Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

SOUVENIR CANTIK DARI PELEPAH PISANG



Berawal dari kepeduliannya terhadap lingkungan di sekitar rumahnya, Suci Luarni, seorang ibu rumah tangga, di gresik, mampu menghasilkan kerajinan aneka souvenir cantik, dengan memanfaatkan pelepah pisang. Usaha yang berawal dari hobi tersebut, kini mampu menciptakan lapangan kerja baru, karena produknya telah menembus pasar internasional.

Produk-produk cantik dan murah lingkungan tersebut di gagas oleh Suci Luarni (40 tahun), seorang ibu rumah tangga, warga Griya Kembangan, Kecamatan Kebomas, Gresik Jawa Timur yang telah menembus pasar dalam dan luar negeri, diantaranya Singapura, Perancis dan Italia.

Ibu rumah tangga yang telah lima tahun menekuni kerajinan pelepah pisang tersebut, telah menghasilkan beragam produk kerajinan, diantaranya kap lampu, kotak tisue, tas, sandal, tudung saji, kotal alat tulis kantor, piring, pigora, karya lukis pelepah pisang dan masih banyak lagi.

Suci Luarni, perajin, mengatakan, ide pembuatan souvenir cantik ini berawal dari melimpahnya bahan baku pelepah pisang, yang banyak tumbuh di sekitar rumahnya.

Namun, tidak semua pelepah pisang dapat digunakan, namun hanya dipilih pelepah pisang yang teksturnya terlihat indah dan kuat, diantaranya pisang gepok, pisang raja dan pisang ambon.

Proses pembuatannya diawali dengan pemilihan pelepah pisang yang telah dijemur hingga kering. Selanjutnya, pelepah pisang diambil bagian kulit arinya untuk ditempel dan dipanaskan dengan menggunakan solder hingga halus dan melekat.

Sebelum dipasarkan, barang setengah jadi tersebut dirapikan dan disemprot menggunakan melamine agar pelepah pisang mengkilat. Sedangkan, untuk tambahan asesoris, biasa menggunakan rotan sebagai pemanis.

Di tengah sulitnya ekonomi seperti sekarang ini, usaha yang berawal dari hobi ini, ternyata mampu menarik puluhan tenaga kerja warga di desanya.

Untuk mendapatkan produk kerajinan ini juga tidak terlalu mahal, karena cukup dijual dengan harga bervariaitf mulai dari Tiga Ribu Rupiah, hingga 300 Ribu Rupiah per bijinya.
Selengkapnya...

BATIK LENTE DENGAN MOTIF KERANG LAUT



Tak hanya kota Pekalongan atau Solo yang memiliki perajin batik khas kota tersebut. Kota Situbondo Jawa Timur juga memiliki batik khas kota santri bernaa Batik Lente yang di dominasi motif kerang laut dan daun bakau sebagai cirri khasnya.

Masyarakat Situbondo menyebutnya dengan “batik lente”. Sebab awal mula nenek moyang mereka membuat batik ini menggunakan lidi (bahasa madura lente). Seiring bergulirnya waktu, lidi pun diganti dengan canting batik.

Sentra pengraji batik lente berada di Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan. Meski sempat vakum sejak tahun 2002 lalu akibat musibah banjir bandang yang menerjang kawasan kota Situbondo hingga memporak porandakan usaha kecil mereka, Namun seiring perkembangan waktu, batik lente, lambat laun kembali menggeliat.

Konon, Nenek moyang mereka yang pertama kali membatik melihat potensi Situbondo yang hampir sebagian wilayahnya berada di kawasan pantai, menjadikannya sebagai ide motif batik. Di berilah motif batik Situbondo itu dengan gambar kerang dan daun bakau.

Harga perhelai batik lente di jual dengan harga variatif dari 150 Ribu hingga 250 Ribu Rupiah tergantung motif dan jenis kainnya.

Selain memenuhi permintaan dalam kota Situbondo, pemasaran batik lente juga merambah hingga ke Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Madura.

Untuk membuat batik lente hamper sama dengan membatik pada umumnya. Pertama membuat sketsa batik diatas kain putih. Kemudian sketsa itupun di batik. Usai kain dibatik. Langkah selanjutnya menghilangkan malam ( lilin cair) untuk membatik dengan mencucinya di atas air yang mendidih. Usai dibersihkan. Batikpun di keringkan di terik matahari sembari kain batik di bersihkan dari bercak bercak kotoran.

Corak dan motif batik lente sangat khas. Yakni menonjolkan motif kerang dan daun bakau yang tidak di temui di berbagai daerah lain. Hal inilah yang mendorong batik lente menjadi ikon tersendiri bagi kota Situbondo.
Selengkapnya...

RESEP ALAMI SEMBUHKAN STROKE



Mungkin resep alami berikut ini bisa mengurangi atau bahkan menyembuhkan penyakit stroke yang diderita beberapa orang.

Tahap pertama: Minum rebusan air seladri yang direbus bersama batang dan daun sebanyak satu genggam dari 3 gelas jadi 1 gelas. Diminum pagi hari selama 3 hari. Kegunaannya adalah untuk menstabilkan tekanan darah.

Tahap kedua: minum air perasan buah mengkudu yang matang atau sudah bisa diperas, sebanyak 2 sampai 3 buah. Peras dengan kain kasa dan masukan ke dalam gelas. Minum selama tujuh hari berturut-turut pagi hari.

Tahap ketiga: Makan rebusan labu siam sebagai lalapan dan bisa dicampur dengan mentimun.
Selengkapnya...

BEBEK GORENG SAMBAL KOSEK BIKIN BERKERINGAT



Menu yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Namanya Bebek Kosek. Ya, olahan daging bebek yang dicampur dengan rempah-rempah membuat daging bebek menjadi empuk dan gurih. Sementara pedasnya sambel kosek, bisa membuat citarasanya menjadi mantap.

Warung Bebek Kosek Mbok Bodrow, terletak di Jalan Ahmad Yani Kota Magelang, persis di tepi jalan utama Magelang - Yogyakarta yang berada di jalur wisata Candi Borobudur.

Meski daging bebek termasuk daging yang memiliki serat yang kasar dan keras, namun dengan cara memasak yang benar, tekstur daging bebek akan menjadi empuk. Dengan perpaduan bumbu rempah-rempah serta waktu memasak yang lebih lama, daging bebek bisa mencapai tekstur lembut yangdi inginkan. Termasuk citarasanya yang lebih gurih dengan aroma rempah Jawa yang khas.

Usai direbus atau dalam istilah jawa diungkep, daging bebek lalu digoreng, dengan rentan waktu yang tidak terlalu lama. Sebab jika terlalu garing, daging bebek bisa kembali keras.

Sementara sambel kosek dibuat dengan cabe rawit hijau yang dominan dibanding cabe keriting. Dengan bumbu bawang putih dan garam, sebagai penyedapnya, bisa Anda bayangkan, betapa pedasnya sambel ini!!

Cara menghidangkan menu bebek kosek adalah dengan meng-kosek-kosek kan sambel di atas daging bebek, makanya menu ini disebut bebek kosek. Daging bebek yang biasanya terkesan alot, tapi disini bebek gorengnya dagingnya sungguh lembut, ditemani sambel kosek yg sungguh mantap rasa pedasnya.

Perpaduan antara empuknya daging bebek dengan sambel yang super pedas, membuat citarasa yang beda dengan menu bebek biasanya. Apalagi, tempat makan yang berada di tepi sungai Kalimas juga menambah nuansa nyaman.

Harga menu bebek kosek juga cukup terjangkau. Dengan kocek Lima Belas Ribu Rupiah untuk satu porsi, sudah cukup untuk membuat Anda berkeringat menikmati bebek kosek plus nasi, sambal pedas dan lalapan serta segelas minuman. Asyik kan?
Selengkapnya...

SELLY YUSTIAWATI, PENIPU ULUNG FACEBOOK RAIH BANYAK PENGGEMAR



Selly Yustiawati (27 tahun) Setelah buron selama satu tahun, tersangka penipuan via facebook tersebut, akhirnya ditangkap polisi Bali di sebuah hotel di kawasan Kuta Bali. Tersangka sendiri membantah melakukan penipuan, dan uang yang selama ini didapatkan dari korbannya statusnya adalah pinjaman.

Namun di balik dari akhir petualangannya tersebut, nama Selly Yustiawati, mendadak terkenal dan menjadi buah bibir di jejaring Sosial Facebook yang selama ini menjadi tempatnya menguras uang korbannya.

Cewek berparas ayu yang bernama asli Rasellya Rahman Taher tersebut, mendadak terkenal dan memiliki banyak group di Facebook. Bahkan, jumlah penyukanya saat ini telah mencapai 48.825 Facebooker. Penyuka Selly bisa di lihat di sini PENIPUUUUUUUUUU SELLY YUSTIAWATI.

Selain memiliki banyak penggemar, Bermunculan beberapa Grups bertemakan Selly, seperti Selly Yustiawati, Cantik-cantik Penipu (186 Anggota) dan Group Korban Penipuan Facebook.


Khusus group yang terakhir yang berjumlah 47 orang adalah sebagian dari orang-orang yang selama ini telah tertipu oleh Selly.

Di samping memiliki penggemar dan Group, Status yang bertemakan Selly masih hangat di bicarakan dan menjadi isu favorit di Facebook dan Twitter.

Beragam reaksi yang mereka utarakan dalam media ini. Ada yang mengecam keras atas penipuan yang dilakukan oleh Selly, ada juga yang mengganggap Selly mempunyai bakat yang harus dikembangkan. Bahkan, ada pula yang memuji kecantikannya.(86)
Selengkapnya...

LESTARIKAN BUDAYA BANGSA DENGAN KERAJINAN MINIATUR RUMAH ADAT



Berawal dari keprihatinan dengan makin tergusurnya berbagai rumah adat di Indonesia, seorang warga di Solo, Jawa Tengah, sejak 13 tahun terakhir, memilih profesi sebagai pembuat miniatur berbagai bentuk rumah adat. Miniatur ini dibuat dari kayu-kayu bekas dengan cara manual dan dijual dengan harga 50 hingga 100 ribu rupiah per buah.

Di sebuah kios kecil di jalan Ronggowarsito, Kota Solo, milik Slamet Riyadi, Anda dapat melihat berbagai aneka miniature rumah adapt Indonesia. Aneka barang dagangan ini sangat unik dan tidak bisa ditemui di tempat lain.

Slamet Riyadi sudah sejak 13 tahun lamanya menggeluti usaha pembuatan miniature rumah adapt. Profesi tersebut dipilih setelah Slamet melihat banyak rumah adat asli Indonesia, yang saat ini justru makin terpinggirkan.

Berbekal brosur-brosur rumah adat yang merupakan oleh-oleh anaknya saat berpiknik ke Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Slamet pun mempunyai ide untuk membuat miniatur rumah adat tersebut, agar tidak makin dilupakan.

Tanpa karyawan atau pembantu, Slamet Riyadi membuat miniatur rumah adat ini dengan peralatan sederhana. Bahannya pun hanya memanfaatkan kayu-kayu limbah dari pabrik kayu olahan.

Karena dilakoninya sendiri, dalam sehari, Slamet biasanya hanya bisa membuat satu hingga dua buah miniatur. Bahkan, jika sulit, seperti rumah adat Toraja, Slamet butuh waktu tak kurang dari 3 hingga 4 hari, agar motif ukiran bisa persis sama dengan bentuk aslinya.

Meski dijual hanya dengan 50 hingga 100 Ribu Rupiah per buah, namun omset penjualan miniatur rumah adat ini tergolong masih sangat kecil. Dalam sebulan paling banyak hanya sekitar 1 hingga 5 miniatur saja yang bisa terjual.

Bahkan pernah dalam sebulan, tidak satupun miniatur karya Slamet bisa terjual. Keuntungan lebih hanya bisa didapatnya jika mendapat pesanan dari sekolah-sekolah, dengan jumlah cukup banyak. Jika tidak ada pesanan, waktunya pun lebih banyak dihabiskan untuk mengukir miniatur rumah adat, daripada melayani pembeli.

Meski demikian usaya yang di rintis Slamet Riyadi, patut diacungi jempol karena telah berusaha melestarikan budaya bangsa dengan membuat miniatur rumah adat berbentuk tige demensi tanpa harus pergi ke tempat asalnya.

Sumber : Bursa Kreasi
Selengkapnya...

KELEZATAN LEMPENG PISANG DAN ES KEMBANG TAHU



Buah pisang dan tahu ternyata tidak hanya bisa disajikan dalam bentuk gorengan. Menu lempeng pisang merupakan hasil olahan buah pisang di campur tepung terigu, susu, margarine dan keju. Menu ini juga di tambah dengan es kembang tahu yang merupakan olahan tahu, nanas dan sirup yang menciptakan sensasi rasa tersendiri saat dinikmati di siang hari terutama saat saat haus akibat panasnya terik matahari.

Di kawasan Lingkar Barat Sidoarjo yang merupakan salah pusat kuliner khas Jawa Timur, kini makanan lempeng pisang dan minuman es kembang tahu makin sering diminati penikmat kuliner sebagai menu makan siang .

Untuk membuat makanan lempeng pisang ini cukup mudah dan hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit. Pertama-tama disiapkan adonan tepung terigu, telur, gula, dan margarine. Setelah itu, adonan dipanaskan dalam sebuah pemanas penggorengan. Setelah adonan tampak sedikit membeku, dicampurkan buah pisang yang dipotong-potong bulat tipis. Tidak lebih dari 5 menit, makanan yang berbentuk lempeng ini kemudian diangkat dari pemanas dan siap disajikan.

Untuk menarik selera, biasanya lempeng pisang ini ditaburi dengan susu kental manis dan butiran keju.
Sementara untuk membuat es kembang tahu yang biasa disajikan bersama lempeng pisang, juga dibutuhkan waktu yang tidak begitu lama.

Dalam sajian ini, tahu akan diolah menjadi minuman yang disajikan dengan campuran buah nanas. Untuk memberikan rasa manis dan segar, tahu kemudian ditaburi gula yang kemudian dipotong-potong dan dicampur butiran buah nanas, serta air buah nanas.

Karena disajikan dan dinikmati dalam bentuk minuman, kembang tahu ini cukup segar jika dinikmati dengan menggunakan es batu.

Soal harga, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga sepiring makanan lempeng pisang hanya 8 Ribu Rupiah. Sementara untuk harga es kembang tahu hanya 6 Ribu Rupiah per gelasnya. Asyik kan?
Selengkapnya...

BUDIDAYA LOVE BIRD, SI CANTIK YANG SELALU MESRA



Love bird atau burung cinta, kini menjadi primadona bagi para kicau mania. Selain memiliki corak warna cerah yang beraneka ragam, burung cinta juga memiliki suara kicau yang merdu dan cerewet. Burung paruh bengkok yang berasal dari Madagaskar, Afrika tersebut, jika berpasangan, maka tingkah lakunya mirip manusia yang tengah dirundung asmara, karena selalu berduaan memadu kasih, tanpa mau meninggalkan kekasihnya. Karena itulah, dinamakan burung cinta.

Ada beragam jenis love bird, yang diburu kicau mania, diantaranya lutio mata merah, berwarna dasar kuning, kepala oranye dan berparuh merah. Kemudian love bird jenis blorok yang warna dasarnya mirio lutio mata merah, tetapi berbulu semu-semu hijau, kuning dan biru.

Kedua jenis love bird ini, paling populer dan banyak diburu kicau mania. Bahkan, harga jualnya juga relatif mahal. Untuk lutio mata merah, harga anaknya saja mencapai 3 Juta Rupiah. Sementara yang dewasa bisa laku hingga 6 Juta Rupiah perpasang. Love bird jenis blorok, harga jual anaknya mencapai 4 Juta Rupiah, tetapi setelah dewasa bisa laku terjual 7 Juta Rupiah per pasang.

Mahalnya harga jual jenis burung yang selalu berpasangan ini, disebabkan tingginya permintaan, tetapi sangat sedikit yang berhasil membudidayakannya.


Untuk membuahkan hasil maksimal, perlu di buatkan kandang penangkaran berkotak-kotak sepeti ukuran panjang lebar 150 CM dan tinggi 300 CM. Cara ini akan mempermudah perawatan karena tidak repot lagi untuk memindahkan masing-masing media pakan.

Kendala budidaya love bird adalah sifatnya yang suka berkelahi untuk memperebutkan pasangannnya dan dalam memperbutkan tempat untuk bertelur.

Subino, salah seorang pembudidaya love bird, asal Kelurahan Randu Agung, Kecamatan Kebomas Gresik, Jawa Timur mengatakan, masih jarang warga yang menggeluti love bird, meskipun permintaan pasar relatif tinggi, sehingga harganya relatif mahal pula. “Padahal, ini bisnis sangat menggiyurkan yang jarang di lirik orang”, ujar Subino

Semula Subino memasarkan love bird produksinya ke Surabaya dan kota-kota besar lainya, tetapi sekarang tidak lagi, karena produksi terbatas. Bahkan, para pecinta burung cinta, kini langsung datang ke rumah tinggalnya yang dijadikan pusat penangkaran.(86)
Selengkapnya...

PEMKAB GRESIK BUKA LOWONGAN 26 PERAWAT PONKESDES



Pemerintah Kabupaten Gresik akan mengadakann seleksi penempatan 26 orang perawat untuk pondok Kesehatan Desa se Kabupaten Gresik (Ponkesdes) tahun 2011.

Tenaga perawat yang akan diseleksi adalah warga Kabupaten Gresik yang dibuktikan dengan Kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu susunan keluarga (KSK), lulusan D III Keperawatan yang berusia minimal 20 tahun dan tak lebih dari 35 tahun terhitung tanggal 1 April 2011. Proses administrasi seleksi pendaftaran dimulai sejak 21 s/d 25 Maret 2011.

Dalam keterangannya, Rabu (23/3) Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Andhy Hendro Wijaya Pendaftar datang sendiri ke BKD Gresik di lantai III kantor Bupati Gresik paling lambat jam 14.00 tanggal 25 Maret 2011. Pengumuman penerimaan dilaksanakan pada 29 Maret 2011. Mantan Camat Manyar itu juga menegaskan, “pendaftar tidak dipungut biaya apapun., namun bagi peserta yang lulus tes namun setelah dilakukan pengecekan berkas ternyata ditemukan pemalsuan identitas, maka pelamar dinyatakan gugur”tegas Andhy.

Ditambahkan oleh Andhy, segala persyaratan bisa dilihat di website resmi Pemerintah Kabupaten Gresik. (sdm)
Selengkapnya...

DIET PRAKTIS ALA GOOGLE



Lupakan soal daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dilahap. Buang juga berbagai tips tentang bagaimana menurunkan berat badan dengan pola-pola yang ketat dan menyiksa.

Google punya jawaban praktis bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ketat. Selain mengembangkan berbagai ramuan teknologi terbaru, raksasa teknologi informasi asal California tersebut juga menerapkan pola yang unik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Resepnya sangat sederhana. Gunakan piring makan yang lebih kecil. Dengan membiasakan diri makan dengan piring yang lebih kecil akan berhasil menghilangkan bobot tubuhnya sekitar 10 sampai 15 pon per tahun, tanpa diet.

Untuk mendapatkan konsep ini, Google telah mempelajari bagaimana pola makan setiap orang. Menurut Google, orang cenderung menghabiskan makanan yang ada di piring mereka, bahkan ketika mereka sudah kenyang.

Piring dengan ukuran yang lebih kecil ternyata mampu mengatur ulang porsi makan seseorang. Kini, Google telah mengatur susunan piring kecil selalu berada di atas piring yang lebih besar supaya digunakan terlebih dahulu.

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2011/03/21/brk,20110321-321672,id.html
Selengkapnya...

BOCAH 5 TAHUN MENANG KOMPETISI LUKIS INTERNASIONAL DI INGGRIS



Kabar baik untuk bangsa Indonesia, kali di persembahkan oleh Thifalia Raudina Mahardya (5 Tahun), putri pertama pasangan Gigih Mahardika (32 tahun) dan Ibu Citra Anandya (30 tahun). Warga Jalan Prapen Indah Blok S No. 7 Surabaya. Melalui DAUN Sanggarlukisanak, Thifa berhasil menyisihkan sekitar 3.000 anak berasal dari seluruh dunia dalam kompetisi lukis yang diselenggarakan oleh LOOK & LEARN Gallery London, salah satu gallery terbesar di Eropa yang menaruh perhatian yang sangat besar pada perkembangan seni lukis anak dunia.

Melaui karyanya berjudul "THE EYE UNDER THE MICROSCOPE", lukisan berukuran A3 menggunakan media Cat Air dan Spidol di atas Kertas, berhasil menorehkan tinta emas sekaligus mengharumkan nama baik Indonesia di ajang bergengsi ini.
Thifa sangat menguasai teknik melukis dengan media Crayon, kemudian sejak 3 bulan terakhir mulai belajar teknik melukis dengan Cat air. Namun masih terbatas pada media Kertas, belum pernah melukis di Kanvas.

Gadis kecil imut-lucu yang sedang menuggu kelahiran adik tercintanya ini bercita-cita ingin menjadi dokter. Selama ini Thifa telah mengkoleksi sekitar 20 piala mewarnai dan menggambar tingkat lokal, dan kini membuktikan kepiawaiannya hingga meraih juara internasional melalui lukisannya.

Dengan First Prize Winner (medali emas), maka ini JUARA 1 dobel tiga bagi Thifa, setelah awal bulan ini meraih Juara Pertama dalam kompetisi menggambar tingkat Jawa Timur sekaligus Juara Pertama pula dalam lomba mewarnai tingkat lokal.

Pengumuman pemenang ini baru di sampaikan hari ini (23/03/2011) di website :
www.art.lookandlearn.com atau tepatnya bisa diperiksa pada link berikut:
http://art.lookandlearn.com/childrens-art/Z1102-00021279J/?img=0&search=WINNERS&cat=all&bool=and
Selengkapnya...

5 LANGKAH ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS MELALUI FLASH DISK



Seiring berkembangnya penggunaan Flash Disk sebagai penyimpanan file yang efektif, para hacker justru memanfaatkannya sebagai media penyebar virus. Dengan menggunakan USB drive atau Flash Disk ini, penyebaran virus bisa sulit di kendalikan karena pemilik Flash Disk pasti mempunyai akses langsung pada sebuah PC.

Namun, ada cara untuk melindungi komputer Anda dari virus Flash Disk:

1.Blokir USB Virus
Program anti-virus ini biasanya telah terintegrasi dengan software USB bernama virus scan dan remover. Anti virus ini tidak hanya melindungi komputer Anda dari virus USB Autorun tetapi juga dapat membersihkan worm, Trojans. Anda dapat mencoba beberapa program anti-virus USB seperti USB Virus Scan, USB Drive Antivirus dan sebagainya.

2. Men-disable Fitur Autorun
Bila Anda memasukkan Flash Disk ke sistem komputer, fitur Autorun secara otomatis akan mendeteksi dan mengeksekusinya. Jika Flash Disk Anda berisi virus, maka fitur Autorun untuk menginfeksi komputer Anda. Untuk melindunginya, perlu menonaktifkan fitur autorun melalui Control Panel.

3. Update Driver
Menjaga driver USB terbaru adalah salah satu cara yang baik untuk memastikan stabilitas performa komputer Anda. Meskipun hal ini tidak akan membantu membasmi virus USB, driver perangkat USB yang terus diperbarui bisa memblokir virus dan memberikan peringatan dini akan bahaya sebuah program yang di curigai sebagai virus berbahaya.

4. USB Firewall Software
USB firewall Software mencegah Windows meng-eksekusi program berbahaya saat terinfeksi virus USB. firewall USB akan mampu memonitor perangkat USB, memungkinkan Anda memiliki perlindungan dasar dari virus autorun.inf yang menyebar dari perangkat USB portabel.

5. Memastikan Pekerjaan Sudah Final
Kadang-kadang virus di buat melalui dokumen atau file yang rusak. Jika Anda mentransfer satu file ke Flash Disk, pastikan proses transfer sudah sempurna sebelum Anda mengeluarkan Flash Disk. Gunakan fitur Safely Remove Hardware untuk melakukan hal ini, karena sebagian file rusak yang terlanjur ditransfer, pada gilirannya dapat merusak Flash Disk Anda.(86)
Selengkapnya...

DAFTAR SITUS PENYEDIA LAYANAN PENYIMPANAN FILE ONLINE GRATIS



Berikut adalah daftar situs yang memberi layanan penyimpanan file online secara gratis. Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk menyimpan serta men-share file ke teman. Layanan ini akan sangat berguna untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi karena bisa di akses di mana pun dan akapan pun. Berikut daftarnya :

1. SkyDrive: SkyDrive adalah layanan penyimpanan file onnlie gratis milik Microsoft dengan kapasitas 25GB. Jika Anda memiliki Messenger Hotmail, Xbox LIVE account, Windows Live ID, layanan ini akan sangat berguna. Layanan ini mendukung beberapa bahasa, termasuk Indonesia. Anda dapat meng-upload file beberapa pilihan seperti layanan zip file dan memindahkan file apapun dari Windows Live Photo Gallery, memindahkan folder file dan copy ke beberapa folder slideshow Online sekaligus. Anda dapat berbagi kepada user lain yang memiliki account Windows Live secara gratis pula.

2. 4shared: akses Upload, berbagi musik, video, foto. Upload dan berbagi file atau seluruh folder gratis, hingga 5GB. tersedia untuk rencana berlangganan tahunan dengan ruang penyimpanan lebih besar. Biasanya, server menghapus file setelah 30 hari tidak aktif. Dengan layanan ini, Anda mengetahui file-file anda yang paling populer. Join 4Shared Now!

3. Drivehq: adalah penyimpanan online gratis hingga 10 MB. Banyak perusahaan menawarkan penyimpanan online, tetapi mereka tidak memiliki cara-cara yang dapat diandalkan untuk meng-upload file besar. Nah! Drivehq memiliki fitur yang tak terbatas dan menggunakan penyimpanan murah untuk menghemat biaya.

Layanan Drivehq seperti disk USB eksternal mirip sebuah komputer server berisi server FTP, server file sharing, server backup dan server email. Layanan ini berbasis web, FTP & Email layanan hosting.

4. Datapreserve.com: Layanan ini dikelola secara remote backup off-site dengan fokus pada bisnis. Pada DataPreserve Anda secara otomatis dapat mengumpulkan, melindungi dan mengembalikan data komputer yang berharga untuk usaha kecil dan menengah ukuran data bisnis bisnis. Dengan layanan ini, Anda akan percaya bahwa data Anda aman dan dapat diakses setiap saat.

5. GDisk. Aktifkan account Gmail ke ruang penyimpanan online gratis. GDisk adalah sebuah software yang mengubah akun GMail menjadi sebuah portable hard drive sehingga Anda dapat selalu memiliki file-file penting yang dapat diakses secara online di mana saja Anda berada.

6. MediaMaster: Layanan Unlimited penyimpanan koleksi musik untuk para musik mania. Layanan ini memiliki cara baru untuk melihat dan mencari koleksi musik Anda. Desain segar dalam tampilan dan tata letak sangat mendukung kenyamanan Anda. Dukungan untuk beberapa format file termasuk FLAC untuk mendengarkan dan memberikan suara pada stasiun radio pengguna lain.

7. Mozy: adalah layanan otomatis backup file online dari file yang Anda pilih. 2 GB ruang cadangan dengan 100% gratis, sangat mendukung keinginan Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

8. MyOtherDrive: Menyimpan hingga 5GB file yang dapat di gunakan sebagai cadangan untuk berbagi dengan teman melalui email. MyOtherDrive memastikan bahwa jika Anda berbagi folder atau file pribadi, hanya sekelompok teman yang benar-benar dapat menggunakan link pribadi tersebut. Jika diteruskan dalam email kepada orang lain dalam grup tersebut, mereka tidak akan dapat melihatnya.

9. Orbitfiles. 6GB ruang penyimpanan untuk file Anda. Kemampuan berbagi file dan folder dengan keluarga dan teman sangat bagus untuk di manfaatkan. Dengan layanan ini Anda dapat mengotomatisasi backup harian Anda dan menyimpan semua file penting Anda.

10. Steekr: cadangan Online media digital, gratis hingga 1GB. Layanan mirip www.mediamaster.com ini cocok untuk menyimpan file musik yang dapat di dengarkan secara online pula termasuk berbagi file dengan teman.

11. Strongspace: layanan ini lebih spesifik untuk sebuah kelompok yang ingin berbagi karena dapat dibagikan dengan pengguna yang terdaftar. Strongspace adalah tempat aman untuk mengumpulkan, menyimpan, back-up dan berbagi semua jenis file dengan rekan kerja, teman dan keluarga. Anda dapat meng-upload dan download file melalui SFTP (Secure File Transfer Protocol), HTTPS (Web browser akses melalui Secure Socket Layer).

12. Badongo: Badongo adalah layanan penyimpanan file GRATIS berbasis hosting situs yang memungkinkan Anda meng-upload file dalam jumlah yang tidak terbatas.

13. BigFilebox: penyimpanan gratis hingga 100MB dengan hanya menggunakan layanan browse untuk mengirim dan menerima dokumen besar secara mudah. Layanan ini memiliki virus built-in scanning dan pasti tidak ada iklan.

14. Mediafire: Upload sampai 10 file sekaligus dengan kapasitas pengiriman hingga 100MB. Layanan ini di lengkapi link untuk berbagi dengan orang lain tanpa harus khawatir akan kehabisan ruang disk, hosting atau bandwidth.

15. Megaupload: ruang penyimpanan Sampai 50GB gratis dan kemampuan berbagi dengan gratis pula. Megaupload adalah penyedia terkemuka penyimpanan online dan layanan web hosting. Pengguna lain dapat men-download file melalui link Anda.

16. MyDataBus: Upload sampai dengan 1,5 GB file secara gratis yang dapat di integrasikan dengan Facebook. Tidak ada batas transfer untuk file pribadi, SSL Secure transfer. Di jamin No Spyware, Adware, atau Spam. (86)
Selengkapnya...

MEMANJAKAN LIDAH DENGAN LELE SAURUS SAMBAL TIRAM



Biasanya, ukuran ikan lele yang biasa dimasak di warung - warung makan, hanya satu kilogram berisi 8 ekor lele. Namun di Warung Makan Lele Saurus di kawasan Jalan Menteri Supeno 86 Umbulharjo, Yogyakarta, ikan lele besar seberat 1 kilogram, dimasak utuh. Menu ini kemudian di namakan masakan lele saurus . Dinamakan lele saurus karena ukuran lele yang dimasak sangat besar.

Selama ini, lele ukuran besar sangat jarang dijual untuk dikonsumsi. Namun, Andreas, sang pemilik warung ingin memberikan warna baru dan ingin mengangkat lele secara modern, dengan menu dan pengolahan yang cukup berbeda pula. Apalagi, cara memasaknya pun berbeda, yakni di goreng dengan sambal tepung saos tiram.

Konsep bisnis Lele Saurus memang sengaja mengangkat lele sebagai ikon utama, sehingga memiliki nuansa natural dan pedesaan yang kental. Konsep ini sekaligus mematikan mitos yang beredar bahwa lele berukuran "raksasa" alias jumbo cita rasanya akan hambar, tak semanis atau segurih lele berukuran kecil yang muda usia. Padahal kandungan protein dan rasanya, sangat jauh berbeda.

Cara memasak nya pun, sangat mudah. Lele ukuran besar dengan berat antara 7 ons sampai 1 kilogram per ekornya diambil langsung dari kolam, sehingga masih segar. Setelah disembelih dan dibersihkan, , pada badan lele yang terdapat daging yang tebal diiris kecil-kecil.

Irisan daging lele dan badan lele diberi bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian diberi tepung hingga rata dan digoreng sampai matang. Badan lele dan potongan daging lele yang sudah digoreng, ditiriskan dan segera dihidangkan, ,

Dalam menyajikan masakan lele saurus goreng tepung, dilengkapi dengan saos sambal dan saus tiram. Lele saurus goreng tepung telah siap dihidangkan, ,

Rasa daging lele saurus goreng tepung sangat enak dan gurih. Apalagi pada bagian kepala lele, sangat renyah.

Harga setiap porsinya tergantung dari berat lele yang dimasak, dan sangat terjangkau, antara 8 ribu rupiah sampai dengan 15 Ribu Rupiah.

Selain lele saurus goreng tepung, ada sekitar 32 menu masakan lele di restoran ini. Di antaranya menu lele lombok ijo, lele saus tiram, lele balado, lele asam manis, dan mangut lele. Sesuai dengan nama merek usahanya, Lele Saurus, menu di resto ini merupakan lele ukuran jumbo dengan berat antara 5 ons hingga 2 kilogram.
Selengkapnya...

SENI KREASI BERBAHAN KULIT BUAH MAJA



Ingatkah anda dengan buah maja dalam legenda asal muasal Kerajaan Majapahit? Ya, ternyata buah yang memiliki rasa pahit tersebut, bisa di kembangkan menjadi bahan baku utama kerajinan yang banyak di suka masyarakat.

Di studio Seni Wasesa di Bandar Lampung, Pulung Swandaru sudah sibuk menyiapkan sejumlah peralatan kerjanya. Sudah beberapa bulan ini, kepala museum Lampung itu sibuk berkreasi dengan berbagai idenya yang kreatif. Yang menjadi bahan kreasinya adalah kulit buah maja atau lebih terkenal dengan sebutan Berenuk. Orang Lampung menyebutnya Tabau Kayau. Sementara ada juga menyebutnya sebagai Labu Kayu.

Di tangan pria 57 tahun itu, buah yang menjadi legenda asal nama Kerajaan Majapahit itu dibuat menjadi beberapa alat kerajinan. Mulai dari topeng, replika serangga, hingga alat musik.

Pulung membuat semua alat kerajinan itu di studio yang juga merangkap sebagai rumahnya. Untuk mempermudah kerja, Pulung memilih buah maja yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Harganya murah, hanya 1.500 Rupiah per buah. Harga buah maja yang masih mentah lebih murah, hanya 500 Rupiah per buah.

Buah yang tergolong dengan warna kulit luar hijau tetapi isinya berwarna kuning atau jingga tersebut, tergolong buah langka. Pulung mendapatkannya dari luar Bandar Lampung. Antara lain dari Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus.

Dibutuhkan waktu hingga 3 hari untuk membuat sebuah alat musik dari buah tersebut. Kulit buah maja yang sudah dikeringkan dibelah, kemudian ditutup dengan triplek. Agar menghasilkan resonasi, triplek dilubangi. Agar halus, kulit buah maja yang sudah ditutupi triplek diamplas hingga halus.

Kemudian, berdasarkan pola, Pulung menyusun besi kecil yang sebagai alat pemetik. Supaya indah, kulit buah maja dilukis. Penggunaan kulit buah maja sebagai alat kesenian, tentu memiliki alasan tersendiri. Selain bernilai sejarah, kulit buah maja lebih kuat dan tahan lama.
Selengkapnya...

BATIK LUKIS MUKENA KONTEMPORER



Batik ternyata juga dapat dibuat dengan cara yang berbeda dan dengan warna serta motif yang cerah pula. Batik mukena lukis ternyata bisa di produksi dengan tampilan yang cantik dan menarik. Gambar lukis batik tersebut juga berupa kartun maupun bunga-bunga yang sedang menjadi trend, di semua kalangan.

Adalah Tomo Kusumo, warga Pogung Baru, Sleman, Yogyakarta, yang berhasil mengembangkan batik dari jenis batik tradisional menjadi batik kontemporer atau modern. Di rumah produksinya yang diberi nama Tawon Gung, Tomo kususmo membuat berbagai macam motif batik lukis, pada mukena, tas serta berbagai aksesoris kecantikan lainnya, termasuk kain sprei atau bad cover.

Dengan motif dan warna-warna yang cerah, seperti warna merah, biru, kuning, hiaju maupun pink, batik lukis pada mukena , dijamin tidak akan luntur warnanya. Apalagi, kainnya di jamin 100% kain cotton.

Tomo kususmo, juga sengaja membuat motif pada kain, dengan motif bunga, serta gambar-gambar yang disukai anak-anak, seperti gambar kartun maupun mobil. Pasalnya motif tersebut saat ini lebih banyak disukai, dari pada motif batik tradional.

Proses pembuatan batik lukis tersebut memang berbeda dengan batik tradisional pada umumnya. Pada batik lukis kontemporer yang dibuat Tomo Kusumo, proses pewarnaan tidak dilakukan dengan mencelup kain pada pewarna. Namun, langsung dilakukan pada kain layaknya melukis pada kain kanfas.

Pertama-tama, kain putih diberi gambar pola, sesuai dengan keinginan atau pesanan. Kemudian kain tersebut dibatik dengan canting dengan cairan lilin atau malam dan kemudian dikeringkan. Proses selanjutnya adalah pewarnaan kain, dengan zat pewarna kimia dengan warna-warna yang cerah.

Seperti layaknya membuat lukisan, pewarnaan dilakukan dengan menggunakan kuas. Agar warna pada batik lukis tersebut dapat bertahan lama, kain selanjutnya direbus dan dijemur hingga kering. Perebusan kain juga dilakukan untuk melepaskan lilin atau malam pada kain tersebut.

Selanjutnya, kain batik lukis dijahit menjadi mukena, tas maupun asesoris lain, termasuk sprei atau bad cover dan sajadah.

Awalnya, batik lukis tersebut, dibuat hanya dengan coba-coba. Tomo Kusumo, ingin membuat batik dengan cara yang berbeda. Setelah beberapa kali melakukan percobaan, baru dihasilkan batik lukis kontemporer. Produk barunya ini banyak disukai di masyarakat, baik didalam maupun di luar negeri.

Menurut Tomo Kusumo, batik lukis tersebut sangat berbeda dengan batik tradisional pada umumnya. Tomo juga mengaku, batik yang dibuatnya, akan selalu mengikuti trend yang ada, termasuk dengan warna-warna yang cerah.

Pemasaran produk ini sudah hampir merambah keseluruh wilayah di tanah air, termasuk ke mancanegara, seperti Abudabi, Spanyol, Perancis dan Amerika. Rata-rata, batik lukis buatan Tomo Kusumo, dijual antara 30 Ribu hingga 500 Ribu Rupiah, tergantung barang yang dibuat serta motif dan warnanya.

Untuk melihat katalognya, anda bisa berkunjung ke : http://tawon-gung.blogspot.com/
Selengkapnya...

BASMI VIRUS SHORTCUT DENGAN 8 LANGKAH



Virus W32/VBWorm atau virus shortcut di kenal mampu mengeksploitasi celah keamanan Windows. Virus ini mampu mengubah folder yang ada di dalam flash drive menjadi shortcut. Berikut ini ini 8 langkah membasminya :

1. Nonaktifkan 'System Restore' untuk sementara selama proses pembersihan.

2. Putuskan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan baik jaringan local maupun internet.

3. Matikan proses virus yang aktif di memori dengan menggunakan berbagai tools pembantu seperti 'Ice Sword' dan lain sebagainya.

4. Hapus registri yang sudah dibuat oleh virus dengan cara:
-. Klik menu [Start]
-. Klik [Run]
-. Ketik REGEDIT.exe, kemudian klik tombol [OK]
-. Pada aplikasi Registry Editor, telusuri key [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run]
-. Kemudian hapus key yang mempunyai data [C:\Document and Settings\%user%].

5. Disable autoplay/autorun Windows. Carnya, copy script di bawah ini pada program notepad kemudian simpan dengan nama REPAIR.INF, install file tersebut dengan cara: Klik kanan REPAIR.INF --> INSTALL

berikut kodenya:

[Version]

Signature="$Chicago$"

Provider=Vaksincom

[DefaultInstall]

AddReg=UnhookRegKey

DelReg=del

[UnhookRegKey]

HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"

HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"

HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"

HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"

HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""

HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255

HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255


6. Hapus File induk dan file duplikat yang dibuat oleh virus termasuk di flash disk. guna fungsi 'Search' agar pencarian lebih cepat. Lalu hapus file induk virus yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

-. Icon 'Microsoft Visual Basic Project'.
-. Ukuran File 128 KB atau lebih besar
-. Ekstesi file '.EXE' atau '.SCR'.
-. Type file 'Application' atau 'Screen Saver'.

Kemudian hapus File duplikat shortcut yang mempunyai ciri-ciri:

>. Icon Folder atau icon
>. Ekstensi .LNK
>. Type File 'Shortcut'
>. Ukuran file 1 KB

Hapus juga file yang .DLL (contoh: ert.dll) dan file Autorun.inf di flash disk atau folder yang di-share. Sementara untuk menghindari virus tersebut aktif kembali, hapus file induk yang mempunyai ekstensi EXE atau SCR terlebih dahulu baru kemudian hapus file Shortcut (.LNK).

7. Tampilkan kembali folder yang telah disembunyikan oleh virus gunakan software Unhide yang bisa di download di http://www.flashshare.com/bfu/download.html.

8. Untuk pembersihan secara optimal dan menecegah infeksi ulang, sebaiknya install dan scan dengan antivirus yang up-to-date dan sudah dapat mendeteksi virus ini dengan baik.

Sumber : http://www.detikinet.com/
Selengkapnya...

WEDANG LANANG PENAMBAH VITALITAS KAUM PRIA



Anda kaum pria ingin meningaktkan vitalitas? Ada baiknya mencoba wedang lanang. Minuman yang di produksi di warung ASA Kota Purbalingga Jawa Tengah tersebut terbuat dari 13 jenis rempah-rempah tersebut dipercaya mampu menambah kejantanan kau pria. Karena terbuat dari bahan alami, minuman ini seratus persen aman.

Namun jangan salah dulu, meski namanya khas lelaki, minuman ini juga bisa diminum kaum perempuan bahkan anak-anak untuk meningkatkan kebugaran tubuh mereka juga.

Minuman terbuat dari 13 jenis rempah alami tersebut, sekilas memang tak beda dengan jenis minuman lain seperti jahe-susu atau kopi-krim. Tapi minuman ini rasanya beda karena khas rempah-rempah sangat terasa.

Tiga jenis rempah-rempah yang ada dalam racikan, yakni cabe jawa, adas dan kayu manis dipercaya bisa meningkatkan kejanjatan kaum pria. Ini juga yang menjadi ilham nama minuman tersebut menjadi wedang lanang atau minuman lelaki.

Ketiga belas jenis rempah, awalnya direbus sampai benar-benar mendidih. Tiga belas jenis rempah tersebut antara lain kayu manis, jahe, kunyit, kapulaga, cabe jawa, adas, sereh. Sementara bahan utama berupa jahe dibuat dalam bentuk cair. Untuk menghidangkan wedang lanang ini ditambahkan susu agar rasanya lebih mantap.

Sewaktu diteguk, rasa pedas dan hangat, akan langsung melegakan tenggorokan, dan terlebih lagi akan menyegarkan urat-urat tubuh. Apalagi, harganya sangat murah. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 3.500, badan pun langsung fit.

Meski bernama wedang lanang, minuman ini juga bisa dikonsumsi wanita dan anak-anak. Karena bahan rempah alami memang tidak memiliki efek samping bagi peminumnya.
Selengkapnya...

BEBEK ASAP TERASA LEBIH SEDAP



Barangkali Anda yang suka menu makanan berbahan Bebek, sudah terbiasa dengan menu bebek goring. Namun, bagaimana rasanya jika bebek tersebut di masak melalui proses pengasapan? Ya, dengan hanya dipanggang diatas asap tentu memiliki cita rasa berbeda. Selain tingkat kematangannya lebih rata, aroma bumbu lebih meresap.

Jika Anda ingin mencicipi nikmatnya masakan bebek asap, Anda bisa ke dapur bebek di jalan HR Bunyamin Purwokerto Jawa Tengah. Sesuai namanya, cara memasak bebek tersebut hanya dengan dipanggang di atas asap. Beda lho dengan bebek panggang atau bebek bakar.

Mula-mula, daging bebek utuh diletakkan di atas bara. Proses pematangannya sangat tradisional, yakni hanya mengandalkan asap dari bara arang batok kelapa.

Sambil diasapi, bumbu dari rempah seperti merica, pala, bawang dan cabai disiapkan. Selama pengasapan daging bebek dilumuri bumbu beberapa kali. Beda dengan bebek bakar, bebek asap ini tanpa menggunakan minyak atau mentega. Jadi kandungan lemaknya sangat rendah. INi tentunya sangat baik baik mereka yang berusaha terhindar dari makanan berlemak.

Hasil dari proses pengasapan ini membuat bebek terlihat lebih kering dan crispy. Warnanya coklat merata karena tingkat kematangannya lebih merata pula di banding dengan proses baker, dan tidak ada bagian tertentu yang gosong. Bebek utuh kemudian dipotong-potong agar lebih mudah menikmatinya.

Bagi Anda yang menyukai masakan pedas, bisa menikmati bebek asap ini dengan sambal kecap atau sambal tomat. Rasanya, hmmm..di jamin lebih gurih. Kenikmatan ini masih ditambah dengan kesegaran sayuran yang menyertai masakan ini seperti selada, mentimun, dan gurihnya nasi hangat bertabur bawang merah goreng.

Anda bisa menikmatinya dengan suasana yang rileks, baik sendirian, berduaan atau lesehan bersama keluarga dan teman kerja. Harganya tergolong murah, yakni bebek utuh dijual 60 Ribu Rupiah, sementara bebek potong bisa Anda nikmati hanya dengan 16 Ribu Rupiah.
Selengkapnya...

PERAJIN WAYANG KULIT, NASIBMU KINI



Menurunnya minat masyarakat terlebih generasi muda terhadap kesenian tradisional wayang kulit, tidak menurunkan semangat Suparmin, warga Dusun Kerengen, Desa Kramat, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang tetap melestarikannya, meski dengan kondisi modal yang pas-pasan.

Hasil kerajinan rumahan yang telah belasan tahun berproduksi ini, telah dipakai oleh sejumlah dalang terkenal di daerah jawa tengah dan yogyakarta.

Menurut Suparmin, wayang kulit memiliki nilai sejarah yang cuku mendalam bagi masyarakat jawa. Berangkat dari nilai sejarah yang sangat tinggi tersebut, Suparmin ingin melestarikan budaya wayang kulit yang dewasa ini pamornya semakin meredup.

Untuk membuat wayang kulit, dibutuhkan kulit lembaran yang kualitasnya bagus. Bermodalkan alat-alat sederhana, kerajinan yang memadukan seni dan sejarah ini membutuhkan proses belajar yang lama. Selain itu, membutuhkan keuletan dan pengetahuan sejarah pewayangan.

Dengan dibantu istrinya, Suparmin membuat berbagai wayang baik model wayang Yogyakarta maupun Surakarta. Dalam satu bulan sedikitnya lima buah wayang berhasil dibuatnya.

Suparmin yang mengaku mencintai salah satu seni budaya peninggalan nenek moyang itu, telah menekuni kerajinan wayang kulit sejak tahun 1993. Namun baru sekitar tahun 1995, hasil kerajinannya mulai dikenal di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Untuk pemasaran, dirinya mengaku selama ini hanya melayani pesanan sejumlah dalang. Harga yang dipatok bervariasi mulai 250 Ribu hingga Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah per buah.

Keterbatasan tenaga kerja dan modal untuk belanja berbagai bahan baku, tidak mudah terpenuhi bagi Suparmin. Apalagi, saat ini sedang menerima banyak pesanan dari berbagai daerah. Untuk itu, Suparmin berharap agar pemerintah bisa membantu permodalan.
Selengkapnya...

LUKISAN 3 DIMENSI DARI LIMBAH PELEPAH PISANG



Lukisan terlihat menarik bukan hanya terbuat dari media kanfas, batu dan lainnya. Di Lamongan Jawa Timur, seorang seniman menuangkan hasil lukisannya dengan menggunakan bahan dasar limbah pelepah pisang. Hasil karyanya pun terlihat indah berwarna alami, terutama jika terkena pantulan sinar matahari.

Unik dan bernilai seni tinggi, inilah yang terlihat pada lukisan limbah pelepah pisang tiga dimensi, hasil karya, Jemy, seniman asal Kampung Rangge Kelurahan Sukomulyo Lamongan.

Untuk membuat sebuah lukisan pelepah pisang terbilang agak rumit. Bahan dasar pelepah pisang yang didapatnya harus dalam keadaan busuk dan telah di rendam dengan tanah liat selama berbulan-bulan. Pelepah pisang yang busuk kemudian di potong hingga seperti serbuk, kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari. Serat pelepah pisang yang sudah tertimbun tanah ini tidak akan lapuk atau berjamur, sehingga dipastikan lukisan akan bertahan dalam tempo yang lama.

Dengan ketelatenan jari-jari kreatifnya, sebuah lukisan bertemakan keindahan mulai dikerjakannya. Hanya menggunakan alat sendok makan, batang pohon dibentuk sedemikian rupa, dengan bahan serbuk pelepah pisang yang telah dicampuri dengan lem khusus.

Membuat dedaunan pohon juga dilakukan dengan jari tangan. Namun, membutuhkan ketelatenan dan ketenangan. Jika lukisan telah terbentuk, pelukisan hanya membakar bagian tertentu untuk menghasilkan warna hitam kecoklatan.


Untuk menghasilkan sebuah lukisan, membutuhkan waktu empat sampai lima bulan. Bahkan, jika hati sang pelukis tidak sedang dalam kondisi prima, penyelesaian sebuah lukisan berukuran 180 meter persegi, butuh waktu hingga satu tahun.

Jemy, pelukis dari limbah pelepah pisang mengaku, menggunakan media pelepah pisang sangatlah jarang dilakukan oleh para seniman. Seniman yang lahir 35 tahun silam ini, mampu mengekspresikan kreatifitasnya melalui limbah pohon pisang dan telah menghabiskan 12 tahun untuk bereksperimen.

Lukisan limbah pelepah pisang tiga dimensi, disebutnya karena memiliki keindahan dari bahan dasarnya. Bahkan, jika lukisannya berumur lebih dari tiga tahun, bahan limbah pelepah pisang akan terlihat semakin indah berkilau terutama saat terkena pantulan sinar matahari.

Seni lukis yang digeluti 12 tahun silam, sebuah karya lukisannya dihargai mulai dari 5 Juta hingga Ratusan Juta Rupiah, tergantung ukuran lukisan dan tingkat kesulitannya.(86)
Selengkapnya...

VIDEO PORNO SISWA SMU SALATIGA


Video mesum yang di duga di lakukan oleh sepasang siswa dan siswi sebuah SMU di Salatiga, beredar luas di masyarakat. Polres Salatiga, hingga saat ini masih melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari pihak sekolah (10/03/2011.)

Entah siapa yang pertama kali menyebarkannya. Namun, keberadaan video mesum berdurasi 4 menit 44 detik yang diperankan oleh 2 anak dibawah umur sudah beredar luas melalui handphone dan internet. Bagi para pengguna internet, sangat gampang sekali untuk mencari dan mendownload video mesum tersebut.

Lokasi pengambilan gambar diduga kuat dilakukan di sebuah kamar kos dan dilakukan sendiri oleh pemeran pria. Adegan layaknya suami istri tersebut telah meresahkan warga.

Kapolres Salatiga, AKBP Susetyo Cahyadi, mengatakankan saat ini pihak polres telah melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai beredarnya video porno pelajar SMU ini.

Dari penyelidikan sementara, polisi mengantongi identitas para pemeran dalam video tersebut dan diperkirakan telah kembali ke daerah asal masing masing yaitu di Kalimantan dan Jakarta, karena saat ini sudah dikeluarkan oleh pihak sekolah.

Menurut kapolres, video porno yang dilakukan oleh palajar ini diperkirakan karena pelaku terpengaruh oleh maraknya video porno yang marak saat ini dan tidak memahami akibat dari perbuatan mereka.
Selengkapnya...

ALAT OTOMATIS ANTI CURANMOR KARYA SISWA



Sebuah kelompok belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Muhammadiyah I di Kecamatan Bungah, Gresik Jawa Timur, berhasil menemukan alat anti pencurian kendaraan bermotor. 2 orang siswa yang menjadi pimpinan kelompok belajar dari jurusan Elektro Audio Video tersebut adalah Khoirul Huda dan Hamdi Mustofa berhasil memadukan alat mikro kontroler dengan sistem komunikasi selular.

Mikro kontroler buatan siswa ini mampu mendeteksi sepeda motor yang di jalankan secara paksa, sehingga dalam putaran ke 10 pada gigi gir depan, alat mikro kontroler yang di lengkapi modem selular, akan mengirimkan pesan singkat ke telpon selular pemiliknya jika kendaraannya dalam indikisi pencurian.

Jika di paksakan menjalankan sepeda motor oleh sang pencuri misalnya, mesin sepeda motor tersebut akan mati mendadak dalam 10 kali putaran gir depannya.

Alat pintar ini di letakkan di bawah jok bodi sepeda motor sehingga menyulitkan pencuri untuk mematikan fungsi detektornya. Di samping itu, mikro kontroler ini di lengkapi saluran kabel alternatif dari aki sepeda motor, agar suplay energi ke mikro kontroler masih teta[ stabil, meski pencuri berusaha memutus kabel aki.

Menurut para siswa, ide awal menciptakan alat ini adalah saat salah seorang guru mereka kehilangan sepeda motornya. Ketika itu, mereka terilhami untuk menciptakan alat yang kemudian di beri nama, Oto Mutu Controller yang berarti, Otomatis Muhammadiyah Satu Kontroler. “Berawal dari kasus kehilangan sepeda motor milik guru kami itulah tercipta alat ini”, ujar Khoirul Huda.

Kedepan, para siswa akan mengembangkan alat ini menggunakan sistem pelacak dari perusahaan kartu selular yang bisa melacak posisi kendaraan yang hilang termasuk pula bisa terkoneksi dengan Google Maps.

Pihak sekolah selanjutnya berencana mematenkan hasil karya ini, sebelum di produksi secara masal.

Setelah memperagakan hasil penemuannya ini di sebuah pameran, masyarakat luas khususnya pihak kepolisian menyambut baik penemuan ini, menyusul masih tingginya kasus pencurian kendaraan bermotor.(86)
Selengkapnya...

MENDULANG RUPIAH DARI BETERNAK KAMBING ETAWA



Beternak kambing etawa kini bisa bisnis yang menjanjikan. Selain bisa menghasilkan daging dan susu, kambing etawa bisa mengikuti kontes kambing yang kerap di gelar para penggemarnya.

Adalah Irfan, warga Desa Made Kecamatan Kota Lamongan Jawa Timur, merupakan salah satu peternak kambing etawa yang kini menikmati hasil dari usahanya.

Irfan memulai beternak kambing etawa enam bulan silam. Awalnya Irfan hanya memiliki tujuh ekor kambing etawa. Seiring perkembangan waktu, jumlah kambingya kini sudah berkembang biak menjadi 45 ekor.

Menurut Irfan, perawatan kambing yang postur tubuhnya lebih besar jika dibanding kambing biasa ini cukup mudah. Selain memberikan pakan dedaunan secara teratur, kambing juga perlu diberi makanan tambahan seperti ampas tahu yang dicampur gula tetes, kulit kedelai dan daun pepaya. Jenis makanan tersebut, akan mampu memaksimalkan hasil susu kambing etawa.

Selain menghasilkan daging, susu kambing etawa juga sangat bermanfaat jika dikonsumsi karena bisa menjadi obat alternatif untuk beberapa penyakit dalam.

Harga kambing etawa ini berfariasi antara 1,5 juta rupiah hingga 70 juta rupiah. Harga tertinggi bisa didapat jika kambing pernah mengikuti kontes dan menyabet juara.

Biasanya, kategori yang di lombakan dalam kontes kambing etawa meliputi, calon penjantan, calon indukan, gigi poel 3 pasang dan gigi poel 1 pasang.

Namun kegagalan dalam beternak kambing ini juga kerap dijumpai. Rata-rata peternak kambing gagal karena tidak memahami seluk-beluk kambing dan bagaimana cara perawatannya.
Selengkapnya...

SANTAP SIANG DENGAN ASEM-PEDAS IKAN SEMBILANG



Asem-pedas ikan sembilang, merupakan satu dari puluhan menu tradisional khas warga pesisir Gresik, yang hingga kini masih banyak diminati warga. Menu tradisi warisan nenek moyang tersebut, menjadi menu andalan warga Gresik dan kota lain di sekitarnya, karena tekstur dagingnya yang lembut dipadu dengan bumbu asam-pedas sehingga mampu bangkitkan selera.

Warung-warung penjual menu tradisional asem pedas ikan sembilang, banyak ditemui di warung-warung sederhana di sepanjang jalur Pantai Utara Deandles yang menghubungkan kota Gresik dengan kota-kota lain di sekitarnya.

Menu berbahan baku ikan lele laut itu, mampu menebarkan sensasi kelezatan daging yang lembut dipadu aroma rasa asem dan pedas, sehingga banyak diminati warga kota lain di sekitarnya, seperti Surabaya, Malang dan Lamongan. Karena kelezatanya, para pengguna jalan yang melintas di jalur pantura Gresik, selalu menyempatkan mencicipi kelezatannya.

Aroma asam dan pedas, dipadu dengan daging ikan sembilang yang lembut tanpa duri, menimbulkan kenikmatan tersendiri. Karena itu, setiap melintas di jalur pantura Gresik, dirinya dan keluarga, selalu menyempatkan menikmati kelezatannya.

Anita Maya, (34 tahun,) salah satu penyedia menu asem pedas ikan sembilang, mengatakan, sejak 15 tahun lalu menekuni usaha warisan keluarganya. “Menu ini sudah lama dan sangat membudaya di Gresik”, ujarnya

Menurutnya, dalam sehari warung yang dikelolanya mampu menghabiskan daging ikan sembilang rata-rata 60 kilogram. Dengah harga jual seharga 14 ribu rupiah, per porsinya.

Proses pengolahan ikan sembilang nyaris sama persis dengan mengolah menu makanan laut lainnya, yang menggunakan bumbu buah asam mudah, kunyit, daun bawang, cabe, bawang merah, bawang putih, serta daun jeruk purut, sebagai penyedap sekaligus menghilangkan bau anyir.

Menu tradisional akan terasa lebih nikmat, terutama jika disantap siang hari dan disajikan dalam kondisi masih hangat.
Selengkapnya...

TERAPI KUBUR REMPAH-REMPAH UNTUK KESEHATAN



Setelah seharian menjalani aktivitas, tidak ada salahnya untuk merelaksasi ketegangan otot syaraf. Seperti dengan melakukan terapi kubur yang di kelola sejumlah ahli kesehatan tradisional. Terapi tersebut dilakukan dengan mengubur tubuh dalam rempah-rempah. Belakangan, teknik ini menjadi favorit, karena dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Selain itu, terapi yang menggunakan paduan sekitar 213 jenis rempah-rempah, serbuk gergaji dan dedak rempah ini, sangat ampuh untuk merelaksasi otot yang kaku setelah seharian beraktivitas.

Dalam terapi ini, pasien memakai baju khusus yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari ujung kaki sampai kepala. Selanjutnya pasien dikubur, didalam lubang yang telah dipersiapkan sebelumnya, dimana didalamnya terkandung fermentasi rempah bokashi, mineral, serbuk gergaji, dan dedak rempah dari tumbuhan padi.

Fermentasi campuran rempah-rempah ini, menghasilkan panas dengan suhu 50 hingga 70 derajat celcius yang bisa di rasakan tubuh pasien hingga mampu merelaksasi otot yang kaku.

Metode unik yang digunakan dalam terapi kubur ini, merupakan metode tradisional pengembangan dari terapi di Jepang yang lebih dikenal dengan nama Kozoburo atau mandi enzim. Dengan terapi kubur ini, selain tubuh menjadi sehat, sensasi kesegaran dari olahan fermentasi rempah-rempah terasa berbeda di tubuh.
Selengkapnya...

MENGOLAH LIMBAH MENJADI BERKAH


Masalah tanah yang kurang subur atau bahkan cenderung mati atau rusak, menjadi permasalahan bagi petani untuk bercocok tanam. Penanganan kurang suburnya tanah bisa menimbulkan dampak terhadap besarnya pengeluaran petani yang sebetulnya bisa ditekan apabila tahu bagaimana cara mengolahnya.

Untuk mengatasi permasalahan kurangnya kandungan bahan organik di dalam tanah tersebut, 2 tahun yang lalu tepatnya tahun 2009, Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lamongan telah membuat suatu gagasan untuk membangun Rumah Kompos. Program Rumah Percontohan Pembuatan Pupuk Organik (RP30) yang berlokasi di Desa Medang, Kecamatan Glagah itu juga sudah berproduksi.

Kepala Bidang Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Ernawan melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik saat dikonfirmasi dia mengatakan, ada sebagian tanah di Lamongan yang tidak produktif lagi sehingga sangat sulit dipakai untuk menanam.

“Ada tanah yang kandungan bahan organiknya sangat rendah yaitu dibawah dua persen. Untuk menaikkannya menjadi tiga hingga lima persen supaya subur dan bisa ditanam kembali, butuh usaha ekstra. Salah satunya dengan pengadaan Rumah Kompos. Selain itu, rumah kompos ini bisa menjadi solusi terbuangya limbah pertanian seperti damen yang selama ini belum maksimal pemanfaatannya. Di anggaran tahun ini, diusulkan
akan dibangun lagi lima unit rumah kompos sejenis, ” ujarnya.

Ernawan menambahkan, Rumah Kompos dengan Ketua Kelompak Tani bernama Sutrisman yang beranggotakan 25 orang tersebut dengan sekali produksi mampu menghasilkan sebanyak 5 kwintal perjam pupuk dengan bahan baku sampah sekitar seperti padi, jerami, serta kotoran ternak. “Sementara itu untuk 1 kali musim tanam maksimal bisa sampai 20 ton,” paparnya.

Diakui oleh Ernawan, kesadaran petani dengan menggunakan metode tersebut di nilainya sangat kurang. Entah karena malas atau mungkin kurangnya pengetahuan mereka akhirnya enggan menggunakan. Padahal jika diterapkan dan ditelateni semaksimal mungkin sampah atau limbah tersebut jika diolah bisa menjadi berkah dan mengurangi biaya pengeluaran penggunaan pupuk kimia.

Secara umum rumah kompos terdiri dari bak-bak inkubasi dengan jumlah dan kapasitas tertentu. Bak-bak tersebut berfungsi sebagai tempat untuk menampung sampah organik dan non organik. Disitu juga terdapat ruang untuk pencacahan atau pengilingan, ruang pengemasan, dan display.

Di dalam rumah kompos di desain pula saluran-saluran air untuk penampung air lindi yang keluar dari sampah yang di tampung di bak fermentasi sebelum diolah menjadi pupuk. Lamanya proses pengomposan rata-rata 2-3 minggu supaya bisa dimanfaatkan menjadi pupuk. “Dengan pengembangan unit-unit pengolahan kompos diharapkan bisa memberikan manfaat tambahan terhadap sampah-sampah yang selama ini hanya dibuang,“ ujarnya.
Selengkapnya...

BUDIDAYA IKAN PATIN, BISNIS BARU PETANI TAMBAK



Ikan patin adalah satu jenis ikan yang memiliki banyak keunggulan. Selain dagingnya yang gurih, mengandung banyak lemak serta tak terlalu berduri. Bermula dari sekedar iseng, seorang petani tambak di Lamongan Jawa Timur, berhasil membudidaya ikan patin. Budidaya hasil kerja kerasnya tersebut menjadi usaha yang sangat menjanjikan.

Aktifitas yang telah lima tahun dijalaninya ini, lambat laun menjadi usaha yang menjanjikan baginya. Dibanding dengan budidaya jenis ikan lain, ikan patin memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, dagingnya yang gurih, banyak mengandung lemak, serta tak terlalu banyak durinya.

Hanya bermodalkan area tambak seluas satu hektar, muslikan menyekat tambaknya menjadi beberapa petak. Tujuannya, untuk memisah antara ikan yang masih kecil dan ikan yang siap dipanen.

Budidaya ikan patin tergolong rumit, dibanding dengan budidaya ikan tawar lainnya. Terkadang, pemilik harus mengeluarkan modal besar untuk membeli obat obatan pemusnah bakteri, agar ikan patin terjaga sehat alami.

Selain memiliki kelebihan pada dagingnya, ikan patin ini tergolong murah harganya, berkisar antara sebelas hingga Dua Belas Ribu Rupiah perkilogram.

Meski demikian, untuk satu musim panen, selama empat bulan. Dari seribu bibit untuk setiap petaknya, muslikan mampu menghasilkan ikan patin sebanyak empat hingga empat setengah kwintal. Dapat diperkirakan meraup keuntungan hingga puluhan Juta Rupiah. “Lumayan untuk membantu menghidupi keluarga”, ujar Muslikan.

Meski memiliki rasa gurih dan harganya yang relatif murah. Namun masyarakat sepertinya kurang mengetahui akan keberadaan ikan patin. Muslikan untuk sementara ini hanya memasarkan ikannya di wilayah Lamongan, Bojonegoro dan Tuban.

Saat cuaca ekstrim yang menyebabakan para petani tambak ikan banding dan udang windu mengalami gagal panen seperti saat ini, budidaya ikan patin ini bias menjadi alternative. (86)
Selengkapnya...

LOWONGAN CALON KARYAWAN PT PETROKIMIA GRESIK



BUMN terkemuka, PT Petrokimi Gresik membuka kesempatan kerja kepada Sarjana (S1) dengan Jurusan:
o Teknik Kimia
o Teknik Mesin
o Teknik Fisika
o Teknik Industri
o Sistem Perkapalan
o MIPA Kimia
o Psikologi (Industri)
o Hukum (Perdata/Bisnis)
o Komunikasi
o Akuntansi
o Manajemen
o Agribisnis
o Agronomi
o Budidaya Pertanian
o Teknologi Benih
o Teknologi Pangan

Dengan syarat-syarat sebagai berikut:
a. Warga Negara Indonesia;
b. Jenis kelamin laki-laki;
c. Usia maksimum 25 tahun (lahir setelah tanggal 28 Februari 1986);
d. Memiliki index Prestasi (IP) kumulatif ≥ 3,00;
e. Memiliki TOEFL minimal 475 (dibuktikan dengan sertifikat);
f. Sehat Jasmani dan Rohani;
g. Tidak buta warna;
h. Tidak terikat ikatan dinas pada instansi lain.

Bagi yang berminat dapat mendaftar secara online melalui website e-Recruitment PT Petrokimia Gresik yang dapat diakses di http://recruitment.petrokimia-gresik.com paling lambat tanggal 20 Maret 2011.

Hormat Kami,
PT Petrokimia Gresik


Bambang Heru
Kepala Kompartemen SDM
Selengkapnya...

MENGENAL BENDA PURBAKALA DI SITUS PUGUNG RAHARJO



Taman Purbakala Pugung Raharjo mempunyai luas kurang lebih hampir 30 hektar. Dari kota bandar lampung, lokasi tempat budaya bersejarah ini berjarak sekitar 42 kilometer, terletak di Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur.

Taman purbakala ini, merupakan peninggalan jaman nenek moyang berasal dari dua tradisi, yakni Megalitik dan Klasik. Tradisi megalitik merupakan jenis kebudayaan zaman prasejarah, di mana para nenek moyang, belum mengenal tulisan. Sebagai ciri-ciri alat kehidupan saat itu, masih terbuat dari bebatuan besar. Antara lain seperti batu tegak atau disebut (menhir), meja batu (dolmen) kuburan batu dan keranda batu.

Sedangkan tradisi klasik, berlangsung setelah para nenek moyang kita, mendapat pengaruh kebudayaan Agama Hindu dan Budha, pada abad ke Enam sampai abad ke Lima Belas Masehi.

Awal mulanya,kompleks Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan daerah yang dianggap sangat angker oleh sebagian masyarakat setempat. Sebab setelah ratusan tahun, daerah ini, tidak di huni manusia, sehingga menjadi kawasan hutan belantara dengan berbagai pohon besar yang tumbuh liar memberi kesan seram.

Pada tahun 1954, para transmigran asal pulau Jawa, membuka hutan. Mereka menemukan gundukan tanah bersusun batu besar. Susunan tersebut, berbentuk bujur sangkar dan batu arca yang di beri nama Putri Badriah atau lebih dikenal dengan patung Budha.

Setelah di lakukan survei dan penelitian oleh ahli benda bersejarah pada tahun 1968, akhirnya Pemerintah Pusat dan Daerah melakukan pemugaran awal pada tahun 1977. Sedangkan pemugaran kedua tahun 1984, berhasil menyusun kembali peninggalan bersejarah tersebut ke posisi semula.

Adapun peninggalan bersejarah yang bernilai situs budaya antara lain, situs benteng dua buah yang terdiri gundukan tanah berbentuk memanjang dengan tinggi mencapai 3,5 meter dan panjang 1.200 meter. Sementara bagian luar benteng, terdapat parit atau sungai dengan kedalaman mencapai 3 sampai 5 meter.

Menurut hasil penelitian sejarah, benteng tersebut, merupakan tempat pertahanan dari serangan binatang buas dan suku lain. Selain itu, juga terdapat 13 punden kecil dan besar, terbuat dari gundukan tanah. Punden-punden ini, berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap arwah para nenek moyang terdahulu.

Pada situs batu, terdapat situs batu kandang (batu mayat), batu bertakuk (batu berlubang) batu lumpang, batu bergores dan kolam pemandian umum.

Konon menurut cerita yang beredar di masyarakat, air dari sumber kolam pemandian di percaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menjadi awet muda.

Sebab sumber air bersih ini, sepanjang tahun tidak pernah kering, meski musim kemarau sekalipun. Di dalam kolam pemandian, terdapat batu dan gua bersejarah sepanjang puluhan kilometer tembus hingga danau wayjepara.namun sayangnya gua tersebut, tidak dapat di lihat dengan kasat mata manusia biasa.

Situs taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan aset budaya dan sejarah yang mendatangkan sumber pendapatan asli daerah yang tak kalah menarik dengan Propinsi lain di luar Lampung.
Selengkapnya...

PISANG UNIK BERBUAH DI BATANG POHON



Warga dusun Bakalan, Desa Sidorejo, Kecamatan Deket Lamongan Jawa Timur, geger oleh kemunculan buah pisang unik yang tumbuh di tengah batang pohon (05/03/2011.) Warga pun terus berbondong-bondong untuk menyaksikan secara langsung pohon pisang unik tersebut.

Pohon pisang yang tumbuh di halaman belakang rumah milik Supa’at ini, terlihat jelas keunikannya, karena tandan buah pisang tumbuh di tengah batang pohon. Bahkan, jantung pisang ini juga tumbuh buah pisang yang masih kecil.

Semula keunikan pohon pisang diketahui pimiliknya saat memeriksa kondisi kebun. Pohon pisang jenis susu ini awalnya terlihat normal. Namun, semakin hari pohon pisang mulai memunculkan keanehan.

Pimilik pohon pisang Supa’at mengaku, tidak merasakan firasat apa-apa semenjak tumbuhnya keunikan pohon pisang ini. “Tidak ada firasat sama sekali”, ujar Supa’at

Tak heran, jika pohon pisang unik mengundang penasaran warga sekitar yang berduyun-duyun datang ke lokasi kebun untuk melihat secara langsung pohon pisang unik.

Meski demikian, warga menganggap kemunculan pohon pisang unik setinggi tiga meter ini, merupakan fenomena alam, dan bentuk anugrah yang maha kuasa.(86)
Selengkapnya...

SATE TIG TOG PENGHANGAT BADAN



Aneka makanan dengan bahan baku daging bebek, kini tidak hanya bisa dinikmati dengan cara di goreng saja. Namun daging bebek ternyata juga digunakan sebagai sajian makanan yang diolah menjadi sate bebek maupun gule.

Di Sidoarjo Jawa Timur, sate bebek tig tog, menjadi salah satu makanan yang digemari dan dicari masyarakat pecinta kuliner, khususnya saat musim hujan ini karena bisa menghangatkan badan.

Dibanding sate daging ayam atau sate kambing, sate bebek tig tog memiliki rasa yang khas. Selain dagingnya yang kenyal dan gurih, sate bebek tig tog dikenal juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Diolah dengan bumbu rempah dan kacang, serta cita rasa kecap, sate bebek tig tog ini memiliki rasa yang lebih gurih.

Agar meresap ke dalam daging, dibutuhkan ketelatenan dalam mengolah bumbu dan membakar daging bebek ini. Satu persatu tusuk daging bebek ini diolesi bumbu, dan dibakar merata, sehingga bumbu yang menempel pada daging sate bebek ini meresap ke dalam daging.

Dalam penyajiannya, seperti sate daging kambing, sate bebek tig tog ini biasanya disajikan bersama gule daging bebek yang memiliki rasa yang khas.

Meski dikenal sebagai makanan yang bisa menghangatkan dan menambah stamina tubuh, sate bebek tig tog ini tidak dianjurkan bagi masyarakat yang menderita penyakit asam urat dan kolesterol.

Untuk menikmati sate bebek tig tog, pecinta kuliner hanya membutuhkan uang 10 Ribu per 10 tusuknya dan 5 Ribu Rupiah untuk gule bebek per mangkoknya.

Di Sidoarjo, sate bebek tig tog yang pertama kali dikenal warga Banyumasi, kini bisa juga didapatkan di sebuah warung makan dikawasan Jenggolo.
Selengkapnya...

PERCEPAT SPEED LOADING INTERNET DENGAN FIREFOX



Untuk Mempercepat Loading speed internet saat berselancar, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah jenis koneksi internet yang kita gunakan.

Untuk browser, sebaiknya pindah ke Mozilla Firefox, karena banyak sekali fitur yang disediakan di Mozilla firefox dan salah satu fitur yang banyak di sukai adalah Add-ons dimana kita bisa mengubah firefox menjadi browser yang powerfull.

Untuk mempercepat loading kita bisa menggunakan Tweak Network add-ons 1.5 for firefox. Add-ons untuk firefox ini memaksimalkan koneksi internet saat kita browsing atau download file dengan cara memaksimalkan setting firefox yang sebenarnya bisa kita setting manual untuk
mempercepat loading pada mozilla firefox.

Dengan addon ini kita juga bisa mempercepat download pada firefox hanya dengan beberapa langkah mudah, yakni dengan install add-onsnya. Untuk download add-ons optimalisasi firefox silahkan menuju alamat berikut :

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/327/
atau https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/tweak-network/

Selengkapnya...

MENDETEKSI WEBSITE PALSU DENGAN JAVASCRIPT



Banyak orang berpikir bahwa Javascript adalah bahasa inferior yang berguna untuk sekedar membuat web saja. Padahal, di samping fungsinya tersebut Javascript juga merupakan bahasa penuh sensasi. Javascript memiliki berbagai rahasia yang hanya akan terungkap bagi mereka yang rasa ingin tahunya cukup tinggi.

Dengan javascript Anda dapat melakukan banyak hal seperti mengubah halaman, membuat gambar animasi dan lain sebagainya.

Javascript ternyata juga dapat digunakan untuk mendeteksi halaman sebuah web yang palsu atau situs phishing. Hal ini penting, terutama jika Anda akan melakukan transaksi dengan kode rahasia, seperti akun perbankan, email, facebook dan lain sebagainya.

Kode javascript berikut ini, akan memberitahu Anda jika halaman yang sedang anda kunjungi adalah halaman palsu. Caranya, paste kode berikut ke address bar browser saat anda sedang berkunjung ke sebuah web. Layar pop up akan muncul memberitahu anda apakah website tersebut asli atau tidak.

Berikut kode Javascript-nya :
javascript:alert("Alamat URL seharusnya:\t\t" + location.protocol + "//" + location.hostname + "/" + "\nAlamat URL sekarang:\t\t" + location.href + "\n" + "\nJika tidak sesuai, berarti palsu.");
Selengkapnya...

KOMPUTER TAK BISA SHUTDOWN



Komputer tidak bisa shutdown adalah satu di antara masalah yang sangat sering terjadi Ketika mencoba untuk log off, restart, atau shut down, komputer berbasis Windows tidak memberi respon dan kadang proses shutdown berjalan setengah perjalanan lalu mati. Jika di biarkan, akan menyebabkan kerusakan pada sejumlah hardware seperti harddisk, mainboard dan lain sebagainya.

Kondisi ini bisa di sebabkan beberapa hal seperti driver yang tidak kompatible, masih ada program komputer yang sedang berjalan serta setting BIOS yang salah.
Untuk mengatasinya, hilangkan dulu penyakit yang di atas.

Jika belum juga normal, coba lalukan langkah-langkah berikut:

1. Klik Start Menu -> Run -> ketik regedit

2. Buka HKEY_CURRENT_USER -> Control Panel -> Desktop

3. Klik dua kali pada PowerOffActive dan ubah nilainya menjadi 1

Selengkapnya...

MENUJU SUKSES DENGAN BUDIDAYA KEPITING KERAMBA



Bagi sebagian orang, musim hujan bisa saja merugikan karena bisa menyebabkan banjir. Namun tidak demikian halnya bagi pembudidaya kepiting yang menggunakan media keramba di wilayah Kecamatan Kraksaan Probolinggo Jawa Timur. Musim hujan justru sangat menguntungkan karena omset penghasilan dari usahanya meningkat tajam.

Ahmad Fadol (30 tahun) misalnya, warga Kebon Agung merasa mendapat berkah tersendiri pada musim hujan tiba seperti saat ini. Betapa tidak, usaha budidaya kepiting miliknya meningkat tajam, hingga 50 persen dalam sebulan.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2009 dengan modal awal hanya 600 Ribu Rupiah, di musim hujan ini bisa berlipat ganda hingga puluhan Juta Rupiah. Sebab, pada musim hujan intensitas panas matahari menjadi berkurang yang menyebabkan kepiting berkembang dengan baik. Di samping itu, Risiko beternak kepiting juga relatif kecil. Kepiting jarang terkena penyakit dan jika banjir datang kepiting tidak akan hanyut karena terlindung dalam keramba.

Sedangkan Bila musim kemarau, Fadol hanya bisa memanen kepiting setiap 1 bulan saja, kini hanya membutuhkan waktu 15 hari untuk memanen, terutama kepiting yang berkualitas baik.

Masing-masing Satu dari 10 kerambah kepiting milik fadol, bisa menghasilkan sekitar 1 Kwintal kepiting siap panen. Sementara harga jual kepiting antara 150 hingga 175 Ribu Rupiah perkilogramnya. Jadi dengan 10 keramba dipastikan bisa menghasilkan uang 150 Juta Rupiah setiap kali panen.

Dengan di potong biaya operasional dan biaya karyawan sebesar 40 persen, setiap sekali panen, Fadol bisa meraup keuntungan bersih sekitar 100 Juta Rupiah dan dalam sebulan bisa mencapai 200 Juta Rupiah.

Proses budidaya kepiting jenis Jawa ini tergolong sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan istimewa. Bibit kepiting mula-mula di masukan kerambah, kemudian di beri pakan ikan teri. Dalam waktu 15 hari, kepiting siap di panen dan di pasarkan dalam keadaan hidup.

Kepiting hasil budidaya ini biasanya di pasarkan ke sejumlah Negara Asia, seperti Jepang, Korea dan Thailand.
Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...