Berburu Software Gratis di 4shared-4SHARED merupakan salah satu Web storage online terkenal, yakni suatu situs yang menyediakan fasilitas penyimpanan file secara online melalui proses upload dan Download. Dalam hal ini, layanan 4shared bersifat gratis. Karena itu, banyak memiliki peminat, sehingga software yang tersimpan di 4shared, cukup beragam. Di samping proses registrasi yang mudah, 4shared menawarkan banyak sekali[Selengkapnya]
Budidaya Ayam Petarung-Awalnya hanya sekedar iseng untuk hiburan tatkala Muhammad Nasir Kholil banyak mengalami berbagai persoalan hidup. 1 ekor ayam petarung miliknya, selalu menemani pria warga Desa Sidojangkung Kecamatan Menganti, setelah seharian sibuk bekerja sebagai salah satu anggota DPRD Kabupaten Gresik dari Fraksi PKB. Karena hobinya pada ayam petarung, Nasir kemudian mencoba mengawinkan ayamnya dengan indukan[Selengkapnya]

Berlangganan, Masukkan alamat Email

SI LEGIT MANIS GETUK MAGELANG



Siapa bilang singkong makanan kelas dua? Jangan salah! Singkong atau ubi kayu bisa diolah menjadi aneka makanan yang enak. Selain itu, juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Salah satunya getuk khas Magelang yang rasanya legit dan manis sehingga sangat pas di lidah.

Untuk membuat getuk Magelang yang benar-benar legit, ternyata butuh singkong khusus. Yaitu singkong yang berasal dari daerah lereng pegunungan seperti gunung Merapi. Setelah singkong dikupas, lalu direbus hingga lunak. Sebelum digiling, singkong rebus lebih dulu dibuang sumbunya dan dibersihkan bagian luarnya.

Singkong rebus lalu digiling hingga halus. Sembari digiling, singkong diberi campuran gula pasir dan mentega. Untuk variasi rasa, bisa ditambah coklat dan vanila. Usai digiling, lalu tiga rasa tadi disatukan menjadi getuk yang panjang. Adonan jadi ini lalu di iris menjadi kotak-kotak. Hasil irisan dibungkus dan jadilah getuk yang sering kita beli di toko oleh-oleh.

Setiap musim liburan, para pembuat getuk di Magelang kebanjiran order. Pesanan berdatangan dari toko oleh-oleh di Magelang, Yogyakarta, Semarang maupun Solo.
Harganya pun sangat terjangkau. Satu dus berisi 12 bungkus antara delapan hingga sepuluh ribu rupiah. Dan yang pasti legit dan manisnya sangat cocok sebagai buah tangan bagi sanak saudara.

Nah! Bagi anda yang berlibur ke Cabdi Borobudur atau tempat wisata lainnya di Magelang jawa tengah, oleh-oleh yang pas tentu saja, getuk Magelang. Buah tangan ini, bias di beli di outlet-outlet penjual oleh-oleh di Magelang khususnya.
Selengkapnya...

7 HAL YANG PERLU DI KETAHUI TENTANG PASSWORD ONLINE



Perkembangan teknologi online yang canggih, memungkinkan hacker untuk masuk ke sebuah account dan mencuri informasi pribadi. Hacker masuk ke komputer 2.244 kali setiap hari dengan cara mencari tahu username atau password lemah. Jika Anda masih menggunakan password yang Anda buat ketika Anda membuka akun email pertama kali, berarti Anda telah memasang badan untuk menjadi korban hacking. Tapi jangan khawatir, ada beberapa trik mengatasi persoalan ini, antara lain :

1. Perlu password berbeda untuk setiap situs
Banyak orang memiliki satu password yang di gunakan untuk semua akun. Ini adalah cara mudah bagi hacker untuk mendapatkan akses ke account tersebut. Hacker akan menyusup ke situs yang lemah sistem keamanannya dan mengungkap password yang digunakan di sana. Jika Anda menggunakan password yang sama di seluruh situs, maka mereka dapat dengan mudah mengakses beberapa account Anda. Dengan menggunakan password berbeda untuk setiap situs, Anda berarti sedikit lebih maju untuk urusan keamanan.

2. Gunakan Manajer password untuk membantu melindungi privacy

Jika Anda memiliki banyak password dan khawatir lupa dengan salah satunya, gunakan program password manager terpercaya yang memiliki basis teknologi canggih. Manajer password bisa melacak berbagai password dan mampu melindunginya dari serangan hacker.

3. Password yang panjang lebih sulit di hack
Setiap huruf, angka atau simbol yang Anda tambahkan ke password, akan memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk mencari tahu, sehingga membuat para hacker menjadi frustasi.

4. Jangan menggunakan kata umum
Hacker terkadang menggunakan sandi-guessers (software penebak password) otomatis / brute force melalui pemilihan kata-kata dalam kamus umum untuk mencoba untuk memecahkan password. Jika Anda menggunakan kata-kata umum, ada kesempatan baik bagi orang yang memiliki kamus kata lengkap akan dapat masuk ke account Anda dengan sangat cepat.

5. Orang cenderung memilih password dengan makna pribadi
Insting pertama kita ketika memilih password adalah sesuatu yang ada kaitannya secara pribadi dengan kita. Hal ini membuat pilihan kita sangat dapat diprediksi oleh hacker. Nama, tim olahraga favorit, ulang tahun dan beberapa informasi pribadi lainnya adalah password yang paling umum digunakan. Jadi jika ada yang tahu sedikit saja tentang Anda (atau dapat menemukannya di Facebook), Anda bisa berada dalam kesulitan. Jadi, berhati-hatilah!!

6. Password diubah secara teratur

Anda perlu mengubah sandi setiap 90 atau 180 hari. Memang sedikit rumit, namun itu sebenarnya cara cerdas untuk mengamankan account Anda. Hal ini akan lebih penting untuk dilakukan pada situs perbankan online atau situs belanja online di mana informasi kartu kredit Anda mungkin disimpan. Ini diperlukan jika Anda mengakses setiap account pada komputer publik karena password Anda dapat disimpan tanpa Anda sadari.

7. Perhatikan pedoman menciptakan password yang kuat
Bagaimana pilihan password yang aman?. Para ahli keamanan Internet merekomendasikan memiliki password minimal 8 karakter dengan campuran huruf dikapitalisasi angka dan simbol. Sebuah teknik umum untuk menghindari kata-kata yang mudah ditebak adalah dengan menempatkan tiga kata yang tidak terkait bersama-sama dan membuat sebuah cerita pendek yang melibatkan ketiganya, sehingga Anda dapat mengingatnya. Anda juga dapat menggunakan huruf pertama dari setiap kata dari sebuah lagu atau film favorit Anda dengan.mengganti beberapa huruf untuk angka atau karakter khusus.
Selengkapnya...

AKHIRNYA PERSEGRES DI LAUNCHING SEBAGAI TIM ISL



Tim Gresik United (GU) akhirnya berubah nama menjadi Persegres Jaka Samudra dengan pelatih kepala Fredy Mulli. Kesebelasan kebanggaan masyarakat Gresik ini, di launcing minggu sore (27/11/2011) di Stadion PT Petrokimia Gresik dengan memperkenalkan para punggawa tim ke tengah masyarakat.

Dalam skuad Persegres Jaka Samudra terdapat 3 pemain asing yaitu Gaston Castano yang menempati posisi striker, Gustavo Chena, gelandang, serta James Koko Lomel juga di posisi gelandang.

Tak hanya itu, Manager PT Persegres Jaka Samudra selaku pengelola tim, juga memperkenalkan kostum baru warna kuning yang di serahkan secara simbolis kepada kapten kesebelasan, Agus Indra Kurniawan.

Meski baru di nyatakan sebagai bagian dari klub ISL tanggal 19 Nopember lalu, namun, Manager Persegres menyatakan siap tampil dalam laga bergengsi itu. “Saya piker tidak ada yang mendadak dalam persiapan tim, karena kita sudah mempersiapkan sejak Agustus lalu meski kita masuk ISL pada 19 Nopember lalu”, ujar Sambari Halim Radianto, Manager Utama PT Persegres Jaka Samudra.

Sesuai jadwal ISL, Persegres Jaka Samudra akan melakoni laga tandang-nya tanggal 1 Desember mendatang ke Papua melawan Persiwa Wamena dan tanggal 5 melawan Persipura Jayapura.

Sebagai persiapan, launching Persegres di tutup dengan pertandingan persahabatan melawan tim divisi utama KSB Sumbawa Barat. Meski tanpa kehadiran pelatih, Fredy Mulli yang absen karena menghadiri rapat di Jakarta, namun Persegres unggul dengan skor 2-1.
Selengkapnya...

SAMBUT 1 MUHARRAM DENGAN TARI MAYANG MADU



Seni tari Mayang Madu kembali tampil dalam rangka memperingati satu muharam 1433 Hijriyah di depan Pendopo Lokakantra Lamongan Jawa Timur(26/11/2011.) Seni tari khas Lamongan tersebut, pernah meraih nominasi terbaik dalam event tari tingkat Nasional.

umumnya. Tarian yang diperagakan lima pelajar sekolah menengah pertama tersebut, memperlihatkan lenggak lenggok penari secara jelas, mulai dari gerakan kepala, tangan maupun kaki. Meski demikian, tari ini mudah di tiru sehingga sangat di suka warga.

Seni tari Mayang Madu sering di tampilkan dalam rangka memperingati hari-hari besar agama Islam, karena memiliki nuansa sejarah gambaran perjalanan penyebaran Islam yang dilakukan Sunan Drajat di wilayah Lamongan.

Tari Mayang Madu mempunyai konsep Islami dan tradisional, karena tari Mayang Madu di ilhami dari kegigihan syiar agama Islam di Lamongan yang disebarkan oleh Sunan Drajat dengan cara menggunakan gamelan sebagai medianya. Gamelan Sunan Drajat terkenal dengan sebutan gamelan "Singo Mengkok".

Nama Mayang Madu sebenarnya adalah gelar Sunan Drajat yang di berikan Raden Patah pada 1484 Masehi. Untuk mengenang jasa perjuangan Sunan Mayang Madu, maka tarian khas Lamongan ini disebut dengan tari Mayang Madu, agar masyarakat tergugah hatiya untuk tetap meneruskan perjuangan Sunan Mayang Madu dalam menyebarkan agama Islam.

Tak hanya itu, tari warisan Sunan Drajat ini juga menggambarkan seruan melaksanakan shalat wajib lima waktu. Oleh karena itu, tari ini biasanya di perankan oleh lima penari yang menggambarkan shalat lima waktu, meski terkadang juga di perankan oleh banyak penari secara kolosal.

Sebagai penutup, tibanya tahun baru Islam 1433 Hijriyah, di tandai dengan pelepasan burung dara dan balon berjumlah 1433 buah, tepat pada saat terbenamnya matahari.

Peringatan satu muharam 1433 Hijriyah di Lamongan, juga di ramaikan dengan berbagai kegiatan. Seperti pawai ta’aruf, festival makanan halal, hingga festival busana muslim.
Selengkapnya...

RENDANG ASESE KHAS PADANG YANG LARIS MANIS



Rendang Asese merupakan masakan khas Padang yang selalu digemari pengujung baik dalam daerah maupun luar daerah. Di Jalan Thamrin Nomor 14 Kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, berbagai rendang dibuat. Namun, yang paling laris adalah rendang daging Asese.

Rendang Asese merupakan singkatan dari Se-Iya Se Kata. Rendang daging Asese terbuat dari daging sapi segar yang sudah diolah dengan bumbu khas warga minang. Proses pembuatan rendang daging, cukup mudah, mulai dari pemotongan daging, hingga pengepakan. Meskipun terlihat mudah, namun proses pembuatannya diperlukan ketelitian dan kesabaran.

Pertama-tama, daging segar dipotong-potong sesuai ukuran. Kemudian daging tersebut di cuci hingga bersih. Sebelum dimasukan ke kuali, disiapkan terlebih dahulu bumbu dan santan. Setelah santan mulai harum, maka dimasukkanlah daging yang siap dicuci. Adonan diaduk hingga rata sampai daging benar-benar matang dan berwarna hitam. Rendang daging pun siap di bungkus dan dijual.

Setiap bungkusnya di timbang seberat setengah kilogram. Setelah itu di masukan kedalam plastik yang sudah diberi merek rendang Asese. Selain rendang daging, di kedai ini juga di olah berbagai rendang lainnya seperti rendang daging suir, rendang telur, rendang ubi singkong serta rendang ikan tuna.

Menurut pemilik toko eva milza, rendang Asese dibuat dari warisan turun terumurun. “kami mewarisi pembuatan rending secara turun temurun dengan resep bumbu yang masih asli”, ujarnya.

Harga rendang bervariasi sesuai berat dan jenis rendang, mulai dari 25 Ribu Rupiah sampai 65 Ribu Rupiah perbungkusnya. Rendang danging Asese dijual 65 Ribu Rupiah perbungkus.

Selin di jual di kedai sendiri, rendang Asese juga dipasok ke berbagai kedai makanan untuk oleh-oleh khas kota Padang.

Jika Anda berminat, silahkan datang ke toko ibu eva. Pasti Anda akan selalu memesan rendang tersebut setiap saat.
Selengkapnya...

MENGIRIM PESAN PALSU KE JARINGAN LOKAL DENGAN NETSENDFAKER



Anda dapat menggunakan program NetSendFaker untuk mengirim pesan pada jaringan lokal (LAN). Karena program ini termasuk jenis portable, Anda tidak perlu melakukan instalasi di komputer.

Yang di butuhkan dalam operasional software ini adalah mengetahui nama komputer yang akan anda kirimi pesan. Cek nama computer yang terhubung dalam LAN dengan membuka Windows Explorer, lalu masuk ke folder My Network Places. Di tempat ini, akan terlihat computer yang terhubung dengan jaringan.

Keunggulan utama NetSendFaker adalah mampu memanipulasi nama komputer pengirim. Misalnya nama komputer Anda adalah Komputer1, maka Anda dapat mengirim pesan ke komputer lain dengan nama pengirim, Hantu.

Download NetSendFaker.

Selengkapnya...

AWET MUDA DENGAN JUS BUAH DELIMA



Jika anda ingin mengurangi stres dan mencegah terjadinya penuaan, tampaknya anda harus mengonsumsi jus buah delima (pomegranate) secara teratur.

Menurut para ilmuwan, nutrisi yang terkandung dalam buah delima itu dapat mengurangi kecemasan dan mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Buah delima dapat juga mencegah penyebaran sel kanker.

Konsumsi buah delima secara reguler setiap hari akan memperlambat proses penuaan sel DNA. Dan itulah sebabnya orang bisa tetap menjaga tubuhnya agar tetap lebih muda.

Kesimpulan ini diperoleh setelah diadakan penelitian kepada 60 sukarelawan. Mereka diberi asupan ekstrak buah delima yang berbentuk kapsul selama satu bulan.

Pada saat yang sama, para ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Sergio Streitenberger juga memantau aktivitas dari kandungan kimia di dalam tubuh dan membandingkannya dengan aktivitas dari sebuah kelompok yang tidak mengonsumsi ekstrak buah delima.

Seperti dikutip dari Genius Beauty, para peneliti menemukan sebuah pengurangan yang signifikan dalam konsentrasi penanda 8-Oxo-DG, yang terkait dengan kerusakan sel yang menyebabkan gangguan dalam aktivitas otak, otot, hati, dan ginjal. Gangguan pada organ membuat kulit cepat keriput.

Para ilmuwan percaya bahwa hal itu terjadi melalui proses oksidasi dari sel DNA. Lebih lanjut, buah delima itu kaya akan vitamin A,C,E, zat besi, dan antioksidan, yang mampu menetralisir radikal bebas.(antaranews.com)
Selengkapnya...

TIM ASISTENSI AUSTRALIA SIAP BANTU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS



Terkait Rencana Pendirian Resource Centre untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) yang terletak di Jalan Proklamasi Gresik (eks kantor Dinas Kebersihan). Tim Asistensi Optimalisasi penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK) Tuna Rungu dari Australia Barat mendatangi Pemkab Gresik sekaligus memantau calon gedung untuk Resurce Centre, Selasa (22/11).

Kedatangan 3 orang masing-masing President of Patricia O Sulivan Humantarian Project,Inc, Ms. Trisna Hendersen yang didampingi 2 (dua) orang rekannya masing-masing Ms. dr Helen Goulios, MaudSA, CCP dan Ms. Josphine Ratna yang didampingi tim dari Biro Kerjasama Luar Negeri Pemprop Jawa Timur diterima oleh Sekda Gresik, Mokh Nadjib, Kepala Dinas Kesehatan, Sugeng Widodo dan kepala Dinas Pendidikan Wandah Meitini di Ruang rapat Retno Suwari Kantor Bupati Gresik.

Dalam keterangannya, Trisha mengatakan, Kedatangannya ke Gresik ini dalam rangka mencari masukan dalam penyusunan kurikulum untuk sekolah anak berkebutuhan khusus terutama untuk anak dengan gangguan pendengaran (hearing loss). “ Kami siap membantu untuk dalam pendirian Reseurce Centre yang di Gresik yang berorientasi pada publik cervice” ujar Trisha yang diterjemahkan oleh tim fasilitator. Ditambahkan oleh Trisha,”yang penting adalah deteksi awal gangguan pendengaran sehingga bisa segera diatasi dengan tepat, misalnya dengan memberi alat bantu dengar sedini mungkin”.

Dalam sambutannya Sekda Gresik menyatakan, Gresik sebagai Pilot Project kerjasama pelatihan pemasangan alat bantu dengar dan terapi wicarabagi anak yang mengalami gangguan pendengaran. Tentang Resource Centre menurut Sekda, adalah pusat layanan untuk pendidikan Inklusi. “sesuai komitmen Nasional Mendikbud, Moh Nuh agar pada tahun 2014 menuju pendidikan inklusif artinya siswa anak berkebutuhan khusus harus siap belajar bersama siswa normal di sekolah Umum”

Selain itu, Resource Centre yang berdiri di bekas gedung markasnya pasukan kuning (petugas kebersihan) ini nantinya akan dilengkapi dengan sarana prasarana antara lain, sarana pembelajaran, ekstra kurikuler, aneka alat terapi, vokasional skill, laboratorium komputer, sarana oleh raga dan lingkungan pergaulan kondusif.”tempat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pusat ketrampilan dan pusat terapi bagi kemandirian anak berkebutuhan khusus” ujar Nadjib. (sdm)
Selengkapnya...

KOLEKSI SEPEDA MOTOR KUNO BUKAN SEKEDAR HOBI



Jika anda termasuk penghobi otomotif, tidak salah jika anda mengkoleksi berbagai merek motor kuno. Selain unik, klasik, dan memiliki nilai sejarah, motor kuno memiliki nilai ekonomis tinggi karena bisa menghasilkan uang Ratusan Juta Rupiah.

Bermula dari suka dengan motor kuno, akhirnya Ahmad Saefullah warga Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kudus, Jawa Tengah, mulai berburu dan mengkoleksi motor-motor kuno, dari berbagai belahan dunia. Mulai dari Jakarta, Singapura, Amerika, Jerman, bahkan hingga ke kawasan Timur Tengah pun ia rela untuk mendapatkan motor kuno yang di inginkannya.

Berbagai merk motor buatan Jerman, Amerika, Eropa, seperti Ariel, BSA, Smechless, Norton Azs, BMW, BSA, Honda, DKW, Sunbeam, Mz Shark, Obilet, sampai Vespa pun dikoleksinya.

Untuk perawatan, Saefullah harus menghabiskan uang hingga jutaan Rupiah. Service berkala, maintenance alat serta tune up motor pun tidak sembarangan dilakukan. Ia bersama teman sesama pengkolektor motor kuno pun saling berbagi teknik perawatan motor kuno agar awet dan dapat berjalan seperti saat pertama diproduksi.

Untuk mendapatkan sparepart motor motor kuno koleksinya, Saefullah mencari ke sesama kolektor, barter atau berburu onderdil hingga hingga ke negara tempat motor kuno ini diproduksi.

Memang tidak mudah untuk mencari sparepart motor kuno ini. Namun, berkat saling tukar informasi sesama kolektor dari berbagai penjuru negeri bahkan luar negeri, Saefullah tidak kesulitan mendapatkannya.

Kini koleksi saefullah menjadi incaran para penggemar motor kuno yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Solo, bahkan mancanegara, seperti Jerman, Belgia. Setiap bulan dua hingga empat motor laku terjual.

Soal harga motor bervariasi, antara 20 Juta sampai 500 Juta Rupiah. Tentunya nilai keunikan, sejarah dan peninggalan tokoh penting, turut menaikkan harga motor kuno ini. Dari hobi mengkoleksi motor kuno tersebut, Saefullah bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis. Setiap bulan puluhan juta dihasilkan dari menjual koleksi motor kunonya.
Selengkapnya...

SOUVENIR MINIATUR LEMARI YANG CANTIK



Karangan, Klaten Jawa Tengah, mampu menyulap limbah kayu pabrik tak berguna menjadi aneka miniatur lemari yang cantik. Di tangan merekalah, kayu-kayu yang mestinya dibuang atau dijadikan kayu bakar, disulap menjadi kerajinan unik bernilai jual tinggi.

Harsito, salah seorang perajin mengaku, dari sekitar 10 keryawaannya mampu membuat sekitar 25 miniatur lemari dalam sehari. Sedang omset bersih sekitar 10 Juta Rupiah perbulan.

Cara membuatnya tidak beda jauh dengan teknik membuat lemari pada umumnya. Limbah kayu dipotong sesuai ukuran, kemudian dirakit menjadi lemari mini. Agar tampil cantik, diamplas kemudian diberi vernis, cat pewarna, atau melamin.

Sepintas memang mudah. Namun jangan salah, sebab membuat miniatur lemari butuh kesabaran, ketelitian, dan ketrampilan. Apalagi bentuknya yang kecil mungil, mengharuskan perajin berhati-hati agar tidakk rusak.

Seperti lemari ukuran besar, miniatur lemari juga beragam bentuk. Bahkan ada yang mengandalkan teknik lengkung gaya rumah warga Spanyol, banyak pula yang berbentuk biffet.

Harganya bervariasi, mulai dari 25 Ribu hingga ratusan ribu Rupiah per unit, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pada proses pembuatan. Pemasarannya tak hanya lokal, namun sudah merambah pasar manca Negara seperti Perancis, Amerika dan Jepang.
Selengkapnya...

SEDAPNYA PADUAN DAGING CUMI-CUMI DAN AYAM CINCANG


Daging cumi yang kenyal, ternyata juga bisa dipadukan dengan daging lainnya sebagai menu tambahan. Salah satunya adalah dengan tambahan ayam cincang, seperti yang dilakukan sebuah rumah makan di kawasan wisata Lovina, Buleleng, Bali.

Untuk membuatnya, daging ayam dicincang kecil kecil, kemudian dicampur dengan bumbu yakni garam dan bawang prei. Racikan bumbu dan daging ayam ini digoreng setengah matang. Hasil gorengan lalu dimasukkan ke tubuh cumi yang telah direbus. Tidak sampai di sini, daging cumi yang sudah di isi daging ayam cincang, diolesi tepung dan telor barulah digoreng sekitar sepuluh menit.

Nah, cumi goreng daging ayam cincang pun siap disajikan. Penyajiannya pun juga sederhana, cukup dengan saos pedas. Namun untuk menikmati makanan khas ala Eropa ini, akan terasa lebih nikmat bagi lidah orang Indonesia bila dipadukan dengan nasi goreng paprika.

Menu cumi goreng daging ayam cincang ini, sangat digemari pengunjung. Tidak saja wisatawan asing, tetapi juga wisatawan domestik yang melintas di kawasan wisata Lovina Buleleng.

Sejumlah pengunjung mengaku senang dengan menu khusus rumah makan ini. Selain pas untuk selera makan siang, juga baik untuk kesehatan karena berbahan dasar ikan laut.

Untuk mendapatkan menu khusus ini, pengunjung cukup mengeluarkan uang Lima Puluh Lima Ribu Rupiah. Selama ini, rata rata jumlah pengunjung mencapai puluhan orang.
Selengkapnya...

KERAJINAN KIPAS LUKIS GO INTERNASIONAL



Jika hampir sebagian besar perajin kipas di sentra kerajinan kipas di Jalan Sesetan, Denpasar, Bali, gulung tikar, tidak demikian dengan perajin kipas, Wiracana, justru tengah menikmati kesuksesannya, hingga produknya menjadi ikon tersendiri di Spanyol dan Prancis.

Hampir setiap bulan, sebanyak Lima Ribu kipas di produksi olehnya. 70 persen di antaranya, bahkan di jual ke sejumlah negara, diantaranya Prancis Dan Spanyol. Salah satu kipas inovasi yang digagas adalah kipas lukis untuk souvenir pernikahan dan kipas tangan untuk shop art sebagai hiasan dinding. Kelebihan kipas ini, pembeli bebas memesan corak lukisan yang dipilih untuk digunakan atau menjadi ornamen rumah.

Tak hanya kipas lukis, Wiracana juga kini mengembangkan kipas bordir dari berbagai jenis kain. Kebanyakan kipas ini dipesan pasar Mancanegara untuk digunakan para penghobi fashion. Yang banyak di pesan adalah kipas bergambar banteng, mata serta yang erat kaitannya dengan matador

Memang bukan hanya desain, material kipas yang digunakan Wiracana boleh jadi membuatnya tetap eksis di tengah ketatnya persaingan bisnis kipas. Selain material kayu, ia juga menggunakan tulang, perak hingga emas untuk mempercantik produknya. Tak heran, jika inovasinya itulah yang membuat kerajinan kipas Wiracana di kenal cukup luas

Dengan harga jual 10 Ribu hingga Tujuh Juta Rupiah, kini Wiracana bukan hanya mampu mendulang keuntungan ratusan Juta Rupiah dan menyerap puluhan pekerja, namun juga membuatnya tetap bisa bersaing ditengah gempuran kipas China yang marak dipasaran pasca perdagangan bebas Asean – China.
Selengkapnya...

KAMPUNG UNIK SUKU MATABESI DI BELU



Ditengah perkembangan modernisasi dalam kehidupan masyarakat, tidak serta merta menyurutkan nilai-nilai tradisi kuno atau kebudayaan yang masih dianut masyarakat. Nilai-nilai kebudayaan di Indonesia seperti bergantung pada kekuatan alam, ternyata masih ada seperti yang di lakukan warga suku Matabesi, di kabupaten Belu, Nusa Tengara Timur.

Berada di atas puncak bukit dengan topografi yang berundak-undak di kota Belu, salah satu Kabupaten Di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. Mereka masih mempertahankan kebudayaan lamanya selama berabad-abad. Konon warga suku Matabesi adalah suku tertua di Timor, di mana kehidupan warga di sini masih tergantung pada alam, sama seperti suku Badui di Jawa.

Secara garis besar bentuk rumah adat Matabesi berbentuk kerucut, kadang ada yang berbentuk perahu terbalik. Ditinjau dari sistem struktur dan konstruksinya, rumah adat suku Matabesi memiliki sistem struktur rangka berupa rumah panggung. Bahan penutup atap yang bersifat non struktural menggunakan daun lontar kering. Sebagian besar diambil dari sekitar kampung Matabesi.

Kepercayaannya mereka adalah Animisme, sehingga sampai saat ini Belum ada satu ajaran agama manapun yang menyentuh dan mempengaruhi kehidupan mereka. Jadi jangan heran disetiap rumah warga suku Matabesi ini, masih terdapat mesbah yang diyakini sebagai media pemberi kekuatan untuk kehidupan terutama dari wujud tertinggi, bumi dan air.

Kehidupan bermasyarakat suku Matabesi terbilang cukup harmonis, karena antara anggota suku ini masih ada pertalian satu darah atau kawin mawin dalam kampung.

Anak-anak yang merupakan turunan dari keluarga suku sampai sekarang pun masih Belum mengenyam pendidikan. Semua anak-anak disini kehidupan mereka hanya dididik dengan kehidupan alam, salah satunya adalah beternak sapi paron.

Selain kepercayaan Animisme yang diyakini warga suku Matabesi, kekuatan alam yang memberi kehidupan seperti air, juga diyakini sebagai pemberi kekuatan penyembuh semua jenis penyakit. “Air adalah sumber kehidupan yang harus di jaga dan muliakan”, ujar Laumauk, Kepala Suku Matabesi.

Selama kehidupannya yang berabad-abad, ritual persembahan kurban hewan, selalu dilakukan di dua sumber air yang setiap hari menghidupi mereka. Sehingga tak heran diluar setiap rumah terdapat semacam patung yang terbuat dari tanduk kerbau. Tanduk kerbau merupakan lambang kekuatan suku yang sekaligus merupakan cerminan manusia yang suka bekerja keras.

Meski turunan suku Matabesi hanya sekitar belasan kepala keluarga saja, kepercayaan lain dan larangan-larangan seperti panen hasil bumi, harus dilakukan setelah Matang.
Selengkapnya...

SISWA SMK CIPTAKAN MESIN PERAJANG SAMPAH DAUN ORGANIK



Prihatin kondisi sampah daun, Siswa SMK di Gresik Jawa Timur, berhasil membuat mesin perajang sampah daun, yang kualitasnya tidak kalah dibandingkan dengan produk hasil pabrikan. Selain ramah lingkungan, teknologi tepat guna, karya Siswa tersebut, mampu menghancurkan sampah daun, se-ukuran dua mili meter, efektif untuk pembuatan produk pupuk kompos, sehingga mampu memberikan nilai ekonomis bagi warga (16/11/2011.)

Mesin perajang sampah daun organik ini, digerakkan dengan motor berkekuatan hp 3500 RPM, menggunakan pisau stainles steel 1500 RPM, rangka plat 50x50x50, body plat eyzer 1,5 mm, dengan total kapasitas produksi 200 kilogram, per jam.

Arga wicaksono, Siswa, mengatakan, pembuatan mesin ini berawal dari keprihatinanya, terhadap tumpukan sampah daun organik, yang tidak hanya mengotori lingkungan, juga tidak sedap dipandang mata. “Inspirasi ini juga muncul setelah melihat cara kerja mesin penggiling kelapa di pasar, sehingga tekniknya hampir sama”, ujar Arga.

Setelah melakukan penelitian selama hampir satu bulan, angga wicaksono, bersama teman sekolah, dan guru pembimbing, akhirnya berhasil membuat mesin perajang daun, yang memiliki kapasitas 200 kilogram, per jam dan diberi nama ghilas, dari kata gerinda dan mesin las.

Pihak sekolah mendukung dan memberikan kesempatan kepada Siswa yang kreatif, untuk meningkatkan kompetensi Siswa dalam membuat dan memahami kerja mesin. Target dari kegiatan Siswa ini, untuk menciptakan lulusan SMK yang terampil dan profesional, sehingga setelah tamat sekolah, mereka mampu menciptakan lapangan kerja, untuk dirinya sendiri dan warga di sekitar lingkungannya.
Selengkapnya...

SUKSES DENGAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM DI DATARAN RENDAH



Siapa bilang budidaya jamur hanya bisa dilakukan di daerah dataran tinggi dengan suhu dan kelembaban udara tertentu saja? Seorang warga di kota Binjai, Sumatera Utara berhasil membudidayakan jamur di dataran rendah yang bersuhu tinggi dan kelembaban rendah pula.

Lokasi budidaya jamur tiram, milik Feri siregar di kota Binjai, sumatera utara, sudah berkembang sejak setahun lalu. Padahal, Binjai tergolong kawasan dataran rendah serta memiliki suhu panas normal antara 24 hingga 32 derajat celcius.

Proses budidaya jamur tiram milik Feri, tidak ada bedanya budidaya jamur tiram di tempat dataran tinggi. Budidaya jamur tiram ini juga menggunakan media tanam yang terdiri dari limbah gergajian kayu, dicampur dedak halus, kapur dolomit dan air.

Bedanya dengan budidaya di dataran rendah, air yang digunakan adalah air fermentasi hasil campuran mikro organisme dan gula. Hal ini untuk mengurangi munculnya jamur-jamur lain yang berpotensi tumbuh dalam media tanam.

Media tanam ini kemudian di diamkan selama tiga hari, kemudian dikukus selama 18 jam. Barulah media tanam ini dimasukkan ke dalam plastik dibentuk seperti polibag dan siap untuk diberi bibit jamur tiram.

Untuk menambah kelembaban ruang inkubasi, Feri menggenangi lantai tempat produksi dengan air hingga setinggi mata kaki. Dalam jangka waktu 15 hari di ruang produksi, jamur akan mulai terlihat keluar dari mulut-mulut polibag.

hingga saat ini, Feri baru memiliki lebih dari seribu polibag, dengan produksi 30 kilogram jamur tiram per harinya, yang di jual dengan harga 35 ribu rupiah, setiap kilogramnya .

Keterbasan dana, cukup menyulitkan Feri dalam mengembangkan usaha budidaya jamurnya, sehingga hanya mampu memenuhi kebutuhan untuk kota Binjai dan medan .

Jika anda tinggal di tempat dataran rendah dengan suhu tinggi dan kelembaban rendah, namun ingin berwira usaha, ada baiknya anda memperhitungkan bisnis jamur tiram ini.
Selengkapnya...

KRUPUK WORTEL MAKIN DI LIRIK PASAR



Wortel sering kali hanya dijadikan menu pelengkap dalam sayuran saja. Padahal, wortel bisa di oleh menjadi aneka menu yang tak kalah nikmatnya, seperti yang di lakukan oleh sejumlah ibu-ibu di Cianjur Jawa Barat yang sukses mengolah wortel menjadi usaha krupuk wortel beromset lima sampai Tujuh Juta Rupiah perbulan. Bahkan, usaha ini juga sudah mulai merambah pasar swalayan di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah

Usaha pembuatan krupuk wortel tersebut berada di Kampung Kayu Manis Desa Sukatani, Cipanas, Cianjur. Dengan alat-alat yang masih manual, ibu-ibu yang tergabung dalam PEKKA atau Perempuan Kepala Keluarga tersebut mengolah adonan wortel untuk di olah menjadi krupuk.

Proses pembuatan krupuk wortel terbilang mudah. Ibu-ibu yang sudah tidak mempunyai suami ini, membeli wortel dari para petani, dengan harga tujuh ratus lima puluh rupiah perkilonya. Setelah wortel dibersihkan kulitnya, lalu di haluskan menggunakan blender. Adonan wortel yang sudah terlihat halus selanjutnya dipanaskan, untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam adonan terigu yang sudah dicampur dengan bumbu dapur seperti bawang putih ketumbar dan garam.

Proses selanjutnya, adonan wortel dibentuk bulatan. Sebelum dijemur, adonan ini terlebih dahulu diiris-iris. Agar krupuk nantinya garing saat dimasak, krupuk harus benar-benar kering saat dijemur. Krupuk yang sudah kering kemudian di goreng dan dimasukan ke plastik sesuai ukurannya.

Krupuk wortel dijual Tiga Ribu Rupiah per-ons, dan Sepuluh Ribu Rupiah per dua kilonya. Bahkan ibu-ibu ini, juga sudah mempunyai konsumen tetap di sejumlah swalayan dan warung yang ada di Jawa Barat seperti Bandung, Subang, Kerawang, Sukabumi, Bogor dan Tasikmalaya. “alhamdulillah, usaha ini sudah memperlihatkan hasilnya”, ujar ibu ida, salah seorang penggagas krupuk wortel.

Omset yang didapat dari usaha ini,mencapai Lima Sampai Tujuh Juta Rupiah perbulannya. Namun dimusim hujan, usaha ini akan menemui kendala pada proses penjemuran yang mengakibatkan kerupuk menjadi keras saat dimasak.

Selama proses pembuatan kerupuk wortel, limbah yang dihasilkan tidak banyak dan tidak membahayakan karena hanya menyisakan kulit wortel saja. Sementara air sisa rebusan wortel tidak meninggalkan limbah kimia karena memang tidak menggunakan bahan kimia. Jadi, krupuk wortel juga ramah lingkungan.
Selengkapnya...

EKSOTISME LUKISAN MOZAIK BULU AYAM



Menciptakan karya seni berkualitas bisa dilakukan dengan berbagai cara diambil para seniman untuk mengekpresikan ide dan karyanya. Seorang pelukis di Jember Jawa Timur, memilih bulu ayam sebagai media lukisnya. Selain karena langka, lukisan bulu ayam ini terlihat eksotis dan berhasil memikat penikmat seni dari mancanegara.

Adalah Susmiadi, Warga Desa Kencong, Kecamatan Kencong, Jember Jawa Timur, yang sehari-hari bekerja sebagai pengamat air di dinas pengairan kabupaten jember mengisi waktu luangnya dengan menggali ide melalui seni komposisi mozaik bulu ayam.

Susmiadi mengaku, terinsipirasi melukis dengan bahan bulu ayam setelah melihat karya Cak Kandar, seniman lukis bulu dari surabaya. Sebelumnya, Susmiadi hanya menciptakan karya lukis dengan media cat, namun dalam perkembangannya ia memilih bulu, karena lebih unik.

Meski tergolong rumit, Susmiadi mengaku, memilih jalur melukis realis dengan bulu ayam karena jarang digeluti seniman lainnya. Untuk menghasilkan satu karya lukis bulu, paling cepat ia butuh sekitar sepuluh hari untuk menyelesaikan. Bahkan tak jarang butuh waktu hingga dua bulan untuk satu lukisan saja.

Kendalanya terutama dalam menyusun komposisi warna bulu ayam yang terbatas. Akibatnya pesanan tidak dapat diselesaikan tepat waktu, karena masih menunggu warna bulu yang dikehendaki. Warna-warni yang tercipta dari lukisan ini, asli tanpa rekayasa karena berasal langsung dari bulu ayam tanpa penggunaan cat.

Karena itulah, Susmiadi lebih suka melukis obyek hewan berbulu, seperti kucing, kelinci, macan dan hewan berbulu lainnya. Sebab, lukisan dari bulu-bulu ayam lebih terlihat alami. “Faktor alami inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dalam lukisan saya”, ujar Susmiadi.

Untuk proses melukis dengan media bulu ini diperlukan kesabaran dan ketelitian yang cukup tinggi, karena lukisan bulu akan terlihat ke bentuk aslinya bila bahan yang digunakan merupakan bulu-bulu yang memiliki kualitas terbaik.

Pertama-tama bulu dikeringkan dan dipotong sesuai ukuran yang dikehendaki. Kanvas yang sudah disiapkan terlebih dahulu di seket sesuai bentuk lukisan yang dinginkan. Selanjutnya, satu persatu bulu ditempelkan dengan menggunaan lem kayu.

Untuk satu lukisan bulu, Susmiadi mematok harga antara 1,5 Juta hingga 10 Juta Rupiah, tergantung kerumitan komposisi warna dan ukuran lukisan. Susmiadi memasarkan produknya melalui internet dan menitipkan di galeri temannya di Bali. Galeri itu sering kedatangan turis asing, meski pembelian tidak dalam jumlah besar. "Turis yang pernah beli lukisan saya berasal dari Finlandia, Australia, Irlandia dan Jepang," tutur dia.
Selengkapnya...

KUE TELA CAKE DARI TEPUNG SINGKONG KAYA GIZI



Ketela pohon atau singkong yang harganya sangat murah, tak selamanya menjadi makanan masyarakat kelas bawah. Tepung singkong, ternyata dapat diolah berbagai macam kue atau tela cake dengan kandungan gizi yang tinggi yang tak kalah dengan kue dari tepung gandum. Di tangan Firmansyah Budi, warga Depok Sleman Yogyakarta, tela cake atau kue dari tepung singkong dengan berbagai rasa seperti coklat, vanila, mocca, keju maupun rasa bluberry, saat ini sedang trend dan banyak digemari masyarakat berbagai kalangan.

Proses awal pembuatan kue ini, sebenarnya tidak terlalu sulit. Tepung ketela atau singkong dan coklat bubuk di jadikan satu kemudian di campur dengan telor yang sudah di taruh dalam mangkok besar. Proses selanjutnya, adonan di aduk menggunakan mesin atau mikser, hingga benar-benar mengembang. Gula pasir dimasukkan dalam adonan dan diaduk lagi. Selanjutnya adoanan dimasukkan dalam loyang atau cetakan persegi panjang dan siap di oven.

Proses peng-ovenan, dilakukan selama kurang lebih setengan jam dan roti di keluarkan untuk di belah menjadi dua bagian dan tengahnya di olesi dengan selai berbagai rasa, sesuai keinginan. Setelah itu, di atas kue atau cake di oles krem dan terakhir roti pun di hias dengan menggunakan blueberry, keju maupun coklat. Tela cake pun siap dikemas atau pun dinikmati.

Semula pembuatan tela cake ini berawal dari coba-coba serta guyonan bersama dengan temannya. Mahasiswa lulusan ugm jurusan hukum ini, kemudian mencoba ketela pohon di jadikan tepung dan dibuat berbagai roti atau cake. Dipilih singkong atau ketela, karena, mengandung karbohidrat yang baik untuk pencernakan juga baik untuk penyakit diabetes. Apalagi, tela cake yang terbuat dari singkong ini, juga mengandung protein dan karbohidrat.

Di bantu sejumlah orang karyawannya, Firman dapat membuat 200 hingga 400 buah tela cake perhari, dengan beraneka ragam rasa, seperti rasa strawberry, blueberry, coklat, keju, mocca, kacang dan vanila.
Selengkapnya...

PEMANDANGAN PANTAI KRAKAL YANG MASIH PERAWAN



Sebagai daerah yang bersinggungan langsung dengan Laut Selatan, Jogjakarta memiliki banyak pantai wisata yang masih perawan. Pantai tersebut umumnya terletak di daerah Gunung Kidul, Wonosari. Pemandangan pantai di daerah ini tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, pasirnya cukup putih dan airnya biru bersih dengan ombak yang begitu mempesona.

Pantai Krakal, Sundak dan Drini adalah daerah wisata pantai yang cukup terkenal di Wonosari yang letaknya hampir berdekatan dengan jarak sekitar 70 kilometer di Tenggara Kota Yogyakarta. Suasana jalan menuju lokasi wisata pantai tersebut juga masih relatif sepi. Sepanjang perjalanan menuju pantai terdapat pemandangan alam pegunungan yang indah, ditambah dengan suasana udara yang segar menyehatkan.

Konon, daerah Krakal awalnya merupakan dasar lautan yang terangkat ke permukaan oleh proses alam. Dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke 3 pantai tersebut belum begitu banyak. Suasana pantai pun masih relatif bersih. Karena itu, tempat tersebut sangat cocok untuk mencari suasana pantai dengan udara bersih dan segar, serta ditambah dengan pemandangan alam pegunungan yang indah.

Di kawasan pantai selatan Gunung Kidul tersebut, belum ada hotel berbintang, yang ada hanyalah penginapan yang dikelola penduduk setempat.

Khusus di pantai Drini, wisatawan bisa berenang agak ke tengah laut karena airnya yang dangkal dan ombaknya tidak begitu besar. Pantainya di kelilingi batu karang besar yang menyerupai cekungan, sehingga menambah saya tarik tersendiri bagi mereka yang merindukan suasana pantai yang alami.
Selengkapnya...

NYARIS PUNAH, BUAH JUWET TETAP DI CINTA



Memasuki musim penghujan, ratusan pohon buah juwet milik warga Desa Lopang Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan Jawa Timur, panen raya. Bahkan, pemilik buah juwet ini langsung menjual hasil panen di area kebun. Mereka menggelar dagangannya langsung di bawah pohon (14/11/2011.)

Buah yang di sebut anggur jawa dan memiliki nama latin syzygiun cumini tersebut nyaris punah. Bahkan saat ini pun, tak ada campur tangan pemerintah untuk membudidayakan buah lokal tersebut. Padahal, buah juwet di kenal sebagai salah satu buah lokal yang kaya vitamin A dan C, serta memiliki kandungan air yang tinggi dan dipercaya dapat menurunkan kolesterol.

Satu pohon besar jika dipanen buahnya bisa menghasilkan uang antara 400.000 hingga satu juta rupiah, tergantung murah, yakni hanya 5000 rupiah per kilonya.

Kebun juwet di desa Lopang selalu ramai di hari Jumat dan Minggu. Warga lamongan kerap menjadikan kebun juwet sebagai tempat rekreasi yang murah meriah. Para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati buah juwet di bawah pohonnya yang teduh. Bahkan anak-anak usai sekolah pun selalu menjadikan kebun ini sebagai tempat berkumpul usai pulang sekolah.

Setiap pengunjung di kebun juwet ini diperbolehkan mencicipi sebelum membeli. Bahkan, pembeli diperbolehkan memetik atau memanjat pohon untuk sekedar mencoba merasakan manisnya buah yang berwarna ungu ini.

Ibu Asrep, salah seorang pemilik buah juwet, mengaku, memasuki musim penghujan, satu pohon buah juwet dapat menghasilkan uang sebesar Lima Ratus Ribu hingga satu Juta Rupiah sekali penen. Namun, untuk musim penghujan, pohon juwet tidak berbuah. Satu kilogram buah juwet dijual dengan harga Lima Ribu Rupiah. “Ya lumayan bisa membantu keuangan rumah tangga “ujar Ibu Asrep

Belakangan banyak pemilik pohon juwet yang menebang pohonnya dengan alasan mengganngu tanaman pertanian. Jika pohon-pohon juwet terus ditebang, bisa jadi kebun juwet yang tergolong langka ini hanya akan tinggal cerita saja.
Selengkapnya...

TARI GENDANG BELEQ SARAT NILAI SEJARAH



Pulau Lombok yang letaknya bersebelahan dengan pulau Bali, memiliki sejumlah kesenian yang hampir mirip, diantara kedua pulau tersebut. Jika di pulau dewata Bali, ada kesenian tari Adi Merdangge, maka di Lombok ada kesenian serupa yang oleh masyarakat Suku Sasak di sebut dengan kesenian Gendang Beleq.

Kesenian Gendang Beleq sudah mengakar di Suku Sasak sejak lama dan merupakan kesenian peninggalan Kerajaan Selaparang Lombok yang menguasai sebagian wilayah pulau Lombok bagian timur pada zaman kerajaan Anak Agung. Disebut Gendang Beleq, karena menggunakan Gendang berukuran besar yang dalam bahasa sasak disebut Beleq.

Kesenian Gendang Beleq, awal masuknya di pulau Lombok, digunakan oleh para tokoh agama untuk menyebarkan islam di daerah ini. Saat itu, kesenian ini dimainkan untuk mengumpulkan warga, yang akan diberikan ceramah agama maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Untuk memainkan kesenian ini membutuhkan kekompakan dalam kelompok, sehingga harus dimainkan secara utuh. Musik yang dimainkan, tari yang ditampilkan dalam kesenian Gendang Beleq, menggambarkan jiwa satria masyarakat Suku Sasak Lombok dalam mempertahankan daerahnya.

Seperti dalam memainkan tari cemperang, yaitu memainkan dua buah alat yang berbentuk lingkaran dan dipukulkan satu sama lain. Tari ini menggambarkan bagaimana cara prajurit seharusnya membawa keris atau pedang saat di medan perang.

Pada zaman kerajaan Selaparang, biasanya tari Gendang Beleq dipentaskan untuk melepas prajurit ke medan perang. Tujuannya, agar para prajurit yang akan berlaga di medan pertempuran tetap bersemangat dan bergairah untuk membela daerahnya saat itu.

Demikian juga setelah prajurit pulang dari medan pertempuran, disambut kesenian Gendang Beleq di pintu masuk desa, sebagai rasa syukur atas perjuangan mereka.

Tradisi tersebut, kemudian dilakukan hingga saat ini. Dalam setiap event yang berskala Nasional, kesenian Gendang Beleq selalu dipentaskan untuk menyambut tamu undangan.
Selengkapnya...

"KERIPIK JAMUR" OLEH-OLEH KHAS KAWASAN DIENG



Jamur bisa diolah menjadi berbagai menu makanan alternative seperti pepes jamur, sate jamur, hingga tongseng jamur. Nah! di kota-kota berhawa dingin seperti Temanggung atau Wonosobo Jawa Tengah, jamur diolah menjadi keripik yang renyah dan gurih di lidah.

Ada bermacam jamur konsumsi yang selama ini kita kenal, seperti jamur merang, jamur kancing atau jamur tiram. Di Wonosobo, jamur-jamur tersebut diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya keripik jamur. Dulu, masyarakat Wonosobo hanya mengolah jamur menjadi makanan basah saja, namun seiring perkembangan dunia kuliner, warga pun berinovasi dengan membuat kripik jamur. Hasilnya pun lebih menguntungkan.

Para perajin keripik memilih tiga jenis jamur, yaitu merang, kancing dan tiram untuk dijadikan keripik. Sebab, tiga jenis jamur ini punya tekstur dan ukuran yang pas.

Untuk membuatnya, jamur lebih dulu dicuci bersih dan diaduk-aduk supaya lemas. Lalu disiapkan tepung yang telah diberi bumbu-bumbu, seperti bawang dan rempah-rempah. Jamur kemudian dicampur dengan tepung hingga seluruh jamur tertutup tepung. Sebelum digoreng, adonan tepung dan jamur, disaring sehingga tepung-tepung yang tak terpakai tak ikut tercampur.

Kemudian adonan jamur ini digoreng. Untuk mendapatkan keripik yang kering, dibutuhkan dua kali proses penggorengan. Yang pertama dengan minyak yang tak begitu panas, baru kemudian dipindahkan ke minyak yang lebih panas.

Keripik-keripik yang sudah jadi, lalu dikemas dalam plastik. Untuk ukuran plastik besar, adalah keripik jamur yang dijual kepada para pedagang yang membeli secara kiloan. Sementara untuk plastik kecil dijual untuk oleh-oleh di toko dan konter-konter makanan.

Harga per kilo bervariasi, antara 40 hingga 60 Ribu Rupiah, tergantung dari jenis jamur yang dibuat keripik. Keripik jamur Dieng memiliki rasa asin gurih dan berwarna coklat kehitaman dengan flavor paru. Keripik ini selalu menjadi primadona bagi wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Jika Anda ingin menyantap keripik khas Dieng tersebut, gampang kok. Anda bisa membelinya di toko makanan atau oleh-oleh, karena para perajin kripik jamur telah mengirim keripik renyah ini ke berbagai kota seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya serta kota-kota lain di Indonesia.
Selengkapnya...

MENDULANG DOLLAR DARI KERAJINAN AIR MANCUR HIAS



Keindahan air mancur biasanya hanya dapat kita nikmati di pegunungan atau area taman. Namun, anda tak perlu khawatir karena seorang pengrajin di Magelang Jawa Tengah berhasil membuat miniatur air sehingga gemercik airnya bisa anda nikmati sebagai penghias taman. Miniatur air mancur tersebut, bahkan terbuat dari batu alam, sehingga kesan alaminya masih terasa kental.

Adalah Hartono(35th), warga desa Kadirojo, Muntilan, Magelang yang sukses dengan kerajinan berbagai model minatur air mancur. Mulai bentuk air mancur bambu, gentong hingga kendi. Hartono telah menggeluti usahanya ini sudah sejak 1998 dengan usaha awal hanya sekedar coba-coba secara otodidak.

Proses pembuatan miniatur air mancur ini pun sanggatlah sederhana namun memerlukan ketrapilan yang cukup. Pertama batu gunung dipotong dengan bentuk kotak persegi panjang Menggunakan alat pemotong batu. Selanjutnya potongan batu dibentuk sesuai pola yang dikehendaki mengunakan alat khusus. Nah! Proses ini adalah yang paling sulit karena di butuhkan jiwa seni yang kuat. Karena jika tidak, maka pola yang terbentuk tidak akan terlihat bagus.

Setelah terbentuk pola, kemudian batu dilubangi mengunakan mesin bubut untuk membuat saluran air. Tentu, saluran air menyesuaikan dengan pola hias yang terbentuk tadi. Untuk mengerakkan air diberi tambahan mesin pompa air dan kerajinan miniatur air mancur pun tercipta.

Untuk satu kerajinan ini Hartono menjual berkisar 200 Ribu hingga 2 Juta Rupiah tergantung model dan tingkat kesulitan. Untuk pasar penjualan ke luar negeri meliputi Perancis, Jepang, Belanda, sedangkan untuk dalam negeri meliputi Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya dan
Bali.

Nah! anda mungkin sedang melintas di Magelang tak ada salahnya untuk membeli minatur air mancur sebagai oleh –oleh untuk kerabat atupun teman.
Selengkapnya...

UPDATE TWITTER DARI PROFILE FACEBOOK



Sekarang, Facebook membuka kesempatan akun individu untuk mengaktifkan update status ke Twitter. Sebelumnya, Facebook hanya memberi kesempatan pada pengelola halaman khusus serta public figure saja untuk melakukan hal ini. Berikut adalah langkah aktifasinya:

1. Kunjungi alamat facebook.com/twitter
2. Tekan tombol "Link My Profile to Twitter"
3. Tekan tombol "Authorize App"
4. Pilih Facebook item yang ingin dibagi
5. Tekan tombol "Save Changes"

Khusus langkah 4, akan membantu Anda untuk menentukan hal-hal apa saja yang mau dibagikan ke Twitter sehingga tidak semua hal yang ada di Facebook juga ditampilkan ke Twitter.

Setelah kedua akun disambungkan, maka setiap update publik di Facebook akan ditampilkan juga di Twitter.
Selengkapnya...

ASYIKNYA MENYUSURI PERUT BUMI KALI SUCI DENGAN CAVE TUBING



Kabupaten Gunungkidul, merupakan kawasan perbukitan karst terluas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak heran, jika di wilayah ini terdapat banyak lokasi gua, berikut sungai bawah tanahnya. Wisata minat khusus Kali Suci, misalnya. Wisata ini merupakan petualangan yang menawarkan keindahan gua sungai bawah tanah. Dengan menaiki ban dalam atau disebut cave tubing. Wisata petualangan ini adalah pertama kalinya di Indonesia dan ketiga di dunia.

Gua sungai bawah tanah Kali Suci terletak di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 60 KM dari Kota Yogyakarta. Lokasi wisata ini cukup unik karena terdapat aliran sungai permukaan yang masuk mengalir kedalam goa hingga berhulu ke laut yaitu di Pantai Baron.

Gua sungai bawah tanah Kali Suci memiliki karakteristik yang berbeda dibanding lokasi lain yang ada di Indonesia. Disamping mudah dijangkau, Kali Suci menyuguhkan pemandangan dalam gua yang eksotik. Di Indonesia, cave tubing di Kali Suci merupakan satu-satunya olah raga petualangan bawah tanah, setelah New Zeland Dan Mexico.

Untuk menjaga keselamatan, tiap orang dilengkapi alat-alat safety seperti deker, pelampung, dan helm. Di samping itu, Balita dan penderita penyakit asma dilarang mengikuti petualangan ini. Karena di trip terakhir, atau sesampainya di lokasi finish, peserta harus menaiki lereng bukit, kembali ke permukaan tanah, setinggi 70 meter.

Cave tubing di Kali Suci sekaligus juga sebagai sarana pengenalan dasar kawasan karst perbukitan kapur. Namun demikian, peserta yang menginginkan cave tubing tanpa pendampingan, juga bisa beratraksi di sini.

Waktu yang dibutuhkan dalam sekali putaran cave tubing hingga dua jam perjalanan dengan menempuh jarak kurang lebih Tiga Ratus Meter.

Dengan menaiki ban dalam, peserta menghanyutkan diri mengikuti arus air yang lambat, sambil menikmati keindahan pemandangan sungai bawah tanah, dengan sedikit cahaya dari head lamp.

Melalui petualangan cave tubing, masyarakat luas akan lebih mengetahui dan mengenal potensi serta indahnya pemandangan gua sungai bawah tanah, seperti yang ada di perut bumi Kali Suci.
Selengkapnya...

ASEM-ASEM KIKIL KAMBING YANG SULIT DI LUPAKAN



Masa Idul Qurban seperti sekarang, menjadi saat yang tepat untuk mengobati rasa rindu terhadap masakan khas kampung halaman. Di desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Nganjuk, Jawa Timur, terdapat masakan khas yakni asem-asem kikil kambing. Masakan ini bukan masakan yang berbahan sayur-sayuran, melainkan berbahan utama kikil kambing yang di masak pedas dengan tambahan bumbu daun kedondong.

Jika belum mengenal masakan ini, mungkin kita akan mengira asem-asem adalah sayur asem yang berbahan utama sayur-sayuran. Namun, ternyata adalah menu khas warga kecamatan ngluyu yang berbahan utama daging dan kikil kambing.

Masakan ini dinamakan asem-asem, karena setelah di masak sebagaimana gule kambing pada umumnya, warga menambahkan daun kedondong sebagai bumbu yang membuat sayur pedas ini terasa asam.

Ditambah dengan sate, bisa dibayangkan perpaduan rasa asam, gurih dan pedas akan membuat anda teringat masakan kampung halaman.

Masakan khas ini hampir di pastikan tidak akan di jumpai di daerah manapun, termasuk di kota nganjuk sekalipun. Bahkan karena langka-nya, di kecamatan ngluyu, warga yang bisa memasak dan bertahan menjual asem-asem kini hanya tinggal tiga orang saja.

Salah satunya adalah Parmi, yang mengaku biasanya hanya menyembelih dan menghabiskan satu ekor kambing saja perhari. Namun saat Idul Adha ini, tingkat penjualannya bertambah menjadi dua hingga tiga ekor kambing perhari.

Naiknya penjualan di karenakan banyak warga asli Nganjuk yang merantau ke luar kota, pulang kampung dan ingin melepas rindu dengan menyantap masakan khas asem-asem. Di samping itu, para pengunjung wisata Goa Margo Trisno, Ngluyu, biasanya juga banyak yang menyempatkan mampir ke warung Ibu Parmi.
Selengkapnya...

SOUVENIR CANTIK DARI BAMBU MERAMBAH PASAR EKSPOR



Bambu, identik dengan pagar anyam atau bangunan rumah rumah di pedesaan. Namun tidak bagi seorang pengrajin di Temanggung, Jawa Tengah. Bambu yang berharga murah disulap menjadi barang seni yang mempunyai nilai lebih dan cocok untuk hiasan rumah. Bahkan kerajinan miniatur bambu ini telah merambah pasar ekspor.

Tidak ada barang yang tidak berguna. Mungkin itulah pepatah yang ada di benak Darmawan, warga Kelurahan Suronatan, Temanggung. Dengan keterampilan yang di milikinya serta peralatan yang sederhana, seperti gergaji, gunting, cutter serta lem kayu, Darmawan merubah sisa potongan bambu menjadi barang hiasan yang mempunyai nilai tinggi.

Berbagai kerajinan dari hasil karyanya diantaranya miniatur kursi, tempat handphone, kapal, rumah adat minang dan berbagai bentuk lainnya. Keuletan dan kesabaran adalah modal penting dalam mengembangkan usahanya tersebut.

Untuk pembuatan kerajinan dari bahan serba bambu tersebut, dalam sehari dirinya dapat membuat sedikitnya 10 buah untuk jenis miniatur kursi handphone dan bedug. Sementara untuk kerajinan seperti miniatur kapal dan rumah gadang, harus membutuhkan waktu paling tidak selama 3 hari.

Harga miniatur bambu ini, dijual dengan harga bervarisasi mulai dari 25 Ribu hingga 250 Ribu Rupiah. Selain menggelar dagangannya di pinggir jalan alun-alun kota Temanggung, pemasaran produk rumahan ini juga merambah ke berbagai kota di Indonesia bahkan ke luar negeri, Prancis, Australia, Jepang dan negara-negara lain. Selain itu juga sering menerima pesanan untuk keperluan resepsi pernikahan berupa souvenir.

Dalam setiap bulannya rata-rata dapat dihasilkan kerajinan sebanyak 100 buah. Namun jika ada pesanan khusus, ia dibantu oleh empat orang tenaga lainnya untuk mengejar target sesuai dengan pemesanan. Namun produksinya akan terhambat jika pada musim hujan, sebab akan terkendala dalam proses pengeringan bahan baku.
Selengkapnya...

KAMPUNG KOMODO DAN KERAJINAN PATUNGNYA



Nama besar pulau Komodo di manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, tak bisa dilepaskan dari keberadaan kampung Komodo yang berdekatan dengan Portal Loh Liang Pulau Komodo dengan pekerjaan pokok warganya adalah nelayan. Setelah adanya regulasi Balai Taman Nasional Komodo yang melarang mereka menangkap ikan diperairan Taman Nasional Komodo, ratusan nelayan di kampung ini pun bertumpu pada pembuatan patung Komodo.

Untuk menuju kampong Komodo, perlu menempuh perjalanan laut dari labuan bajo menuju kampung Komodo selama empat jam. Kampung tua yang dihuni sekitar 1500 jiwa tersebut, selain suku Komodo yang mendominasi, terdapat tiga suku lain yang di dalam kampung yang luasnya kurang lebih 2.000 meter tersebut, yakni suku Bugis, Bima dan Manggarai dengan mayoritas penduduknya beragama Islam.

Tipe rumah tradisional di Kampung Komodo adalah “rumah panggung” yang terbuat dari kayu. Biasanya, kolong rumah dijadikan sebagai tempat untuk duduk santai di atas “dipan” kayu yang sengaja dibuat untuk tuan rumah beristirahat di sore hari bersama keluarga.

Pasca adanya regulasi Balai Taman Nasional Komodo sepuluh tahun lalu yang melarang nelayan menangkap ikan di perairan taman nasional Komodo, menjadikan warganya kembali menggeluti usaha warisan pembuatan patung Komodo sebagai pekerjaan pokok menggantikan profesi asli mereka sebagai nelayan.

Kampung Komodo tidak memiliki seni kerajinan lain selain usaha pembuatan patung Komodo yang terbuat dari kayu waru tersebut. Patung Komodo merupakan sumber kehidupan warga yang di jual di pintu masuk loh liang.

Di Loh Liang (Pulau Komodo) memang disediakan area khusus bagi masyarakat Kampung Komodo yang ingin menjual patung hasil karyanya. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Loh Liang membeli patung-patung komodo yang tersedia dalam berbagai ukuran sebagai suvenir atau buah tangan untuk keluarga dan teman di negara asal.

Penghasilan yang diraup, tergantung dari ramai tidaknya kunjungan wisatawan yang datang. Harga terendah patung Komodo dijual dengan harga 25 Ribu Rupiah, hingga Tiga Juta Rupiah tergantung bentuk dan ukurannya.
Selengkapnya...

IDUL KURBAN, TUKANG JAGAL HEWAN KELILING MENUAI BERKAH



Perayaan Hari Raya Idhul Qurban, mendatangkan berkah bagi para tukang jagal hewan kurban keliling, yang tersebar di wilayah gresik, jawa timur. Selama pelaksanaan pemotongan hewan kurban, seorang penjagal, rata-rata meraup rejeki, hingga jutaan rupiah atau sebesar 250 Ribu Rupiah untuk jasa pemotongan satu ekor lembu (06/11/2011.)

Sejak pukul 05.30 pagi, Muntholib, sang penjagal hewan kurban, warga Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas, pergi ke beberapa lokasi pemotongan hewan korban yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Gresik.

Sejak 10 tahun terakhir, Muntholib dengan sukarela menyembelih hewan kurban tanpa memungut biaya sepeser pun, melainkan hanya membantu proses penyembelihan hewan, agar sesuai syariat islam hingga halal di konsumsi. Salah satu tekniknya adalah dengan berdoa dan membaca basmalah sebelum proses penyembelihann dilakukan.

Para penjagal hewan korban yang sekaligus tokoh agama tersebut tidak bekerja sendirian, melainkan bekerja sama dengan kelompok pemotong kulit dan daging hewan kurban yang di kenal dengan nama, pemboleng. “Tujuannya jelas, yakni agar agar hewan yang di sembelih bisa dikonsumsi secara halal, kata Mntholib.

Dengan peran yang berbeda-beda yakni khusus menyembelih, menguliti, dan spesialisasi memisahkan daging dan tulangnya, mereka rata-rata mampu menyembelih dan memotong daging sapi kurban hingga 7 ekor dalam setiap 4 jam.

Ridwan, salah saeorang pemboleng, mengaku, selama pelaksaaan idul kurban, dirinya dan dua orang temannya, mampu memotong sebanyak 15 ekor lembu dalam sehari. Profesinya selama hampir 15 tahun ini, hanya butuh waktu selama 35 menit, untuk menguliti satu ekor lembu, dengan tarif seharga 250 Ribu Rupiah per ekor.

Namun, penjalani profesi ini memang harus punya keterampilan sendiri dalam menjinakkan sapi terutama sapi banal. Karena tak jarang hewan kurban akan melukainya.
”Kendala utama adalah sapi nakal yang kakinya kadang menendang nendang hingga pernah mencederai kami”, ujar. Ridwan”

Selama pelaksanaan pemotongan hewan kurban, keberadaan para penjagal maupun pemboleng, sangat dibutuhkan warga, karena tidak semua orang mampu melakukannya. Bahkan, para penjagal ini, rela berkeliling untuk melakukan tugasnya.
Selengkapnya...

6 CARA MENGUSIR BAU KAKI KARENA SEPATU



Banyak orang merasa terganggu dengan bau yang di timbulkan dari kaki Anda selepas menggunakan sepatu. Bau tersebut timbul akibat adanya bakteri yang dalam sepatu akibat keringat atau kotoran yang terdapat di kaki maupun sepatu. Berikut langkah mengatasinya:

1. Memilih sepatu yang cocok
Pilih sepatu yang memiliki lubang ventilasi udara yang baik. Lubang ventilasi udara berfungi untuk mengeluarkan udara panas dan lembab yang ada di dalam sepatu saat terjadi gesekan. jika lubang ventilasi udara tersebut tersumbat dapat di pastikan udara tidak dapat masuk dan keluar dengan bebas sehingga pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki tidak dapat di hindarkan.

Sebaiknya gunakan sepatu yang pas sesuai dengan ukuran kaki, jangan terlalu longgar karena bila longgar akan memicu banyaknya gesekan, dan dari gesekan itulah bau kaki berasal.

2. Menjaga kebersihan kaki.
- Selalu mencuci kaki saat akan menggunakan sepatu, hal ini bertujuan untuk membuang sisa kotoran yang menempel di kaki.

- Potong kuku teratur, jangan biarakan kuku kaki Anda panjang tidak terawat apalagi sampai ada kotoran kuku di dalamnya.

3. Menjaga kebersihan sepatu.
Sebaiknya Anda mencuci sepatu seminggu sekali. Bila malas, silahkan jemur sepatu Anda selama 1 jam di terik matahari untuk membunuh kuman-kuman dan bakteri yang ada di dalam sepatu Anda.

4. Menjaga kebersihan kaos kaki.
Kaos kaki tidak dapat di gunakan lebih dari 3 hari jika aktifitas Anda cukup padat. Paling tidak Anda menggantinya 2 hari sekali.

5. Jangan pernah membiarkan sepatu dalam keadaan yang basah. Segera keringkan apabila sepatu itu basah. Bila dibiarkan lebih dari sehari, akan menimbulkan bau yang tidak enak.

6.Kelebihan keringat dalam kaki dapat menimbulkan bau tidak sedap solusinya dapat direndam dengan air lemon bisa juga dengan air teh.
Selengkapnya...

SOTO ANGSA RASA GURIH DAN LEZAT



Jika anda selama ini mengenal menu soto daging ayam atau sapi, maka soto yang hanya ada di karanganyar, jawa tengah ini berbeda, karena menggunakan bahan daging angsa. Daging angsa di kenal memiliki tekstur yang khas dengan rasa yang gurih dan lezat pula. Uniknya lagi untuk menikmatinya, tidak menggunakan nasi melainkan ketupat. Berikut liputannya.

Menu soto angsa tersebut, dapat anda temukan di Restoran Sasono Bujono Hotel Lor In, Karanganyar, Jawa Tengah. Sepintas menu ini tak jauh berbeda, dengan masakan soto yang biasa kita temui. Namun dengan menggunakan daging angsa sebagai bahan utama, jauh berbeda dan dijamin lebih gurih. Hal ini dikarenakan tekstur khas daging angsa, berbeda dengan daging unggas kebanyakan.

Cara memasaknya pun berbeda, dibandingkan soto ayam atau soto daging sapi. Daging angsa memiliki kekenyalan yang lebih ulet, sehingga untuk mengolahnya pun memerlukan waktu. Sebelum diracik menjadi soto, daging angsa direbus terlebih dahulu selama lima jam. Sementara air kaldu hasil rebusan daging, nantinya digunakan sebagai kuah soto. Setelah direbus, daging angsa kemudian dimasak bersama bumbu soto, yang ditambah daun bawang, tomat dan daun seledri.

Sedangkan untuk mekanan pendamping, tidak memakai nasi putih melainkan ketupat. Ketupat digunakan, untuk menghilangkan rasa eneg saat dimakan. Selain itu masih ditambah telur bebek rebus, kerupuk, serta perkedel, untuk menambah variasi lauk. Kemudian untuk memunculkan rasa gurih, ditambahkan sedikit bubuk koya diatas soto. Rasa lezat dari soto angsa ini, diakui mereka yang telah mencicipinya.

Menurut pihak restoran, ide awal pembuatan menu ini adalah kebosanan, terhadap masakan soto yang dijual selama ini. Menurut nugroho, daging ayam maupun sapi, sudah terlalu sering dimasak, dan rasanya juga tak pernah berkembang. Sedangkan daging angsa, walau teksturnya khas dan kenyal, namun memiliki cita rasa yang tak kalah lezat. Walaupun rasa kaldunya cenderung pekat, dijamin soto angsa ini tidak akan menimbulkan rasa eneg.

Satu porsi soto angsa, bisa dinikmati oleh dua orang. Anda hanya harus membayar sebesar enam puluh ribu rupiah per porsinya, untuk dapat menikmati lezatnya soto unik ini. Tentunya harga yang pantas, bagi sebuah sajian khas yang belum tentu didapat di daerah lain.
Selengkapnya...

SISWA SMP TEMUKAN ALAT PENGERING IKAN ANTI HUJAN



Meski memasuki musim penghujan, para nelayan tidak perlu khawatir kesulitan mengeringkan ikan. Pasalnya siswa SMP di Gresik Jawa Timur, berhasil menemukan alat pengering ikan yang tidak akan terpengaruh oleh cuaca dingin akibat hujan. Bahkan, alat tersebut tergolong ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap pembakaran (03/11/2011.)

Alat pengering ikan karya siswa SMP Negeri 1 Kota Gresik ini di berinama Pipikiko, singkatan dari komponen alat yang di gunakan, yakni api, pipa, kipas dan kotak. Alat sederhana ini, menyabet terbaik satu medali emas dalam Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) tahun 2011 di kota Solo untuk kategori penelitian teknologi.

Ketiga siswa yang menemukan alat pengering ikan ini adalah Muhammad Akbar, Achmad Lukman Hakim dan Rizki Taufan Rizal.

Cara kerja alat ini mirip alat oven dengan mengandalkan panas briket batu bara yang di filter melalui pipa, sehingga tidak mengeluarkan asap. Karena itulah, para siswa menjamin, alat pengering ikan buatannya, tidak akan mencemari lingkungan.

Energi panas yang di hasilkan dari pembakaran batu bara mencapai antara 33 hingga 50 derajat celcius yang kemudian di salurkan ke dalam kotak berisi ikan. Kotak ini terbuat dari rangkaian kayu dan seng yang dan tertutup rapat hingga ikan tidak akan basah meski proses pengeringan ikan di lakukan saat hujan turun.

Dengan panas mencapai 50 derajat cecius, waktu yang di perlukan untuk mengeringkan ikan, bisa lebih cepat dari pada menggunakan sinar matahari, karena suhu udara ketika terik matahari hanya berkisar antara 27 sampai 30 derajat celcius saja.

Untuk sementara, dengan luas kotak 25 meter persegi, ikan yang bisa di keringkan mencapai 2 kilo gram ikan.

Menurut para siswa, ide awal menemukan awal ini bermula saat teman-temannya yang sebagian orang tuanya bekerja sebagai nelayan, mengeluhkan sulitnya mengeringkan ikan di musim penghujan. Saat itulah muncul ide membuat alat sederhana ini. “Mulanya kita prihatin dengan kondisi nelayan yang kesulitan mengeringkan ikan saat hujan terus mengguyur selama musim penghujan”, ujar M. Akbar, salah seorang siswa pembuat alat pengering ikan.

Sementara itu, pihak sekolah tengah mempelajari kemungkinan memproduksi alat pengering ikan ini secara masal, jika para nelayan membutuhkannya. “Kami berencana mengajukan hak paten atas karya siswa ini termasuk juga merencanakan memproduksi masal setelah berkonsultasi dengan Dispendik Gresik”, kata Sutrisno, Kepala Sekolah SMPN 1 Gresik.
Selengkapnya...

PEMAIN PERSELA TUNTUT MIROSLAV JANU DI PECAT



Suasana memanas terjadi ditubuh tim Persela lamongan, jelang bergulirnya Indonesia Super Liga beberapa minggu kedepan. Para pemain tim asal Jawa Timur, menuntut jajaran Pelatih Persela yang di kepalai Miroslav Janu dipecat. Pasalnya, antara pemain dan pelatih tidak ada kecocokan.

Hal tersebut di sampaikan para pemain dalam pertemuan dengan manajemen di kantor Sekretariat Persela di Jalan Lamongrejo 1 kota Lamongan, Rabu Petang. (02/11/2011)

Para pemain menilai, sikap Miroslav Janu terlalu berlebihan saat memimpin latihan maupun bertanding. Miroslav Janu selalu memarahi pemain dengan cara yang kasar.

Namun sayang, dalam pertemuan yang di agendakan antara tiga pihak yakni pelatih, pemain dan manajemen, jajaran pelatih tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Bahkan, sebelumnya, Miroslav Janu mangkir latihan dalam dua kali pertemuan terakhir. Tak hanya menuntut pelatih di ganti, pemain Persela juga menuntut kejelasan gaji yang belum di bayarkan sebulan terakhir.

Dua tuntutan sikap para pemain Persela tersebut di tanggapi dingin oleh pihak menejemen Persela. Menejemen tak gegabah untuk mengganti pelatih. Menejemen akan berkonsultasi dengan pihak pelatih atas sikap kurang baik kepada pemain. “Kita akan berkomunikasi dulu dengan pelatih kepala mengenai persoalan ini”, ujar Yuhronur Efendi, Asisten Manager Persela.

Sementara pihak menejemen Persela berjanji akan memberikan yang terbaik untuk pemain Persela. Semuanya akan di kembalikan kepada pelatih untuk dapat merubah sikap atau tidak. Jika tidak, menejemen terpaksa akan mencari pengganti Miroslav Janu.

Jika benar pergantian pelatih terjadi, Persela akan menjadi satu satunya tim yang mengalami pergantian pelatih dua kali sebelum kompetisi bergulir.
Selengkapnya...

MENAPAK SUKSES DENGAN KERAJINAN TAS TALI SEPATU



Seorang ibu rumah tangga di Lamongan Jawa Timur, sukses mengembangkan usaha kecil dengan memproduksi tas berbahan tali melamin yang biasa digunakan untuk tali sepatu. Hasil produksinya pun tergolong unik, karena tas terlihat berwarna warni.

Di rumahnya di Desa Sukodadi Kecamatan Sukodadi, Lamongan, Sri Endang Kusmiati memproduksi tas berbahan tali melamin yang biasa di gunakan untuk sepatu. Kusmiati merintis usahanya sejak tahun 2000 lalu. Insiden bom Bali sempat membuat usahanya jatuh bangun. Namun, karena keuletan dan inovasinya yang terus menerus, usahanya mampu bertahan di tengah-tengah persaingan pasar global.

Kusmiati memilih bahan tas dari tali melamin karena mudah di dapat dan harganya pun relatif murah. Tali melamin yang lentur memudahkan proses pembentukan tas dengan aneka ukuran dan model yang sesuai selera.

Meski tergolong usaha kecil, namun kerajinan tas sepatu ini tidak hanya menjanjikan keuntungan yang cukup, namun juga dapat mengurangi angka pengangguran. Terbukti, saat ini Sri Endang Kusmiati sudah memperkerjakan lebih dari tiga puluh orang di sekitar rumahnya. Para pekerja kebanyakan ibu rumah tangga dan anak-anak usia sekolah.

Pembuatan tas ini pun tergolong mudah. Yang di butuhkan hanya keuletan dalam merajut sebuah tali yang di bentuk sedemikian rupa. Bahkan, untuk merapikan ujung-ujung tali, pengrajin hanya menggunakan bantuan api lilin.

Agar tas produksinya tidak di tinggal pelanggan, Sri Endang Kusmiati selalu membuat model baru. Ide model barunyapun kerap di dapat dari pelanggan setianya serta model terbaru yang di lihatnya di layar kaca.

Tas buatan Endang mimiliki keunggulan bentuk dan coral warna yang menarik. Selain itu, harganya pun murah. “Warnanya yang kinclong dan harga murah sangat membantu kelancaran pemasaran tas ini”, ujar Kusmiati.

Selain memproduksi tas, Endang Kusmiati juga memproduksi sarung bantal dan taplak meja yang juga terbuat dari tali sepatu.

Produksi tas melamin tali sepatu ini, di jual di daerah Malang, Ternate dan Kalimantan. Kusmiati berharap, pemerintah membantu mempromosikan produknya hingga meluas ke berbagai wilayah di tanah air, bahkan hingga ke luar negeri.
Selengkapnya...

2 PEMAIN MUNDUR, PERSELA BUTUH 5 PEMAIN BARU



Manajemen Persela Lamongan membutuhkan suntikan lima pemain baru, untuk Menghadapi Pra Kompetisi Indonesia Super Liga, di ajang Inter Island Cup. Kebutuhan pemain baru tersebut menyusul mundurnya dua pemain yakni, Irsyad Aras dan Pitono. Selain itu, jajaran pelatih Persela yang di kepala Miroslav Janu, mangkir latihan tanpa alasan jelas (02/11/2011.)

Menghadapi kompetisi Pra Indonesia Super Liga di ajang inter island cup 2011, Persela Lamongan tengah menghadapi tantangan cukup pelik. Pasalnya, dua pemain Persela yang resmi di kontrak yakni Irsyad Aras dan Pitono, mangkir latihan. Kabar yang beredar, kedua pemain tersebut telah mengundurkan diri usai pertandingan di solo.

Tak hanya itu, jajaran pelatih Miroslav Janu dan tiga asistennya Tony Ho, Assegaf dan pelatih kiper Herman, juga mangkir pada sesi latihan Selasa pagi, tanpa alasan yang jelas pula. Latihan perdana pasca libur ini hanya di pimpin Asisten Pelatih Persela, Didik Ludianto.

Menurut Didik Ludianto, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir saat ini melakukan evaluasi terhadap pemain yang di terapkan pada latihan di Stadion Surajaya Lamongan. bahkan, Persela membutuhkan suntikan sampai lima pemain baru, khususnya di lini depan pasca di depaknya Ngon A Djam.

Kebutuhan terhadap pemain baru juga dikarenakan Persela baru saja ditinggalkan pemain depannya, Zulham Zamrun, yang memilih berkarier di klub lain. Kini di lini depan hanya ada tinggal dua striker yakni Arif Alfiansyah dan Rudi Widodo.

Proses rekruitmen lima pemain tersebut menurut Didik Ludinato, secepatnya dilakukan, karena kompetisi isl semakin dekat. pihak manajemen pun sudah merekomendasikannya kepada pelatih kepala Persela, Miroslov Janu.

Salah satunya pemain posisi belakang asal Kamerun, Gustave Bahoken. Selain itu, ada pula Gerry Setia, striker dari Arema dan Jefry Dwi Hadi dari Persik Kediri.

Untuk berlaga dalam ajang isl, Persela berkomitmen dapat menjadi tim tangguh. tim asal jawa timur yang baru saja mendapat suntikan dana dari nirwan bakrie tersebut, diproyeksikan dapat masuk empat besar di ISL.
Selengkapnya...

Posting Terakhir

 
  • Hack Facebook Sebagaimana laporan Techcrunch, Firesheep telah di download ribuan kali sejak di luncurkan beberapa waktu lalu. Firesheep adalah salah satu software Add-ons browser Mozilla Firefox terbaru yang di gunakan...
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...