ATRAKSI FEEDING BIRD DI MAHARANI ZOO LAMONGAN



Maharani Zoo and Gua Lamongan (MZL) punya atraksi baru untuk menarik pengunjung salah satu ikon wisata di Jatim tersebut. Atraksi yang atraktif itu adalah feeding bird atau memberi makan burung di dalam habitatnya.

Sejak diresmikan pada tahun 2009 lalu, MZL kini telah memiliki koleksi 350 hewan eksotis dunia dari 115 jenis spesies. Termasuk dalam koleksi MZL adalah sejumlah hewan albina (berpigmen kulit putih). Dan yang paling langka adalah jenis Singa Putih Afrika. “Bahkan Singapoore Zoo tidak memiliki singa putih ini, “ ungkap Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik.

MZL kini juga memiliki atraksi memberi makan burung parkit Sun Conure di dalam kandang besarnya. Atraksi ini menjadi salah satu unggulan MZL karena sangat atraktif. Atraksi ini memberikan sensasi pada pengunjung seolah memberi makan burung paruh bengkok dari Amerika Selatan ini din habitat aslinya.

Karena atraksinya dilakukan dalam kandang yang sangat luas lengkap dengan pepohonan yang rindang. Burung ini sendiri masuk dalam daftar sepuluh burung parkit tercantik oleh sejumlah pengamat, “ ujarnya.

Selain atraksi memberi makan burung, di MZL kini juga jangan heran jika melihat ada orang utan yang bebas berjalan-jalan di areal seluas 2,7 hektar tersebut. Karena orang utan bernama Soni itu juga bagian dari atraksi di sana. Pengunjung bisa dengan bebas berfoto dengan hewan enndemik Pulau Kalimantan itu.

MZL memiliki sejumlah hewan eksotis dari Negara Afrika Selatan, Amerika dan Republik Ceko Diantara binatang yang menjadi pusat perhatian adalah Singa Putih, Caracal dan Serval Cats dari Afrika Selatan serta hewan Coatimundi dari Republik Ceko.Pengunjung Mazoola, terutama dari kalangan pelajar akan bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan tentang dunia hewan yang tidak bisa ditemui di tempat lain. Karena hewan-hewan yang ada adalah hewan langka dan eksotis. Ini sesuai dengan konsep entertaintment and education yang disusung MZL.

Dia mencontohkan dua ekor Singa Putih (Panthera Leo) dari Afrika Selatan adalah singa albino. Kemudian dua ekor Caracal (Caracal caracal) yang juga sering disebut Kucing Lynx karena memiliki kemiripan dengan Kucing Lynx yang memiliki telinga unik berantena. Sementara Serval Cats (Leptallutus Serval) juga memiliki keunikan tersendiri. Karena jika tidak cermat, pasti akan mengira hewan ini Cheetah. ”Serval jika dilihat seksama memiliki pola binitk-bintik seperti Cheetah namun dengan ukuran tubuh lebih kecil dari Cheetah, ” trang dia.

Beberapa hewan baru tersebut yang berasal dari Afrika Selatan diantaranya Kudu, Blesbuck, Impala, Gemsbuck, Nyala dan Springbuck. Sementara yang berasal dari Benua Amerika seperti Lama, Ferret, Racoon, Zebra, Mini Horse dan Nilgai. Dari Republik Ceko hanya dua jenis binatang, yakni masing-masing tiga ekor Bennet Wallabies dan Coatimundi. Mazoola sendiri menempati areal seluas 2, 7 hektar yang berada tepat di seberang WBL.

Sementara Gua Maharani tetap dipertahankan kekesotisannya. Bahkan, untuk menambah daya tariknya, seusai keluar dari mulut gua, pengunjung Mazoola kini bisa menikmati wahana Geological. Wahana ini berisi koleksi bebatuan eksotis dari berbagai penjuru dunia.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...