AQUASCAPING, SENI MENATA AQUARIUM MIRIP HABITAT ASLINYA


Aquarium, ternyata bisa dihias lebih menarik dan unik, cukup dengan sentuhan khusus hingga mirip seperi habitat aslinya, lengkap dengan tanaman hidup dan bebatuan alam. Tak hanya itu, seni menata dekorasi aquarium dengan teknik aquascaping membuat pemandangan di dalam aquarium, tampak lebih hidup seperti pemandangan dasar sungai ataupun lautan.

Sekilas, memang tak jauh beda dengan aquarium pada umumnya. Namun jika di teliti secara seksama, ikan-ikan yang berenang dalam aquarium tampak nyata seperti pada habitat aslinya. Batu-batuan dan kayu yang ditumbuhi lumut serta rumput dan tumbuhan air semakin menambah indah.

Seni menata aquarium yang dikenal dengan aquascaping memang masih jarang dikenal. Meski baru berkembang, seni aquascaping mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Di butuhkan keahlian khusus dan kesabaran untuk membuat dekorasi aquarium menjadi unik dan indah dipandang.

Salah satu penggemar aquascaping adalah Herlambang yang sukses menggeluti hobi ikan hias dan membuka sebuah galeri aquascaping di di Glad Aquarium Jalan Raya Pantura Kaliwungu Kendal Jawa Tengah.

Menurut Herlambang, konsep dasar aquascaping adalah memindahkan obyek alam ke dalam media aquarium. Yang menjadi obyek dasar bukanlah ikan hias, melainkan tanaman yang ada serta hiasan seperti pasir, batu ataupun kayu. Dengan kata lain, aquascaping adalah berkebun dalam kolam kaca.

Untuk membuat aquarium lebih menarik, dibutuhkan pasir khusus dan sejumlah kayu serta batu sesuai dengan keinginan. Memang tidak mudah, dibutuhkan daya imajinasi untuk menata aquarium, sehingga bisa menggambarkan sebuah pemandangan layaknya habitat asli.

Pembuatan aquarium unik ini di lakukan dengan meletakkan pasir sebagai dasar baru kemudian meletakkan batu ataupun kayu sebagai hiasan. Kayu yang digunakan sebelumnya direndam didalam air hampir enam bulan, agar bisa tenggelam dan kadar getah sudah hilang.

Yang tersulit adalah menata tanaman air, karena dibutuhkan keahlian agar tanaman tidak mati. Tanaman air yang digunakan sengaja diimpor dari jepang ataupun amazon, sehingga tidak heran jika tanaman yang digunakan bisa berharga lima ratus ribu perbatangnya.

Tidak semua jenis ikan bisa di manfaatkan dalam aquascaping, karena jika ikannya suka makan tanaman, maka justru akan merusak struktur aquarium. Ikan-ikan yang bisa digunakan antara guppy, molly atau platy.

Aquarium unik ini, dijual lengkap dengan isi serta aksesorisnya antara Satu Juta Rupiah hingga Lima Belas Juta Rupiah. Pasar aquarium dengan teknik aquascaping ini sudah merambah Semarang, Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

1 comments:

Agus Kurnia Rahman on 26 March 2014 08:43 said...

Kami berikan kesejukan dirumah atau ruang kerja anda tanpa harus jauh-jauh ke pegunungan


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...