Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

MENIKMATI WISATA KULINER JEMBATAN SURAMADU



Jembatan Suramadu yang dioperasikan satu setengah tahun yang lalu, selain menjadi ikon objek wisata baru, kini juga menjadi wisata kuliner. Pasalnya, sejumlah rumah makan banyak berdiri di sekitar jembatan terpanjang se asia tenggara tersebut. Sambil menikmati berbagai menu masakan khas Madura, pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung pemandangan Selat Madura dan jembatan Suramadu.

Kawasan wisata kuliner tersebut terletak sekitar 2 kilometer ke arah timur jembatan Suramadu. Di lokasi ini berbagai warung makanan berdiri dengan berbagai fasilitas serta menu makanan yang sebagian besar adalah masakan ikan laut atau sea food seperti ikan gurami, kakap, cumi-cumi hingga masakan kepiting. Harganya pun cukup terjangkau karena langsung dari dibeli dari nelayan.

Yang berbeda adalah kawasan wisata kuliner ini berlatar belakang pemandangan laut dan kemegahan jembatan Suramadu. Bentangan panjang jembatan yang menghubungkan pulau Madura dengan pulau Jawa tersebut, juga bisa terlihat jelas. Hembusan angin laut selat Madura pun, membuat para pengunjung makin betah di kawasan wisata kuliner ini.

Di bagian bawah kawasan wisata kuliner tepatnya di bibir pantai, juga tersedia beberapa perahu nelayan yang disediakan khusus bagi pengunjung yang ingin menyusuri keindahan pantai di sekitar kaki jembatan Suramadu.

Satu hal lagi, yang membuat betah para pengunjung laki-laki yang suka merokok, yakni adanya layanan shisha atau rokok ala timur tengah. Yang pasti, kenikmatan shisha ini bukan dari tembakau maupun nikotin. Namun berasal dari sari buah-buahan, mulai jeruk, hingga strawberry.(86)
Selengkapnya...

MANDI AIR PANAS PEGUNUNGAN SORIK UNTUK TERAPI KESEHATAN



Mandi air panas di bekas aliran lava Gunung Sorik Marapi, Di Desa Huta Raja, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Mandailing Natal, Sumatera Utara, ternyata berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kronis,, rasa hangat suhu air ditambah campuran belerang alam membuat tubuh menjadi bugar.

Para pengunjung percaya, jika mandi di aliran air panas trsebut, dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis, seperti reumatik, darah tinggi, hingga strok. Selain itu, belerang alam yang terkandung pada air juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Karena khasiatnya itulah, maka setiap warga dari berbagai penjuru mandailing natal mendatangi tempat ini hanya untuk mandi semata. Mulai pagi hari, tempat pemandian ini ramai oleh pengunjung, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Pemandian air panas bumi ini terbentuk sejak tahun 1923, saat pertama kali Gunung Sorik Marapi memuntahkan lava pijarnya.

Meski saat itu seluruh kampung porak poranda, namun warga mendapat berkah dengan terbentuknya aliran anak sungai yang airnya berasal dari panas bumi.

Meski berada di sekitar pemukiman warga, namun warga setempat tidak memungut biaya apapun bagi siapa saja yang akan mandi di sini. Warga hanya meminta pengunjung berprilaku sopan dan menjaga kebersihan.(86)

Selengkapnya...

PERSEMA RESMI TINGGALKAN ISL, NASIB IRFAN BACHDIM SIMPANG SIUR



Persema Malang akhirnya resmi mengundurkan diri dari kompetis Liga Super Indonesia (ISL) yang diselenggarakan PSSI (01/01/11.) Selanjutnya, klub yang di danai pemerintah kota Malang tersebut bergabung dengan Liga Premier Indonesia (LPI) yang dianggap lebih fair dan mandiri.

Keputusan resmi mundur dari Liga Super Indonesia tersebut, berdasarkan surat resmi yang dikeluarkan manajemen Persema dan ditandatangani langsung Ketua Umum sekaligus Walikota Malang, Peni Suparto.

Menurut kepala pelatih Persema Malang, Timo Schuenemann, Persema mundur karena menganggap kompetisi dalam Liga Super Indonesia yang dihelat PSSI, jauh dari fair play. Persema kerap dirugikan selama mengikuti kompetisi ISL.

“Selain itu, Persema memilih masuk Liga Premiere Indonesia, juga sebagai langkah awal lepas dari dana APBD, sehingga kepentingan sepakbola, tidak lagi menjadi alat politik pemerintahan.”, ujar Timo Schuenemann.

Sementara itu, Pemain naturalisasi Persema yang bermain di Timnas, Irfan Bachdim, belum ada kepastian bertahan di Persema atau hengkang ke klub lain. Irfan masih bergabung dengan timnas yang harus puas menjadi Runner Up Piala AFF Suzuki Cup.
Selengkapnya...

CEGAH VIRUS DENGAN MEMATIKAN FUNGSI AUTORUN


Salah satu jalan penyebaran virus adalah dengan menjalankan dirinya secara otomatis saat flashdisk atau cd dihubungkan ke computer. Virus menggunakan script autorun/autoplay agar bisa menjalankan dirinya secara otomatis. Salah satu cara menangkalnya adalah dengan men-disable/menonaktifkan fungsi autorun.

Selain keuntungan menghadang virus, menon-aktifkan autorun juga bias mempercepat pembacaan Hardware yang dipasang di komputer.

Ada 2 cara mematikan fungsi autorun:

1. Melalui Konfigurasi komputer
a. Klik Start > Run

b. Kemudian ketik gpedit.msc ......tunggu sampai ada tampilan “Group Policy” muncul

c. Disebelah sebelah kiri ada menu-menu (menu three view) seperti dibawah ini :
Local Computer Policy
-----Computer Configuration
---------- Software Settings
----------Windows Settings
----------Administrative Templates
-----User Configuration
----------Software Settings
----------Windows Settings
----------Administrative Templates

d. Pada sub menu Computer Configuration klik Administrative Templates > System

e. Cari dan klik “Turn off autoplay”

f. Setelah Tampilan Turn off autoplay Properties nya muncul klik “Enable” ini untuk mengaktifkan nya.

g. Pilih salah satu menu yang ada pada “Turn off autoplay on :” “All drives” atau “CD-ROM Drives”

h. Mematikan Autorun pada “Computer Configuration” sudah selesai, sekarang pada “User Configuraton”. Langkahnya sama, ikuti saja langkah dari nomor 4 – 7.

2. Lewat Registry
a. Buka Registry Editor (Regedit). Klik menu Start à Run. Ketikkan regedit pada kotak dialog Run, lalu ok.

b. Lalu cari alamat berikut:
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
HKEY_USERS\.DEFAULT\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer

c. Lalu klik kanan pada string “NoDriveTypeAutoRun” dan pilih modify, ubah datanya dengan mengisikan ff agar fingsi autorun/autoplay menjadi disable

d. Jika string itu belum ada, buat dengan klik kanan di area itu pilih New à “DWORD value”. Beri nama “NoDriveTypeAutoRun” dan isi valuenya dengan ff.

e. Klik Ok, lalu keluar dari Regedit dan Restart komputer untuk melihat hasilnya.
Selengkapnya...

11 PEGAWAI KENA SANKSI DISIPLIN



Sepanjang tahun 2010 ini, ada 11 pegawai di Pemkab Lamongan yang menerima sanksi hukuman disiplin. Derajat hukumannya beragam, mulai dari sanksi disiplin ringan, sedang hingga hukuman disiplin berat.

Data tersebut diungkapkan Inspektorat Lamongan Ismunawan saat Gelar Pengawasan Daerah tahun 2010 di aula pertemuan sebuah hotel setempat, Kamis (30/12). Dengan rincian, satu orang menerima hukuman disiplin ringan berupa pernyataan tidak puas secara tertulis dan lima orang menerima hukuman disiplin sedang. Jenis hukuman disiplin sedang yang dijatuhkan ini mulai dari penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun hingga pemberhentian pembayaran gaji.

Sementara lima orang pegawai lainnya dijatuhi hukuman disiplin berat. Rinciannya, dua orang dihukum pembebasan dari jabatan, satu orang pemberhentian tidak dengan hormat sebagai CPNS dan dua orang menerima hukuman pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

Dari hasil pemeriksaan insidentil Inspektorat sepanjang tahun 2010 itu, penyebab terbesar dari adanya temuan adalah akibat kelemahan administrasi, yakni di tataran ketatausahaan dan akuntansi. Yakni mencapai 437 item dari total 529 temuan.
Karena itu Inspektorat merekomendasikan agar dalam rekrutmen CPNS kedepan agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memprioritaskan pada lulusan akuntansi. “Tenaga akuntansi ini nantinya terutama untuk diperbantukan di kecamatan yang sangat membutuhkan tenaga ahli administrasi keuangan, “ ujarnya.

Sementara Plt sekkab Nurroso berharap agar hasil temuan Inspektorat menjadi perhatian bagi masing-masing Kepala SKPD agar tidak kembali terulang di tahun depan. Dikatakan olehnya, pengawasan dilakukan untuk mendorong terwujudnya good governance melalui pengawasan internal.

“Pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat bukan untuk mencari-cari kesalahan semata. Tapi untuk menghindari penyimpangan secara dini serta memberikan solusi. Pengawasan tersbeut juga menjaga agar semuanya berjalan sesuai aturan formal yang berlaku demi mewujudkan akuntabiltas, “ kata dia.

Ada lima jenis pemeriksaan yang dilaksanakan Inspektorat. Yakni pengawasan reguler sebanyak 40 obyek yang diperiksa (obrik), pemeriksaan insidentil 89 obrik, pemantauan pelayanan publik 60 objek pantau (obtau), pengawasan pembangunan daerah atau proyek sebayak 600 kegiatan dan penanganan pengaduan kasus yang masuk sebanyak 44 kasus.
Selengkapnya...

HEBOH VIDEO MESUM PELAJAR SMK SIDOARJO



Jelang akhir tahun, warga Sidoarjo-Jawa Timur digemparkan dengan menyebarnya video mesum melalui handphone yang diduga dilakukan pasangan pelajar sebuah SMK Swasta. Peredaran video mesum pelajar tersebut saat ini ditangani Polres Sidoarjo.

Gambar video mesum berdurasi 4 menit yang diduga dilakukan sepasang pelajar sebuah SMK Swasta terkemuka di Sidoarjo, kini menyebar di masyarakat. Video mesum berjudul “Siswi Sidoarjo” ini juga tertulis tanggal pembuatannya yakni 20 Juli 2010.
Ironisnya, peredaran gambar video mesum, pertama kali muncul dikalangan pelajar yang kemudian menyebar ke masyarakat luas.

Dalam gambar video mesum pelajar itu, tergambar jelas sepasang pelajar dengan menggunakan pakaian bebas, melakukan hubungan badan yang sepantasnya dilakukan pasangan suami istri.

Kapolres Sidoarjo, AKBP M. Iqbal yang mendapat laporan warga dan mengetahui langsung gambar video mesum pelajar itu menegaskan, jika anggotanya kini tengah melakukan penyelidikan terkait peredaran video mesum yang menyebar di masyarakat sekitar seminggu terakhir ini.

Menurut rencana, polisi akan melakukan penyelidikan ke sejumlah sekolah, yang diduga sebagai tempat sekolah kedua pelaku video mesum itu. Yang jelas, berdasarkan hasil penyelidikan sementara, video itu diduga diperankan oleh pelajar. Hal itu dilihat dari ciri-ciri fisik yang terlihat dari video tersebut. Hanya saja, asal sekolah pemeran video itu masih belum diketahui.
Selengkapnya...

GURU SPIRITUAL GONZALES: TIMNAS MERAH PUTIH AKAN MENANG DI LEG KE DUA



Demam menyaksikan tayangan langsung pertandingan Timnas Merah Putih melawan Timnas Malaysia dalam Final Piala AFF juga melanda masyarakat di Gresik Jawa Timur. Bahkan, guru spiritual Gonzales, juga tak ketinggalan menonton pertandingan lewat layar kaca (26/12/2010.) Menurutnya, Timnas Merah Putih akan menang di Leg Kedua.

Nonton bareng pertandingan siaran langsung antara Timnas Merah Putih dan Malaysia, dapat di temui hingga ke sudut-sudut kota Gresik. Tak ketinggalan pula, di pesantren tempat Christian Gonzales pernah menuntut ilmu agama Islam.

Bahkan, saat pertandingan berlangsung, sejumlah santri juga melalukan doa bersama mendoakan kemenangan bagi Timnas Merah Putih.

Saat Timnas mengalami kekalahan secara beruntun, para peserta nonton bareng sempat kecewa. Namun, Nyai nurhasah, guru spiritual Christian Gonzales, memberi harapan, jika Timnas Merah Putih berpeluang menang di leg kedua.

Menurut Nyai Nurhasanah, beban psikologi para pemain Timnas, menjadi pemicu kekalahan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia dengan skor akhir 3-0. Namun, di leg kedua nanti, Timnas Merah Putih akan menang. “Harapannya ada di leg kedua”, ujarnya.

Meski tidak akan memberi support secara langsung di Gelora Bung Karno 29 Desember mendatang, Nyai nurhasah akan selalu berdoa atas kemanangan Timnas Merah Putih untuk mengharumkan nama bangsa.(86)
Selengkapnya...

MERASAKAN NIKMATNYA RUJAK MENGKUDU SAMBIL BEROBAT



Mengkudu di kenal sebagai jenis buah-buahan yang memiliki banyak biji dengan rasa pedas bercampur pahit. Sebagian orang menjadikannya sebagai obat berbagai macam penyakit dengan membuat rujak buah mengkudu.

Warga di Desa Banyu Urip Kecamatan Ujung Pangkah, ternyata mempunyai kiat tersendiri dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Warga yang setiap harinya rata-rata bekerja sebagai petani dan nelayan tersebut, suka mengkonsumsi buah mengkudu untuk menjaga kesehatannya.

Uniknya, buah mengkudu tidak langsung dimakan begitu saja, tetapi diolah menjadi rujak dengan ramuan bumbu petis ikan, kacang dan kecap, hingga rasa buah mengkudu berubah menjadi lezat.

Agar rasanya lebih bervariasi, buah mengkudu juga di campur dengan buah-buahan lainnya sepeti mentimun, bengkoang dan kedondong.

Menurut para penikmatnya, rujak mengkudu yang di olah secara tradisional ini, memiliki cita rasa yang cukup nikmat. Rasa gurih petis petis ikan dan kecap, semakin menambah rasa nikmatnya.

Tak hanya itu, di balik rasanya yang khas, buah mengkudu juga memiliki kandungan khasiat pengobatan yang cukup bagus. Tak heran, rujak mengkudu selalu laris manis terjual. Apalagi, harganya cuma dua ribu rupiah perbungkus.

Adalah Rukiyah, salah satu penjual rujak mengkudu selama lebih dari 5 tahun lamanya. Rata-rata, para pelanggannya memiliki keluhan berbagai macam penyakit yang berhasil di sembuhkan dengan mengkonsumsi rujak mengkudu. “Rata-rata pelanggan saya memiliki keluhan penyakit yang bisa sembuh berkat rujak mengkudu”, ujarnya.

Kebiasaan mengkonsumsi rujak mengkudu di desa ini telah berlangsung turun temurun. Rata-rata warga mengkonsumsinya 3 kali dalam seminggu di saat musim buah mengkudu seperti sekarang ini. Di Desa Banyu Urip, terdapat ratusan pohon mengkudu milik warga setempat yang tumbuh secara liar di pekarangan rumah.(86)
Selengkapnya...

KAOS “GONZALES” DAN “IRFAN” LARIS MANIS DI BURU PENGGEMARNYA



Suasana ramai di pusat penjualan baju dan kaos di Desa Kepatihan Kecamatan Menganti, Gresik, Jawa Timur berbeda di banding hari-hari sebelumnya (23/12/2010.) Sejak Timnas sukses Merah Putih meraih kemenangan berturut-turut dalam Piala AFF, penjualan kaos meningkat tajam hingga 80 persen di banding hari-hari sebelumnya.

Para pemburu kaos Timnas yang datang ke tempat ini berasal dari berbagai usia baik pria maupun wanita. Bahkan, di hari libur seperti Sabtu dan Minggu, penjualan bisa lebih fantastis lagi.

Rata-rata, kaos yang paling di buru adalah yang bertuliskan nomor punggung Christian Gonzales dan Irfan Bachdim. Menurut para pembeli, kedua pemain tersebut saat ini menjadai idola di dunia sepakbola tanah air, dengan perannya saat berjuang lolos ke babak final.

Untuk menyiasati permintaan pasar yang terus meningkat ini, para penjual kaos terpaksa mendatangkan kaos dari sejumlah kota yang di jawa timur seperti Surabaya dan Lamongan. ”Kita terpaksa menyetok dalam jumlah banyak agar bisa memenuhi permintaan”, ujar Fatih, salah seorang penjual.

Hingga kini penggemar masih terus berdatangan mencari kaos maupun jaket Timnas, meski harga relatif lebih mahal. Rata-rata, kaos di jual antara harga 20 hingga 35 ribu rupiah. Para penjual mengaku memperoleh omset rata-rata 2 Juta hingga 3 Juta Rupiah perharinya.(86)
Selengkapnya...

MASIH ADA CADANGAN PANGAN SEBESAR 19.262,72 TON



Sampai saat ini cadangan pangan kita masih masih 19.262,72 ton demikian Bupati Gresik, Dr. Ir. Sambari Halim Radianto, ST, M.Si selaku ketua Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Gresik saat membuka sidang Ketahanan pangan Kabupaten Gresik di ruang rapat lantai IV kantor Bupati Gresik, Rabu (22/12).

Pangan tidak hanya beras, namun disini mencakup aspek yang lebih luas. Misalnya kacang hijau, kedelai, tepung terigu, serta bahan-bahan pangan lain. Untuk itu Kepala kantor Ketahanan pangan harus membuat perencanaan, berapa kebutuhan bahan-bahan tersebut untuk masyarakat. Misalnya saja untuk pembuat kerupu di Giri, berapa kebutuhan terigu untuk mereka, serta jenisnya.

Untuk ketersediaan pangan, Kantor ketahanan pangan harus berkoordinasi dengan semua pihak. Misalnya dengan Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Perhubungan untuk transportasinya, serta berbagai pihak. “yang tidak kalah pentingnya adalah penanganan pasca panen” tambah Bupati dihadapan peserta sidang ketahanan pangan yang terdiri dari seluruh Camat dan kepala Dinas, Kantor, Bagian se Kabupaten Gresik.

Rapat Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Gresik ini juga dihadiri perwakilan dari Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur, M. Mustajab sebagai Nara sumber. Dalam paparannya, Mustajab mengatakan, fungsi dewan ketahanan pangan yaitu memberikan masukan kepada pemerintah terkait kebijakan pangan
.
“Banyak tugas kita misalnya mencegah beredarnya makanan yang tidak layak konsumsi. Terutama jajanan di sekolah yang dicampuri bahan tidak layak konsumsi. Juga dengan terjadinya perubahan iklim, yang juga mengubah ketersediaan pangan disuatu daerah. Misalnya yang terjadi di Bawean, saat musim angin seperti ini perlu adanya cadangan pangan yang cukup selama musim angin tersebut” ujar Mustajab.

Sementara Kepala Kantor Ketahanan Pangan Gresik, Zainal Arifin mengatakan, kekuatan produksi pangan Gresik tahun 2011 yaitu, Padi sawah dan ladang 56,692 ha, minapadi/tambak air tawar 14.629,05 ha. Produktifitas padi mencapai 352.516,01 ton dengan tingkat produktifitas mencapai 6,218 ton/ha.

Areal jagung 26.617 ha dengan produksi 97.114 ton, kedelai 3.176 ha produksi 3122 ton, kacang tanah 3.578 ha produksi 14,635 ton, kacang hijau 2.005 ha produksi 1.883.98 ton, ubi kayu 1.600 ha produksi 26.664,36 ton, ubi jalar 385 ha produksi 5.058,79 ton. (sdm)
Selengkapnya...

BERBURU KEPITING DEMI SESUAP NASI



Demi mendapatkan uang belanja setiap harinya, seorang ibu harus bekerja dengan berburu kepiting di kawasan pertambakan di Gresik, Jawa Timur. Profesi ini, sudah dia geluti selama 25 tahun sejak ditinggal mati suaminya.

Adalah Mualimah (55 tahun,) janda satu orang anak, warga Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujung Pangkah, sudah selama 25 tahun bekerja menjadi seorang pemburu kepiting.

Berbekal jaring, kail dan belut sebagai umpan kepiting, Muallimah, setiap hari menyusuri kawasan pertambakan, dan semak belukar, di sekitar desanya.

Dari hasil jerih payahnya ini, Muallimah bisa mendapatkan penghasilan antara 10 Ribu Rupiah hingga 15 Ribu Rupiah per hari. Penghasilan minim ini di gunakan untuk menghidupi keluarga serta melanjutkan pendidikan anak dan cucuknya.

Sejak ditinggal mati suaminya, 25 tahun lalu, Muallimah bekerja menjadi seorang wanita pemburu kepiting, karena hanya itu yang bisa dia lakukan untuk membesarkan anaknya.

Dalam sehari, rata-rata Muallimah bekerja selama delapan jam. Berangkat dari rumah pukul 07.00 dan kembali pulang ke rumah pukul 15.00. Meski begitu, penghasilannya
tidak menentu, karena bergantung kondisi cuaca.

Kadang dia pulang tidak membawa hasil, karena tidak dapat tangkapan. Jika nasib beruntung, Muallimah mampu memperoleh 4 kilogram kepiting dengan membawa uang sebesar 15 Ribu Rupiah. “Hasil tangkapan tidak menentu tergantung keberuntungan juga”, ujarnya.

Muallimah mengaku terpaksa bekerja memburu kepiting, karena hanya ini, yang bisa dia kerjakan untuk menyambung hidup, dan membesarkan anaknya.

Berburu kepiting, bagi warga yang sebagian besar bekerja menjadi nelayan ini, biasanya dikerjakan kaum laki-laki. Namun, akibat himpitan ekonomi, mendorong janda 1 orang anak ini, nekad menekuninya, semata-mata untuk menyambung hidup dan melanjutkan pendidikan anaknya.
Selengkapnya...

WEDANG BEKATUL YANG NIKMAT DAN MENYEHATKAN


Segar, nikmat dan lezat. Itulah ungkapan yang pantas saat mencicipi minuman bekatul(dedak). Betapa tidak, bekatul atau kulit padi dari sisa pengilingan, yang biasanya digunakan untuk pakan ternak, oleh Ny. Wartono(50) warga Piyungan-Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, disulap menjadi menu minuman yang menyegarkan dan menyehatkan.

Bagi sebagian orang, Mungkin menu ini terkesan miris. Namun jangan salah, minuman ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti diabet serta maag. Selain itu bagi para petani seperti Ny. Wartono, dapat menambah penghasilan, selain menjadi petani padi.

Dari hasil penelitian, nutrisi-nutrisi penting yang banyak terkandung di dalam bekatul, antara lain : Protein, mineral, lemak (Asam lemak esensial), Dietery Fibre (Serat pencernaan makanan), Antioksidan dan Vitamin E (Tocopherois dan Tocotrienois). Banyak orang menggambarkan bekatul sebagai limbah dengan bau tengik, apek, dan asam. Persepsi tersebut tidak sepenuhnya benar karena bekatul memiliki karakteristik cita rasa yang lembut dan agak manis. Bau tidak sedap akan muncul jika bekatul mulai mengalami kerusakan.

Menurut Ny. Wartono, ide awal pembuatan minuman bekatul ini, lantaran banyaknya bekatul saat proses pengilingan padi, di sia-siakan begitu saja. Saat itulah, Ny. Wartono langsung berinisiatif untuk membuat minuman bekatul ini. Ternyata digemari oleh keluarga dan para warga desanya.

Tidak semua bekatul bisa di jadikan sebagai bahan membuat minuman. Biasanya hanya bekatul jenis mentik wangi organic yang bisa di gunakan.

Untuk proses pembuatanya pun sanggatlah sederhana. Pertama bekatul hasil pengilingan gabah, diayak terlebih dahulu. Dalam proses pengayakan ini dilakukan 2 kali agar mendapatkan hasil bekatul yang lembut. Selanjutnya bekatul disangan di atas bara api selama 30 menit hingga mengeluarkan aroma sedap. Bekatul pun siap dihidangkan dengan campuran gula pasir dan air panas.

Beberapa pelanggan mengaku selalu ketagihan akan rasa yang segar dan lezat. Bahkan mereka mengaku selalu menimati minuman bekatul ini setiap pagi, sebelum melakukan aktifitasnya.

Untuk satu kilo bekatul Ny. Wartono menjual dengan harga Rp 20.000. Sedangkan untuk penjualanya meliputi Solo, Jogja hingga Jakarta.

Nah! mungkin anda bosan dengan berbagai jenis minuman instant, mungkin minuman bekatul ini dapat menjadi alternatif anda saat bersantai.(86)
Selengkapnya...

TIPS OPITIMASLISASI KINERJA BROWSER OPERA



Banyak pengguna internet dengan alasan tertentu pindah ke dari Firefox ke Opera sebagai default browsernya. Namun, tidak semua user bisa menggunakan browser dengan baik. Trik berikut bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari browser Opera:

1. Optimalisasi koneksi yang bisa diproses oleh browser Opera. Untuk trik ini kita masuk ke panel editor dengan mengetik about:config pada address bar. Pada panel editor tersebut ketik kata kunci connections, Selanjutnya ubah Max Connections Total (default 20), ubah dengan nilai antara 32—65, kemudian simpan dan restart browser Opera.

2. Block iklan pop-up. Kadang sering muncul iklan pop-up di browser yang memperlambat kinerja opera, kita bisa mematikannya dengan Klik kanan pada area kosong, pilih "block contents". Pilih iklan yang ingin di-block, kemudian klik "done" pada bagian kiri atas.

3. Mematikan aktivitas dalam menebak tulisan yang kita masukkan dalam address bar. Proses ini juga memperlambat kinerja CPU. Untuk mematikan proses ini kita masuk ke Preferences (menu Tools > Preferences), kemudian masuk ke tab Advanced dan pilih menu Network (atau bisa juga menekan tombol Ctrl + F12 bersamaan). Selanjutnya, klik Server Name Completion dan hilangkan tanda centang pada pilihan Look for local network machine dan Try name completion, using. Jangan lupa untuk merestart browser Opera terlebih dahulu sebelum digunakan.

4. Berkaitan dengan waktu loading. Secara default waktu yang dibutuhkan untuk mulai memproses alamat url adalah setelah 1 detik. Untuk merubahnya masuk ke panel Preferences tab Advanced, pilih menu Browsing. Kemudian pilih Redraw instantly pada menu Loading. Agar lebih optimal, sebaiknya matikan juga fungsi Tooltips dalam browser Opera dengan cara menghilangkan tanda centang pada pilihan Show tooltips.

5. Quick Download.Ini adalah fitur yang paling sering dipakai. Dengan fitur ini anda kita mendowload secara cepat tanpa ditanya macam-macam oleh browser. Fitur ini sangat memudahkan kita untuk mendowload file-file dalam jumlah yang banyak. folder tempat menyimpan file download ini bisa disetting lewat menu Tools > Preferences. Jangan lupa untuk menonaktifkan Tab Transfer (Tools > Transfer) menjadi "Never show when starting download".
Selengkapnya...

PESONA WISATA ALAM AIR TERJUN SEKUMPUL DIDALAM HUTAN BELANTARA



Jika selama ini obyek wisata di pulau Dewata–Bali terkenal dengan kawasan pantainya yang indah, tetapi diBalik keindahan wisata pantai, Bali juga mempunyai sejumlah obyek wisata alam air terjun yang tidak ada duanya di daerah lain. Salah satunya,obyek wisata alam air terjun sekumpul di Desa Sekumpul-Buleleng, Bali.

Air terjun ini tersembunyi diantara lebatnya hutan belantara. Ketinggian air terjun ini,diperkirakan mencapai 150 meter. Untuk mencapai pusat air terjun ini, diperlukan tenaga yang ekstra kuat dan kehati-hatian. Medannya cukup berat dan harus menuruni 365 tangga. Namun, bagi penghobi perjalanan alam, air terjun sekumpul bisa menjadi tujuan untuk menguji adrenalin.

Jika sudah sampai di pusat air terjun, pasti akan terkesima melihat pesona air terjun sekumpul serta rasa capek dalam menempuh medan berat, bisa terobati. Karena tingginya lokasi wisata, butiran-butiran air berterbangan ke segala arah seperti turunnya hujan hingga membuat basah para pengunjung.

Jika anda berkunjung ke tempat ini, tepat pada siang hari dimana matahari tepat berada diatas langit, suasananya sangat menakjubkan. Air terjun ini seakan-akan keluar dari matahari. Dan inilah menjadi pilihan bagi wisatawan untuk melepas penat dan rasa stress,karena udaranya masih sangat alami, dan menyegarkan. Aliran airnya pun sangat jernih,bahkan di setiap dinding tebing keluar percikan-percikan air yang bening.

Dan jika sudah meninggalkan air terjun, pengunjung juga harus bersiap-siap untuk pulang dengan cara tergopoh-gopoh, melewati ratusan tangga. Tetapi setelah itu, para pengunjung dijamin puas menikmati suasan alam belantara yang masih asri dan alami.(86)
Selengkapnya...

EFEK NEGATIF MINUM KOPI BERLEBIHAN



Perlu diingat tidak selamanya kopi baik untuk kesehatan. Minum kopi harus sesuai dengan takaran dan kebutuhan. Terlalu banyak, tentunya membahayakan karena efek minum kopi bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Harus di akui, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah2 cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih segar, sehingga bisa menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa ngantuk dan kelelahan.

Minum kopi 1 sampi 3 cangkir kopi sehari menurut penelitian tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang yang sehat. Efek negatif akan terasa kafein diserap oleh tubuh secara berlebihan. Antara lain akan menyebabkan: kecemasan kronis, resah/gelisah, suka gampang marah, otot berkedut, dan perut mulas/diare.

Kafein yang di konsumsi dalam jumlah yang besar misalnya 10 cangkir kopi yang diminum berturut-turut akan menjadi racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain: muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah sekitar 10 gram atau kira-kira 100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut.

Jika mengkonsumsi kopi sudah melampaui batas (3 sampai 5 cangkir per hari), sebaiknya harus segera dibatasi jumlah konsumsinya. Menghentikan kebiasaan minum kopi yang berlebihan dapat dilakukan secara bertahap. Dimulai dari jumlah cangkir perhari sampai pada pengurangan jumlah takarannya perhari.(86)
Selengkapnya...

KLIKSAYA, BAROMETER KUALITAS SEBUAH BLOG



Sudah setahun lebih blogku ini menjadi mitra kliksaya. Sebelumnya, aku mencoba mendaftar kliksaya meski dengan traffic rendah, ujung-ujungnya tetap di tolak dan di sarankan mengatasinya dengan meningkatkan arus pengunjung secara kontinu. Dengan sedikit kerja keras, akhirnya blog ini bisa menjadi bagian dari mitra kliksaya.

Ada rasa bangga saat blogku ini mampu menampilkan iklan kliksaya. Pasalnya, persyaratan traffic tinggi, yakni 10.000 page view setiap bulannya menjadi bukti jika blog bersangkutan memiliki arus pengunjung tinggi. Dengan kata lain, kliksaya menjadi salah satu barometer kualitas sebuah blog, meski jumlah pengunjung telah di upayakan tidak di tampilkan dalam halaman blog tersebut.

Blogku ini pernah menjadi mitra hampir semua PPC lokal, namun penghasilan yang ku dapatkan tidak ada yang bisa menyamai penghasilan dari kliksaya. Padahal, aku memperlakukan semua PPC tersebut, sama dengan kliksaya, baik dari segi penempatan maupun warna. Sejauh ini, aku belum tahu penyebabnya. Barangkali, kliksaya lebih jujur dalam menghitung jumlah klik yang valid.

Ujung-ujungnya, ada rasa percaya diri dan semangat untuk terus meng-update content blog. Apalagi, ada beberapa advertiser via kliksaya yang memasang iklan secara khusus di blogku, hingga penghasilanku setiap bulannya juga meningkat.

Bagi para pemasang iklan yang mengerti kualitas sebuah blog, para publisher kliksaya adalah pilihan tepat untuk meningkatkan kualitas iklannya pula.

Nah! Bagi anda yang memiliki blog/web dengan traffic tinggi, silahkan mendaftar di http://pub.kliksaya.com.
Selengkapnya...

SATE BULAYAK KHAS NUSA TENGGARA BARAT YANG MAKNYUS



Menonjolkan santan dan rasa pedas pada setiap masakan adalah ciri ciri khas menu masakan yang tawarkan para pemilik warung sate bulayak di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Para penjual sate bulayak dapat anda temukan dengan mudah di sudut-sudut kota Mataram.

Dinamakan sate bulayak, karena sate di sajikan bersama lontong khas Lombok yang terbuat dari beras ketan. Lontong khas tersebut bernama bulayak. Di sinilah letak keunikannya, di mana sate yang dijual, selalu dipadukan dengan bulayak, sehingga menjadi satu paket menu yang menggiurkan untuk dicicipi. Ciri khas lain dari ini adalah daging sapi tidak dibuat dari sembarang daging, kecuali daging kelas wahid.

Sementara racikan bumbu, lebih menonjolkan rasa pedas, yang merupakan ciri khas masakan dari Lombok. Caranya dengan menambah porsi cabe keriting, lebih dari sepuluh persen dari takaran biasanya. Bumbu tersebut terdiri dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya. Rasa dari bumbu tersebut mirip seperti bumbu kari.

Ternyata, perpaduan rasa pedas dan santan, yang menjadi ciri khas sate bulayak, disukai pembeli. Pada hari libur, banyak yang membeli tidak saja untuk makan di tempat, tapi dipesan untuk dibawa pulang.

Harga manakan ini, hanya sepuluh ribu rupiah perposri, termasuk sudah mendapat satu botol minuman dingin.

Setiap hari, omset penjualan berkisar Lima Ratus hingga Tujuh Ratus Ribu Rupiah, bahkan jika hari libur bisa mencapai satu juta rupiah.(86)
Selengkapnya...

GAMELAN MINI, BACK SOUND TRADISIONAL YANG MASIH BERTAHAN



Zaman kian modern, mainan pun banyak pilihan dan inovasi. Sementara mainan tradisional mulai terlupakan. Mungkin permainan kelereng, patil lele ataupun congklak, suatu saat juga akan menjadi kenangan.

Namun, mainan tradisional gamelan mini ternyata jauh lebih beruntung dibanding mainan tradisional lainnya. Adalah Panut warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Loceret Nganjuk Jawa Timur, misalnya masih ada warga yang setia membuat kerajinan saron mini.

Sejak 25 tahun lalu, Panut mulai membuat miniatur salah satu perangkat gamelan dan hingga kini, permintaan gamelan mini buatan Panut masih tetap membanjir.

Miniatur yang dibuat Panut, bukan sekedar untuk pajangan. Saron mini ini juga bisa dimainkan. Membuatnya juga tidak sembarangan. Panut, memanfaatkan kayu, serta potongan besi-besi bekas.

Di halaman rumahnya yang sederhana, Panut bersama tujuh karyawannya yang mayoritas putus sekolah, mengerjakan saron-saron mini pesanan pelanggannya, mulai memotong, mengasah hingga merakitnya.

Tapi bagian yang paling sulit dalam proses pembuatan adalah saat pelarasan atau menyesuaikan nada-nada saron mini dengan nada saron ukuran asli. Bunyi harus sama persis.

Inilah yang menjadi daya tarik saron mini. Saron mini benar-benar bisa dimainkan layaknya gamelan asli, seperti menyanyikan setiap gending-gending Jawa. “Gak kalah mas dengan yang besar, mungkin karena unik saja”, ujar Panut.

Ya, setiap harinya, Panut bisa menghasilkan sedikitnya 150 buah saron mini. Selain di nganjuk, mainan ini juga dipasarkan hingga ke luar daerah. Setiap buah hanya dijual 3000 hingga 10 Ribu Rupiah, tergantung ukuran. Meskipun dijual murah, namun Panut masih bisa mengantongi laba bersih hingga Empat Juta rupiah, setiap bulannya.
Selengkapnya...

BERKAT GURU SPIRITUAL, GONZALES SUKSES CETAK GOL



Kesuksesan Christian Gonzales dalam membawa kemenangan tim merah putih pada laga Leg Pertama Semifinal Piala AFF dengan skor 0-1 melawan Philipina ternyata tidak lepas di peran guru spiritualnya di Gresik Jawa Timur. Sebelum berlaga, Gonzales selalu meminum air khataman al-quran yang di berikan gurunya (17/12/2010.)

Adalah Nyai Nurhasanah, Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur di Desa Kebomas Kecamatan Kebomas Gresik. beliau adalah guru spiritual Christian Gonzales yang berhasil membawanya memeluk agama Islam pada bulan nopember 2008 lalu. saat itu, Gonzales tengah di rundung duka akibat larangan bermain selama 1 tahun oleh Komisi Disiplin PSSI karena memukul bek PSMS Medan, Erwinsyah Hasibuan.

Nyai Nur Hasanah selanjutnya membawanya memeluk agama Islam bersama dan membekalinya dengan berbagai macam kalimat dzikir agar selalu ingat kepada sang maha kuasa. tak hanya itu, Gonzales selalu di bekali air khataman Al-Quran untuk di minumnya sesaat sebelum bertanding.

Gonzales pun kemudian sukses meraih top skor pada musim kompetisi Liga Super 2009 bersama klub Persib Bandung dengan mencetal 14 gol. “Nama besar yang di raihnya saat ini hanyalah berkat dzikir kepada Allah SWT”, ujar Nyai Nur Hasanah.

Karena menganggap Nyai Nur Hasanah sebagai ibu angkatnya, pemain asal uruguay tersebut sering mengaji dan sholat di mushalla An-Nur yang sebagian besar biaya pembangunannya di tanggung Christian.

Menurut Nyai Nur Hasanah, pada setiap hari raya Idul Fitri, Christian Gonzales di pastikan melaksanakan shalat di mushalla An-Nur bersama istrinya, Eva Nurida Siregar.

hingga saat ini, Nyai Nur Hasanah terus mengirimkan air khataman al-quran pada Christian termasuk untuk laga Leg kedua Semifinal Piala AFF pada 19 Desember mendatang.(86)
Selengkapnya...

BABAT DIARAHKAN JADI KAWASAN PERDAGANGAN DAN JASA REGIONAL



Kecamatan Babat kedepan akan ditingkatkan fungsi dan perannya sebagai kawasan pengembangan perdagangan dan jasa skala regional. Selain itu, kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban dan Bojonegoro ini akan dijadikan sebagai pusat pengembangan industri kecil menengah untuk mendukung perannya sebagai pusat perdagangan dan jasa.

“Kecamatan Babat memiliki sejumlah karakteristik unik sehingga posisinya menjadi penting dalam perkembangan Lamongan. Selain sebagai kecamatan kedua dengan penduduk terbesar setelah Kecamatan Lamongan, wilayah ini perkembangan perekonomiannya sangat pesat. Karena itulah perkembangan kedepan Kecamatan Babat perlu diatur dalam sebuah Rencana Detail Tata Ruang Kawasan (RDTRK), “ ujar Kepala Bappeda Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka seminat terkait RDTRK tersebut, Selasa (14/12) di Ruang Sabha Dyaksa Pemkab setempat.

Mengantisipasi perkembangan Kecamatan Babat itu, lanjut dia, RDTRK diperlukan agar tidak terjadi keruwetan di masa mendatang. “Bukan hanya di masa sekarang, namun juga di masa mendatang diperlukan pembangunan yang berkelanjutan terutama untuk Kecamatan Babat, “ kata dia dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Jatim Budi Susilo dan Kepala Dinas PU Cipta Karya Lamongan Agus Suyanto itu.

Menurut Budi Susilo, di Jatim ada dua kabupaten yang menerima bantuan teknis pembuatan RDTRK. Yakni Kecamatan Babat di Lamongan dan RDTRK Perkotaan di Kabupaten Jombang. “RDTRK ini sebagai tindak lanjut RTRW yang nantinya akan terkait izin pemanfaatan lahan. Serta sebagai alat kendali pembangunan dan investasi suatu wilayah perkotaan, “ urai dia.

Untuk mendukung kebutuhan perkembangan Babat, ada sejumlah rencana pengembangan sarana dan prasarana, diantaranya rencana sistem jaringan listrik. Berdasar standard kebutuhan listrik, hingga tahun 2030 kebutuhan listriknya diperkirakan untuk perumahan mencapai 21.129 KVA. Untuk perdagangan dibutuhkan 8.452 KVA dan untuk fasilitas umum dibutuhkan 6.339 KVA. Kebutuhan ini akan diantisipasi dengan mengoptimalkan jaringan distribusi yang ada dengan system interconnected Jawa-Bali.

Di Babat juga ada sejumlah tujuan pariwisata yang bisa dikembangkan. Seperti Desa Puncakwangi yang memiliki tebing terjal dan tajam sehingga bisa dikembangkan sebagai tujuan panjat tebing. Termasuk adanya enam waduk dan embung yang bisa dimanfaatkan sebagai kolam pemancingan dengan penambahan sejumlah fasilitas.
Selengkapnya...

GRESIK SAMBUT ONE BILLION INDONESIAN TREES



Bupati Gresik, Dr. Ir. Sambari Halim Radianto, ST, M.Si mencanangkan Program Nasional gerakan one billion Indonesia Trees (OBIT) atau gerakan penanaman 1 milyar pohon, dengan menanam bibit pohon pelindung di Desa Sekarkurung, Kebomas Greik, Selasa (14/12). Pencanangan ini diikuti oleh Wakil Bupati Gresik, segenap Muspida Gresik dan Pejabat Pemkab Gresik beserta masyarakat sekitar lokasi.

OBIT atau One Billion Indonesian Trees adalah gerakan nasional menanam pohon yang di cangakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai upaya menghijaukan kembali Bumi dalam mengatasi global warming yang sedang terjadi saat ini. Kegiatan ini serentak di lakukan di seluruh kota di Indonesia termasuk di Kabupaten Gresik yang pencanangannya di lakukan hari Rabu 14 Desember 2010 di Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas yang di lakukan oleh BUpati dan Wakil Bupati Gresik.
Dalam sambutannya Bupati mengharapkan kepada seluruh masyarakat, agar menjaga pohon-pohon itu untuk bisa tumbuh dan besar. Bupati juga menggagasagar dalam menjaga dan merawat pohon tersebut melibatkan para RT,” kiranya perlu melibatkan RT dan seluruh warganya dengan membagi perkapling untuk bertanggung jawab pada kelestarian pohon disetiap bagian kaplingnya masing-masing. Kami merencanakan untuk memberikan reward kepada RT apabila pohon yang ada di kaplingnya itu hidup dan tumbuh 100%” ujarnya.
Satu hal yang penting untuk Gresik terkait program penanaman pohon ini yaitu agar lebih mengintensifkan penghijauan disekitar industri. Terutama di wilayah Gresik, Kebomas, Manyar, Menganti, Driyorejo dan Wringinanom. Misalnya penghijauan di sepanjang jalan Darmo Sugondo dan Mayjen Sungkono.”tapi jangan memilih tanaman buah-buahan dan holtikultura, karena kalau berbuah nantinya akan membahayakan anak-anak” tambahnya.
Terkait prgram OBIT ini, Kepala Dinas Prtanian Ir. Agus Joko Waluyo menyatakan, sampai akhir 2010 nanti pihaknya akan dan telah menanam 73.200 batang pohon untuk seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Dukungan pengadaan bibit pohon itu didapat dari berbagai pihak yang rinciannya, 42.000 dari Balai Pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Solo, 12.200 batang dari APBD Gresik, 16.000 dari PT Petrokimia Gresik dan 3000 batang dari AMPI.
Adapun jenis pohon yang ditanam pada program Nasional OBIT kali ini antara lain, jati, mahoni, akasia, trembesi, Matoa, rambutan, sukun, nangka, jambu merah, mangga dan malaba (jenis tanaman pantai). “penanaman jenis pohon ini juga disesuaikan dengan keadaan tanah setempat serta lokasinya. Misalnya untuk buah tidak mungkin ditanam di pinggir jalan. Sesuai arahan Bupati tadi” tambah Agus.
Untuk program penanaman tahun 2011, Dinas Pertanian telah membentuk 18 kebun bibit rakyat (KBR) yang terletak di 18 lokasi di 18 desa. Masing-masing KBR ini mampu berpoduksi sebanyak 50.000 batang bibit mahoni dan jati, serta 5000 batang bibit trembesi. Dengan demikian pada tahun 2011 nanti kami telah menyiapkan sekitar 990.000 batang bibit tanaman penghijauan yang akan ditanam diseluruh wilayah Kabupaten Gresik” pungkasnya.

Sementara itu, PT Petrokimia sebagai salah satu perusahaan BUMN juga turut andil dengan menyumbang 16.000 pohon tediri dari bibit Mahoni, Tanjung, Trembesi, Mangga dan Jambu. Sehingga selama tahun 2010 saja, PT Petrokimia Gresik telah melakukan penanaman sejumlah 100.000 pohon untuk program penghijauan.

Selanjutnya, PT Petrokimia Gresik berencana menghijaukan Gresik dengan menyumbang 225.000 pohon pada tahun 2011 mendatang. Gerakan ini akan di lakukan secara berkesinambungan ke seluruh pelosok Gresik.(86)
Selengkapnya...

BERWISATA ALAM SAMBIL MEMANEN STRAWBERRY


Kebun strawberry milik Nasir Sumardi, warga Desa Kalisoro, Tawangmangu Karanganyar, Jawa Tengah, berada di tengah-tengah perbukitan dengan pemandangan yang indah. Di kebun seluas 3000 meter persegi itulah, Anda diberi kesempatan untuk memetik buah strawberry sepuasnya.

Cara memetik strawberry, terbilang cukup mudah. Namun Anda harus ekstra hati-hati, saat memetik buah yang kaya vitamin C tersebut. Pasalnya tanaman strawberry sangat rapuh. Cara memetik yang aman adalah dengan mematahkan batang buah, menggunakan kuku jari Anda. Dengan cara yang benar, Anda akan mendapatkan buah strawberry yang utuh dan segar.

Wisata di kebun strawberry ini, sangat digemari oleh anak-anak. Selain bersenang-senang, mereka juga belajar bagaimana memanen strawberry dengan benar.

Menurut sejumlah pengunjung, wisata alam ini selain untuk bersenang-senang, juga berguna untuk mengajarkan kepada anak-anak untuk semakin mencintai dan menghargai alam. Dengan mencintai alam, anak-anak ini juga belajar untuk mensyukuri pemberian yang maha kuasa.

Wisata kebun strawberry ini, dibuka sejak tahun 2001 silam. Pengalaman Nasir saat berkunjung ke kebun strawberry sejenis di kota Batu, Malang, Jawa Timur, meng-ilhaminya untuk mencoba mengembangkannya di Tawangmangu. Dengan membuka wisata petik strawberry, Nasir mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan dengan hasil penjualannya langsung ke tengkulak. “Cara ini lebih menguntungkan dan bermanfaat edukasi”, ujar Nasir.

Anda hanya harus membayar sebesar Tiga Puluh Ribu Rupiah per kilogram, untuk buah strawberry yang dipetik sendiri. Namun untuk buah strawberry yang sudah dikemas, Anda cukup membayar Sepuluh Ribu Rupiah per kilogram. Buah yang sudah ditimbang dan dibayar, bisa langsung dinikmati.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba, mengajak keluarga untuk berwisata ke kebun ini. Dengan pemandangan yang indah, udara segar, serta edukasi yang ditawarkan, Anda sekeluarga akan mendapatkan liburan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat.(86)
Selengkapnya...

HAMPIR 10% PESERTA TES CPNS TIDAK HADIR



Hingga pelaksanaan tes, ternyata masih ada peserta tes CPNS yang tidak hadir saat pelaksanaan test pada Minggu, 12 Desember 2010.

Dari 5190 peserta yang terdaftar, yang hadir dan ikut test sebanyak 4748 peserta. Sedangkan yang tidak hadir 442 peserta. “Kurang dari 10%” demikian keterangan yang disampaikan Kepala BKD, Drs. Saputro melalui kabag Humas Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya disela mendampingi Bupati Gresik melakukan sidak tes CPNS. Dari jumlah peserta tersebut tersebar di 293 lokal (ruang) dalam 14 lembaga (sekolah).

Ada 2 tempat yang di sidak Bupati Gresik, Dr. Ir. Sambari Halim Radianto, ST. M.Si yaitu di SMP Negeri I Gresik dan di SMA Negeri I Gresik. Mula- mula Bupati yang didampingi oleh Wakil Bupati, Drs. Mohammad Qosim, M.Si dan PLT Sekda Gresik, Ir. Moh Najib memulai sidak di SMP Negeri I Gresik. Di sekolah yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto ini Bupati meninjau pelaksanaan test untuk 12 lokal yaitu sekitar 240 peserta tes CPNS. Sedangkan di SMA Negeri I Gresik ada sekitar 24 lokal yaitu sekitar 480 peserta.

Dalam keterangannya Bupati menyatakan bahwa pelaksanaan tes berjalan tertib, aman dan lancar “sampai saat ini tidak ditemukan hal-hal yang menghambat. Tentang ada beberapa peserta yang sedikit terlambat, Panitia memberikan toleransi waktu 15 menit. Hal ini mengingat ada peserta dari luar kota.” Ujarnya. Terkait adanya kekhawatiran tentang kebocoran soal, Bupati menegaskan,” saya jamin tidak ada kebocoran soal pada test CPNS kali ini”.

Sementara ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Airlangga (LPPM Unair), Joko Agus menjelaskan, jumlah seluruh soal 100 yang terbagi dalam 3 macam tes yaitu Pengetahuan Umum, Bakat Scholastik dan Kematangan. “Masing-masing ada waktunya” ujar Agus.

Bakar Soal Pasca Test
Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, Panitia Tes CPNS tahun 2010 langsung memusnahkan soal-soal tes CPNS selepas berlangsungnya tes. Selepas menandatangani berita acara yang dilakukan oleh Ketua LPPM Unair dan Kepala BKD Pemkab Gresik, Drs. Saputro maka prosesi pemusnahan dilakukan dengan cara membakar sampai habis yang dilaksanakan di belakang kantor Bupati Gresik, Minggu (12/12) mulai jam 13.00.

Dalam keterangannya Saputro menjelaskan, seluruh berkas soal tes CPNS baik yang sudah terpakai maupun yang tidak terpakai (cadangan) semuanya langsung dimusnahkan dengan dibakar. Pembakaran juga dilakukan pada berkas lembar Jawaban komputer yang tidak dipakai. Pokoknya tidak ada yang tersisa. Untuk itu kami beserta seluruh unsur terkait dari LPPM Unair, Polres Gresik dan beberapa rekan lain ikut menjadi saksi pada proses pembakaran ini, “kami akan menjaga pembakaran ini sampai seluruh berkas menjadi abu”ujarnya. (sdm, Humas Pemkab Gresik)
Selengkapnya...

BATIK GITAR YANG BERNUANSA KE-INDONESIA-AN



Penetapan batik sebagai budaya Indonesia oleh Unesco ternyata melahirkan banyak kreasi baru berbahan kain asli indonesia. Salah satunya, seperti dilakukan oleh Indro warga kawasan Pucangsawit, Solo, Jawa Tengah, yang berhasil memproduksi gitar batik. Karena dianggap unik, kreasi ini langsung disambut antusias masyarakat, sehingga, tak kurang dari 50 buah gitar batik setiap bulannya harus dibuat untuk memenuhi pesanan dari berbagai kota di tanah air.

Awalnya, hanya di pameran-pameran kerajinan seperti inilah, kreasi gitar batik mulai diperkenalkan kepada masyarakat umum. Karena dianggap unik, setiap kali dipajang, gitar batik ternyata langsung menarik perhatian warga, terutama para pengunjung pameran.

Secara fisik, gitar ini memang tidak berbeda dengan kebanyakan gitar lainnya. Namun, balutan kain batik khas solo di hampir semua bagiannya, menjadikan gitar ini tampil lebih menarik dan bernuansa khas indonesia.

Demam penetapan batik sebagai hasil budaya Indonesia mampu mendorong Indro untuk kembali menggali dan merealisasikan ide lamanya. Awalnya, hanya untuk ikut memeriahkan penetapan tersebut dan mensosialisasikan batik kepada masyarakat umum, terutama kalangan generasi muda.

Sambutan masyarakat terhadap kreasinya tersebut ternyata sangat luar biasa, sehingga, pesanan justru terus berdatangan. Tak hanya dari dalam kota, namun juga dari berbagai kota di tanah air.

Dalam sebulan, setidaknya, 50 gitar batik harus dibuatnya untuk memenuhi pesanan tersebut. Karenanya Indro yang hanya lulusan sebuah SMU kini telah mempekerjakan lebih dari 20 karyawan .satu gitar batik biasanya dijual dengan harga antara 250 hingga 350 Ribu Rupiah.

Pembuatan gitar batik ini sebenarnya tidak banyak berbeda dengan gitar biasa. Perbedaannya, hanya pada bagian finishing atau penyelesaian gitar tersebut. Jika gitar biasa hanya dicat pada finishingnya, namun, pada gitar batik, finishing dilakukan dengan membalut gitar dengan kain batik.

Meski terlihat mudah, pembalutan ini ternyata memerlukan keahlian tersendiri, karena, proses penempelan lem hanya bisa dilakukan satu kali atau tidak bisa diulang. Karenanya, jika tidak hati-hati, kain batik akan rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Indro mengaku, kerajinan gitar ini sebenarnya sudah dijalaninya secara turun temurun. Berbagai pasang surut pun dialaminya, termasuk terpaan krisis ekonomi yang membuat omset penjualan gitar hasil kerajinannya terus menurun. “Alhamdulillah, hingga kini masih bias bertahan dan mampu melanjutkan warisan orang tua”, ujarnya.

Namun, berkat kreasinya berupa gitar batik ini, omset penjualannya pun sedikit demi sedikit terdongkrak kembali. Dengan begitu, bapak berusia 38 tahun tersebut tidak lagi merasa kesulitan untuk menghidupi 20 karyawannya.(86)
Selengkapnya...

NUGGET IKAN LELE YANG GURIH



Nama ikan Lele sudah tidak asing lagi. Namun pernahkah anda menikmati Nuget Lele. Di Rumah Makan Punokawan Jalan Gatot Subroto Kota Binjai, Sumatera Utara, ikan Lele di olah menjadi nuget hingga menjadi menu andalan diantara masakan khas jawa lainnya yang ada di Sumatera.

Nugget merupakan salah satu bentuk breaded yaitu bentuk olahan ikan yang dicelupkan dalam better kemudian dilumuri dengan tepung roti dan digoreng cepat. Apalagi Ikan lele merupakan mempunyai citarasa yang khas dan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Proses pembuatan nuget Lele, terbilang sederhana, namun harus dengan satu syarat, yakni ikan Lele yang harus berukuran besar. Setelah di bersihkan, kulit ikan Lele kemudian di kupas dan diambil dagingnya.

Selanjutnya daging ikan Lele di campur dengan tepung, dan berbagai bumbu lainnya seperti bawang, merica, telur dan garam. Selanjutnya dagung di goreng hingga garing.

Ide pembuatan nuget Lele ini berawal ketika, Adi Maryadi pemilik rumah makan, melihat banyak ikan Lele yang berukuran besar tidak begitu diminati oleh masyarakat. Adi Maryadi mencoba menjadikan nuget Lele sebagai menu istimewa di rumah makan miliknya. Ternyata sambutan masyarakat sangat besar.

Menurut Adi Maryadi, karena rasanya yang gurih, masyarakat yang sebelumnya tidak suka makan ikan Lele, tidak akan mengetahui jika nuget Lele berasal dari ikan Lele.

Diluar dugaan, nuget Lele sangat dimintai masyarakat, bahkan sejumlah wisatawan asing yang datang mencoba menu ini.

Jika anda tengah berada di kota Binjai, tidak ada salahnya mencoba menu yang satu ini. Selain nikmat, harga satu porsi nuget Lele juga cukup terjangkau hanya 15.000 Ribu Rupiah.(86)
Selengkapnya...

TANEAN LANJENG, RUMAH ADAT MASYARAKAT MADURA



Masyarakat Madura di kenal sebagai masyarakat yang memnjungjung tinggi tali kekerabatan. Simbol-simbol yang mendukung hal ini, bisa di lihat dari rumah adat yang sebagian besar masih terpelihara dengan rapi di berbagai pelosok di Madura, seperti yang terdapat di desa pamaroh kecamatan kadur pamekasan Madura.

Halaman panjang atau yang terkenal dengan sebutan Tanian Lanjang adalah bukti kekerabatan masyarakat Madura. Tanian Lanjeng terbentuk karena sejumlah rumah di tata berjejeran dengan rumah induk yang berada di tengah-tengah.

Rumah induk ini biasanya, di tandai dengan jengger ayam di atapnya. Rumah induk, ditempati orang tertua pada keluarga tersebut. Orang tertua ini kemudian di sebut kepala somah. Ibarat raja kecil, kepala somahlah yang menguasai semua kebijakan keluarga, terutama menyangkut masalah perkawinan.

Rumah adat Madura, hanya memiliki satu pintu di depan. Hal ini dimaksudkan, agar pemilik rumah, dapat mengontrol aktifitas keluar masuk keluarga. Pintu ini dihiasi ukiran-ukiran asli Madura, dengan warna hijau dan merah, lambang kesetiaan dan perjuangan.

Sebuah lukisan bunga, juga tampak menghiasi dinding depan rumah. Lukisan ini, menggambarkan keharmonisan keluarga, sebuah impian rumah masa depan yang bahagia.

Di samping kanan dan kiri rumah induk, di bangun rumah untuk anak-anaknya. Anak tertua, menempati rumah sebelah kanan. Sedangkan yantg lain, menempati rumah sebelah kiri. Biasanya, rumah induk, di tandai dengan hiasan 2 cengger ayam yang ada di atas atap, dengan posisi berhadapan, mirip batu nisan sebuah makam. Hiasan ini mengingatkan penghuni rumah pada kematian, yang pasti di jalani oleh setiap mahluk hidup. Di bagian dalam rumah, berdiri 4 buah pilar penyanggah yang tampak kokoh. Pilar-pilar ini, terhubung satu dengan lainnya, sehingga membentuk sebuah bujur sangkar. Pilar-pilar ini, kemudian di sebut dengan pilar pasarean.

Sejumlah perabotan keluarga, juga masih tampak terpelihara di bagian dalam rumah ini. Di antaranya, sebuah bayang besar, terbuat dari kayu jati dengan ujung sebelah kiri lebih tinggi, yang berfungsi mengganjal kepala, agar bisa ber-isitirhat, melepas kepenatan tubuh.

Tampak pula sebuah tombak tradisional Madura yang masih terpelihara dengan baik. Tombak ini merupakan senjata tradisionil Madura, dalam mempertahankan ke utuhan keluarga.

Setiap rumah data, di lengkapi dengan sebuah surau. Surau ini, disamping berfungsi sebgai tempat sholat, juga menjadi tempat bagi Kepala Somah, untuk memantau orang-orang yang keluar masuk halamannya. Orang Madura menyebut surau ini dengan langgar.

Atap surau adat, menggunakan daun ilalang yang membentang memayungi penghuninya dari air hujan dan sengatan matahari.
Selengkapnya...

TIPS SEHAT MENONTON TELEVISI DENGAN “4P”



1.PELETAKAN TELEVISI yang baik
Jarak menonton yang sehat adalah 5 kali lipat dari panjang diagonal layar televisi. Jika televisi berukuran 14 inch, maka jarak aman untuk menonton televisi adalah 70 inch (14 x 5 = 70) tepat di depan televisi. (1 inch = 2,54 cm).

2.PERSIAPKAN JADWAL menonton televisi
Maksimal durasi waktu yang tepat untuk menonton televisi adalah dua jam. Jangan sampai seluruh waktu Anda dihabiskan untuk menonton televisi. Untuk itu, diperlukan perencanaan mengenai tayangan mana yang akan ditonton pada hari itu. Dengan demikian, waktu Anda juga tidak terbuang untuk mencari-cari tayangan mana yang layak untuk Anda tonton saat itu.

3.PERHATIKAN KATEGORI tayangan
Tidak semua program layak ditonton untuk semua usia. perhatikan setiap kategori yang ada pada setiap tayangan, seperti SU ( Semua Umur ) yang berarti tayangan layak ditonton oleh semua kalangan usia, BO ( Bimbingan Orangtua ) di mana diperlukan bimbingan orang tua dalam menyaksikan tayangan yang biasanya disaksikan oleh anak-anak, R ( Remaja ), dan D ( Dewasa ). Hal ini akan
mengurangi dampak-dampak menonton televisi yang tidak diinginkan.

4.PERBINCANGKAN MAKNA dan PESAN tayangan
Perhatikan setiap pesan dan makna yang terkandung dalam sebuah tayangan. Diskusikan dengan keluarga atau kerabat, apakah ada makna positif yang terkandung dalam tayangan dan apakah tayangan yang Anda tonton layak untuk
terus ditonton. Kritisi hal tersebut dan jangan biarkan tayangan yang buruk mempengaruhi kehidupan Anda.

di sadur dari: http://remotivi.blogspot.com
Selengkapnya...

KERAJINAN LUKIS DAUN BODHI YANG EKSKLUSIF



Keindahan dan kemegahan Candi Borobudur ternyata membuat seorang pengrajin di Desa Bumi Segoro, Borobudur, Magelang. Terinspirasi untuk menciptakan sebuah kerajinan lukis diatas sebuah daun bodhi yang indah dan unik.

Ditangan Muhzadin (39 th), kerajinan lukis daun bodhi tercipta. Menurutnya ide awal pembuatan kerajinan ini, lantaran banyaknya pohon bodhi yang tumbuh disekitar kompleks Candi Borobudur, seketika itu dirinya terinspirasi untuk meciptakan kerajinan tersebut.

“Awalnya daun bodhi hanyalah sampah yang tak berguna, dan sekarang sudah menjadi permata”, ujar Muhzadin.


Untuk proses pembuatanya pun sangatlah sederhana, pertama daun bodhi pisahkan dari ranting, kemudian direndam mengunakan lumpur selama 1 bulan. Proses ini bertujuan untuk pembusukan agar mendapatkan sisa serat-serat daun. Selanjutnya daun bodhi dikeringkan.

Proses berikutnya, daun bodhi di lukis menguankan sebuah pola dari kertas, seperti pola patung Budha, Candi Borobudur, Stupa hingga patung Ganesa. Lalu diselesaikan dengan menggambar secara manual mengunakan spidol.

Untuk mempercantik tampilan, daun bodhi dicelupkan ke dalam tinta pewarna. Setelah itu ditempel ke sebuah kertas bersamaan dengan daun bodhi yang sudah dilukis. Dan kerajinan lukis daun bodhi pun siap dipasarkan.

Untuk 1 buah kerajinan lukis daun bodhi, Muhzadi menjual sekitar Rp.10.000,- hingga 50 Ribu Rupiah tergantung besar kecil dan tingkat kesulitan. Untuk pemasaran kerajinan ini meliputi kawasan wisata Candi Borobudur, Jogjakarta hingga Bali.(86)
Selengkapnya...

MENIKMATI SEJUKNYA ALAM PEGUNGUNGAN SAMBIL BERMAIN BERSAMA IKAN DEWA



Di kolam Cibulan, pengunjung dapat merasakan kejernihan dan kesejukan mata air pegunungan dengan berenang bersama komunitas ikan dewa yang dipercaya istimewa dan membawa berkah.

Obyek wisata Cibulan terletak di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jabar, sekitar 28 kilometer sebelah selatan Kota Cirebon atau 7 kilometer di utara Kota Kabupaten Kuningan. Kolam Cibulan merupakan salah satu obyek wisata tertua di Kuningan dan terletak di kaki gunung Ciremai. Tempat tersebut diresmikan sebagai tempat rekreasi pertama kali pada hari Minggu, 27 Agustus 1939.

Di dalamnya terdapat dua kolam besar berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran panjang 35 meter dan lebar 15 meter dengan kedalaman air sekitar 2 meter. Kolam kedua berukuran 45 x 15 meter persegi yang banyak di huni puluhan ikan dewa yang jinak.

Legenda ikan dewa yang dikenal ratusan tahun silam, menjadi daya tarik tersendiri di kolam pemandian
Cibulan dilereng gunung Ciremai hingga menjadi pilihan bagi banyak wisatawan, terutama saat liburan. Konon, ikan dewa tersebut adalah prajurit-prajurit yang membangkang kepada Prabu Siliwangi yang kemudian dikutuk menjadi ikan.

Para pengunjung yang datang bersama keluarganya, dapat membuktikan rasa penarasannya untuk melihat sosok ikan dewa. Bahkan, mereka bisa berenang, sekaligus bermain bersama ikan yang dikeramatkan tersebut. Disamping pula menikmati suasana alam pegunungan yang asri dan beberapa permainan yang ekstrim seperti out bond.

Keistimewaan lain yang dimiliki Cibulan adalah keberadaan tujuh mata air yang dikeramatkan bernama Keramat Sumur Tujuh di sudut barat obyek wisata tersebut. Tujuh mata air berbentuk kolam-kolam kecil bernama Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pangabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Tujuh mata air itu terletak mengelilingi sebuah petilasan keramat Prabu Siliwangi berupa susunan batu seperti batu menhir dan dua patung harimau loreng, lambang kebesaran Raja Agung Pajajaran.
Selengkapnya...

MENIKMATI TIWUL DENGAN IRINGAN MUSIK SITER



Nikmatnya sebuah masakan, tidak hanya berasal dari rasanya semata saja, tapi bisa juga dengan suasana yang beda. Seperti salah satu warung makan di Ponorogo Jawa Timur, yang menghadirkan nuansa serba Jawa. Mulai menu masakan, hingga iringan musik live, semuanya serba Jawa. Pengunjungpun serasa dimanjakan dengan tradisi Jawa klasik.

Keramaian salah satu warung makan di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, sudah menjadi pemandangan sehari-hari. Pengunjung yang masuk akan langsung disuguhi penampilan live musik gumbengan, salah satu musik khas Jawa, dengan perlengkapan siter, kendang dan gumbeng, atau alat musik tiup dari bambu besar. Live musik ini, lengkap dengan yogo, atau pemain musik, dan sinden atau penyanyinya.

Menu yang disuguhkan pun adalah masakah khas Jawa. Salah satu menu andalannya, adalah nasi tiwul dengan bahan utama gaplek yang terkenal saat paceklik melanda negara ini. Semuanya disuguhkan ala prasmanan. Pengunjung pun bisa memilih dan mengambil sendiri lauk, sayur dan sambal, khas Jawa. Seperti aneka tempe bacem, tahu bacem, pepes, sayur terung, sayur daun ketela dan aneka sayur lainnya. Juga sambal khas Jawa yang pedas, seperti sambal bawang, sambal tomat, dan sambal kecap.

Namun, bagi pengunjung yang tidak menyukai masakan Jawa, tidak perlu khawatir. Warung makan ini juga menyiapkan menu modern. Seperti hot dog, hot plate, aneka steak, hingga humberger. Untuk menu ini, pengunjung tidak bisa mengambil prasmanan, namun harus pesan.

Sambil makan, pengunjung bisa menikmati live musik khas Jawa. Suasana ini sangat mengasikkan. Selain itu, menu makanan dibandrol dengan harga ekonomis. Untuk satu porsi makanan Jawa lengkap dengan sayur dan lauknya, maksimal hanya 12 Ribu Rupiah.

Nampaknya, pemilik warung makan ini mencoba menampilkan konsep restoran dan hotel berbintang, di warung kampungan. Suguhan musik Jawa, sengaja ditampilkan untuk memanjakan pelanggan dan pecinta masakan Jawa, dengan harga ekonomis. “Warung ini menyuguhkan resep Jawa tradisional dengan konsep modern”, kata agus, salah seorang pelanggan.
Selengkapnya...

7 MAKANAN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH



Pintar-pintarlah memilih makanan agar stamina tubuh terus terjaga. Ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan para ahli untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Yoghurt
Probiotik yang terkandung dalam yoghurt menghasilkan antibiotika alami yang membantu keutuhan mukosa usus, proses metabolisme serta meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Gandum
Gandum mengandung beta-glucan, jenis serat yang berperan sebagai antimikroba dan antioksidan. Selain meningkatkan antibodi tubuh, konsumsi makanan ini akan mempercepat proses penyembuhan dan membantu antiobiotik bekerja lebih baik.

3. Bawang putih
Berbagai literatur merekomendasikan bawang putih sebagai jenis bahan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan. Bawang putih mengandung allicin yang efektif melawan infeksi dan bakteri. Sebuah studi juga menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi bawang putih risikonya 30 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

4. Ikan
Selenium yang banyak terdapat pada ikan akan membantu sel darah putih memproduksi protein sitokin yang akan mengusir virus flu keluar dari tubuh. Ikan salmon, makarel, atau ikan laut dalam lain kaya akan omega-3 yang efektif mengurangi inflamasi, meningkatkan sirkulasi dan melindungi paru-paru dari infeksi.

5. Teh
Orang yang minum 5 cangkir teh hitam setiap hari selama dua minggu diketahui memiliki interferon 10 kali lebih tinggi dalam darahnya dibanding orang yang tidak minum teh. Interferon adalah pelawan virus. Selain itu, teh juga mengandung asam amino L-theanin, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan daya tahan tubuh. L-theanin ini ditemukan pada teh hijau atau teh hitam.

6. Semangka
Kaya akan air dan menyegarkan, semangka masak juga memiliki banyak antioksidan yang kuat, glutathione. Dikenal untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi infeksi, glutathione ditemukan dalam daging seperti daging buah merah di dekat kulit itu.

7. Tiram
Tiram tak hanya merupakan sumber besar aphrodisiac, yang merupakan substansi yang meningkatkan hasrat seksual. Ia juga memiliki manfaat yang besar pada sistem kekebalan tubuh. Tiram memiliki sejumlah zat seng. Kadar seng yang lebih rendah dalam tubuh terkait dengan ketidaksuburan laki-laki.
Selengkapnya...

PESONA KAMPUNG ADAT GURUSINA


Pulau Flores selain memiliki sejumlah obyek wisata alam yang menarik, juga memiliki aset wisata budaya yang hingga kini masih terus terpelihara dengan baik. Salah satu aset wisata budaya yang masih terpelihara hingga kini, adalah perkampungan adat dengan kehidupan tradisionil. Namun sayang kampung adat tersebut belum banyak diketahui dunia luar karena kurangnya promosi.

Obyek wisata perkampungan adat Gurusina Di Desa Watumanu, Kecamatan Jerebu'u, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, sebanrnya memiliki daya tarik tersendiri, di banding obyek wisata pada umumnya.

Keunikan perkampungan adat Gurusina ini misalnya, selain dilatari dengan gunung ineria, juga dalam lokasi pemukiman, seluruh rumah adat terbuat dari bambu dan atap alang-alang.

Sedangkan di beberapa rumah induknya, terdapat hiasan rumah di atas atapnya. Hiasan rumah di atas atap ini menandakan bahwa rumah adat ini merupakan rumah adat utama.

Pada bagian depan setiap rumah adat juga, terdapat pajangan tanduk kerbau. Tanduk kerbau ini menandakan kejayaan dan kebesaran akan harta dan kekayaan setiap warga penghuni rumah adat disini.

Selain itu lantai rumahnya pun tanpa semen, melainkan menggunakan pelepah bambu. Dan di setiap papan penyangga lantai terdapat ukiran berbentuk bunga dan binatang.

Keunikan lainnya pada rumah adat ini ialah, di setiap pintu utama tepatnya di bagian atas pintu masuk depan, diberi ukiran kayu dengan nama rumah.

Di kampung adat ini setiap warga lansia, sehari-hari mempunyai pekerjaan khusus, diantaranya memecahkan buah kemiri dan menjemur hasil bumi lainnya di halaman rumah.

Pada bagian tengah perkampungan adat Gurusina ini, terdapat tiga buah rumah kecil, yang bahan bangunannya sama persis dengan bahan bangunan rumah adatnya., fungsi dari ketiga rumah ini, adalah sebagai tempat penyimpanan harta benda serta kekayaan suku Gurusina.

Disamping itu pula, di tengah perkampungan ini juga terdapat tiga buah lopo yang dipercaya warga kampung Gurusina sebagai tempat peristirahatan para leluhur mereka.

Walaupun kampung adat Gurusina ini memiliki banyak keunikan, yang dapat ditawarkan kepada para wisatawan, namun sayang, aset wisata ini belum banyak diketahui wisatawan karena kurangnya promosi dari pemerintah setempat.
Selengkapnya...

NIKMAT SANTAP MALAM DENGAN BANDENG TELUR ASIN



Ikan bandeng bisa diolah menjadi beragam jenis masakan seperti makanan olahan bandeng telur asin tanpa duri, yang biasa digunakan sebagai hidangan makan malam. Bandeng telur asin ini merupakan perpaduan olahan antara ikan bandeng dan telur asin dengan sedikit rempah yang bisa menghangatkan tubuh.

Di sejumlah warung di kawasan Lingkar Barat-Sidoarjo, makanan olahan dari ikan bandeng kini bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan rasa. Salah satunya adalah bandeng telur asin tanpa duri yang kini menjadi makanan khas Sidoarjo yang disajikan sebagai hidangan di malam hari.

Bandeng telur asin tanpa duri ini merupakan makanan olahan perpaduan antara ikan bandeng dengan telor asin, yang diolah dengan menggunakan rempah dan bumbu pilihan .
Untuk memasak bandeng telur asin tanpa duri ini, melalui dua tahap pengolahan. Pertama, penggorengan ikan bandeng, menggunakan campuran telur ayam, tepung tapioka dan maizena serta sedikit bumbu.

Kedua, pengolahan bumbu, yang dibuat dari olahan telur asin yang dihaluskan dan digoreng dengan menggunakan mentega dan bumbu rempah, seperti bubuk merica, garam, pala dan kecap serta penyedap rasa. Setelah digoreng, ikan bandeng kemudian dipadukan dengan bumbu olahan telur asin, dan siap dihidangkan.

Biasanya, makanan bandeng telur asin ini disajikan sebagai hidang lauk makan malam. Selain rasanya yang gurih dan nikmat, makanan bandeng telur asin ini juga memberikan rasa hangat pada tubuh, karena campuran dari rasa rempahnya yang khas.

Untuk mendapatkan bandeng telur asin tanpa duri ini, penikmat kuliner hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Sepuluh Ribu Rupiah untuk tiap 1 ekor ikan.

Saat musim hujan seperti sekarang ini, bandeng telur asin tanpa duri banyak diminati dan dicari penikmat kuliner.

Hartono, salah seorang penjual bandeng telur asin mengatakan, dengan campuran rempah membuat rasa bandeng terasa khas dan mampu menghangatkan tubuh.

Karena kini dikenal menjadi makanan favorit, penikmat kuliner harus datang ke warung bandeng di kawasan Lingkar Barat Sidoarjo sebelum jam 9 malam. Karena makanan ini biasanya sudah habis terjual sebelum jam 9 malam, akibat banyaknya permintaan.
Selengkapnya...

MINTA WANITA PAMER DADA, WEBSITE TUAI KECAMAN



Sebuah website di Selandia Baru membuat heboh. Bagaimana tidak, website ini meminta agar para wanita di sana berpose bugil di bagian dada alias topless. Terang saja, website besutan NZGirl tersebut menimbulkan pro dan kontra.

Pengelola situs mengklaim mereka sedang melakukan penggalangan dana untuk memerangi kanker payudara. Untuk setiap lima puluh buah foto topless yang diposting, pihak situs bakal mendonasikan uang sejumlah USD 1.000.

"Kami ingin merayakan keberadaan pasangan yang cantik ini (payudara)" demikian tulis situs bersangkutan, seperti dikutip detikINET dari Stuff, Rabu (1/12/2010).

Dinyatakan dalam situs tersebut bahwa kesehatan payudara sangat penting, namun payudara sendiri sering dipandang sebagai hal tabu. Namun apa daya, situs itu terlanjur menuai kecaman. Beberapa pihak menilai, kampanye ini hanyalah kedok untuk meningkatkan trafik.

Seorang feminis di Selandia Baru melancarkan protes bahwa memamerkan payudara tidak ada kaitannya dengan kanker. Menurutnya lebih baik uang milik situs tersebut langsung didonasikan dan tidak malah jadi alat pembayaran bagi wanita yang pamer dada.

Menanggapi kecaman ini, pihak situs membantah semua tudingan yang dialamatkan pada mereka. Tee Twyford selaku editor NZGirl mengatakan semua itu dilakukan murni untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara. Menurutnya, meski banyak yang menentang, tidak sedikit pula yang mendukungnya.

"Beberapa orang melakukannya sebagai penghormatan pada orang yang telah terjangkit kanker," klaimnya. (Detik)
Selengkapnya...

SOUVENIR CANTIK DARI LIMBAH KACA



Terinspirasi dari sampah kaca yang melimpah namun tidak dimamfaatkan, Supardi warga Desa Sidodadi, Kecamatan Tempurejo Jember Jawa Timur, memamfaatkan limbah kaca menjadi aneka sovenir dan hiasan rumah tangga yang artistik. Selain murah dan ramah lingkungan, kerajinan hasil karyanya banyak diminati pembeli.

Sudah setahun lamanya, Supardi bergelut dengan limbah kaca. Di tangan bapak dua anak ini, limbah kaca disulap menjadi perabot rumah tangga ataupun souvenir menarik, mulai vas bunga berbagai ukuran, asbak serta hiasan dinding.

Sebelumnya, usaha yang pernah di rintis bersama istrinya, fatimah ini pernah berjaya di Denpasar, pada tahun 1996 lalu. Namun usahanya terus merosot pasca bom Bali, hingga akhirnya dihantam krisis keuangan global. Pasalnya, pemasaran hasil kerajinannya banyak di ekspor ke eropa.

Kondisi ini tak membuat mereka putus asa. Supardi kemudian memutuskan pulang kampung dan merintis ulang usahanya. Al-hasil, perabot limbah kaca mendapat sambutan positif dari pasar lokal Jember.

Membuat kerajinan limbah kaca tidaklah sulit, namun membutuhkan ketelatenan, serta sentuhan seni. Limbah kaca yang dibeli dari toko kaca maupun sampah keluarga ini dipotong kecil sesuai kebutuhan. Setelah melalui proses pemilihan warna yang serasi, potongan kaca ditempel dengan lem ke media yang ingin dibentuk, seperti gerabah vas bunga, tempat buah serta asbak.

Sehari, Supardi bisa menghasilkan sedikitnya 3 hingga 5 buah kerajinan, yang dijualnya dengan harga berkisar 15 Ribu hingga 300 Ribu Rupiah, tergantung ukuran.

Meski permintaan terus meningkat, namun karena keterbatasan modal, banyak pesanan yang tidak terlayani. “persoalan klasik inilah yang menjadi kendala satu-satunya”, ujar Supardi.

Pesanan berasal dari sejumlah kota di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang serta sejumlah kota di Bali.
Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...