SIRUP CARICA DIENG YANG SEGAR MENYEHATKAN



Dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, ternyata tidak hanya menyimpan pesona wisata, tetapi juga memiliki kuliner khas yang tidak di jumpai di daerah lain, salah satunya sirup buah carica yang manis dan segar, bahkan kandungan vitaminnya berkhasiat bagi kebugaran tubuh.

Buah carica yang dalam bahasa latin bernama carica pubescen, masih tergolong dalam keluarga pepaya. Bedanya, jika pepaya lebih dikenal sebagai tumbuhan tropis yang memerlukan banyak panas dan matahari, maka carica hanya bisa tumbuh di tempat tinggi, memerlukan temperatur yang cukup dingin dan banyak hujan. jika di konsumsi langsung, buah ini memiliki rasa yang manis dan asam.

Bahan-bahan untuk membuat manisan carica hanya buah carica dan gula murni. Proses pembuatannya pun terbilang sangat mudah. Pertama memilih buah yang telah matang, selanjutnya di lakukan pengupasan dan dipotong menjadi dua bagian untuk di keluarkan isinya. Carica selanjutnya di potong-potong ukuran kecil, di cuci dan di masukan ke dalam botol.

Untuk mempersiapkan kuahnya, isi dari buah carica tadi di saring dan di rebus bersama gula murni hingga mendidih dan berubah warna lalu di masukan kedalam botol yang telah berisi buah. Satu botol ini berisi 400 cc kuah sari buah carica dan 350 gram buah carica.

Keunikan pembuatan manisan carica adalah pada proses pengukusan karena di lakukan bersamaan dengan botolnya, yaitu selama kurang lebih 15 menit, agar sirup benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri yang bisa membuatnya cepat rusak atau kedaluarsa. Manisan carica siap untuk di santap.

Keunggulan sirup carica bukan hanya pada rasanya yang khas. Tetapi juga daya tahannya yang bisa mencapai setahun lebih tanpa obat pengawet.

Rasanya yang manis dan segar serta memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, serta memiliki khasiat memulihkan kondisi tubuh. Bahkan banyak yang percaya, jika mengkonsumsi buah ini akan menjadi awet muda.

Harga 1 botol sirup carica di jual Rp 5.000. Sejumlah warga yang memproduksi hingga Tiga Ribu botol manisan carica dalam sebulan, mampu meraih omset hingga 5 Juta Rupiah perbulan.

Nah! jika Anda berwisata ke dataran tinggi dieng, tak ada salahnya mencoba mencicipi manisan khas yang segar dan menyehatkan ini. Tentu sekaligus membawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...