sebagai pendamping tidak boleh menutup mata dan telinga,” demikian ujarnya.

Kepada pendamping KDRT, dia berharap agar personilnya mempunyai ketrampilan, keahlian, dan pengetahuan yang di butuhkan korban. “Pendamping harus peka dengan segera menangani dan melaporkan jika menemui kasus KDRT. Selanjutnya seorang pendamping juga harus bisa menunjukkan kemampuan sebagai pendamping, memberikan rasa nyaman, tentram, dan bersikap ramah, “ tutur dia.

Perhatian pada korban KDRT di Lamongan diwujudkan dengan terbitnya Keputusan Bupati Lamongan tentang pembentukan Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak. Juga penerbitan Keputusan Bupati Lamongan tentang pembentukan Tim Pengelola PPT korban KDRT dan anak di Kabupaten Lamongan.

Selain Ketua TPPKK Mahdumah Fadeli, juga hadir di acara itu Ketua gabunagn organisasi wanita (GOW) Lamongan Nurul Hidayati Amar Saifudin. Pelatihan itu sendir diikuti sejumlah 50 orang peserta yang terdiri dari TPPKK Kecamatan, Dinas, Instansi, serta organisasi-organisasi wanita di Kabupaten Lamongan. (arf, Humas Pemkab Lamongan)
Selengkapnya...

PEMKAB GRESIK LUNCURKAN 9000 KARTU PNS ELEKTRONIK



Pada minggu-minggu ini, Pemkab Gresik luncurkan Kartu PNS Eleketronik (KPE) pada seluruh PNS se kabupaten Gresik. Peluncuran ini dilaksanakan bertahap pada seluruh satuan kerja perangkat Daerah (SKPD) sekabupaten Gresik.

Pada tahap awal, Pemkab akan membagikan 9.000 KPE dari total PNS sebanyak 11.000 orang se Kabupaten Gresik. Kekurangan KPE karena ada beberapa PNS yang belum diambil foto dan sidik jari serta beberapa PNS yang lain pada saat pengambilan foto, mereka masih berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Menurut Kabag Humas Pemkab Gresik, Andy Hendro Wijaya, Pembagian 9000 KPE ini memang tidak memang tidak bisa serentak seminggu, tapi dalam beberapa hari ini, Insyaallah KPE ini sudah sampai ketangan para PNS ujar mantan Camat Manyar pada Kamis, (30/9) dikantornya.

Menurut Andy, KPE merupakan bagian dari pembenahan manejemen, penataan ulang PNS serta tuntutan di era globalisasi. Saat ini terjadi perubahan nomor induk pegawai (NIP) dari hanya 9 angka menjadi 18 angka angka. Atas perubahan tersebut terjadi konversi ke NIP yang baru.

Diluncurkannya KPE ini sebagai pengganti dari beberapa kartu yang dimiliki PNS yaitu kartu pegawai (Karpeg) yang sudah lama ada sejak yg bersangkutan diangkat jadi PNS, Kartu kartu kuning askes, kartu pension (taspen), kartu layanan taperum (Bapertarum PNS), dan kartu lainya yang berkenaan dengan layanan PNS.

Kartu ini dirancang khusus yang format dan bentuknya sangat berbeda dengan beberapa kartu terdahulu. Didalamnya ada semacam chips yang nantinya bisa bermanfaat sebagai kartu anjungan tunai mandiri (ATM), kartu belanja dan banyak manfaat lagi.”pokoknya KPE ini mirip dan dapat disamakan dengan dompet elektronik” ujar Mantan Camat Manyar ini lugas. (sdm/Humas Pemkab Gresik)
Selengkapnya...

BERKREASI DENGAN SOUVENIR DARI LIMBAH KAYU DAN KULIT KERANG



Limbah kayu dan kulit kerang, bagi kebanyakan orang adalah limbah yang tidak banyak gunanya. Namun, bagi Saniti, warga Desa Kembangsambi Kecamatan Bungatan Situbondo, limbah kulit kerang dan kayu bias di sulap menjadi aneka souvenir yang cantik dan bisa menjadi pendulang Rupiah.

Menurut saniti, sehari dirinya bisa membuat kerajinan penyu hingga 15 biji. Sedangkan permintaan setiap hari berkisar hingga 30 biji bahkan 50 biji.

Banyaknya permintaan terutama di hari libur, membuat Saniti kualahan hingga harus bekerja lembur. Souvenir ini banyakdi buru karena harga jualnya cukup murah, yakni antara 5 Ribu Rupiah hingga 15 Ribu Rupiah perbiji.

Selain di jual langsung kepada pembeli yang kebetulan mampir di outletnya, Saniti juga menjual hasil karyanya itu di tempat tempat wisata di Situbondo. “Yang paling banyak laku, biasanya di tempat-tempat wisata”, ujar Saniti.

Souvenir buatan Saniti cukup beragam, mulai souvenir berbentuk penyu, gantungan kunci, kotak tissue, tirai hingga tenpat buah. Namun, yang paling banyak di buru warga adalah souvenir penyu.

Untuk membuat kerajinan penyu misalnya, sangatlah mudah. Pertama menyediakan kayu randu yang banyak berserakan di pinggir jalan untuk dijadikan pola yakni tubuh penyu. Usai di bentuk pola. Selanjutnya menempelkan kerang dengan lem perekat pada kayu yang sudah terbentuk itu. Agar lebih manis. Beberapa bagian tubuh penyu diberi cat. Souvenir penyu pun siap di jual.

Agar tidak stagnan, Saniti terus berupaya menambah berbagai desain agar pasar terus berkembang. Desain souvenir terbaru, di dapatnya dari hasil berpikir dan merenung sendiri.(86)
Selengkapnya...

WISATA AGROBISNIS KE DESA SENTRA JAMBU BIJI MERAH



Anda tentu mengenal jambu biji merah. Ya jambu yang dulu jarang dilirik, kini banyak dicari untuk bahan utama juss maupun untuk obat demam berdarah. Nah, di Desa Kalipakis Kecamatan Sukorejo, Kendal Jawa Tengah, kini menjadi sentra budidaya jambu biji merah. Hasil produksi petani banyak dipesan hingga ke berbagai kota di Indonesia.

Jambu biji merah yang ranum, wangi dan manis, bagi warga Desa Kalipakis, telah mampu merubah nasib mereka menjadi lebih baik. Sejak lima tahun yang lalu, mereka banting stir dari menanam padi dan palawija, menjadi petani jambu, seiring mulai trendnya jambu biji untuk dibuat jus jambu sebagai obat demam berdarah.

Selain untuk budidaya, lahan pertanian jambu biji merah juga sering dikunjungi wisatawan yang mampir di desa yang berada di lereng Gunung Perahu tersebut.

Adalah Bapak Syahrir, salah satu petani yang menjadi pionir budidaya jambu di desa Kali Pakis. Awalnya ia hanya menanam seratus bibit pohon jambu di lahan seluas Empat Ribu Meter Persegi. Seiring perjalanan waktu, produksi jambu bakan tak mampu memenuhi permintaan, sehingga ia pun memperluas lahan jambunya. Untuk memperbanyak bibit, Pak Syahrir mencangkok cabang menjadi pohon baru.

Sebenarnya tidaklah sulit membudidayakan jambu biji merah ini. Asalkan tahu bagaimana memperlakukan tanaman, bunga, buah, hingga bagaimana cara membasmi hama. Sejak bunga menjadi bakal buah, harus ditutup dengan plastik. Hal ini untuk menghindari telur lalat yang bisa menjadi ulat dan menggerogoti daging buah jambu. Untuk ulat maupun kutu daun tinggal dibasmi dengan obat semprot yang bisa dibeli di toko pertanian. “Modalnya hanyalah ketekunan dan keuletan dalam merawat”, ujar Pak Syahrir.

Buah yang siap panen akan berwarna hijau agak kekuningan hingga buah berwarna kuning semburat merah. Memanen buah juga harus hati-hati agar buahnya tidak tergores yang bisa merusak penampilan buah. Wisatawan bisa memetik sendiri buah jambu dan langsung memakannya. Atau ikut panen dan mengumpulkannya ke pengepul yang siap menanti di tepi kebun.

Jambu hasil panen akan dibawa ke tempat penyortiran. Di sini buah diseleksi antara buah yang kecil dan besar, sesuai dengan kelasnya.

Banyak atau sedikitnya hasil panen bergantung pada pemeliharaan dan masa musim panen. Saat puncak musim panen, petani bisa memanen hingga satu ton lebih per hari. Sedang pada saat di luar musim, hasil panen hanya berkisar satu kwintal saja. Jambu yang telah disortir lalu dikumpulkan dan dikemas dalam keranjang besar, untuk dikirim ke pemesan.

Jambu biji merah Kalipakis, sudah dikenal di berbagai kota di Indonesia. Jambu dikirim antara lain ke kota Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Purwokerto, hingga ke Bandung Dan Jakarta. Menarik kan?.(86)
Selengkapnya...

3 SITUS PENGOLAH GAMBAR ONLINE



Untuk keperluan olah gambar, tidak harus menggunakan piranti lunak Photoshop, karena saat ini beberapa situs menawarkan olah gambar secara online. Jadi, anda tak perlu lagi install software editing gambar. Cukup dengan koneksi internet, anda sudah bisa melakukannya.

Berikut adalah 3 situs web yang bisa digunakan sebagai pengolah gambar seperti photoshop.

Pixlr
Sudah meraih popularitas sejak 2008, Pixlr hingga kini masih jadi situs olah gambar yang paling handal di internet. Hal yang paling penting adalah tampilannya yang mirip Photoshop. Pixlr seakan-akan software Photoshop versi lawas yang bisa diakses lewat browser. Fitur yang paling menarik dari aplikasi web ini adalah adanya dukungan pada Layer.


Phixr
Kemampuannya mungkin tak seperti Pixlr, namun Phixr bisa jadi alternatif yang cukup enak untuk pengolahan gambar sederhana di web. Phixr bersifat santai dan sederhana dibandingkan Pixlr yang lebih terkesan serius.

Satu hal yang menarik, pengguna bisa menyedot gambar dari akun Facebook-nya untuk diolah di Phixr. Selain itu ada juga pilihan akses ke layanan penyimpanan gambar lain, mulai dari Flick hingga PhotoBucket.

DrPic
Kesederhanaan DrPic mungkin bisa jadi faktor yang cukup unggul bagi layanan ini karena lebih cepat diakses. Fitur yang menarik adalah efek seperti Raised Frame atau Polaroid yang bisa secara otomatis mengolah sebuah gambar menjadi bentuk yang lebih manis untuk dipajang di web.

Kinerja setiap aplikasi web itu akan berbeda-beda tergantung pada speed komputer yang digunakan serta kualitas koneksi internet. Sebab, saat di operasikan akan sering terjadi transfer data antara server aplikasi web dan komputer pengguna.
Selengkapnya...

BOTOK KERANG HIJAU YANG KAYA GIZI



Bulan September hingga Oktober 2010 ini merupakan masa panen bagi pembudidaya kerang hijau di sepanjang pantai di Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik Jawa Timur. Salah satunya adalah warga desa ngembo yang telah membudidaya kerang hijau sejak 7 bulan lalu.

Sebenarnya, membudidaya kerang hijau tidaklah sulit. Para nelayan cukup memasang bambu tua dengan ukuran tinggi rata-rata 15 meter di lepas pantai. Para nelayan selanjutnya hanya tinggal menunggu masa panen, karena bambu-bambu yang di tancapkan, secara otomatis akan menjadi sarang bagi perkembangbiakkan kerang hijau.

Rata-rata, satu orang nelayan memiliki 3 bagan yang masing-masing berisi 150 bambu. Dengan banyaknya bambu di masing-masing bagan ini, para nelayan mampu memanen rata-rata 1 kwintal kerang hijau setiap harinya. “Lumayan, bisa panen 1 kwintal setiap harinya”, ujar Abdul salah seroang nelayan.


Kerang-kerang ini, selanjutnya di lepas dari cangkangnya untuk selanjutnya di jual secara tradisional dengan harga berkisar 11 hingga 13 Ribu Rupiah perkilogramnya dalam kondisi daging kerang sudah di lepas dari cangkangnya.

Sebagian warga memasak daging kerang hijau dengan berbagai jenis masakan, seperti sate, oseng-oseng, hingga botok.

Botok kerang hijau adalah masakan paling favorit di kalangan warga karena memiliki rasa khas akibat perpaduan berbagai rempah-rempah, seperti cabe merah, bawang putih, merica. Bahan-bahan ini selanjutnya di tambahkan parutan kelapa. Setelah di aduk rata, barulah daging kerang hijau di campurkan, untuk kemudian di bungkus dengan daun pisang. Proses memasak botok kerang ini membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam, dan botok kerang hijau pun siap di hidangkan.


Kerang hijau ini merupakan salah satu jenis kerang yang banyak digemari untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan gizi daging kerang hijau sebanding dengan daging sapi, telur ataupun daging ayam. Dalam habitat yang normal, kandungan kerang hijau terdiri dari air, protein, lemak serta karbohidrat. Karena itulah, kerang hijau bermanfaat untuk meningkatkan kerja organ hati manusia, mengobati rematik termasuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1 bungkus botok kerang hijau, di jual seharga 1.500 Rupiah. Harga ini tidak sebanding dengan rasanya yang nikmat serta kandungan gizinya yang tinggi.

Nah! Mumpung masih dalam masa panen, tak ada salahnya berkunjung ke Desa Ngembo, Kecamatan Ujung Pangkah, untuk menikmati sensasi kelezatan botok kerang hijau.(86)
Selengkapnya...

CARA TRADISIONAL ATASI SENGATAN BINATANG BERBISA



Semua orang pasti tidak ingin di dengat binatang berbisa seperti ular dan kalajengking. Namun, jika masih di sengat juga, ada tips tradisional yang biasa di gunakan orang madura di pedalaman untuk mengatasinya. Berikut langkah-langkahnya :

1. Ambil air endapan kapur. (Biasanya di gunakan untuk mencat rumah dan pagar)
2. Tambahkan buah asam yang sudah masak
3. Tambahkan pula sedikit garam
4. Aduk hingga rata
5. Rendam bagian tubuh yang tersengat binatang ke dalam air campuran tadi, hingga racun binatang berbisa tersebut, keluar. Biasanya

Jika berhasil, buang air campuran tersebut dan lakukan kembali langkah serupa untuk memastikan racun binatang berbisa tersebut benar-benar hilang.
Selengkapnya...

STEAK TAHU, JAJANAN EROPA HARGA LOKAL



Berburu kuliner steak dari daging memang tidak aneh, namun mencicipi steak dari tahu nampaknya hanya ada di kota Bandung. Kuliner yang satu ini, selain menyuguhkan citra rasa tinggi, juga sangat aman bagi mereka yang sedang diet dan menjauhi kolesterol. Kolaborasi menu Eropa dengan tanah Pasundan tersebut, memang terbilang kreatif.

Café sederhana di kasawan Jalan Bojong Soang Kabupaten Bandung, setiap harinya selalu di penuhi para pemburu kuliner. Selain terdapat sejumlah makanan Eropa, kuliner yang unik kreatif dan khas Sunda juga ada. Salah satu nya steak tahu.

Jajanan perpaduan steak eropa dengan makanan pokok orang Sunda tersebut, jadi luar biasa. Steak tahu ala Riki sekeluarga ini, memberikan khazanah dunia kuliner luar biasa. Selain memiliki citra rasa tinggi, steak tahu dengan bahan dasar tahu memang terbilang langka.

Perpaduan rasa kawasan Eropa dengan tanah pasundan ini, juga sangat aman dari koleterol dan bagi program dien, pasal nya tahu sangat anti kolestrol.

Dalam steak tahu, bahan dasar tahu sebagai pengganti daging yang biasa terdapat di steak ala Eropa. Bahan dasar tahu tentu membuat rasa aman pagi pembeli.

Secara umum, bahan-bahan steak tahu hampir sama dengan steak asli, selain tahu kuning, sosis dan rempah-rempah juga memperhias dan menentukan rasa.

Proses pembuatan steak tahu, cukup mudah. Pertama tahu kuning di potoh empat. Agar reyah, tahu yang sudah di tumbuk lembut di tumpangkan dari bagian tengah. Sosis pun di letakkan di bagian atasnya.

Setelah berbentuk, steak tahu kemudian di goreng hingga beberapa menit, setelah mengering steak tahu kemudian di siram bumbu steak. Agar penampilannya seperti steak kemudian di lengkapi sayuran, kentang dan wortel.

Jadilah begini jadinya steak tahu, penampilan dan aromanya pun mirif steak ala Eropa. Sejumlah pengunjung mengaku rasa nya nikmat dan berbeda dengan lainnya. Selain unik juga rasa steaknya tidak hilang.

Ide pembuatan dari steak tahu tersebut, bermula dari mencari kuliner yang aman dari kolesterol dan membantu program diet. “Sekalian mencarikan solusi bagi yang suka diet, juga mendapat berkah ekonomoi”, ujar Riki.(86)
Selengkapnya...

LIBUR LEBARAN, WARGA BANJIRI WISATA PANTAI PASIR PUTIH



Akhir musim liburan, dimanfaatkan warga untuk mengunjungi Obyek Wisata Alam Segoro Indah (Wisid) di Gresik, Jawa Timur. Selain menawarkan pemandangannya yang indah dan alami, lokasi wisata pantai utara gresik ini, juga menawarkan derasnya gelombang, sambil bermain pasir laut.

Sekitar 4 ribu warga, sejak pagi hingga sore hari, terus berdatangan di lokasi wisata pantai alam, segoro indah, di Desa Dalegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Debur gelombang dan pemandangan laut yang indah, menjadi daya pikat tersendiri bagi para pengunjung, untuk menghabiskan waktu liburnya, bersama keluarga, kerabat, dan rekan kerja.

Selain bermain dengan gelombang, di lokasi wisata pantai ini, sebagian pengunjung bermain pasir pantai bersama anak-anak mereka, sebagai media memperkenalkan anak pada laut. Apalagi, sebagian besar pengunjung adalah mereka yang rumahnya jauh dari pantai.

Menurut para pengunjung, kerasnya gelombang, cukup mengasytikan, dan justru menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Karena itu, keluarganya memilih menghabiskan waktu libur untuk berkunjung ke lokasi wisata pantai ini. “Saya sering ke sini, karena suasana sangat nyaman”, ujar Istiqomah, salah seorang pengunjung.

Pengunjung yang datang ke lokasi wisata pantai ini, tidak perlu repot membawa pelampung untuk bermain di laut, karena penduduk setempat menyewakan ban bekas seharga 5 Ribu Rupiah, untuk para pengunjung.

Obyek Wisata Pantai Segoro Indah, sejauh ini masih dikelola pemerintah desa setempat secara tradisional, dan masih terbilang perawan, karena belum tersentuh tangan investor, untuk dipoles menjadi obyek wisata pantai modern.

Meski demkian, pihak pengelola berencana menambah sejumlah fasilitas permainan anak untuk menambah daya tarik pengunjung. “Kita berencana menambah sejumlah permainan anak yang mungkin segera terealisasi dalam waktu dekat”, ungkap Mujarrodi, Lurah desa Dalegan.

Meski menawarkan berbagai macam suasana keindahan pantai yang alami, tiket masuk ke lokasi ini cukup murah, yakni hanya 5000 Rupiah saja.(86)
Selengkapnya...

MENGENANG TRADISI PESTA KETUPAT WARISAN SUNAN DRAJAT



Ratusan warga di pesisir pantai utara Lamongan Jawa Timur, merayakan hari raya ketupat dengan menggelar napak tilas pesta makan ketupat oleh Sunan Drajat saat menyambut tamu (15/09.) Agar suasana semakin meriah, warga mengenakan pakaian adat jawa tradisional.

Arak-arakan tersebut di ikuti ratusan warga yang ada di sekitar kawasan wisata Tanjung Kodok Kecamatan Paciran Lamongan, yang terdiri dari ibu dan bapak-bapak. Dengan menggunakan pakaian adat, warga kemudian berjalan sambil membawa ketupat menuju kawasan wisata Tanjung Kodok, tempat Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur menyambut tamu utusan janda Mantingan (Nyai Kalinyamat), asal Rembang Jawa Tengah yang akan menyumbang kayu untuk pembangunan masjid agung milik Sunan Sendang Duwur.

Arak-arakan juga di lengkapi dengan iringan musik jedor, rebana serta jaran jenggo yang di mainkan oleh kaum lelaki sambil melantunkan shalawat nabi.

Saat arak-arakan tiba tajung kodok, secara bersamaan, rombongan dari rembang juga tiba dengan mengendarai perahu, sambil membawa 99 kayu untuk di sumbangkan ke pembangunan masjid agung Sunan Sendang Duwur. Para tamu juga membawa serta sekelompok perompak yang akhirnya masuk islam dan menjadi santri Sunan Drajat.

Selanjutnya Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur menyambut tamunya dengan hidangan ketupat dan lepet. 2 jenis makanan yang di lilit daun kelapa ini melambangkan larangan terhadap sejumlah perbuatan dosa yang di larang agama, serta anjuran mempererat persaudaraan antar umat islam.

Menurut warga, tradisi arak-arakan ketupat ini, sudah berlangsung ratusan tahun, sejak masuknya islam ke wilayah Lamongan sekitar abad ke 15 yang di bawa Sunan Drajat. Sebelumnya, warga berziarah ke makam Sunan darajat dan Sunan Sendang Duwur sebelum melakukan napak tilas ini. “Setelah semua tempat bersejarah di kunjungi, kami lalu pesta ketupat di tanjung kodok ini”, ujar Iksan Hidayat, tokoh masyarakat setempat.

Warga setempat, meng-istilahkan lebaran ketupat ini dengan kupatan yang berarti mengaku lepat, atau mengakui kesalahan. Di harapkan, dengan tradisi ini, warga bisa menghayati makna kebersamaan yang tercermin dalam kekompakan selama meng-arak ketupat.

Seperti kaum mislimin lainnya, masyarakat muslim di Lamongan, merayakan lebaran ketupat, setelah melaksanakan puasa sunnah 6 hari lamanya pasca Idul Fitri. Meski hanya merupakan tradisi lokal, namun warga mengikuti prosesi arak-arakan ini dengan penuh khidmat.(86)
Selengkapnya...

GRATIS DOWNLOAD EBOOK TERLARIS TENTANG HACKING



Jika ada waktu senggang, sebaiknya membaca buku-buku terlaris tentang hacking/cracking dalam bentuk ebook. Buku-buku tersebut, laris manis di pasaran karena mampu mengupas seluk-beluk tentang dunia hacker dan aktifitas penetrasi yang cukup membuat pusing perusahaan-perusahaan security.

Berikut ini adalah kumpulan ebook hacking yang bisa anda download secara gratis:

1. Hacking Exposed-5
Ebbok ini berisi tutorial dalam menjalankan sejumlah software hacking terkemuka seperti L0phtCrack. Bahkan termasuk pula cara menembus system pengamanan Windows server terbaru, DDoS Attack dan lain-lain. Download di sini.

2. Hack Attacks Testing
Berisi informasi mengenai kelemahan dalam system jaringan baik LAN maupun WAN. Ebook ini sebenarnya sangat cocok untuk para administrator jaringan yang ingin menambal celah-celah yang mungkin di susupi orang tak bertanggung jawab. Download di sini.

3. Secrets Of A Super Hacker
Buku ini berisi langkah-langkah dalam melakukan penetrasi terhadap sebuah system keamanan computer melalui berbagai macam teknik hacking seperti Guessing Passwords, Stealing Passwords, Password Lists, Social Engineering, Reverse Social Engineering, Crashing Electronic Bulletin Boards, Dummy Screens, Fake E-mail, Trojan Horses, Viruses, Worms, Trap Doors dan lain sebagainya. Download di sini.

4. Hacker's HandBook
Berisi tutorial dalam melakukan eksploitasi terhadap jaringa berbasis web seperti menemukan akun-akun lemah termasuk mendapatkan akses sebagai administrator dalam pengelolaan web. Download di sini.(86)
Selengkapnya...

PASCA LEBARAN HARGA SEMBAKO BELUM TURUN



Pasca Lebaran masyarakat Gresik belum bisa bernapas lega. Pasalnya harga beberapa komoditi sembako sampai H+5 dibeberapa tempat masih berkutat pada harga seperti sebelum lebaran. Sesuai pantauan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gresik, Selasa (14/9) Harga beberapa jenis beras masih tetap dan belum ada penurunan seperti pada sebelum lebaran seminggu yang lalu. Beras bengawan masih dipatok Rp. 7300/kg. Beras Mentik tetap Rp. 6.700/kg, beras IR64 Rp. 6.200/kg dan beras eks dolog tetap Rp. 5.800/kg.

Dari pantauan pasar yang dilakukan pihak Bidang Perdagangan beberapa komoditi sembako justeru mengalami kenaikan. Minyak goreng curah misalnya, harga pada seminggu yang lalu sebelum lebaran masih Rp. 8.700/kg, pada pantauan minggu ini harganya sudah naik menjadi Rp. 10.000/kg.

Untuk jenis semua komoditi daging juga mengalami kenaikan mulai dari daging sapi yang pada minggu lalu hanya Rp 54.000/kg, pada pantauan kemarin naik menjadi Rp 55.700,-/ kg, daging ayam broiler dari Rp. 23.700/kg menjadi Rp. 24.000/kg dan daging ayam kampung dari Rp. 33.000/kg menjadi Rp. 36.700 kg.

Selain daging telur ayam broilerpun ikut terdongkrak naik dari Rp 12.000 /kg m,enjadi Rp 13.500,- /kg. Hanya sayur mayur yang seminggu belakangan ini terpantau mengalami penurunan harga. Cabe merah keriting dari harga Rp. 16.000/kg turun menjadi Rp. 13.300/kg. Cabe merah biasa dari harga Rp.13.000/kg turun menjadi Rp 12.300/kg. Tomat dari harga semula Rp. 5.700/kg menjadi Rp. 5.300/kg dan wortel dari harga Rp 7.000,- /kg turun menjadi Rp. 6.700,-/kg.

Menanggapi hal itu, kepala Bidang Perdagangan melalui kabag humas Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya mengatakan, harga ini hanya temporal sampai situasi perdagangan normal kembali. Saat ini memang ada kendala antara pemasok dan produsen yuang masih melaksanakan lebaran. Kami yakin beberapa hari kedepan harga-harga akan kembali normal. (sdm, Humas Pemkab Gresik)
Selengkapnya...

KUPAT KETHEG, KETUPAT TRADISIONAL KHAS KAMPUNG GIRI



Masyarakat muslim memiliki tradisi berlebaran ketupat dengan menikmati berbagai jenis masakan ketupat pada hari ketujuh setelah idul fitri. Di kabupaten Gresik Jawa Timur, warga setempat memiliki makanan ketupat tradisional yang di masak menggunakan air sumur minyak peninggalan Belanda yang di kenal dengan nama Kupat Ketheg.

Dari lokasi sumur minyak tua peninggalan Belanda yang mengeluarkan lantung, warga sekitar kompleks makam Sunan Giri, yakni Kelurahan Ngargosari dan Sekarkurung Kecamatan Kebomas, berusaha mendapatkan ketheg, untuk bahan memasak ketupat. Di dua desa ini, masih terdapat belasan sisa sumur minyak peninggalan Belanda yang sudah tidak berproduksi.

Keteg adalah endapan minyak mentah yang keluar dari sumur minyak tua yang berwarna kehijau-hijauan. Air ketheg atau air lantung inilah yang kemudian menjadi air utama untuk memasak ketupat sehingga berasa gurih dan asin.

Sepintas, ketupat ketek tak jauh beda dengan ketupat pada umumnya yang terdiri dari rangkaian daun janur berisi beras. Ketupat ketheg dibuat menggunakan daun pohon kebang, sejenis daun lontar yang banyak tumbuh di daerah perbukitan di Kabupaten Lamongan. Di samping itu, isi ketupat ketheg adalah ketan putih murni. Karena memasaknya menggunakan air ketheg, rasa ketupat ini sangat khas, yaitu gurih sedangkan warnanya agak kuning ke emasan.

Air lantung atau air ketheg yang baru di ambil, tidak bisa langsung digunakan untuk memasak karena kondisinya masih keruh, tetapi harus diendapkan selama tujuh hari, agar airnya jernih dan terlihat bersih saat akan di gunakan untuk memasak.

Sudah bertahun-tahun lamanya, warga menggunakan air ketheg ini untuk memasak ketupat terutama di hari raya ketupat seperti sekarang ini. Bahkan, sebagian warga, ada yang menggantungkan hidupnya pada penjualan ketupat ketheg. Salah satunya adalah keluarga Nur Istiqomah (40 Tahun) yang telah menekuni usahanya secara turun temurun.

Di hari-hari biasa, keluarga Nur Istiqomah hanya menghabiskan 10 kilo gram ketan saja setiap harinya untuk pembuatan ketupat keteg. Namun, banyaknya pesanan di hari lebaran ketupat ini, Nur Istiqomah mampu menghabiskan 200 kilo gram ketan. Untuk 1 Kilo Gram ketan putih bisa di buat ketupat ketheg sebanyak 10 ketupat. 1 ketupat di jual seharga 1.500 Rupiah. “Untuk lebaran ketupat ini, permintaan naik hingga 10 kali lipat”, ujar Istiqomah.

Kupat ketheg, begitulah warga menyebutnya, memang dibuat oleh warga hanya untuk merayakan lebaran ketupat, atau sepekan, usai mereka merayakan idhul fitri, untuk menjamu tamu-tamu lebaran yang bersilaturrahmi ke rumah mereka.

Karena banyaknya peminat, ketupat ketheg, kini tidak hanya dibuat saat perayaan lebaran. Tetapi juga pada hari-hari biasa, yang biasa di jumpai di kompleks makam sunan Giri di kota Gresik.

Dengan memasak menggunakan air ketheg, ketupat ini mampu bertahan hingga lebih dari 15 hari lamanya. Dengan begitu, ketupat ketheg, tak hanya cocok untuk makanan lebaran ketupat saja, tapi, bisa juga untuk oleh-oleh mudik dari kota Gresik.(86)
Selengkapnya...

“RITUAL SEBLANG” UPACARA ADAT ALA WARGA BANYUWANGI



Enam hari pasca lebaran Idul Fitri, warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, menggelar acara ritual unik yaitu Seblang. Acara ritual sarat dengan nuansa mistis tersebut merupakan perlambang ungkapan rasa syukur kepada Tuhan karena telah diberikan rejeki dan keselamatan bagi warga desa. Pegelaran yang digelar selama tujuh hari di bulan syawal ini, dimulai tiap tengah hari dan berakhir saat menjelang Maghrib.

Upacara adat Seblang, diawali dengan ider bumi. Yakni penari Seblang, pawang Seblang dan warga yang memiliki pertalian keturunan dengan penari Seblang, berkeliling di sekitar desa, untuk mengusir roh jahat dari desanya. Sebelumnya, prosesi ini diawali dengan doa dan mantra yang dibacakan oleh pawang Seblang dengan membakar kemenyan untuk mendatangkan roh Seblang.

Tidak sembarang orang bisa menjadi seorang penari Seblang. Penari Seblang hanya bisa dipilih dari keturunan Seblang dan mempunyai pertalian darah dengan leluhur Seblang pertama kali, yaitu Mbah Tiyon. Selain itu, penari Seblang juga harus seorang gadis yang masih perawan.

Sesampainya di lokasi ritual, prosesi Seblang pun dimulai. Pawang Seblang membacakan berbagai mantra mantra untuk mendatangkan roh Seblang, di atas topi Seblang, yaitu sebuah topi yang telah di ukir dedaunan.

Sesaat setelah mantra selesai dan topi Seblang di kenakan ke penari. Dalam sekejab, gadis yang masih berusia 14 tahun langsung tidak sadarkan diri dan langsung menari mengikuti alunan musik yang di mainkan oleh para warga dengan mata tertutup bersama penari laki laki sambil berkeliling di lokasi ritual.

Ritual yang selalu diselenggarakan setiap tahun oleh warga desa Olehsari ini, menyedot ribuan warga untuk menyaksikan. Bahkan momen tahunan tersebut juga menyedot wisata asing. Tidak sedikit warga berdesak desakan untuk mendekat untuk dapat melihat sang penari Seblang menari.

Setelah penari Seblang melakukan tariannya mengelilingi tempat ritual, tarian selanjutnya dilanjutkan dengan menari di atas meja sambil menggenggam selendang yang akan dilempar ke penonton. Bagi penonton yang terkena lemparan selendang wajib naik di atas meja, menari bersama penari Seblang.

Puncak ritual Seblang sendiri di akhiri dengan dibagikan kembang dermo atau bunga sesaji. Kembang dermo ini selalu saja menjadi rebutan para penonton, karena diyakini, kembang ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan dari berbagai penyakit, untuk keselamatan dan mempermudah mendapatkan jodoh, yaitu dengan cara menaruh di bantal tempat tidurnya. Namun untuk mendapatkan kembang dermo ini, para penonton diwajibkan memberi uang tebusan yang besarnya sebesar Seribu Rupiah.

Seblang yang dalam bahasa Oseng berarti tarian. Ritual Seblang merupakan ritual tahunan yang hanya boleh digelar dibulan syawal. Masyarakat desa meyakini, akan mendapatkan mara bahaya ke seluruh warga desa jika ritual ini tidak di laksanakan.(86)
Selengkapnya...

MANGGA GEDUNG GINCU OLEH-OLEH ASAL MAJALENGKA



Lebaran ternyata membawa berkah bagi juragan mangga gedung gincu, di Majalengka Jawa Barat. Pasalnya warga dari Majalengka yang akan kembali ke tempatnya bekerja, memborong mangga gedung gincu, sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada kerabat dan tetangganya. Meningkatnya penjualan ini, membawa berkah hingga beromset puluhan juta rupiah, bagi pemilik mangga gedung gincu.

Mangga gedung gincu adalah mangga khas Majalengka dan ternyata cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk dibagikan sebagai oleh-oleh kepada kerabat dan tetangganya di tempat perantauan pasca mudik lebaran.

Dengan harga yang relatif murah yakni sekitar Rp 25 ribu per kilogramnya, mangga gedung gincu yang memiliki khas warna dan rasa yang berbed, dari jenis mangga lainnya, sangat di sukai oleh masyarakat luas.

Seperti yang dilakukan oleh Endang Maulana, warga Majalengka yang bekerja di daerah Serang-Banten. Ia memborong mangga gedung gincu sebanyak 25 kilogram sengaja di bawa dari Majalengka, hanya untuk di bagikan kepada kerabat dan tetangganya. “Teman dan tetangga saya sangat menyukainya, jadi saya borong cukup banyak”, ujarnya.

Menurut para penjual mangga gedung gincu, adanya permintaan dari warga yang akan kembali ke tempatnya bekerja dengan membawa mangga gedung gincu, meningkatkan penghasilan mereka hingga 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Setiap musim lebara, peningkatan permintaan mangga gedung gincu, mencapai 3 kali lipat dari hari-hari biasa. Yakni dari semula 7 ton kini menjadi 21 ton, dengan omzet mencapai Puluhan Juta Rupiah.(86)
Selengkapnya...

PASAR "MAREMA" MURAH UNTUK KEPERLUAN LEBARAN



Jelang hari raya Idul Fitri, aneka keperluan lebaran semakin banyak diburu masyarakat. Di Sukabumi terdapat pasar murah yang ada hanya di bulan Ramadhan saja, namanya pasar "Marema" yang terletak di Jl. Harun Kabir, Kota Sukabumi Jawa Barat. Pasar Marema menyediakan aneka keperluan lebaran.

Karena barang yang di jual sangat penting untuk lebaran, pasar Marema sejak pagi hingga larut malam selalu dipenuhi pengunjung yang ingin membeli keperluan hari raya. Bahkan, berjubelnya pengunjung sudah telihat sejak memasuki pintu gerbangnya. Sementara perang promosi penjual dengan memakai speaker adalah salah satu pemandangan semaraknya pasar murah yang ada 1 tahun sekali.

Di pasar marema tampak ratusan kios dadakan dipenuhi oleh penjual pakaian mulai sarung, sajadah, baju koko, serta busana muslim lainnya. beberapa pedagang juga berlomba mempromosikan jenis baju lainnya seperti kaos serta celana jean maupun sepatu.

Tak hanya kios baju, Pengunjung juga banyak berjubel memenuhi kios perabotan rumah tangga maupun aneka buah-buahan seperti kurma dan lainnya.

Salah seorang pengunjung mengaku biasa berkunjung ke pasar Marema jelang lebaran untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Apalagi, harga di pasar kaget tahun ini tergolong murah di banding pasar-pasar lainnya. Pengunjung pun berasal dari dalam maupun luar Kota Sukabumi, karena komoditi atau barang-barang yang dijual oleh para pedagang di pasar Marema sangat beragam, serta kualitasnya cukup baik.
Selengkapnya...

RATUSAN IBU-IBU REBUTAN SEMBAKO MURAH



Ratusan ibu-ibu rumah tangga di 7 Kelurahan di kota Gresik Jawa Timur berdesak-desakan saat pembagian sembako murah pada pasar murah yang di gelar PT Petrokimia Gresik pagi ini (06/09/2010.) Ke 7 Kelurahan tersebut adalah Roomo, Tlogo Pojok, Lumpur, Roman, Sukorame, Karang Turi dan Ngipik.

Di Kelurahan Tlogo Pojok misalnya, ibu-ibu harus berdesak-desakan untuk memperoleh jatah sembako murah lebih awal. Meski petugas meminta untuk tidak berebut namun, hal tersebut tidak di gubris.

Untuk harga beras misalnya di jual seharga 4.000 Rupiah jauh dibanding harga pasar yang mencapai 6.500 Rupiah. Minyak goreng di jual 7.000 Rupiah perliter, sementara di pasar harganya mencapai 9.000 Rupiah perliter. Gula pasir di jual 7.500 Rupiah lebih murah dari harga pasar yang mencapai 10.000 Ribu Rupiah.

Tak heran, meski harus berebut, warga mengaku senang dengan pasar murah ini karena cukup membantu keuangan dapur mereka.”Ya ini sangat membantu sekali untuk hari raya mendatang”, ujar Ibu Mulyati.

Pada pasar murah kali ini, PT Petrokimia Gresik membagikan 56 ton beras, 14 liter ton minyak goreng serta 23 ton gula pasir, dengan total subsidi mencapai 500 juta Rupiah. Pasar murah yang sama akan di gelar di Lamongan dan Bojonengoro Jawa Timur, sebelum lebaran tiba.(86)
Selengkapnya...

SANTAP SAHUR MAKIN NIKMAT DENGAN SAMBAL RONTOK KHAS BUGIS



Nasi tanpa sambal akan terasa belum pas dilidah. Karena sambal merupakan salah satu pelengkap menu makanan agar terasa lebih nikmat. Dari berbagai jenis sambal diseluruh nusantara, ada satu sambal yang mempunyai keunikan nama dan sajiannya. Namanya sambal rontok.

Sambal rontok adalah sebutan dikalangan masyarakat Bugis Sidrap, Sulawesi Selatan. Bila diartikan akan membuat kita enggan untuk mengkonsumsinya. Dalam bahasa Bugis, sambal rontok berarti sambal menjijikkan. Namun apalah arti sebuah nama bila belum mencoba rasanya.

Sambal rontok mempunyai kemiripan dengan Sushi, makanan asal negeri Matahari Terbit, Jepang. Bahannya terdiri dari udang kecil air tawar yang dimasak menggunakan jeruk nipis, lalu dicampur dengan garam serta cabe.

Rasa yang pedas bercampur kecut namun tidak amis akan membuat lidah kita tak akan berhenti untuk menikmatinya, apalagi disajikan dengan ikan kering dan nasi hangat.

Keunikan dari sambal rontok adalah udang yang digunakan merupakan udang kecil air tawar yang masih hidup, sehingga rasa segar udang sangat terasa, begitu pertama kali sambal rontok bersentuhan dengan lidah.

Cara membuatnya sangat mudah, setelah kepala udang dipisahkan dari badannya, udang tersebut dicuci dan direndam ke larutan air berisi perasan jeruk nipis, untuk memasak udang kedalam larutan asam. Selanjutnya udang yang masak diaduk bersama lombok, garam serta bumbu penyedap yang sudah ditumbuk halus.

Setelah semua proses yang cukup singkat itu, sambal siap disajikan sebagai menu pelengkap hidangan santapan menu sahur Anda, di jamin semakin nikmat.(86)
Selengkapnya...

BUDIDAYA BUNGA KRISAN, LARIS SEBELUM PANEN



Tinggal di wilayah perbukitan dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, ternyata membawa berkah tersendiri. Seperti yang di alami kelompok tani warga Dusun Nglambur, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta, selain cocok untuk bercocok tanam kopi, teh dan rempah-rempah, sejuknya suhu udara di dusun Nglambur juga dimanfaatkan warga untuk membudidayakan bunga krisan (chrysanthemum ).

Budidaya bunga hias yang berasal dari daratan China tersebut, ibarat menabur benih berlian. Betapa tidak, mseki belum panen, order terus berdatangan. Ini yang kini dialami kelompok tani pembudidaya bunga krisan. Kelompok tani yang mayoritas anggotanya adalah kaum ibu, sebenarnya baru mulai budidaya bunga krisan sekitar awal bulan Juni tahun 2010 ini dan baru akan panen bulan depan. Tetapi order bunga krisan, terus mengalir.

Meski baru tahap uji coba, mereka sudah mampu mengembangkan berbagai macam varietas dan berbagai warna bunga krisan, seperti bunga krisan jenis fiji kuning, padma buana, zimba putih dan puma. Bahkan saat ini sudah 26 jenis bunga krisan yang di budidayakan.

Mulyanto, ketua kelompok tani mengatakan memperoleh ilmu budidaya bunga krisan ini dari study banding perkebunan di Malang, Jawa Timur.

Karena masih uji coba, untuk pengebangan di Kulon Progo, masih ada kendala sedikit yakni tanaman terserang hama jenis karat daun, namun bisa diatasi, sedang pemasaran belum panen saja sudah ada yang pesan.

Selain menjanjikan, harga bunga krisan pun relatif menarik, karena pada masa tertentu terutama bulan Nopember, harga bunga krisan bisa mencapai Rp 1500 hingga Rp 2500 pertangkainya.

Bunga krisan biasanya di manfaatkan masyarakat dalam berbagai upacara pernikahan, termasuk hiasan ruangan rumah sekalipun. Sebab, sebagai bunga potong, krisan bisa bertahan lebih dari 2 minggu di vas.(86)
Selengkapnya...

REDOUANE BARKOUI AKAN BACKUP LINI DEPAN PERSELA



Persaingan seleksi pemain lini depan di Persela Lamongan bakal berlangsung ketat. Dalam latihan di Stadion Surajaya Sabtu Sore (04/09/2010,) Laskar Joko Tingkir mendatangkan tiga pemain asing sekaligus.

Ketiga pemain tersebut yaitu mantan pemain Persibom Bolaang Mongondow, Fernando Gaastos asal Argentina, Victor Careces asal Paraguay dan Redouane Barkoui asal Maroko.

Dari ketiga pemain asing seleksi, Redouane Barkoui yang nota bene mantan pemain Persib Bandung dan Pelita Jaya Purwakarta, berpeluang besar untuk bergabung mengisi lini depan yang sebelumnya hanya diisi dua striker muda Aris Alfiansyah dan Fery Ariawan.

Pelatih Persela Subangkit mengatakan, Barkuoi memiliki kemampuan yang telah teruji dan layak bermain di ISL. Terbukti, saat bermain di Pelita Jaya Purwakarta, Barkoui mengemas 13 gol dalam setengah musim kompetisi.

Menyikapi karakter tempramental tinggi Barkoui yang sering merugikan tim, Subangkit akan memberinya kesempatan untuk merubah sikap tersebut. “Soal gaya temperamen tinggi Barkoui bisa kita perbaiki nanti”, ujar Subangkit.

Persela Lamongan masih memiliki dua pemain asing non Asia, yaitu kapten tim Fabiano Rosa Beltrame asal Brasil dan Gustavo Fabian Lopez asal Argentina.

Sementara untuk kuota dua pemain asia yang masih kosong, Persela akan segera melengkapinya dalam waktu dekat ini. Kabarnya, Persela mengincar pemain asal Korea Selatan yang menjadi top skor di Liga Divisi Satu Korea Selatan.(86)
Selengkapnya...

"TARI KUNTULAN" WARISAN SUNAN KALIJAGA UNTUK DAKWAH



Seni tari punya peran tersendiri dalam menyebarkan agama Islam di masa lalu. Bahkan di zaman Wali Songo, menjadi salah satu media dakwah hingga mudah di terima masyarakat. Salah satunya adalah seni tari kuntulan yang hingga kini masih bertahan di Desa Pegunungan Andong Magelang Jawa Tengah.

Seni tari kuntulan memang unik. Pria-pria tua dengan baju dominan putih berselempang hiasan. Ditangannya menggenggam kipas sambil berlenggak lenggok kesana kemari. Kadang berputar, kadang berhenti sambil mengangguk-anggukan kepala. Mulut mereka terus melantunkan syair-syair Islami. Kesannya memang lucu dan sedikit kemayu. Tapi inilah ciri khas seni jaman kuno di pegunungan. Tujuannya untuk menarik warga berkumpul. Lalu di tengah musik dan tarian, dilantunkanlah syair ajakan untuk menjalankan syariat islam dan berbuat baik kepada semua umat manusia. Cara inilah yang dulu dipakai para wali dalam menyebarkan agama islam.

Tari kuntulan juga pernah berkembang pada masa Pangeran Diponegoro untuk mengelabuhi Pemerintah Kolonial Belanda agar Laskar Laskar Pangeran Diponegoro di dalam menyusun kekuatan tidak tercium oleh Belanda. Maka gerakan gerakan bela diri di perhalus dan di iringi rebana maupun syair syair keagamaan.

“Kuntulan” di ambil dari nama burung sejenis angsa, sehingga tak heran jika para penarinya selalu mengenakan pakaian serba putih sesuai warna angsa. “Sebenarnya masih banyak hal-hal positif yang bisa di ambil dari falsafah burung angsa. Tapi kita kurang menggalinya”, ujar Busro, salah seorang penari Kuntulan.

Seni kuntulan masih tumbuh subur di desa pegunungan dan sekitarnya, antara lain di lereng Gunung Andong, Merbabu, Merapi, Sumbing dan pegunungan Menoreh. Seni ini muncul sejak ratusan tahun yang lalu. Menurut kisah turun temurun masyarakat setempat, seni kuntulan saat itu dibawa oleh sunan kalijaga dan dikembangkan oleh pengikut beliau. Lambat laun seni ini berkembang dan dapat diterima msyarakat karena efektifitasnya sebagai media dakwah dan media tutur untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan sosial lainnya.(86)
Selengkapnya...

MENCICIPI MENU TAKJIL MARTABAK PIZZA KURMA



Berbuka puasa identik dengan menu makanan dengan citarasa manis. Salah satunya menu yang paling banyak di buru orang saat berbuka adalah martabak pizza kurma, perpaduan buah kurma dan kacang arab.

Saat melewati kawasan Jalan Tubagus Ismail kota Bandung, anda akan menemukan sebuah kios martabak yang menyediakan beraneka jenis rasa salah satunya martabak pizza kurma yang tentunya dapat menggugah selera berbuka anda.

Pembuatan menu martabak yang satu ini tidak jauh berbeda dengan menu martabak pada umumnya, bahan-bahan adonan seperti susu, tepung terigu, gula, dan telur diaduk menjadi satu. Jangan lupa. Bahan-bahan lain dari Timur tengah seperti kismis, kacang arab, wijen, dan buah kurma tentunya.

Panaskan wajan, kemudian masukan adonan martabak, aduk hingga merata, lalu masukan potongan kurma, kacang arab, kismis dan taburi dengan wijen, lalu tutup dan biarkan hingga matang.

Nama martabak pizza kurma sendiri diambil, karena bentuk penyajiannya yang menyerupai pizza, unik memang. Menurut Aceng (pemiliki kios), menu yang satu ini banyak diminati para pembeli di bulan Ramadhan. Dalam satu hari, hampir 10 hingga 15 loyang martabak pizza kurma, bisa habis terjual dalam sehari.

Para pembeli umumnya memesan martabak kurma sebelum waktu berbuka, untuk menu takjil, karena rasanya yang manis memang cocok sebagai makanan pembuka puasa.

Untuk mendapatkan satu porsi martabak pizza kurma, anda cukup merogoh kocek 15 Ribu Rupiah saja. Jika anda kebetulan melintas dikawasan kota Bandung, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk memboyong menu yang satu ini.(86)
Selengkapnya...

SAJADAH ANAK COCOK UNTUK HADIAH LEBARAN



Sajadah merupakan salah satu kelengkapan sholat yang terbuat dari kain dan biasanya memiliki gambar dan corak bernafaskan Islam. Sajadah digunakan kaum muslim agar tetap terjaga kebersihannya ketika melaksanakan sholat. Namun berbeda dengan sajadah yang digunakan orang dewasa, sajadah anak sengaja di desain mengikuti perkembangan mode dan trend sajadah versi anak-anak.

Selain tidak meninggalkan corak Islami, sajadah anak yang di produksi perajin pakaian muslim asal Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menonjolkan kombinasi warna dan desain gambar yang lucu dan unik serta didominasi warna-warna menyala atau cerah. Selain itu, sajadah anak juga nyaman dipakai karena di isi dengan busa silikon atau dakron yang dibungkus spons lembut.

Herawati, perancang sajadah anak mengatakan ide awal dipoduksinya sajadah khusus anak ini agar anak anak bisa lebih semangat beribadah, khususnya dibulan Ramadhan ini. Apalagi, sajadah anak di lengkapi berbagai macam gambar lucu dan unik sehingga di suka anak-anak. “Anak-aak sangat menyukai desainnya”, ujar Herawati.

Membuat sajadah anak unik ini cukup sederhana namun butuh ketekunan dan kreatifitas. Berbagai motif seperti bintang maupun mobil yang telah dipotong satu persatu di susun diatas sajadah yang didalamnya telah diisi busa silikon.

Untuk harga dipatok kisaran 30 sampai 50 ribu Rupiah perlembar, tergantung kain dan level aplikasinya. Jika tertarik, anda bisa mendapatkan di sejumlah toko pakaian muslim di sekitar kota anda.(86)
Selengkapnya...

KURMA ALTERNATIF DARI BUAH SALAK, LARIS MANIS



Hampir semua orang mengenal buah kurma yang berasa manis. Namun selain kurma yang biasa kenal dari Timur Tengah, ternyata kurma juga bisa di produksi dari jenis buah lain yakni dengan buah salak. Namanya Kurma Salak.

Berawal dari melimpahnya buah salak saat panen tiba, Saniyah salah seorang anggota Kelompok Tani Desa Kramat kecamatan kota Bangkalan Madura Jawa Timur, mencoba berkreasi dengan memprodusi salak dengan cita rasa kurma.

Tinggal di daerah penghasil salak, saniyah tidak merasa kesulitan mendapatkan bahan dasar buah salak. Apalagi, Saniyah juga memiliki banyak pohon salak di areal pekarangan rumahnya.

Untuk memproduksi kurma salak, membutuhkan waktu yang relatif lama. Setelah salak dikupas dari kulitnya, kemudian dipilah antara salak dengan daging tebal dan yang tipis. Salak yang memiliki daging tebal-lah yang kemudian dijadikan kurma salak.

Selanjutnya salak dicuci hingga bersih. Agar benar-benar higienis, salak-salak ini harus di dicuci hingga tiga kali. Setelah dicuci, buah salak tersebut lalu direbus selama kurang lebih dua jam, dalam kuali yang berisi air dan gula putih.

Buah salak yang sudah direbus tersebut, tetap direndam bersama air gula tersebut, selama beberapa jam. Kemudian, buah salak yang telah berubah warna menjadi coklat kemerah-merahan tersebut, di simpan dalam tempat oven kira-kira selama tiga jam. Kurma salak yang masih basah, serta setengah jadi ini pun, sudah bisa dilihat sangat mirip dengan bentuk dan warna buah kurma pada umum nya. Yang sedikit membedakan dengan kurma asli adalah rasanya yang sedikit kecut.

Harga kurma salak ini, relatif murah. Untuk satu bungkus kurma salak, harga nya Lima Ribu Rupiah. Sementara untuk satu kilogram kurma salak, dijual seharga Tiga Puluh Ribu Rupiah.

Saat bulan Ramadhan seperti sekarang, permintaan kurma salak ini pun meningkat. “Permintaanya sangat tinggi, karena memiliki rasa unik yang alami”, ujar Saniyah.

Selain pemasarannya yang telah merambah Empat Kabupaten di Pulau Madura, sebagian besar konsumen juga datang dari Surabaya dan sekitarnya. Jadi, kurma salak sangat cocok untuk oleh-oleh mudik lebaran(86)
Selengkapnya...

KUATRICK ARIS ALFIANSYAH TAKLUKKAN PERSIK KEDIRI



Aris Alfiansyah, menjadi pahlawan kemenangan Persela Lamongan dalam laga penutup Babak Enam Besar Liga Jatim Grup B, dengan menaklukkan Persik Kediri 4-1, di Stadion Surajaya, Rabu Malam (01/09/2010.) Kemenangan ini membawa tim berjuluk Laskar Joko Tingkir melaju ke babak Semifinal Liga Jatim ke-IX.

Bermain dihadapan ribuan supporternya, Persela Lamongan mampu memetik kemenangan telak atas tamunya Persik Kediri dengan skor 4-1, dalam laga penutup babak Enam Besar Liga Jatim di Stadion Surajaya.

Babak pertama baru berjalan enam menit, hendro siswanto nyaris membawa Persela unggul andai aksi gemilangnya dapat mengecoh kiper Persik, Hery Prasetyo.

Anak asuh Subangkit, baru mampu mencetak gol kegawang Persik Kediri di menit ke-35, lewat kaki Aris Alfiansyah. Skor 1-0 keunggulan Persela bertahan hingga turun minum.

Dengan mengandalkan formasi menyerang 4-3-3, Laskar Joko Tingkir kembali mengoyak gawang Macan Putih Persik Kediri. Lagi lagi Aris Alfiansyah mencetak gol. 2-0 Persela memimpin.

Di menit ke-69, Aris Alfiansyah kembali mengoyak gawang Persik Kediri lewat tandukan kepala, setelah meneruskan umpan tendangan bebas rekan setimnya fery ariawan. 3-0 Persik semakin tertinggal.

Persik Kediri baru mampu memperkecil ketinggalan menjadi 3-1, lewat aksi tendangan jarak jauh Legimin Raharjo di menit ke-80.

Skor 3-1 tak membuat pemain Persela kendor. Persela Lamongan mampu menutup kemenangan, berkat gol keempat Aris Alfiansyah, satu menit sebelum pertandingan bubar. Skor 4-1 untuk kemenangan Persela bertahan hingga wasit meniup peliut panjang.

Meskipun menelan kekalahan, Persik Kediri berhak malaju ke babak semifinal liga jatim ke-ix bersama Persela Lamongan, yang rencanya akan di gelar tiga september mendatang.(86)
Selengkapnya...

TERAPI LUMBA-LUMBA UNTUK ANAK AUTIS



Lumba lumba atau dolphins, merupakan salah satu hewan laut yang memiliki kelebihan dan kepandaian tersendiri, dibanding hewan laut lainnya. Gelombang sonar yang dikeluarkan lumba lumba, ternyata mampu merangsang saraf yang ada pada tubuh manusia yang tidak berkembang normal. Di Batang Dolphins Centre kawasan Pantai Sigandu, Kabupaten Batang Jawa Tengah, banyak dikunjungi orang tua yang memiliki anak autis untuk menjalani terapi bersama ikan cerdas tersebut.

Suasana riang gembira anak anak autis dalam menjalani terapy bersama ikan lumba lumba didalam kolam, tampak menyenangkan. Didampingi para pembina, anak anak autis didekatkan kepada lumba lumba, agar bisa berinteraksi secara langsung. Gelombang sonar atau gelombang suara dengan frekwuensi tertentu yang dimiliki oleh hewan laut ini, menjadi salah satu perangsang saraf dan organ tubuh lainnya yang tidak berkembang secara normal.

Gelombang suara yang dipancarkan lumba lumba, sangat berpengaruh pada perkembangan otak anak autis. Melalui sentuhan yang dilakukan oleh lumba lumba pada organ organ tertentu, membuat anak autis reflek dan menjerit, sehingga terjadi interaksi dari dalam tubuh si anak. Sedangkan didalam tubuh lumba lumba, terkandung potensi yang bisa menyelaraskan kerja saraf motorik dan sesorik penderita autis.

Gelombang sonar dapat merangsang otak manusia untuk memproduksi energi yang ada didalam tengkorak, dada dan tulang belakang pasien, sehingga bisa membentuk keseimbangan antara otak kanan dan kiri. Bahkan, suara lumba lumba, juga dapat meningkatkan neurotransmitter.

Setelah gelombang sonar yang dimiliki lumba lumba bisa membantu perkembangan mental anak autis, barulah anak-anak bisa beradaptasi dan baru enam kali mengikuti terapi lumba lumba, biasanya sudah mulai bisa berbicara, meski belum lancar.

Dengan kata lain, terapi dengan lumba lumba, bisa menjadi salah satu bagian pelajaran, bagi anak anak autis, karena bisa merangsang otak, saraf dan organ tubuh lainnya, yang tidak berkembang secara normal. Dengan biaya hanya 250 Ribu Rupiah per jam, anak autis bisa menjalani teraphy bersama lumba lumba di Batang Dolphins Centre.(86)
Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...