Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

TIM RUKYAT GRESIK BERHASIL MELIHAT HILAL



Pelaksanaan Rukyatul Hilal Kabupaten Gresik Jawa Timur yang di pusatkan di Balai Rukyat Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, berhasil melihat Hilal. Hasil kerja tim ini selanjutnya di bawa ke sidang Itsbat Menteri Agama Di Jakarta (31/07/2011.)

Berdasarkan laporan hasil pemantauan tim Rukyat yang di di gelar mulai pukul 5 sore, Matahari terlihat terakhir pada pukul 17:31. Setelah batas waktu Rukyat dinyatakan selesai, 4 orang peserta mengaku telah melihat Hilal selama kurang lebih 30 detik mulai pukul 17.37.

Ke 4 orang yang berhasil melihat Hilal adalah Muhammad Ikhwanuddin, Samsul Arifin, Muhibuddin serta Solahuddin.

Berdasarkan pengakuan ke 4 orang tersebut, meski cuaca pada saat prosesi Rukyat cerah berawan, namun, Hilal berhasil di lihat dengan posisi menghadap ke atas serta miring ke arah selatan.

Laporan hasil pemantauan Hilal ini selanjutnya di proses melalui persidangan singkat sekaligus di sumpah oleh pengadilan negeri agama setempat yang juga turut hadir dalam kegiatan Rukyatul Hilal.

Tim Rukyatul Hilal kemudian menyatakan 1 ramadhan 1432 hijriyah jatuh pada hari senin tanggal 1 agustus 2011.

Hasil kegiatan memantau Hilal oleh tim Rukyat kabupaten gresik ini selanjutnya akan di jadikan sebagai salah satu pertimbangan pada sidang Itsbat Menteri Agama di Jakarta malam ini.
Selengkapnya...

BULAN RAMADHAN, KOTA GRESIK DI GOYANG VIDEO MESUM



Bulan suci Ramadhan, kota Gresik Jawa Timur yang selama ini di kenal sebagai kota santri, di goyang oleh beredarnya video mesum yang mempertontonkan hubungan suami istri 31/07/2011.) Sejauh ini, pihak keamanan belum mengusut pelaku dan penyebar video asusila tersebut.

Ketenangan warga Kota Santri, Gresik dalam menjalankan ibadah puasa, terusik dengan beredarnya video mesum perselingkuhan yang mempertontonkan hubungan layaknya suami istri yang di duga di lakukan oleh oknum karyawan sebuah perusahaan di kota Gresik.

Dalam video berdurasi 12 menit 6 detik ini, terlihat kedua insane berlainan jenis melakukan adegan mesum yang di duga di lakukan di kamar mandi sebuah hotel. Berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat, pemeran pria berinisial hd berdomisili di Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas dan telah memiliki istri 3 orang anak. Sementara, pemeran perempuan adalah seorang janda yang telah di cerai suaminya.

Video berjudul, skandal Gresik ini di duga di rekam menggunakan handycam dan menyebar dengan kapasitas 34 koma 4 Mega Byte.

Video perselingkuhan ini beredar luas di masyarakat dalam 2 hari terakhir melalui handphone dan komputer. Masyarakat pun mengaku resah, karena video ini menyebar di saat masyarakat Gresik akan melaksanakan ibadah puasa.

Sejauh ini, pihak keamanan belum mengusut pelaku dan penyebar video mesum ini.
Selengkapnya...

JALAN-JALAN KE PULAU KEMARO



Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau yang berada di tengah sungai Musi Palembang Sumatera Selatan. Ketenaran pulau tersebut tidak bisa di pungkiri karena menjadi pusat tempat perayaan Cap Go Meh setiap tahun, bagi warga keturunan china dari berbagai pelosok negeri.

Untuk mencapai pulau Kemaro, harus menempuh jalur air, dengan ongkos beragam tergantung jenis kapal. Dengan Speed Boat dari Benteng Kuto Besak seharga 50 Ribu Rupiah antar jemput. Dengan kapal ketek 70 Ribu dari benteng kuto besak antar jemput. Jarak tempuh ke pulau Kemaro sekitar 30 menit dengan speed boat. 50 menit dengan kapal Ketek.

Sepanjang jalan, anda bisa menikmati pemandangan pesisir sungai Musi, termasuk jembatan kebanggan Wong Kito, yakni jembatan ampera, termasuk banyaknya rumah rakit atau rumah tradisional Palembang, serta tempat-tempat bersejarah lainnya di sepanjang sungai.

Saat memasuki pulau ini kita akan di sambut oleh pohon-pohon yang tinggi menjulang. Kelenteng dan Pagoda. Di kelenteng umat muslim di ijinkan oleh pengurus untuk berdoa karena pulau ini merupakan pulau yang memperlihatkan kerukunan umat beragama antar Islam, Budha dan Khong Hu Cu.

Konon, pulau Kemaro merupakan pulau yang sejarahnya terbentuk oleh kekuatan cinta antara putri Kerajaan Sriwijaya Siti Fatimah dengan seorang pemuda perantauan dari tiongkok. Setelah menikah pasangan suami istri ini berkunjung ke negri asal sang suami. Setelah itu kembali lagi ke Palembang. Dengan di bekali tujuh guci besar dari orang tua sang suami. Saat di sungai Musi sang suami putri siti fatimah. Membuka guci dan ingin melihat berisis apakah ketujuh guci ini. Saat di buka ternyata berisikan sayur bayam dan asin-asinan.

Karena malu jika pulang dari Tiongkok hanya membawa sayur bayam dan asinan. Suami Siti Fatimah membuang seluruh guci ke sungai. Namun saat akan membuang guci ketujuh guci tersebut jatuh di dek kapal dan pecah. Maka berhamburanlah semua isi yang ada di dalam guci berupa perhiasan yang berharga. Melihat hal tersebut suami siti fatimah menyesal karena telah membuang guci-guci tersebut. Lalu suami siti fatimah terjun ke sungai Musi untuk mengangkat kembali guci-guci tersebut. Bersama salah satu pengawalnya. Namun setelah beberapa jam sang suami dan pengawalnya tidak naik kepermukaan, lalu sang putri pun ikut terjun kesungai dan ikut tewas tengelam di sungai Musi.

Setelah beberapa tahun muncullah gundukan tanah tepat di tempat tengelamnya Siti Fatimah, yang akhirnya menjadi pulau. Tepat di tengah-tengah pulau terdapat tiga gundukan tanah. Yang di perkirakan merupakan makam sang putri dan suaminya. Berserta pengawalnya. Tempat ini kemudian menjadi tempat yang di keramatkan baik oleh orang pribumi maupun warga etnis China.

Pulau Kemaro juga menjadi tempat ibadah warga etnis china walau pun makam yang ada di dalam kelenteng merupaka makam warga muslim. Dan telah di bangun kelenteng dan pagoda. Di saat menjelang hari raya Cap Goh Meh banyak warga etnis China mendatangi pulau ini untuk bersembayang mau pun meminta rezeki dan jodoh. Bahkan yang berkunjung ke pulau ini bukan hanya dari dalam negeri saja. Warga Singapure, Malaysia, China. Hongkong dan lain-lain, untuk meminta rezeki dan jodoh.

Asal mula nama pulau Kemaro di karenakan saat air sungai pasang pulau ini tidak tengelam tetap kering. Selain di sebut pulau Kemaro, pulau ini juga di sebut pulau cinta. Karena banyaknya orang meminta jodoh di pulau ini. Dan mengukirkan nama mereka di pohon cinta.

Pohon cinta merupakan pohon beringin yang telah lama tumbuh di pulau Kemaro. Salah satu pulau yang menjadi objek wisata di kota Palembang. Biasanya pulau Kemaro ini ramai di kunungi di saat hari libur nasional dan mendekati perayaan cap goh meh. Biasanya banyak kaula muda mudi datang ke pulau ini untuk mencari jodoh. Bahkan yang telah memiliki pasangan, juga tidak ketinggalan mengunjungi pulau ini.

Tak urung pohon cinta ini merupakan salah satu tujuan para anak muda untuk bersumpah setianya di pohon cinta ini. Pohon cinta ini terletak di tengah pulau Kemaro berdekatan dengan pagoda. Walau pun pihak pengelola melarang mengukir nama dan memanjat pohon. Namun hal ini tidak di perdulikan para kaula muda yang sedang kasmaran.

Di pulau Kemaro juga terdapat sebuah Pagoda yang sangat cantik, pagoda ini memiliki sembilan tingkat dengan ketinggian 40 meter. Pagoda yang berada tepat di tengah pulau Kemaro ini baru di bangun pada tahun 2008 lalu, untuk mempercantik pulau Kemaro. Pagoda ini merupakan Pagoda tertinggi di Palembang, dan kini Pagoda ini telah menjadi ikon pulau Kemaro.
Selengkapnya...

BAHAN BAKAR FOSIL AKAN HABIS 30 TAHUN LAGI



Para ahli mengatakan minyak bumi, gas alam, batu bara, yang dikatakan sebagai bahan bakar fosil tersebut diperkirakan akan habis 30 tahun lagi, sedangkan bahan bakar gas 70-80 tahun, dan bahan bakar padat 120 tahun. Artinya apapun bentuknya dapat habis. Setidaknya itu yang disampaikan Djoko Sungkono guru besar dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) dalam acara sosialisasi langkah-langkah hemat energi dan air untuk bangunan gedung/perkantoran, bertempat di Sasana Nayaka Kabupaten Lamongan, kemarin (27/7).

Bahan bakar fosil adalah sumber daya tak terbarukan karena perlu jutaan tahun untuk terbentuk dan sumber yang ada ternyata lebih cepat habis ketimbang terbentuk yang baru. “Ini juga perlu untuk diketahui, sumber daya pembangkit energi masih amat bergantung pada bahan bakar fosil ini,” ujarnya serius.

Dia mengatakan, manusia sebenarnya sadar bahwa kehidupannya tergantung pada energi dan energi pada dasarnya tidaklah gratis. Langkah-langkah efisiensi peralatan harus ditingkatkan dan efisiensi rendah diganti. Selain itu, bahan bakar baru/terbarukan di produksi dengan harga jual murah kepada konsumen dan energi gratis diaplikasikan.

Berdasarkan Inpres No 2 tahun 2008 revisi Inpres 10 tahun 2005 tentang penghematan energi, di dalamnya menginstruksikan kepada pimpinan lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah yakni diantaranya untuk melakukan langkah-langkah dan inovasi penghematan energi dan air di SKPD masing-masing meliputi, penerangan, AC, dan peralatan yang menggunakan energi listrik, bahan bakar minyak, atau gas.

Jadi semua sudah jelas. Dia mengatakan, mengapa harus di hemat? Karena sumber energi primer terbatas dan mahal, kapasitas pembangkit terbatas, dan dengan hemat berarti turut menjaga kelestarian lingkungan hidup. Yang paling penting adalah keadilan bagi masyarakat Indonesia yang belum menikmati listrik. “Jangan sampai masyarakat belum menikmati listrik tetapi energinya sudah habis duluan,” katanya.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara sosialisasi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Lamongan, Djoko Purwanto mengatakan, seluruh pimpinan SKPD, para Camat, dan BUMD sudah menindaklanjuti surat edaran dari bapak Bupati tanggal 15 September 2008, tanggal 29 November 2010, dan 11 April 2011 yang isinya diwajibkan untuk membentuk gugus tugas.

Gugus tugas ini dalam rangka untuk penghematan energi dan air dilingkungan kantor masing-masing. Terkait hal lain dia menyampaikan, subsidi BBM dan listrik dari pemerintah pusat tahun 2011 dialokasikan sebesar Rp 231,6 trilyun kemudian penyerapan sampai dengan bulan Juli sudah mencapai Rp 136,6 trilyun. Hadir pada kesempatan itu Imam Asy’ari dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Jatim.
Selengkapnya...

SOP UDANG LOBSTER, PEMBANGKIT STAMINA



Sop lobster kecap, salah satu menu tradisional khas warga pulau Bawean Gresik Jawa Timur, tidak hanya mampu membangkitkan selera, tetapi juga berkhasiat meningkatkan vitalitas kaum pria. Menu tradisional tersebut, telah menjadi hidangan spesial, karena berbahan udang lobster segar yang baru diambil dari laut sehingga banyak disukai para wisatawan.

Udang lobster pulau Bawean, berbeda dengan lobster yang ditemui di kota-kota besar pada umumnya. Pasalnya, warga di pulau yang berjarak sejauh 80 mil dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tersebut, hanya memanfaatkan lobster segar yang baru di tangkap di perairan laut setempat yang di kenal cukup bersih dan jauh dari pencemaran lingkungan.

Menu tradisional warisan nenek moyang ini, tidak hanya menawarkan sensasi kelezatan alami, tetapi juga memiliki beragam khasiat, diantaranya meningkatkan stamina untuk kaum pria.


Prores pembuatan soup lobster pulau Bawean, tidaklah terlalu sulit. Mereka cukup memanfaatkan bumbu di sekitar lingkungan rumahnya, bawang merah, bawang putih, jahe, merica dan garam secukupnya.

Pertama-tama, lobster yang baru ditangkap dibersihkan, dengan air tawar. Sebelum dimasak, terlebih dahulu bagian kaki lobster, dipotong, agar lebih membangkitkan selera para penikmatnya. Agar sensasi kelezatanya makin terasa, para nelayan juga menyediakan kecap ditabur cabe, untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner yang menyuka rasa pedas.

Menu tradisional, warisan nenek moyang tersebut, kini menjadi hidangan spesial bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Puteri tersebut, karena sensasi kelezatannya yang membangkitkan selera. “Sop lobster memang tidak di jual bebas, hanya untuk melayani para tamu luar pulau saja, ujar Muhammad Umar, Kepala Desa Pekalongan Kecamatan Tambak, Bawean.

Menurut para penikmatnya, sensasi kelezatan lobster air laut Bawean, makin terasa, karena daging lobster lebih kenyal, segar dan segar. Hal ini sangat berbeda dengan rasa udang lobster yang banyak di sajikan di depot-depot. Pasalnya, udangnya sudah lama di tangkap dari laut.


Bagi pecinta kuliner yang memiliki masalah dengan kolesterol, juga tidak perlu khawatir. Pasalnya, warga juga menyediakan minuman degan, atau kelapa muda, sebagai menuman pencuci mulut, untuk menetralkan kolestrol.

Di samping mampu meningkatkan stamina, lobster adalah makanan pilihan yang sangat baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena lobster sangat rendah lemak dan kalori.

Bagi para pecinta kuliner yang pingin merasakan sensasi kelezatanya, cukup menyediakan uang seharga 70 Ribu Rupiah, per kilogram untuk udang lobster mentah. (86)
Selengkapnya...

BELAJAR MEMBUAT BATCH FILE HACKING



Batch file pada dasarnya adalah urutan perintah DOS yang di susun dalam sebuah file ber-ekstensi bat. Pemrograman Batch akan membantu kita jika ingin mengotomatisasi tugas komputer. Meskipun hanya dibatasi untuk platform Windows, tapi batch file memiliki banyak kegunaan lain menyangkut dunia hacking cracking.

Pemrograman Batch file dapat melakukan beberapa hal penting menyangkut sistem keamanan komputer, antara lain:

• DNS Poisoning
• Packet flooders
• Dictionary attacks
• Virus Creation
• Disabling of logs

Ada sebuah buku fantastis berisi cara membuat batch file dari awal sampai tingkat mahir. Buku tersebut berjudul "Batch file programming" dan merupakan salah satu buku yang sangat komprehensif tentang pemrograman batch

Buku tersebut bisa di download di sini.
Selengkapnya...

TELAGA WARNA DANAU EKSOTIK PENUH KEJUTAN



Pegunungan Dieng di Wonosobo Jawa Tengah menyimpan beragam pesona alam. Sebagai sebuah gunung purba, proses vulkanis yang telah berjalan, menghasilkan bentukan alam yang khas. Salah satunya adalah telaga warna yang terletak di ketinggian Dua Ribu Meter dari permukaan laut dan berjarak kurang dari 25 kilometer arah utara kota Wonosobo.

Telaga warna masuk dalam kategori danau vulkanik yang berisi air bercampur belerang. Apabila terkena sinar matahari akan memantulkan sinar warna warni karena kandungan bahan mineralnya terkadang berwarna biru dan kuning ataupun hijau dan kuning keputihan.

Uniknya lagi, warnanya berubah-ubah tergantung cuaca dan jarak pandang. Namun, pantulan warna ini tidak selalu nampak, terutama ketika cuaca redup. Meskipun begitu, pemandangan dan suasana di tempat ini tidak akan pernah Anda temui di tempat lain.

Keanekaragaman hayati di sekeliling danau menambah keindahan obyek wisata yang cukup dikenal hingga ke Mancanegara ini. Hutan tropis di kawasan ini juga penuh warna. Di bagian dalam pepohonan lebih hijau, sementara di tepian danau banyak pepohonan yang batangnya cenderung berwarna kekuningan.

Ada yang karena jenis pohonnya seperti itu. Ada pula yang karena semburan asap belerang membuat pepohonan berwarna kekuningan. Yang pasti, semburat warna tersebut membuat kawasan ini memang penuh pesona.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kehutanan, telah menetapkan kawasan ini sebagai daerah konservasi. Wisatawan yang membawa kamera harus terlebih dulu meminta ijin kepada petugas setempat.

Selain keindahan alamnya, pengelola kawasan wisata juga menambah fasilitas hiburan bagi pengunjung, seperti arena luncur di atas danau. Tali luncur atau flying fox di telaga warna memang punya sensasi yang beda dibanding arena serupa di tempat lain. Disini pengunjung meluncur dari atas pohon, lalu melayang diatas danau vulkanik.

Di samping itu, pengunjung juga bisa trekking lebih ke dalam melewati jalur hutan yang rindang. Hawa dingin khas pegunungan Dieng, membuat trekking yang menempuh rute sekitar 2 Kilometer, tak begitu terasa melelahkan.
Selengkapnya...

KERAJINAN KENDANG JIMBE OMZETNYA MENINGKAT



Alat musik kendang jimbe, merupakan alat musik tradisional asal Benua Afrika. Namun tidak banyak yang tahu jika alat musik jimbe, juga dibuat oleh sejumlah pengrajin di wilayah kabupaten Malang Jawa Timur.

Salah satunya adalah Tomi Sasongko, warga Desa Ngebruk, Sumber Pucung – Kabupaten Malang, yang nyaris tidak pernah sepi dari kesibukan produksi kendang jimbe, mulai dari proses pemilihan bahan kayu mahoni, pengukiran, pewarnaan, pemasangan kulit sapi dan kambing, hingga proses finishing.

Untuk membuat kendang, mula-mula batangan kayu Mahoni dibilah menjadi potongan kecil. Potongan kecil kemudian masuk dalam proses pembubutan untuk di bentuk menjadi Kendang untuk kemudian di haluskan dan dipercantik dengan Motif-motif yang lebih cantik dan menarik melalui motif ukir-ukiran seni. Bahan kayu Mahoni dan suara yang khas, ditambah berbagai variasi tampilan ukiran dan pewarnaan etnik, membuat pemasaran terus berkembang pesat.

Menurut tomi, setelah menggeluti usahanya selama 7 tahun terakhir, dengan berbagai cara, kini pasarnya telah mencakup Benua Asia, Amerika, Australia, Eropa dan Afrika. Bahkan khusus amerika dan afrika, merupakan pasar yang paling bagus.

Omzet perbulan di Viola Jimbe Shop, milik Tomi, mencapai 5 ribu buah jimbe, senilai 50 Juta Rupiah perbulan, sangat menggiurkan jika dilihat dari usaha yang berawal dari sebuah hobi.

Usaha ini bisa berkembang terus, sayangnya di saat order dan pasar terus berkembang, kini Tomi mengalami kesulitan dana permodalan.
Selengkapnya...

SATE TULANG BUNTUT KAMBING MUDA



Jika anda penikmat gurihnya tulang rawan, anda harus mencoba yang satu ini. Namanya sate buntut madu yang disajikan d sebuah warung sate milik Maryoso di Jalan Wahid Hasyim Karangklesem Banyumas Jawa Tengah. Jika sate biasa menggunakan daging tanpa tulang, namun menu yang ini adalah ekor kambing utuh yang di sate.

Kambing yang dipilih adalah kambing yang benar-benar masih muda. Jadi daging dan tulang rawannya masih empuk dan lunak. Bagian buntut atau ekor diambil hingga ke bagian pangkalnya. Setelah itu, buntut disayat agar saat pembakaran nanti bisa matang sempurna. Tentu saja ditusuk dengan lidi.

Selain dibakar biasa, sate buntut juga diberi bumbu rempah seperti lada dan lainnya agar ada cita rasa lebih. Juga ditambah madu agar manis daging tetap terasa alami sekaligus menambah manfaat untuk vitalitas. Sebab, daging di bagian buntut dipercaya bisa meningkatkan vitalitas pria sekaligus obat bagi keluhan kurang tenaga.

Seperti sate lainnya, sate buntut disajikan lengkap dengan kecap cabai, bawang merah, tomat dan jeruk. Cara menikmatinya umumnya dimakan tanpa nasi alias bukan sebagai lauk agar khasiatnya lebih terasa.

Sayang, sate buntut ini hanya tersedia dua hari dalam sepekan yakni hari senin dan kamis. Ini karena stock buntut kambing muda memang tak mudah untuk didapatkan. Meski susah mendapatkan bahan, sate ini harganya murah, hanya 12.500 Rupiah per porsi yakni 5 tusuk sate.
Selengkapnya...

BUDIDAYA JAMUR DARI LIMBAH KAYU GERGAJI



Limbah kayu gergaji ternyata bisa digunakan sebagai media untuk membudidayakan jamur. Warga desa Wadungasih Buduran-Sidoarjo Jawa Timur, sukses menggunakan limbah kayu mebel yang telah di gergaji sebagai media budidaya jamur.

Dengan berbekal pengumpulan limbah kayu dari sejumlah perusahaan mebel kayu, warga desa mula-mula mengemasnya dalam bungkusan plastik yang kemudian disimpan di gudang rumah.

Serbuk kayu gergaji ini disiram air setiap hari hingga membusuk dan kemudian muncul jamur kayu. Jamur ini bisa diolah menjadi aneka ragam jenis makanan .

Meski dilakukan melalui proses yang cukup sederhana, namun hasil dari budidaya jamur ini, warga mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan .

Untuk satu lonjor jamur saja bisa dijual senilai 2.500 Rupiah. Padahal sekali panen, warga bisa menjual sekitar 1000 log dengan nilai 2,5 Juta Rupiah, yang diperoleh setiap 2 Bulan sekali.

Selain dijual dalam bentuk jamur, warga juga mengolah jamur menjadi aneka makanan siap saji, seperti bothok jamur, otak-otak jamur, cap jay jamur, tumis jamur, dan kripik jamur.

Sayangnya, karena permintaan jamur dilingkungan sidoarjo cukup tinggi, warga kampung jamur sidoarjo ini saat ini hanya bisa memenuhi permintaan jamur untuk lokal wilayah sidoarjo. Banyaknya permintaan jamur dari luar wilayah, belum bisa terpenuhi karena minimnya pengadaan bahan limbah gergaji.
Selengkapnya...

BUDIDAYA BELUT SAWAH, USAHA TRADISIONAL YANG MENGUNTUNGKAN



Belut sawah yang banyak dijumpai di lubang pematang sawah ternyata bisa dibudidayakan, dan bernilai ekonomi cukup baik. Adalah Kusno (37 tahun) petani asal Desa Kapongan, Kecamatan Kapongan Situbondo Jawa Timur, sukses menggeluti budidaya belut sawah selama 15 tahun dari profesi semula sebagai petani.

Berbekal satu belut jantan dan betina yang ia dapatkan dari sawah, Kusno pun mengawinkan secara alami belut itu dengan belut betina. Tiga kali sehari, Kusno memberi makan belut dengan katak sawah. Dari perkawinan secara alami itu. Pada usia dua minggu belut mulai bertelur dan menetas menjadi ribuan ekor belut dan terus beranak pinak.

Sepekan sekali air kolam di ganti dengan air baru agar tetap bersih. Saat usia tiga bulan. Belut sudah mulai dapat di jual. Satu kilogram belut di Bali di jual seharga 22 Ribu Rupiah. Setiap empat hari, ia mampu mengirim hingga 1 ton belut ke Bali.

Kusno mengaku, awal hanya sekedar coba-coba untuk mengisi waktu luang usai menggarap sawah. Kebiasaannya mencari belut kemudian dikembangkan di sebuah kolam.

Banyaknya permintaan, membuat Kusno kualahan. Selain untuk menu makanan di sejumlah restoran, warga Bali menjadikan belut sebagai santapan lauk pauk harian yang cukup lezat, karena di yakini memiliki protein yang setara dengan daging sapi dan mempunyai kandungan energi paling tinggi daripada daging sapi dan telor ayam.
Selengkapnya...

KEBUT MIGRASI KE SOFTWARE LEGAL



Selambatnya pada 31 Desember 2011, semua personal computer (PC) milik instansi pemerintah diharuskan sudah menggunakan perangkat lunak (software) legal. Untuk memenuhi target tersebut, Pemkab Lamongan kini mengebut migrasi semua PC miliknya agar menggunakan perangkat lunak legal tak berbayar.

Disebutkan oleh Kepala Kantor Pengolahan data Elektronik (KPDE) Lamongan Hurip Tjahyono, saat ini ada sekitar 600 unit PC di (Pemkab) Lamongan. Jumlah itupun menurut dia belum termasuk unit notebook. Sementara yang sudah dimigrasi menggunakan Open Source Software (OSS) ubuntu dengan basis Linux mencapai 180 unit.

“Jika semua unit PC harus menggunakan operating system (OS) maupun perangkat lunak perkantoran legal berbayar, diperkirakan akan butuh dana sekitar Rp 3 miliar.

Sementara OSS ubuntu yang sudah kami instalkan di 180 unit PC tersebut tak berbayar dan legal. Bahkan di dalam perangkat lunak ubuntu dengan kode karmic koala itu sudah termasuk aplikasi perkantoran semacam word dan excel, “ ujarnya saat membuka Bimtek instalasi dan pengoperasian OS, Senin (18/7) di Ruang Sabha Nirbawa Pemkab Lamongan.

Karena itu, lanjut dia, selama empat hari kedepan diadakan Bimtek bagi semua SKPD termasuk kecamatan. Selama Bimtek, staf yang dikirim akan dilatih tata cara penginstalan Linux ubuntu, pengenalan program office linux dan penggunaan e mail. Di kesempatan itu dia juga mewanti-wanti agar PC milik SKPD yang sudah terinstal OSS agar tidak di instal ulang dengan OS lain, kecuali dengan perangkat lunak legal.

Seperti diketahui, 31 Desember 2011 adalah batas akhir migrasi sesuai peraturan dalam Surat Edaran Menkominfo Nomor 5/2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di Lingkungan Instansi Pemerintah. Serta Surat Edaran Menkominfo nomor 01/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS). (Humas Pemda Lamongan)
Selengkapnya...

MINIATUR BIANGLALA DARI LIMBAH SEDOTAN


Dengan sedikit kreativitas, limbah sedotan minuman ternyata bisa disulap menjadi mainan miniatur bianglala. Selain mengurangi sampah, upaya tersebut mampu memberikan nilai jual terhadap limbah atau sampah.

Adalah Nunung Priatna, warga Babakan Sawah, Babakan Ciparay, Bandung, Jawa Barat, mampu mengubah limbah atau sampah menjadi barang yang memiliki nilai jual berkat kekreatifanya. Lebih dari lima tahun, bapak lima anak tersebut, menekuni bidang kerajinan tangan dari sedotan minuman.

Selain bianglala, Enung (panggilan akrab Nunung Priatna) juga membuat ayunan, seluncuran, rumah-rumahan dan berbagai miniatur barang yang unik dan menarik.

Cukup mudah membuat kerajinan ini. Awalnya setiap sedotan di lubangi sesuai pola yang diinginkan. Setelah itu, sedotan lain di masukan kedalam lubang sedotan yang sebelumnya dibuat untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Selesai dirangkai, ujung sedotan di bakar menggunakan lilin agar rangkaian tidak lepas dari posisinya.

Untuk membuat satu mainan miniatur biang lala, Enung membutuhkan sedikitnya 25 sedotan. Setiap mainan minimal dihargai 3 Ribu Rupiah atau lebih tergantung tingkat kesulitan dan ukurannya.

Menurut Enung, awalnya ia melihat sedotan berserakan di sekitar rumahnya, lantas ia tertarik untuk merangkai sampah sedotan untuk dijadikan mainan. Ia tertarik membuat mainan dari sedotan karena selain murah dan mudah di rekayasa, sedotan juga sudah memiliki warna tersendiri.

Hasil karya Enung dipasarkan oleh dirinya sendiri secara berkeliling. Selain di sekolah-sekolah serta tempat-tempat keramaian lainnya.

Tidak sedikit warga yang berminat dan tertarik dengan hasil karya Enung. Bahkan orang dewasa pun tertarik untuk membelinya.

Karena keterbatasan pemasaran, Enung hanya mampu memasarkan miniatur ini hanya di kota Bandung, meski tidak sedikit orang yang membelinya berasal dari luar kota seperti Jakarta.
Selengkapnya...

IMUNISASI 703 BAYI PECAHKAN REKOR MURI



Penciptaan Rekor baru MURI ini berhasil diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Gresik dengan PT Petrokimia Gresik dalam rangka HUT PT Petrokimia Gresik ke 39 & HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 66 tahun 2011, di GOR Tridarma Gresik, Sabtu (16/7). Atas Prestasi tersebut, Perwakilan MURI Dessy Dwi Anestia memberikan piagam Rekor MURI kepada Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto serta Direktur SDM, PT Petrokimia Gresik.

Selain Bupati, Perhelatan pemberian imunisasi massal yang baru pertama diselenggarakan di Indonesia ini dihadiri oleh Wakil Bupati Gresi, Drs. Mohammad Qosim, M.Si, Wakil Ketua TP PKK Gresik, Segenap Pejabat Pemerintah Kabupaten Gresik serta jajaran direksi PT Petrokimia Gresik serta masyarakat peserta Imunisasi yang membawa serta bayinya untuk diberikan imunisasi.

Dalam sambutannya Bupati Gresik menyampaikan terima kasih kepada PT Petrokimia Gresik yang selama ini keberadaannya telah banyak memberikan manfaat kepada masyarakat Gresik. “Semoga dengan pemberian imunisasi massal ini dapat mendukung percepatan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) 2015”. Bupati juga berharap, kedepan kerjasama ini lebih ditingkatkan agar cakupannya lebih luas untuk menciptakan Gresik lebih baik.

Dalam keterangannya, Perwakilan MURI Dessy Dwi Anestia menyatakan, pemberian imunisasi massal ini baru pertama di Indonesia dan merupakan penciptaan rekor baru. Sesuai data, Imunisasi massal kali ini diikuti oleh 703 bayi. Sesuai pengajuan pihak penyeleggara, bahwa imunisasi ini rencananya diikuti oleh 390 bayi. Kenyataannya, data dilapangan berhasil mencatat peserta sampai 714 orang. karena sesuatu hal, maka sampai pada pelaksanaan bayi yang berhasil di imunisasi mencapai 703 bayi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan, dr. Sugeng Widodo dalam paparannya menjelaskan, Imunissasi massal kali ini didukung oleh sekitar 113 tenaga kesehatan. Yang didukung oleh 7 Puskesmas dari Puskesmas Manyar, Puskesmas Sukomulya, Puskesmas Industri, Puskesmas Alun-alon, Puskesmas Nelayan, Puskesmas Kebomas dan Puskesmas Gending. Imunisasi diberikan pada anak yang baru lahir sampai pada sehari sebelum usia 1 tahun. Ada 5 vaksin yang diberikan pada imunisasi kali ini yaitu Campak, Polio, DPT, Hepatitis B dan BCG. (sdm)
Selengkapnya...

MANFAAT KESEHATAN DAN EKONOMI ROYAL JELLY MENGGIURKAN



Selain madu, lebah juga dikenal sebagai penghasil royal jelly. Zat yang digunakan sebagai pakan lebah ratu ini, memiliki khasiat luar biasa untuk kesuburan kandungan dan regenerasi sel tubuh. Karena khasiat tersebut, kini para petani Joyal Jellydi Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus Jawa Tengah, meraup untung lebih di musim panen.

Sebanyak 340 kotak sarang lebah ditempatkan di sekitar lokasi kebun. Pada bulan juli seperti sekarang, jenis bunga yang sedang berkembang untuk pakan lebah adalah bunga pohon randu.

Berbeda dengan madu yang diambil dari rumah lebah, Royal Jelly dipanen dari frame mangkuk di dalam kotak koloni lebah. Untuk mendorong lebah pekerja menghasilkan royal jelly. Setiap mangkuk di isi larva lebah yang baru berusia 2-3 hari. Joyal Jellydalam mangkuk ini juga menjadi pakan bagi lebah ratu.

Selang 2 minggu, frame mangkukan telah penuh dengan Royal Jelly yang siap dipanen. Namun, larva yang terdapat dalam mangkuk harus diambil terlebih dahulu sebelum panen dilakukan.

Kandungan di dalam royal jelly, ternyata memiliki khasiat luar biasa. Yang paling utama adalah hormon gonadotropin yang bermanfaat untuk menyuburkan kandungan. Hal ini ditunjukkan oleh sifat lebah ratu yang senantiasa melakukan reproduksi. Selain itu, kandungan enzim dan asam amino didalamnya bermanfaat untuk regenerasi sel tubuh sehingga menjadikan seseorang awet muda dan terhindar dari berbagai penyakit.

Melihat khasiatnya yang sangat penting, tak heran jika harga produk lebah yang satu ini cukup mahal. Untuk setiap 1 kilogram royal jelly, harga berkisar satu setengah juta rupiah.

Sedangkan untuk konsumsi, Royal Jelly biasanya digunakan sebagai campuran dalam madu dengan perbandingan tiap 650 ml madu ditambahkan 0,2 ons Royal Jelly.

Kini para petani royal jelly di kawasan pegunungan Kabupaten Kudus sedang meraup keuntungan lebih karena memasuki masa panen madu sekaligus Royal Jelly. Seiring dengan semakin cerahnya prospek, budidaya royaljelly juga semakin diandalkan menjadi mata pencaharian sehari hari masyarakat setempat. Apalagi, dalam satu tahun, peternak bisa panen hingga 10 kali.
Selengkapnya...

PARADIGMA PENDIDIKAN KIAN MATERIALISTIK



Neno Warisman, artis yang kini juga menjadi praktisi home schooling dan pendidikan alternatif mengkritisi paradigma orang tua kini dalam mendidik anaknya yang cenderung materialistik, hanya untuk materi. Dia menyebut dunia pendidikan Indonesia dan orang tua kini hanya percaya dengan angka untuk mengukur kecerdasan anak.

Orang tua cenderung berfikir bagaimana pendidikan ankanya setelah SD kemudian SMP, SMA hingga mencari kerja untuk menumpuk materi. “Kita orang tua menyerahkan pendidikan anak kita di sekolah. Sementara di sekolah, kecerdasan anak-anak kita hanya diukur dari angka-angka ujian. Ini adalah kesalahan besar yang sudah berlangsung sejak tahun 1905 ketika diciptakan konsep bahwa kecerdasan bisa diukur secara obyektif melalui angka IQ, intelegence qoutient, “ tegasnya saat menjadi pembicara seminar kecerdasan anak di Auditorium Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, Rabu (13/7).

“Tidak adil dan tidak islami jika anak dilihat kelemahannya dulu baru kemudian diakui kecerdasannya, “ imbuh dia. Dia menyebut paradigma materialistiklah yang melahirkan generasi Indonesia yang sekarang. Generasi sama yang saat ini duduk di gedung dewan dan melakukan korupsi, bahkan oleh mereka yang berasal dari partai berlabel Islam sekalipun.

Dia kemudian mencontohkan seorang siswa yang tidak dinaikkan kelas karena nilai matematikanya jelek. Padahal dia siswa itu memiliki kecerdsan visual sehingga bis amnghasilkan karya visual yang sangat berkualitas. Hal itu disampaikannya agar ibu tidak serta merta menilai anak hanya dari kecerdasan logika saja.

Disebutkannya, selain kecerdasan logika, ada tujuh kecerdasan lain. “Tugas orang tua untuk mengawal anak agar tumbuh berkembang sesuai potensi kecerdasan yang dimiliki. Bukan atas penilaian angka semata, “ ucap dia dalam seminar yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Lamongan Mahdumah Fadeli tersebut.

Itu disampaikannya berdasar teori kecerdasan majemuk atau multiple intellligence yang dikemukakan Howard Gardner. Delapan kecerdasan itu diantaranya adalah kecerdasan verbal/bahasa, logika/matematika, spasial/visual, tubuh/kinestetik, musical/ritmik dan kecerdasan spiritual. Sementara sejak awal 2010 mulai dikenalkan lagi teori kecedasan berdasar ajaran Rasulullah.

Neno Warisman yang juga salah satu deklarator dan pendiri Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif Indonesia itu berharap mulai sekarang, dimulai dari ibu, untuk merubah paradigma tersebut. “Ibu bertanggung jawab menghadirkan ke dunia putra putri akherat. Dan itu hanya bisa terjadi jika kita mau kembali pada metode Rasul mendidik generasi di masanya dulu, “ ujarnya.

Ditegaskan olehnya, dalam mendidik anak harus selalui diingat empat pilar karakteristik manusia utama. Yakni Shiddiq (tidak berdusta), Amanah (dapat dipercaya), Fathonah (tajam akal) dan Tabligh (memulai dari sendiri dan memberi keteladanan). “Anak sejak dini harus diajarkan tentang kejujuran. Karena kejujuran inilah yang akan melandasi semuanya, “ kata dia.

Terkait tumbuh kembang anak, Mahdumah Fadeli menyebutkan saat ini PKK sedang gencar mengambangkan posyandu plus. Yakni posyandu yang dipadukan dengan kegiatan pendidikan anak usia dini (PAUD). Bahkan kini jumlah PAUD di Lamongan berkembang hingga mencapai 1.016 lembaga. (arf, Humas Pemda Lamongan)
Selengkapnya...

BELANJA BUKU MURAH DI KAMPUNG BUKU



Mengawali tahun ajaran baru, beban keuangan keluarga bertambah dengan adanya kebutuhan pembelian buku pelajaran. Nah, bagi yang ingin berhemat, ada baiknya mengunjungi kampung buku yang menjadi pusat belanja buku murah di Surabaya Jawa Timur.

Pada minggu pertama masuk sekolah, para guru umumnya mulai memberi tahu buku acuan apa yang akan digunakan selama setahun ke depan. Jika semua buku acuan itu dibeli dengan kondisi baru, tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi harga kebutuhan pokok lainnya juga meningkat.

Untuk menyiasatinya, ada baiknya orang tua mengajak anaknya mengunjungi kampung buku di Jalan Semarang Surabaya atau sekitar jalan di depan Stasiun Kereta Api Pasar Turi. Di pusat jual-beli buku murah tersebut, tersedia buka bekas dan buku baru dengan harga yang dijamin lebih murah dibandingkan dengan harga di toko.

Di kampung ilmu ini, pengunjung bisa mencari buku mulai pelajaran sekolah dasar, hingga perguruan tinggi. Khusus buku baru, harganya lebih murah 25 persen, sementara untuk buku bekas harganya hanya 50 persen dibanding buku baru di toko.

Selain buku-buku pelajaran, kampung buku juga menjual berbagai jenis buku mulai agama, politik, pertanian, dan hukum, bahkan berbagai aneka majalah, tabloid bekas dan baru.
Selengkapnya...

MENIKMATI PERMAINAN AIR PANTAI BATU KARAS



Pantai Batu Karas merupakan salah satu tempat obyek wisata di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, yang menyuguhkan panorama laut yang asri. Selain itu bagi anda yang mengaku penggila olah raga surfing, jangan khawatir pasalnya disini para pengunjung bisa sepuasnya bermain surfing, bahkan bagi Anda para pemula akan siap didampingi oleh para intruktur khusus olah raga surfing

Pantai yang berjarak sekitar 130 kilometer dari pusat kota, selain menyuguhkan berbagai panorama alam pantai, serta berbagai permainan air seperti berselancar serta naik banana boat untuk menguji adrenalin.

Selain surfing, buggy, jetski, banana boat dan olahraga air lainnya, tempat ini juga cocok bagi mereka yang gemar bertualang. Batu Karas menawarkan kesempatan untuk kemping dan jelajah alam. Bagi mereka yang cukup bernyali, bisa menyewa penduduk lokal untuk menunjukkan Karang Nunggal - pantai terpencil yang memiliki bukit karang menjulang tinggi di bibir pantainya.

Untuk menghilangkan rasa lelah setelah bermain di pantai, tak jauh dari bibir pantai terdapat beberapa gazebo, yang siap memberikan kenyamanan dan melepas rasa lelah Anda. Dengan pemandangan langsung ke arah pantai, dijamin saat Anda duduk santai akan merasakan sensasi tersendiri.

Selain itu di Batu Karas anda bisa berbelanja berbagai macam pernak pernik serta pakaian khas pantai, tentunya dengan harga yang terjangkau bagi para pengunjung. Ada juga penginapan murah dengan tarif bermalam Rp 50.000 perkepala, sehingga sangat cocok untuk mereka yang berbulan madu.

Nah jika anda penasaran dan berniat mengisi liburan bersama keluarga, tidak ada salahnya anda mencoba dan berkunjung ke obyek wisata pantai batu karas ini. Banyak orang bilang pantai batu karas merupakan Bali-nya Jawa Barat.
Selengkapnya...

MENGEJAR SUKSES DENGAN KERAJINAN PATUNG MINI TERAKOTA


Putus sekolah bukan berarti harus menganggur. Seperti yang dilakukan Kartono Adi, seorang pemuda warga Dusun Kedungwulan Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur yang membuat usaha pembuatan patung mini Terakota (kumpulan koleksi patung berbentuk tokoh prajurit_ yang berbahan baku dari tanah liat.

Pilihan berani dilakukan Kartono Adi, demi kemandiriannya dalam menjalankan sendiri usaha itu untuk menuju kesuksesan. Keahlian pemuda putus sekolah smk sebagai perajin patung mini Terakota dengan bahan tanah liat yang dibakar terbilang tak banyak dimiliki kalangan pematung di desanya.

Awalnya usai keluar dari bangku sekolah, pemuda 27 tahun ini menjadi karyawan di salah satu showroom pembuat patung lilin dan patung cor kuningan. Namun, lama kelamaan bahan baku lilin dan kuningan terus melonjak. Sehingga terpikir untuk membuat patung dengan bahan baku yang murah tapi menarik. Akhirnya dipilihlah tanah liat yang bahan bakunya dapat dicari di sekitar tempat tinggal Kartono Adi.

Untuk membuat patung Terakota dibutuhkan keahlian dan ketelatenan tinggi. Awalnya cetakan disiapkan dengan diolesi minyak goreng. Selanjutnya, tanah liat yang sudah diberi campuran kaulin, dimasukkan ke dalam cetakan hingga penuh.

Setelah cetakan penuh dengan tanah liat, dengan hati-hati cetakan dilepas, sehingga terbentuklah model patung yang kita inginkan. Selanjutnya patung disempurnakan dengan alat ukir. Proses inilah yang harus membutuhkan ketelatenan tinggi, salah sedikit saja patung bisa gagal dibuat.

Setelah kering, patung-patung tersebut dibakar dengan menggunakan kayu bakar dan dedaunan kering hingga berwarna kemerahan dan patung siap untuk dipasarkan.
Hingga saat ini, Kartono Adi memiliki lima belas macam patung mini berbahan tanah liat. Diantaranya patung raja Brawijaya, Tri Buana Tungga Dewi, Agastia, beberapa miniatur candi Majapahit dan motif hewan serta patung kepala Maha Patih Gajah Mada.

Untuk proses pamahatan, memang butuh keahlian tersendiri. Menurutnya, tak semua pemahat patung dari bahan batu bisa melakukannya. Letak kesulitan itu sendiri terletak pada motif yang berukuran sangat kecil. Sehingga butuh ketelitian untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Dari beberapa bentuk patung mini dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari Lima Belas Ribu Hingga Dua Ratus Ribu Rupiah tergantung motif dan ukuran patung yang dibuat.

Hingga saat ini, usaha yang dilakukan Kartono Adi sudah berjalan empat tahun. Meski telah memiliki banyak bentuk patung mini dengan kualitas bagus, adi masih menemukan beberapa kendala. Diantaranya soal pemasaran.

Untuk pemasaran patung-patung Terakota hanya di titipkan di di koperasi balai pelestarian peninggalan Purbakala Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Karena dengan sistem titip produk itu rata-rata penghasilan perbulan mencapai Satu Juta Rupiah.
Selengkapnya...

TIPAT KALAS, MAKANAN KHAS DESA WISATA UNGASAN



Menikmati makanan berbahan dasar ketupat (makanan dari beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa), tidak saja dilakukan saat hari lebaran bagi umat muslim, tetapi bisa dilakukan kapan saja. Apalagi, bila makanan ketupat tersebut dikemas menjadi makanan khas dengan aroma khusus, seperti halnya tipat kalas, masakan khas Desa Ungasan, Kabupaten Badung Bali.

Bagi ibu-ibu rumah tangga di desa Ungasan, membuat makanan tipat (ketupat) kalas, yakni masakan khas desa wisata tersebut, tidaklah terlalu sulit. Hampir semua warga setempat memang mengakui dan menjadikan tipat kalas sebagai makanan khas desa Ungasan yang tidak ada di desa lainnya di bali.

Untuk membuat tipat kalas, memang cukup memerlukan waktu. Selain untuk merebus, tipatnya, juga membuat menu campurannya. Nah, menu campuran inilah yang disebut warga Ungasan sebagai kalas. Menu campuran ini bisa berbahan ikan laut maupun ayam serta sayur. Namun masyarakat Ungasan lebih memilih kalas dari bahan ikan laut.

Untuk mengolah ikan laut ada beragam cara.namun yang penting adalah dengan menggunakan santan atau parutan kelapa. Lalu yang tak boleh ketinggalan adalah kacang panjang untuk bahan sayuran.

Ikan laut kemudian di jadikan sebagai bahan adonan santan, seperti ikan kuah untuk nantinya disiramkan ke tipat yang sudah dipotong potong. Saat menyajikan pun, juga beraneka ragam. Mulai dari kuah kalas yang disiramkan ke ketupat, tetapi juga ada yang dibiarkan dan nantinya tipatnya yang dicolak colekkan ke kuah kalas tersebut.

Menurut warga Ungasan, tipat kalas ini, hampir selalu dibuat warga tiap ada perayaan upacara keagaman. Umumnya disuguhkan untuk makanan pagi hari.

Untuk mempercantik penampilan, tipat kalas bisa disuguhkan dalam sebuah dulang atau tempat banten atau sesajen bagi umat hindu. Tentu saja, dilengkapi dengan pernak pernik janur kuningnya.

Masakan tipat kalas memang tidak saja menarik warga setempat untuk mencoba merasakan sensasi aromanya, tetapi juga warga asing. Mereka pun mengaku baru pertama kali melihat proses pembuatan tipat kalas, meski sudah cukup lama tinggal di kawasan wisata Ungasan.
Selengkapnya...

SIRUP CARICA DIENG YANG SEGAR MENYEHATKAN



Dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, ternyata tidak hanya menyimpan pesona wisata, tetapi juga memiliki kuliner khas yang tidak di jumpai di daerah lain, salah satunya sirup buah carica yang manis dan segar, bahkan kandungan vitaminnya berkhasiat bagi kebugaran tubuh.

Buah carica yang dalam bahasa latin bernama carica pubescen, masih tergolong dalam keluarga pepaya. Bedanya, jika pepaya lebih dikenal sebagai tumbuhan tropis yang memerlukan banyak panas dan matahari, maka carica hanya bisa tumbuh di tempat tinggi, memerlukan temperatur yang cukup dingin dan banyak hujan. jika di konsumsi langsung, buah ini memiliki rasa yang manis dan asam.

Bahan-bahan untuk membuat manisan carica hanya buah carica dan gula murni. Proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah. Pertama memilih buah yang telah matang, selanjutnya di lakukan pengupasan dan dipotong menjadi dua bagian untuk di keluarkan isinya. Carica selanjutnya di potong-potong ukuran kecil, di cuci dan di masukan ke dalam botol.

Untuk mempersiapkan kuahnya, isi dari buah carica tadi di saring dan di rebus bersama gula murni hingga mendidih dan berubah warna lalu di masukan kedalam botol yang telah berisi buah. Satu botol ini berisi 400 cc kuah sari buah carica dan 350 gram buah carica.

Keunikan pembuatan manisan carica adalah pada proses pengukusan karena di lakukan bersamaan dengan botolnya, yaitu selama kurang lebih 15 menit, agar sirup benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa membuatnya cepat rusak atau kedaluarsa. Manisan carica siap untuk di santap.

Keunggulan sirup carica bukan hanya pada rasanya yang khas. Tetapi juga daya tahannya yang bisa mencapai setahun lebih tanpa obat pengawet.

Rasanya yang manis dan segar serta memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, serta memiliki khasiat memulihkan kondisi tubuh. Bahkan banyak yang percaya, jika mengkonsumsi buah ini akan menjadi awet muda.

Harga 1 botol sirup carica di jual Rp 5.000. Sejumlah warga yang memproduksi hingga Tiga Ribu botol manisan carica dalam sebulan, mampu meraih omset hingga 5 Juta Rupiah perbulan.

Nah! jika Anda berwisata ke dataran tinggi dieng, tak ada salahnya mencoba mencicipi manisan khas yang segar dan menyehatkan ini. Tentu sekaligus membawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.
Selengkapnya...

AJARKAN JUAL PRODUK UKM LEWAT E-COMMERCE



Gedung Pusat Komunikasi Kreatif (PKK) di Lamongan ternyata telah difungsikan. Di gedung yang sarat fasilitas media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tersebut, Kamis (7/7) sebanyak 12 pelaku sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) menerima pelatihan melakukan transaksi produknya lewat jalur e-commerce.


Dalam pelatihan yang diberikan pengelola PKK bersama Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) tersebut, UMKM diajarkan memasarkan dan melakukan proses jual beli secara online. “Melalui software Warmasif atau Warung Masyarakat Informasi, produk UMKM dapat dipasarkan dan diketahui oleh semua pengguna internet. Pemasaran via online ini bisa menghemat biaya promosi maupun administrasi karena semua layanan di dalamnya disediakan secara cuma-cuma, “ ungkap Kepala KPDE Hurip Tjahyono kemarin melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik.

“Fasilitas di PKK itu bisa diakses semua UMKM di Lamongan secara gratis, “ ujarnya. Untuk bisa menawarkan produk melalui layanan tersebut, lanjut dia, pelaku usaha harus datang ke PKK dengan menyertakan biodata dan foto produknya yang akan diinput ke website oleh pengelola PKK. “Pelaku UMKM akan menerima informasi dari pengelola setiap kali produknya dipesan konsumen. Keamanan transaksinya dilindungi karena pengiriman barang hanya bisa terjadi jika konsumen sudah mentransfer uangnya, “ katanya menambahkan.

Di ruang pendidikan PKK, ada 13 unit PC yang terkoneksi dengan jaringan internet. 12 unit PC digunakan untuk pelaku UMKM, sementara satu unit lainnya digunakan oleh pengelola. Fasilitas internet yang juga disediakan gratis untuk pelaku UMKM itu bertujuan mengurangi kesenjangan akses masyarakat terhadap layanan informasi, pengetahuan dan komunikasi, serta meningkatkan kecerdasan dan perekonomian masyarakat. Bagi pelaku UMKM, Warmasif menjadi sarana untuk bertransaksi secara online, baik pembelian atau sarana untuk mempromosikan dan menjual hasil produk.

Seperti diketahui pembangunan Gedung PKK tersebut hasil kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Pemkab Lamongan. Dalam bangunan PKK itu ada tiga ruangan yang bisa dimanfaatkan UMKM.

Yakni ruang pamer yang akan diberi fasilitas TV plasma dan satu set komputer untuk menampilkan karya UMKM. Kemudian juga ada ruang pendidikan yang juga dilengkapi perangkat TI lengkap termasuk fasiltas koneksi internet untuk memberi pelatihan UMKM. Terakhir adalah ruang kreatifitas. Dalam bangunan PKK ini UMKM bisa belajar untuk meningkatkan kreatifitasnya dengan fasilitas media TIK yang disediakan.
Selengkapnya...

KEJUTAN BARU DENGAN FACEBOOK SAMARAN



Ada yang menarik dan tergolong nyentrik dari tampilan Facebook yang di suguhkan sebuah web beralamat di http://www.hardlywork.in/.

Situs ini mampu menampilkan Facebook seperti tampilan spreadsheet Microsoft Excel. Ini sangat cocok untuk mereka yang suka bekerja dengan spreadsheet, termasuk juga mengelabuhi teman atau atasan di kantor jika Anda tengah serius bekerja. Padahal, Anda sedang bermain di facebook.

Untuk bisa meng-akses fasilitas ini, masuklah ke http://www.hardlywork.in/ lalu Tekan tombol Gimme dem spreadsheets! Lalu login ke akun Anda, kemudian tekan tombol Allow. Anda pun sudah berada di tampilan mirip Microsoft Excel.

Di sana ada nama teman dengan status terbarunya serta foto-foto tag terbaru. Anda bisa mencari akun teman di bar formula. Kolom-kolomnya juga menampilkan komentar, keterangan siapa yang me-like sebuah status.

Jika Anda mengarahkan kursor ke nama atau link foto, foto tersebut akan tampil sebagai thumbnail di sudut kanan bawah. Dan masih banyak lagi kejutan-kejutan baru yang akan membuat Anda terkejut..
Selengkapnya...

SEPATU KULIT BINATANG LANGGANAN PARA PEJABAT


Sebenarnya tidaklah sulit mencari bengkel sepatu milik Prasetyo, yang terletak di belakang sebuah toko pakaian bekas di kawasan Way Halim, Bandarlampung, Lampung. Meski letaknya agak terpencil, namun sepatu hasil karya pria 35 tahun tersebut sangat terkenal. Langganannya pun kebanyakan pejabat di Lampung.

Harga sepatu kulit binatang tersebut bervariasi, tergantung jenis kulit dan model sepatu. Harga sepatunya berkisar antara 200 ribu hingga dua juta rupiah per pasang.

Prasetyo tidak bekerja sendiri. Dia bekerja di bantu adiknya. Setiap harinya kakak beradik itu bekerja mulai pukul 8 pagi hingga menjelang Maghrib. Bahkan jika sedang ramai pesanan, mereka harus lembur hingga malam hari.

Kulit binatang yang digunakan antara lain buaya, biawak, ular, kuda dan onta. Tapi yang paling banyak dipesan adalah kulit biawak dan ular. Selain memiliki warna yang lebih bervariasi, harga kulit kedua hewan melata tersebut tergolong murah.

Rata-rata harga kulit biawak dan ular yang telah disamak, adalah 45 Ribu dan 110 Ribu Rupiah per lembar. Sementara harga kulit buaya adalah yang paling mahal, yaitu 200 Ribu Rupiah per inchi.

Meski sudah memiliki langanan, bukan berarti usaha Prasetyo tidak mengalami kendala. Halangan tersebut adalah minimnya modal dan sumber daya manusia.
Selengkapnya...

VIDEO MESUM ANAK PEJABAT BEREDAR DI FACEBOOK



Video mesum seseorang yang diduga anak mantan pejabat di Karanganyar, Jawa Tengah, beredar luas di dunia maya. Video porno tersebut, di unggah di sebuah akun situs jejaring sosial Facebook milik Erna Tan Aja serta di web online storage ziddu.com.

Video mesum berdurasi delapan menit tiga puluh tiga detik ini, menjadi perbincangan hangat warga di Karanganyar, jawa tengah. Video tersebut diunggah ke situs jejaring sosial Facebook di akun milik wanita yang diduga adalah pemeran dalam video tersebut.

Yang lebih menghebohkan lagi, di awal video tertulis bahwa sang wanita adalah anak mantan pejabat di Karanganyar. Walau tidak terlihat jelas, namun pemeran wanita dalam video, diduga pemilik asli akun tersebut. Sedangkan sang pria, sama sekali tidak terlihat wajahnya.

Video mesum itu pertama kali diunggah, pada tanggal 2 pekan lalu dan diduga direkam menggunakan telpon seluler, dan dilakukan di sebuah kamar penginapan yang hingga kini belum di ketahui lokasi persisnya.

Selain video mesum, juga diunggah tiga buah foto yang merupakan potongan adegan dalam video mesum tersebut. Foto-foto tersebut tersimpan di folder, yang berjudul keseksian Ak. Kontan saja video ini memancing rasa penasaran sekaligus kehebohan di kalangan warga Karanganyar.
Selengkapnya...

MENIKMATI SATE KAKUL DENGAN PADUAN JUKUT ARES



Kakul atau keong sawah, ternyata bisa menjadi menu makanan yang nikmat bila di olah dengan adonan bumbu rempah spesial. Jenis masakannya bisa beragam baik sate maupun gule.

Menu ini bisa di nikmati di sebuah warung sederhana di Jalan Raya Sempidi, Badung Bali. Di warung miliki Putu Suastika tersebut, di sajikan menu khusus yakni sate kakul atau keong sawah. Bagi sejumlah orang, kakul tentu bukanlah bahan daging yang enak untuk disantap. Tetapi Putu, mampu menjadikan keong sawah sebagai menu andalan karena diolah dengan adonan khusus.

Selain itu, kakul juga mudah untuk didapatkan apalagi di kawasan Badung, banyak lahan pertanian. Sejak Lima tahun membuka warung sate kakul, Putu mendapatkan pasokan kakul dari daerah Tabanan dengan harga 18 Ribu per kilogramnya.

Sebelum disajikan, kakul direbus sampai setengah matang kemudian ditusuk menjadi sate. Untuk bumbu di buat menggunakan kacang tanah dengan rasa pedas khas masakan Bali. Sate kakul pun siap dihidangkan tanpa ada rasa amis.

Penikmat sate kakul biasanya lebih tertarik karena keong sawah di yakini tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk kesehatan.

Sajian sate kakul ini akan terasa lebih nikmat bila dipadukan dengan jukut ares, sayur khas Bali. Sayur ini dibuat dari batang pohon pisang yang masih muda. Setelah di peras berulangkali dan direbus, batang daung pisang ini diberikan adonan bumbu khas bali dengan bawang dan cabe sebagai bumbu utamanya.

Sejumlah pengunjung mengaku sengaja memilih sate kakul dan jukut ares karena selain enak, juga dinilai sehat mengingat makanan tersebut rendah kolesterol.

Untuk menikmati satu porsi sate kakul dan nasi putih cukup mengeluarkan 12 Ribu Rupiah dan bila ditambah dengan jukut ares, menjadi 17 Ribu per porsi. Selama ini, sebagian besar pengunjung adalah warga lokal maupun mereka yang melintas di Jalan Raya Sempidi.
Selengkapnya...

BUDIDAYA BURUNG PERKUTUT CRASH LORENG


Bermula dari kesenangannya memelihara burung, Sukardi(62 tahun) warga Dusun Pereng, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta, mampu membudidayakan jenis burung perkutut yang disebutnya perkutut crash loreng. Semakin menarik panjang suara ketheknya atau merdu suara yang dihasilkan semakin mahal, harga seekor perkutut dapat mencapai harga Rp 800.000 hingga Rp 1 juta.

Di rumahnya yang sederhana Sukardi membudidaya burung perkutut crash loreng, persilangan antara perkutut bangkok dengan perkutut lokal. Hasil perkawinan ini yang kemudian terus dikembangkan oleh Sukardi.

Jika dilihat sepintas lalu, maka penampilan perkutut milik Sukardi tak beda jauh dengan perkutut yang dibudidaya oleh kebanyakan peternak burung. Namun jika di amati, maka bentuk tubuh yang sedang bersuara yang merdu menjadi perbedaan dengan perkutut lainnya.

Sukardi memulai usahanya sejak 13 tahun lalu dan telah menjual perkutut crash mencapai ratusan ekor. Perkutut yang baru saja berumur 3 minggu sudah bernilai 200 Ribu Rupiah lebih, apalagi jika mengeluarkan suara merdu dengan cengkoknya yang khas, harga perekornya mampu menembus angka 800 Ribu Rupiah hinggga 1 Juta Rupiah.

Sukardi memulai usaha budidaya perkutut crash loreng, bermula dari sekedar hobi memelihara burung, namun setelah lama memelihara hatinya jatuh untuk memelihara perkutut, disamping mudah perawatan, namun juga irit biaya,

Kutut crachnya sudah melalang buana ke beberapa pulau, seperti kalimantan, sumatera dan sulawesi selatan. Biasanya, para pembeli mengetahui jenis kutut crash dari mulut kemulut.

Saat ini, Sukardi masih memiliki stok burung perkutut crash sebanyak 200 – hingga 300 ekor, beberapa ekor sudah dipesan pembeli hingga mengeluarkan suara dengan cengkoknya yang khas, seperti , haur ketek-ketek kur , haur ketek-ketek kur .
Sukardi mengaku rata- rata per bulan mampu menjual burung perkutut jenis crash loreng 2 ekor hingga 4 ekor, baik masih anakan hingga yang sudah berbunyi merdu.
Selengkapnya...

BUDIDAYA BUNGA ROSELLA KIAN MENJANJIKAN



Budidaya bunga Rosella, banyak dilirik petani di kawasan Pantai Selatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta. Selain biaya perawatan yang mudah, pasar bunga Rosella, cukup menjanjikan. Bahkan permintaan bunga Rosella, baik kering maupun basah, terus melonjak.

Adalah Dewi Puji Rahayu (31), salah satu petani bunga Rosella di Pantai Selatan, Desa Pleret, Kecamatan Panjatan yang sejak 2 tahun lalu, mulai mengembangkan budidaya bunga Rosella di atas lahan pasir seluas 2000 meter.

Menanam bunga Rosella menurutnya Rahayu, lebih menjanjikan dibanding budidaya tanaman sayur atau buah melon, ia mengaku budidaya tanaman Rosella sangat mudah dan harga jualnya pun tinggi. “usaha budidaya Rosella ini bermula dari penelitian teman, ternyata gagal. Kemudian kita kembangkan ternyata bagus hinga sekarang ini” ujarnya.

Untuk membudidaya bunga Rosela, hanya dibutuhkan lahan gembur, bibit, polybag dan pupuk kompos. Jarak panennya pun terbilang cepat yaitu 4 bulan dari sejak tanam. Perawatannya pun terbilang mudah, asal cukup air dan sinar matahari matahari, namun demikian perlu diingat bahwa air tidak boleh mengenang, agar akar Rosella tidak membusuk. Sebaiknya setelah ditanam, Rosella disiram sehari sekali setiap sore hari.

Dari 2000 meter lahan bunga Rosella milik Rahayu mampu manghasilkan satu sampai dua kwintal kelopak bunga Rosella kering setiap musim panen.

Harga kelopak bunga Rosella kering mencapai Rp50.000 hingga Rp 100.000 perkilogram, tergantung mutu dan kwalitasnya.

Bunga Rosella, biasanya digunakan sebagai bahan baku minuman kemasan bervitamin C tinggi, bahan baku obat atau menjadi sirup bunga Rosella.

Di pantai selatan kabupaten kulon progo, tidak kurang dari 400 petani, memilih budidaya bunga Rosella, sekaligus menjadi pemasok utama ke pabrik minuman kemasan fermentasi bunga Rosella.
Selengkapnya...

BAKSO BELUT PENAMBAH VITALITAS


Jika anda salah serorang yang mengaku penggila bakso, mungkin anda harus mencoba bakso yag satu ini, yaitu bakso belut, bahan utama bakso ini tentu saja dari belut binatang yang mempunyai bentuk mirip dengan ular. Selain dikenal banyak akan gizi nya juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Ditangan Ibu Tuti, belut di gunakan sebagai bahan utama untuk pentol bakso. Warung bakso belutnya terletak di Jalan Raya Maleber, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Harganya sangat terjangkau yaitu cuma merogoh kocek 6000 rupiah, permangkok, kita sudah bisa menikmati satu porsi bakso belut plus dengan mie telor nya. Uniknya lagi diwarung bakso belut.

Untuk mengolah belut menjadi pentol, pertama tama belut segar di belah bagian perutnya dan isinya yang tidak di perlukan dibuang. Belut kemudian di potong kecil. Kemudian dagin belut di campur baru adonan pentol yang terbuat dari tepung dan bahan rempah lainnya hingga terbentuk bulatan kecil. Hanya dengan merebus selama kurang lebih 10 menit, bakso belut pun sudah bisa untuk dinikmati.

Disajikan bersama mie telor dan berbagai bumbu khas, bakso belut ini semakin terasa menggugah selera. Sepintas memang tidak ada yang berbeda dengan bakso bakso lainnya, namun saat disantap perbedaan mulai terasa, dimana bakso belut lebih gurih dan sedikit kenyal.

Selain itu bakso belut juga dipercaya sangat penuh dengan protein dan konon mampu meningkatkan vitalitas kaum pria.
Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...